header marita’s palace

7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis 3x2, Kecil Tapi Kece!

Konten [Tampil]
ide desain dapur minimalis 3x2
Desain dapur minimalis 3x2 mungkin ukurannya terkesan kecil. Namun jika kita optimalkan beberapa hal, dapur tersebut bisa berfungsi lebih baik. Membicarakan ukuran dapur minimalis, buatku dapur 3x2 sudahlah cukup memadai kebutuhanku. Aku toh tidak banyak menghabiskan waktu untuk mengolah masakan.

Sudah penasaran bagaimana desain dapur kecil sederhana bisa tetap tampil menawan? Check these out!

7 Pertimbangan Sebelum Membuat Desain Dapur Minimalis 3x2

Jika sebelumnya aku sudah pernah menuliskan tentang desain dapur kecil ukuran 2x2 M, kali ini kita akan mengulik lebih lanjut bagaimana caranya mendesain dapur minimalis kecil.

1. Gunakan Material yang Sama

Orang seringkali berpikir desain minimalis adalah desain yang dingin dan kaku. Namun sebenarnya desain minimalis adalah tentang pengeditan dan perencanaan yang cermat untuk membuat seluruh ruang terasa harmonis dan mulus, tanpa kekacauan yang tidak perlu.

Meluangkan waktu saat memulai desain untuk menetapkan palet material akan membantu memastikan bahwa hasil akhir tampak terkoordinasi dengan baik, yang juga dapat membantunya terlihat lebih besar.

Cukup gunakan material yang terbatas, tidak perlu banyak namun senada. Misalnya hanya menggunakan warna putih dan kayu, dalam satu warna yang serasi dari lantai hingga lemari, dengan aksen kecil dalam satu nada logam. Perpaduan tersebut akan mampu menghasilkan tipuan mata yang mengesankan dapur terlihat sedikit lebih besar dari yang sebenarnya.

2. Bermain dengan Nuansa Netral

Putih adalah pilihan warna yang kuat untuk membuat dapur terlihat lebih besar. Namun itu tidak berarti putih adalah satu-satunya pilihan. Penggunaan warna yang berbeda dapat menekankan perubahan kedalaman ruangan, yang juga dapat menciptakan tampilan yang lebih besar.

Untuk mendapatkan tampilan terbesar, pasangkan warna abu-abu halus dengan putih untuk hasil akhir yang outstanding. Gunakan pula sedikit abu-abu gelap atau hitam pada backsplash atau pada bagian kabinet atas untuk memberikan ilusi bahwa dinding belakang lebih jauh dari yang sebenarnya.

Atau, jika ingin sedikit lebih dramatis, gunakan warna gelap untuk permukaan horizontal seperti lantai, countertops, atau lemari bawah, karena elemen ini tidak akan menonjol seperti permukaan vertikal setinggi mata.

3. Gunakan Finishing Lantai yang Menarik

Lantai adalah tempat yang bagus untuk menambahkan sedikit fokus poin pada dapur minimalis, terutama di salah satu tempat di mana lantai terbuka tidak memiliki banyak ukuran persegi. Finishing kabinet monokromatik akan memungkinkan ubin keramik berpola atau batu tekstur yang kaya menjadi pusat perhatian, tetapi area permukaan yang kecil akan memastikan material tidak membuat ruang terasa terlalu sibuk atau menghabiskan anggaran.

Pertimbangkan berapa banyak meja yang benar-benar dibutuhkan. Pada dapur yang minimalis, Anda tidak bisa menaruh sembarangan lemari. Manfaatkan beberapa ruang potensial yang tersisa dan gunakan lemari pantry tinggi berukuran penuh untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan.
desain dapur minimalis sederhana

4. Letakkan Kabinet di Bagian Atas Dapur

Letakkan kabinet atas dengan ukuran standar dan posisi dalam. Jika memiliki ruang vertikal yang cukup, bangun lemari atas hingga mencapai langit-langit. Kondisi ini akan memberikan efek lega di sekitar ketinggian mata dan siku.

Selain itu dengan model posisi yang dalam, kita bisa mendapatkan penyimpanan ekstra untuk menampung barang-barang besar. Pastikan juga untuk menyertakan tangga lipat untuk membantu kita menurunkan barang dengan aman dari lemari tertinggi.

5. Tambahkan Penyimpanan Di mana-mana

Bagian atas yang tinggi bukan satu-satunya tempat di mana kita bisa menambahkan sedikit penyimpanan ekstra di dapur minimalis. Pertimbangkan untuk menambahkan penyimpanan di bagian dinding samping. Hal ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyimpan beberapa peralatan memasak, seperti mixer dan pemanggang roti. Kondisi ini memungkinkan barang-barang itu tidak harus diletakkan di kabinet atas tetapi juga tidak perlu dipajang saat tidak digunakan.

6. Sertakan Pencahayaan Di Bawah Lemari

Pencahayaan di bawah kabinet dapur memberikan cahaya modern yang bisa memberikan kesan lebih lapang dan terbuka. Saat menghadap ke arah lemari selama mengolah masakan, cahaya ekstra tersebut akan mengurangi rasa sesak dan akan menerangi area memasak sehingga lebih aman dan nyaman.

7. Gunakan Banyak Lampu di Langit-langit

Lampu berbentuk liontin mungkin bisa menjadi tambahan yang indah untuk dapur, tetapi dapur minimalis lebih cenderung mendapat manfaat dari lampu langit-langit sederhana yang tidak menonjol. Lampu ini juga mampu menciptakan tampilan arsitektur yang bersih tetapi juga membuat garis pandang tetap jelas sehingga ruangan terasa sedikit lebih besar dan tidak terlalu sibuk.

Jika di area dapur memiliki langit-langit berbahan beton sehingga tidak dapat dengan mudah menambahkan lampu, pertimbangkan untuk menggunakan panel sehingga bisa menyelipkan lampu tambahan. Selain itu lampu berjenis LED juga bisa ditambahkan untuk menghasilkan cahaya modern yang menyeluruh.

Demikianlah tips terkait mengoptimalkan desain dapur minimalis 3x2. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel terkait Sudut Rumah lainnya ya, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Ini ala-ala pantry di kantor yang mewah dan klasik, ya patut dicoba kayak gini.

    ReplyDelete

Post a Comment