header marita’s palace

PayLater Traveloka Review, Worthy Nggak Ya?

Konten [Tampil]
paylater traveloka review, worthy nggak ya?
PayLater Traveloka review ini disusun bukan untuk mengajak teman-teman kongkow dalam memudahkan berhutang ya. Hanya saja terkadang ada hal-hal mendadak yang terjadi di luar rencana. Mengharuskan kita untuk gerak cepat dan memanfaatkan kemudahan yang diberikan.

Misalnya nih, beberapa waktu lalu sepupuku pulang ke Semarang untuk melahirkan di kota tempat ayah ibunya tinggal. Sementara rencananya sang suami akan menyusul saat mendekati HPL (hari perkiraan lahir) pada pertengahan Agustus.

Ternyata di luar dugaan, pada hari Sabtu pekan lalu, adik sepupuku mengalami kontraksi dan harus melahirkan secepatnya. Karena proses kelahiran harus dilakukan secara caesar, membutuhkan tanda tangan sebagai bentuk persetujuan suami. Mau tak mau sang suami harus segera terbang dari Surabaya ke Semarang hari itu juga. 

Dikarenakan tidak ada persiapan sebelumnya, sementara dana yang ada sudah dialokasikan untuk biaya persalinan, sempat bingung juga tuh suaminya sepupu. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan PayLater Traveloka untuk membeli tiket pesawat. 

Ya, untuk beberapa kasus tertentu yang mendesak dan gawat darurat, pengalaman menggunakan PayLater Traveloka seperti cerita sepupu di atas bisa sangat membantu.

Mengenal PayLater Traveloka

PayLater adalah layanan keuangan kerjasama Caturnusa Sejahtera Finance dan Traveloka yang mengizinkan kita untuk melakukan kredit tanpa kartu kredit. Fasilitas pembayaran ini bisa digunakan untuk membayar pembelian fitur di Traveloka, meliputi;
  • Tiket Pesawat
  • Reservasi Kamar Hotel
  • Tiket Kereta Api
  • Tiket Atraksi & Aktivitas
  • Tiket Bus & Shuttle
  • Rental Mobil
  • Restoran
  • Bioskop
  • Transportasi Bandara
  • Kereta Bandara
  • Tagihan BPJS Kesehatan
  • Tagihan listrik PLN
  • Tagihan Telkom (Landline & IndiHome)
  • Tagihan TV Kabel (MNC Vision, Trans Vision, K-Vision, & Topaz TV)
  • Kartu Pulsa Pascabayar (Kartu Halo, XL Prioritas, & Indosat Pascabayar)
  • Bayar Asuransi (ACA & Tokio Marine)
Untuk jangka waktu pembayaran bisa memilih sesuai kemampuan. Berkisar antara 1 sampai 12 bulan. Agar tidak ada kejadian pendaftaran PayLater Traveloka ditolak, pastikan untuk memenuhi persyaratan yang diberikan; punya KTP dan berumur 21-70 tahun.
promo paylater traveloka

Manfaat yang Didapatkan dengan PayLater Traveloka

Nah, setelah kita mengajukan pendaftaran dan disetujui oleh pihak Traveloka, kita akan mendapat limit yang jumlahnya bisa mencapai Rp50juta. Limit ini bisa berbeda-beda tiap orangnya, tergantung pada pendapatan dan pekerjaan yang diisikan saat registrasi. Limit yang didapat bisa digunakan untuk membayar semua produk yang ada di Traveloka seperti kusebut di atas.

Namun ada beberapa produk yang pembayarannya tidak bisa menggunakan PayLater, seperti pembelian pulsa dan paket internet, pembayaran angsuran kredit dan kartu kredit, serta pembelian uang elektronik dan voucher game.

Nantinya ketika tagihan PayLater sudah kita bayar, otomatis jumlahnya akan masuk sebagai limit PayLater. Kita bisa gunakan lagi deh untuk kebutuhan lainnya. Untuk bunga PayLater berlaku flat alias sama setiap bulannya. Berkisar antara 2.14%-5.00% per bulan.

Ada banyak promo juga lo yang biasanya ditawarkan Traveloka. Promonya pun cukup menggiurkan. Dari promo potongan bunga cicilan PayLater sampai dapat diskon-diskon tertentu. Promo-promo ini yang kadang membuat gelap mata.

Sebaiknya tetap pakai akal sehat ya. Pikir berulangkali sebelum menggunakan PayLater. Apakah kita sanggup membayar cicilannya tiap bulan. Apakah kita benar-benar membutuhkan produk tersebut. Jika kita tidak bijak, bisa jadi malah nantinya terjerat cicilan yang malah merumitkan hidup.

Cara Daftar Traveloka PayLater

Buat teman-teman kongkow yang merasa sudah bisa menahan godaan dan berpikir matang sebelum melakukan sesuatu. Boleh lah kalau mau mendaftar Traveloka PayLater. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Buka Aplikasi Traveloka, pilih travelokaPay lalu klik PayLater.
  2. Lengkapi informasi yang dibutuhkan.
  3. Siapkan KTP dan foto diri untuk verifikasi.
  4. Proses verifikasi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam kerja. Dalam proses ini kita dan anggota keluarga yang bisa dihubungi harus siap ditelpon oleh pihak Traveloka.
  5. Setelah pendaftaran disetujui, akun bisa diaktifkan dan siap untuk digunakan.
Bagaimana jika ternyata setelah melakukan langkah-langkah di atas, pengajuan PayLater Traveloka ditolak? Itu artinya ada syarat-syarat yang tidak dipenuhi. Kita harus cari tahu apa syarat tersebut dan penuhi, agar Traveloka bisa meloloskan pengajuan tersebut.

Biasanya sih pengajuan yang ditolak karena hal-hal berikut ini:
  • Detail informasi yang diberikan tidak sesuai dengan dokumen yang kita berikan.
  • Sebelumnya kita sudah pernah melakukan pengajuan PayLater dan telah disetujui.
  • Dokumen yang kita berikan tidak jelas, ada kesalahan, atau dokumennya sudah tidak berlaku.
  • Kontak keluarga yang dicantumkan sudah tidak bisa dihubungi atau terdapat kesalahan.
Kalau merasa semua syarat sudah dipenuhi, dan masih ditolak daftar PayLater Traveloka, teman-teman kongkow bisa hubungi cs@traveloka.com via email untuk informasi lebih lanjut.
keunggulan traveloka paylater

Cara Menggunakan PayLater Traveloka

Pendaftaran PayLater sudah di-acc dan ada keperluan mendesak yang mau nggak mau harus menggunakan fitur ini? Cuzz, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menggunakannya:
  • Buka Aplikasi Traveloka, lalu pilih produk yang akan dibeli.
  • Di halaman pembayaran, pilih PayLater.
  • Pilih opsi cicilan. Cicilan yang dipilih minimal Rp100.000/ bulan.
  • Klik ‘Beli dengan PayLater’ dan masukkan OTP yang dikirim ke no HP kita lewat SMS.
Mudah kan? Tapi jangan sampai kemudahan ini melenakan ya. Ingat, gunakanlah dengan bijak, pals.

Kesimpulan PayLater Traveloka Review

Menyusun Traveloka PayLater review menyadarkanku bahwa fitur ini memang cukup worthy dimiliki buat siap-siap untuk keadaan-keadaan yang mendesak. Ada banyak keunggulan yang bisa kita dapatkan, antara lain:
  1. Daftar Mudah dan Cepat - Asal kita sudah berumur 21-70 tahun, punya KTP Indonesia dan mengisi informasi yang dibutuhkan, kita sudah bisa mendaftar. Cara mengaktifkan PayLater Traveloka juga tidak membutuhkan waktu lama. 
  2. Limit Awal Capai Rp10juta Rupiah - Sejak pendaftaran pertama kali, kita bisa langsung dapat limit yang bisa digunakan untuk membeli produk yang diinginkan. Limit ini tentu saja tergantung usia, penghasilan dan pekerjaan kita.
  3. Pembayaran Tagihan Mudah - Cicilan penagihan Traveloka PayLater bisa dilakukan dalam jangka waktu 1 - 12 bulan. Bisa dibayarkan melalui transfer bank dan BCA Virtual Account
  4. Bisa Dipakai di Luar Traveloka - Nah, sekarang ini PayLater sudah mengeluarkan fitur baru berupa Virtual Number yang berisi 16 digit angka khusus. Dengan Virtual Number ini, kita bisa menggunakan PayLater di luar Traveloka. Buat yang butuh membeli produk-produk tertentu di beberapa situs favorit, bisa nih pakai fitur ini.
  5. Belanja Fleksibel, Budget Aman - Limitnya 40-50% dari limit PayLater, bisa gunakan sistem cicilan.
Meski ada banyak keunggulannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika teman-teman kongkow sudah memiliki akun PayLater Traveloka. Kita bisa terjerat menjadi target penipuan. Agar jangan sampai mengalami hal yang tak diinginkan tersebut, kita perlu tahu beberapa indikasi kalau dijadikan target penipuan, antara lain:
  • Seseorang dengan nomor tak dikenal menelepon dan menanyakan data pribadi.
  • Kita tiba-tiba menerima SMS berisi one-time password (OTP) atau konfirmasi untuk sebuah pinjaman yang tidak kita lakukan.
  • Kita menerima SMS/email yang menyatakan adanya usaha untuk mengganti password atau masuk ke akun Traveloka dari lokasi yang tidak diketahui.
  • Kita menerima SMS/email/instruksi untuk membuka website yang tidak jelas, dan diminta untuk memasukkan username/password/OTP Traveloka.
  • Seseorang menawarkan jasa gestun (gesek tunai). Gestun Traveloka PayLater adalah usaha untuk mencairkan dana atas pembelian yang dilakukan dengan PayLater. Biasanya orang-orang seperti ini akan minta data-data pribadi kita yang nantinya bisa disalahgunakan.
gestun traveloka paylater
Kalau ada hal-hal mencurigakan seperti itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghubungi CS Traveloka agar dapat dilakukan investigasi.

Untuk mencegah penipuan yang berhubungan dengan Traveloka PayLater, ingat hal ini baik-baik, pals:
  • Jangan bagikan data pribadi dengan orang lain. Data pribadi meliputi data KTP, nomor telepon, alamat email, nama gadis ibu kandung, username, password, dan OTP.
  • Jangan gunakan HP/ Laptop/ PC milik orang lain untuk masuk ke akun kita.
So, apakah Traveloka PayLater worthy dimiliki? Menurutku sih worthy, selama digunakan hanya saat keperluan mendesak seperti kasus suami sepupu yang kuceritakan di atas. Bukan sekadar untuk bersenang-senang dan mengikuti gaya hidup. Jangan sampai kemudahan yang diberikan malah akan membuat hidup kita dalam kesulitan nantinya.

Semoga PayLater Traveloka review ini bermanfaat dan bisa memberikan info buat teman-teman kongkow yang membutuhkan. Sampai jumpa di celotehku berikutnya, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment