Yuk Rutin Cek Busi, Ikuti Juga Cara Membersihkannya

2 comments
Konten [Tampil]
cek busi dan cara membersihkannya
Busi menjadi komponen penting dalam proses pembakaran pada mesin mobil. Tidak ada percikan api yang muncul jika kondisi busi dalam keadaan yang prima. Busi mudah kotor karena pembakaran terjadi dan kerak ini akan mencegah munculnya percikan api.

Pengecekan busi secara berkala dibutuhkan supaya kita bisa membersihkannya dan busi bekerja normal. Bengkel resmi Suzuki Jagorawi Motor selalu mengecek kondisi busi ketika servis rutin berlangsung. Buat teman-teman kongkow yang kurang paham akan mesin bisa menyerahkannya pada teknisi.

Hanya saja kita tetap harus tahu bagaimana mengecek kondisi busi sekaligus cara untuk membersihkannya. Ikuti langkah lengkapnya di sini.

Cara Mudah Membersihkan Busi Mobil agar Awet

Proses membersihkan busi mobil tidaklah sulit, selama kita bisa melepas dan memasangnya kembali. Pembersihan busi pun tidak membutuhkan waktu yang lama hanya beberapa menit.

Busi juga sebaiknya dibersihkan ketika kendaraan sudah menempuh jarak 4.000 km. Pada jarak tersebut, sudah sangat umum busi mengalami penumpukan karbon sisa dari pembakaran. Jika hal ini dibiarkan maka pengapian akan terganggu.

Pada saat kendaraan melaju, kita juga akan mendengarkan nafas pendek yang muncul dari kap mesin. Tidak ingin hal ini terjadi? Kita tentunya perlu mengikuti cara membersihkan busi berikut ini.

1. Pengecekan Fisik dari Busi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan kemudian mengecek kondisi fisiknya. Lepaskan busi yang ada di bahwa coil, jadi kitia perlu melepaskan coil sebelum busi. Kita tidak bisa membersihkan busi jika kondisinya masih terpasang.

Kondisi busi yang harus dibersihkan biasanya adalah warna pada bagian ujungnya. Jika warna yang muncul adalah hitam, artinya BBM yang digunakan terlalu besar. Sedangkan warna abu-abu artinya jumlah bensin yang masuk kurang.

Apabila warnanya sudah hitam atau kelabu maka kita masih bisa membersihkannya. Dan jika sudah terlalu pekat busi tak dapat digunakan kembali artinya perlu diganti.

2. Pergunakan Sikat Kawat

Membersihkan kerak hitam pada busi bisa kita lakukan pertama dengan sikat kawat. Jadi siapkan sikat kawat yang berukuran kecil atau sikat dengan bulu yang kasar. Sikat ini nantinya akan mengangkat residu yang telah menempel.

Sikatlah pada bagian ujung busi terlebih dahulu sampai bersih. Supaya hasilnya semakin bersih, kita juga bisa menambahkan semprotan karbon. Kemudian sikat sampai semua kerak yang menempel rontok.

3. Mempergunakan Amplas Halus

Beberapa tumpukan residu ada saja yang tidak akan hilang meskipun kita sudah menyikatnya ditambah karbon. Penyebabnya busi sudah jarang dibersihkan dan akhirnya berkerak dan sangat kuat.

Kita tentunya akan kesulitan untuk membersihkan kerak ini sehingga perlu bantuan amplas halus untuk membersihkannya. Hindari menggunakan amplas yang terlalu kasar karena justru akan membuat busi cepat aus.

Cara membersihkannya, cukup amplas perlahan pada bagian ujung busi. Pastikan bahwa semua keraknya sudah mulai rontok. Jika menggunakan amplas kita tidak perlu menyemprotkan karbon kembali.

4. Mengatur Ulang Celah Busi

Pada cara yang terakhir ini sebenarnya opsional untuk dilakukan sendiri, karena biasanya akan diatur oleh teknisi di bengkel. Alat yang digunakan untuk mengatur ulang celah busi ini disebut dengan feeler gauge.

Alat tersebut merupakan alat ukur yang terbuat dari lembaran baja tipis yang memiliki ketebalan presisi. Kita bisa mengeset ulang celah busi dengan alat ini apabila melakukan modifikasi pada busi.

Kondisi busi harus selalu dijaga terbebas dari kerak agar pengapian bekerja dengan lancar. Jika salah satu busi mati maka kita juga harus segera menggantinya, jangan menunggu sampai tidak berfungsi semua.

Baik penggantian dan pengecekan busi lebih baik dilakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat supaya mendapatkan penanganan dari teknisi profesional. Berikut ini daftar bengkel resmi Suzuki yang mudah dijangkau.

1. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang - Jaktim, website: https://suzukidealerkalimalang.id
2. Sejahtera Armada Depok - Depok, website: https://suzukimargondadepok.co.id
3. Jagorawi Motor - Bangka Belitung, website: https://suzukijagorawi.co.id/
4. Sejahtera Buana Trada - Riau, website: https://suzukimobilriau.co.id/
5. Elang Perkasa Motor - Sumbar , website: http://suzukiepmsumbar.co.id/
6. Jaya Indah Motor - Jambi, website: https://suzukijambi.co.id/
7. Kangaroo Motor Mandiri- Bengkulu, website: https://suzukibengkulu.co.id/
8. Nusa Sarana Citra Bakti - Sumsel, website: https://suzukithamrin.co.id/
9. Persada Lampungraya - Lampung, website: https://suzukilampung.co.id/

Pengecekan dan pembersihan busi terlihat sepele namun sangat penting untuk kelancaran berkendara. Hadirnya bengkel Suzuki akan membantu kita untuk melakukannya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

2 comments

  1. Bener banget busi bisa jadi masalah kalau pas bepergian tetapi tiba-tiba rusak. Paling lama benerinnya, terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Busi memang kompenen penting yang wajib diperhatikan ya, Mbak. Tidak hanya pada mobil, motor juga. Dan sama nih, cara membersihkan busi mobil dna motor.
    Kalau saya, misalnya mau jalan jauh, saya ganti saja dengan yang baru. Atau kalau jadwal servis, pasti ganti busi juga.

    ReplyDelete

Post a Comment