header marita’s palace

7+ Bahan Pashmina yang Bagus dan Nyaman untuk Styling Apapun

Konten [Tampil]
bahan pashmina yang bagus dan nyaman
Menemukan bahan pashmina yang bagus memang susah-susah gampang ya, pals? Ada yang bahannya terlihat mewah, tapi ternyata kurang nyaman dan sulit dibentuk. Ada yang bahannya mudah dibentuk, tapi sekaligus mudah kusut, sehingga kurang oke dilihatnya.

Nggak heran kalau teman-teman kongkow yang kerap mengenakan pashmina untuk aktivitas hariannya, biasanya kalau sudah suka dengan satu bahan tertentu pasti akan membeli bahan yang sama di kemudian hari.
Kalau aku sendiri pengen banget sih belajar mengenakan pashmina, tapi karena kadang malas ribetnya, jadi lebih memilih pakai pashmina instan yang nggak perlu di-styling macam-macam, hehe. Nah, buat kalian yang juga sedang belajar pakai pashmina terus lagi cari-cari bahan pashmina yang bagus, sini kukasih bocorannya.

7 Bahan Pashmina yang Bagus, Cocok untuk Hijaber Pemula

Fyi, bahan pashmina yang bagus biasanya mengacu pada kain yang mudah dibentuk, adem dan nyaman digunakan. Berikut ini aku sudah mengumpulkan 7 bahan yang banyak direkomendasikan hijaber dalam dan luar negeri. Katanya nih 7 bahan ini mudah dikreasikan dengan aneka styling apapun sekaligus tetap nyaman untuk aktivitas harian. Apa sajakah itu?
bahan pashmina diamond dan lainnya

1. Bahan Pashmina Diamond Italiano

Diamond Italiano masuk ke deretan pertama bahan pashmina yang direkomendasikan. Bahannya tebal, nggak akan menerawang meski kita nggak pakai ciput. Meski tebal, tapi mudah banget dibentuk. Yang bikin banyak orang suka dengan bahan ini karena memiliki tekstur seperti pasir. Unik dan berkesan mewah.

2. Pashmina Bahan Voal

Buat yang demen pakai kerudung segi empat, pasti nggak asing lagi dengan bahan yang satu ini kan? Bahannya ringan, tidak menerawang, adem dan teksturnya lembut. Masalah kreasi aneka gaya? Voal bakan bikin kita terlihat seperti hijaber yang udah pro. Coba aja kalau nggak percaya!

3. Bahan Pashmina Crinkle

Nah, ini recommended banget buat kalian yang pengen bergaya anak muda banget. Sering disebut dengan pashmina kusut atau lecek, karena teksturnya memang mirip kaya kain belum disetrika. Namun di situlah letak keunikannya. Para hijaber ternama banyak merekomendasikan bahan ini, terutama yang demen travelling. Kita nggak perlu pusing nyetrika. Meski terlihat kusut, tapi bahan ini terkenal adem dan nyaman lo.

4. Pashmina Bahan Sifon

Bahan selanjutnya yang banyak direkomendasikan adalah sifon. Teksturnya ringan dan nggak mudah kusut. Lagi-lagi cocok buat kita-kita yang pengen tampil rapi, tapi nggak sempet buat megang setrikaan, hehe. Karena nggak licin, jadi meski kita masih pemula, stylingnya gampang dan praktis banget. Yang perlu diperhatikan, jika mau menggunakan bahan pashmina ini, sebaiknya gunakan ciput karena bahannya agak menerawang gitu, pals.

5. Bahan Pashmina Katun

Tinggal di negara tropis, tentu saja mencari kain yang cocok buat aktivitas harian harus yang nyaman dan bikin nggak gerah. Katun adalah kain terbaik untuk segala jenis pakaian, termasuk juga pashmina. Tentu saja katun ini punya grade dan jenisnya masing-masing ya. Kalian bisa pilih mana yang paling cocok. Pastinya pashmina katun paling oke untuk dikenakan di aktivitas luar rumah karena bahannya yang halus sekaligus mudah menyerap keringat.

6. Pashmina Bahan Ceruti

Memiliki tekstur seperti kulit jeruk, bahan ini memberikan kesan anggun pada pemakainya. Paling cocok digunakan pada acara formal. Namun dipakai sehari-hari juga tetap kece kok.

7. Bahan Pashmina Wolfis

Bahan berikutnya biasanya banyak digunakan sebagai bahan gamis syar’i. Wolfis ini juga punya beberapa grade. Grade A adalah bahan wolfis terbaik dan adem. Biasanya pashmina wolfis didesain dengan ukuran maxi alias lebih lebar dari ukuran biasanya. Cocok buat teman-teman kongkow yang demen berhijab syar’i tapi juga tetap pengen terlihat fresh ala anak-anak muda. Bahan ini nggak gampang kusut dan mudah disetrika.

Dari 7 jenis bahan di atas apakah teman-teman kongkow sudah punya salah satu di antaranya? Jangan lupa beli bahan yang lainnya agar tahu mana yang paling cocok dan nyaman.

Rekomendasi Bahan Pashmina Lainnya

Selain 7 bahan di atas, aku juga akan memberikan beberapa bahan pashmina yang bagus lainnya. Beberapa bahan ini memang tidak banyak direkomendasikan, tetapi masih cukup nyaman untuk dijadikan pilihan.
bahan pashmina lainnya
  • Pasmina dengan bahan diamond crepe: Masih masuk dalam kategori diamond, tetapi punya tekstur yang berbeda dengan diamond Italiano. Tekstur pasirnya jauh lebih kasar gitu, pals. Tetapi bahan pashmina yang satu ini cakep banget. Jatuh di badan dan adem dikenakan.
  • Pashmina berbahan jersey: Cocok digunakan untuk berolahraga. Bahannya strech alias gampang melar, tapi akan kembali ke ukuran semula ketika selesai dicuci. Adem, tebal dan mudah dikreasikan.
  • Pashmina berbahan spandex: Hampir mirip dengan jersey, tapi jauh lebih tipis. Sayangnya bahan spandex mudah melar jika teknik mencucinya salah.
  • Pasmina berbahan hyget: Untuk yang satu ini bisa jadi alternatif pilihan pashmina jenis jersey atau spandex. Jika dipakai terasa adem dan nggak pengap meski di cuaca panas sekalipun. Pilih hyget grade paling tinggi agar daya serap keringatnya baik. Cocok dikenakan saat berolahraga atau aktivitas fisik di luar ruangan.
  • Pasmina berbahan satin yang glossy: Cocok untuk memberikan tampilan formal yang glamour. Untuk yang sudah jago styling pashmina, bahan ini mungkin nyaman digunakan. Hanya saja untuk pemula, bisa jadi akan terasa susah karena agak licin.
Nah, sekarang sudah dapat inspirasi bahan pashmina yang bagus untuk dikreasikan model apapun kan? Saatnya hunting dan shopping nih! Butuh informasi merk pashmina terbaik? Tunggu ya bakal aku tulis di postingan khusus. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

5 comments

  1. Suka bingung kalau mau pakai pashmina, eh ternyata ada berbagai macam yang kece dipakai, nih baru tahu, hehe. Terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Bener banget suka bingung pilih pashmina yang nyaman dipakai, ternyata perlu tahu bahannya. :)

    ReplyDelete
  3. Suka banget pakai pashmina, tapi nih selalu ada aja masalah pas pake kadang ribet sendiri dan berujung berantakan jadi males mau pakai. :)

    ReplyDelete
  4. Udah benci banget sama pashmina yang endingnya ribet banget, jadi lebih milih pakai hijab segiempat atau yang praktis aja. :)

    ReplyDelete
  5. Bener banget, selalu ada aja masalahnya saat pakai pashmina sampai aku hindari padahal pengin banget kalau liat orang lain, eh ternyata salah pilih bahan nih :) terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment