header marita’s palace

8 Jenis Makanan Penambah Sperma dan Penyubur bagi Pria

Konten [Tampil]
jenis makanan penambah sperma dan penyubur bagi pria
Makanan penambah sperma dan penyubur bagi pria menjadi hal yang jarang diperhatikan. Diet dan nutrisi merupakan faktor penting sebelum mempersiapkan kehamilan. Namun hamil bukan hanya urusan perempuan saja, pals. Apa yang dikonsumsi suami di bulan-bulan sebelum pembuahan juga sangat penting diperhatikan.

Makanan peningkat kesuburan tidak hanya berlaku untuk perempuan. Ada pula jenis makanan tertentu yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Tak hanya itu ada pula beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari para suami ketika sedang berupaya memiliki buah hati.

Yuk Cari Tahu Apa Saja Makanan Penambah Sperma dan Penyubur!

Seorang pria dianggap memiliki jumlah sperma yang rendah jika ia memiliki kurang dari 39 juta sperma per ejakulasi. Kedengarannya masih banyak, tetapi mengingat seberapa jauh sperma harus melakukan perjalanan, jumlah tersebut tidaklah banyak.

Oleh karenanya penting bagi pria untuk mengevaluasi diet mereka sehingga program kehamilan yang sedang diupayakan tidak terganggu. Juga baik untuk mengetahui bahwa setiap perubahan pola makan harus dilakukan setidaknya tiga bulan sebelum tanggal konsepsi ideal, karena sperma membutuhkan waktu tiga bulan untuk mencapai pematangan.

Pastikan untuk mendiskusikan masalah kesuburan dengan dokter, tetapi 8 jenis makanan berikut ini sudah banyak dibicarakan memiliki khasiat untuk meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan. Apa sajakah itu?
cara meningkatkan sperma dengan makanan sehat

1. Tiram + Biji Labu

Baik tiram (dan bentuk kerang lainnya) serta biji labu secara alami memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng merupakan salah satu mineral terbaik untuk kesuburan pria dan kesehatan reproduksi seksual secara umum. Seng terlibat dalam meningkatkan kadar testosteron, serta meningkatkan motilitas sperma dan jumlah sperma. Ini penting untuk fungsi sperma dan dikenal sebagai penyeimbang hormon, sekaligus melindungi dari logam berat dan racun rokok.

2. Kiwi

Kiwi mengandung nilai vitamin C yang direkomendasikan hampir setiap hari untuk pria, yang menurut penelitian menunjukkan suplementasi oral vitamin meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Makanan lain yang mengandung vitamin C termasuk paprika merah, buah jeruk, tomat, brokoli, dan kubis.

3. Sayuran Berdaun Hijau Tua

Folat (juga dikenal sebagai bentuk makanan vitamin B9, atau asam folat), yang banyak ditemukan dalam bayam, kangkung, selada romaine, kubis Brussel dan asparagus, dapat membantu menghasilkan sperma yang kuat dan sehat.

4. Cokelat Hitam

Jika suami teman-teman kongkow penggemar cokelat, tukar jenis cokelat yang biasa dimakannya dengan jenis cokelat hitam alias dark chocolate. Jenis cokelat ini mengandung arginin dan asam amino. Suplementasi arginin dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma dari waktu ke waktu.

5. Salmon + Sarden

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada ikan, terutama salmon, mackerel, teri, herring, dan sarden, membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Untuk pilihan vegan / nabati, coba tambahkan chiaseed dan biji rami tanah ke smoothie atau ditaburkan di atas yogurt.

6. Kacang Brasil

Selenium yang ditemukan dalam kacang Brazil dapat membantu meningkatkan motilitas sperma, terutama bila dikombinasikan dengan vitamin E. Selenium adalah mineral yang sering kurang dalam makanan orang Amerika, jadi suplementasi dapat membantu.

7. Air

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan yang optimal, dan air juga membantu menciptakan cairan mani yang sehat.

8. Akar Maca

Akar Maca adalah ramuan obat Peru yang memiliki sejarah penggunaan yang sangat panjang dalam pengobatan tradisional sebagai penambah libido dan dapat meningkatkan kualitas air mani. Secara teknis ini adalah sayuran akar bubuk yang rasanya agak pedas. Taburkan pada oatmeal atau gunakan dalam smoothie.

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pria saat Program Hamil

Selain menambahkan jenis makanan di atas ke dalam diet pak suami, teman-teman kongkow juga harus mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari.

Berikut adalah 4 makanan yang harus dikurangi atau dihilangkan oleh suami saat sedang melakukan program hamil:
makanan penghambat sperma

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang sulit ditolak ini ternyata dapat menurunkan kualitas sperma. Jadi, jangan sering-sering dikonsumsi saat masih merencanakan kehamilan ya.

2. Daging Olahan

Daging olahan, termasuk sosis, kornet, dendeng, daging kaleng, dan saus daging, dapat menurunkan jumlah sperma.

3. Kafein

Para peneliti telah menghubungkan konsumsi kafein oleh pria dan wanita pada minggu-minggu menjelang pembuahan dengan peningkatan risiko keguguran.

4. Alkohol

Di dalam agama Islam, minuman beralkohol jelas adalah hal yang haram untuk dikonsumsi. Namun jika teman-teman kongkow memiliki prinsip hidup yang berbeda, dan selama ini masih mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang masih aman. Sebaiknya selama program hamil, konsumsi alkohol dikurangi.

Terlalu banyak minum alkohol dalam jumlah banyak selama seminggu dapat menurunkan kadar testosteron dan memengaruhi jumlah sperma. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minum secara konsisten (lima atau lebih minuman dalam jangka waktu dua jam) juga memiliki efek negatif pada sperma.

Mengubah pola makan dan kebiasaan makannya bukanlah tugas yang mudah. Tetapi ketika tujuan perubahan tersebut dilakukan bukan hanya sekadar untuk program hamil, tetapi juga mempertahankan gaya hidup yang lebih sehat, insya Allah akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Baca juga artikel tentang cara meningkatkan jumlah sperma untuk informasi lebih lengkap terkait kesuburan pria dalam mempersiapkan kehamilan. Semoga informasi tentang makanan penambah sperma dan penyubur bagi pria ini bermanfaat. Good luck untuk program hamilnya, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah ga hanya kegiatan di postingan sebelumnya, makanan juga bisa menambah jumlah sperma, hehe terima kasih informasinya.

    ReplyDelete

Post a Comment