header marita’s palace

Bocoran, 6 Tips Jitu Sukses Kuliah di Jerman

1 comment
Konten [Tampil]
tips sukses kuliah di jerman
Mau kuliah di Jerman dengan biaya murah? Ada rahasianya yaitu dengan mendaftar program persiapan kuliah di Jerman di Virtueducation.org.

Sekarang semua kalangan punya kesempatan untuk melanjutkan perguruan tinggi hingga ke Jerman asal tahu langkah dan persiapannya.

Jika kamu memiliki prestasi gemilang di bidang akademik maupun non akademik, maka kamu sudah selangkah lebih maju untuk bisa kuliah di Jerman tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Tapi pencapaian tersebut masih belum cukup karena mendaftarkan diri ke Universitas di Jerman membutuhkan proses yang panjang.

Nah di sinilah peran Virtu Education sebagai lembaga penyalur kuliah ke luar negeri yang dapat mendampingimu dalam melewati semua proses tersebut dengan jauh lebih mudah.

Virtu Education juga akan mengajarkanmu kiat-kiat dalam merencanakan studi ke Jerman yang didapat dari pengalaman alumni-alumni sebelumnya.

6 Tips Jitu Sukses Kuliah di Jerman Wajib Tahu!

Berikut ini beberapa bocoran tips sukses saat kuliah di Jerman yang akan kamu pelajari di Virtu Education.
cara sukses kuliah di jerman

1. Asah Kemampuan Bahasa Jerman Sebaik Mungkin

Menguasai Bahasa Jerman mutlak untuk dimiliki jika kamu berkomitmen untuk kuliah di Jerman karena kebanyakan dari program studi yang akan kamu ikuti menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar di kelas.

Tingkat bahasa yang perlu kamu capai juga harus mencapai menengah ke atas mengingat buku-buku pelajaran yang dipakai mengandung banyak kosakata yang cukup berat, apalagi jika kamu mengambil jurusan yang menggunakan banyak istilah ilmiah.

Sebenarnya ada program yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Akan tetapi kamu tetap wajib mempelajari Bahasa Jerman karena selama kuliah di sana, 90 persen dari kehidupan kamu akan menggunakan bahasa tersebut.

Sehingga alangkah baiknya untuk mempelajari Bahasa Jerman dari sekarang sebagai rencana panjang dalam mempersiapkan diri kuliah di Jerman.

Bahasa Jerman bisa dipelajari dengan autodidak, atau bisa juga bergabung dengan tempat kursus yang menyediakan pilihan ini sebagai materi belajar.

2. Jangan Salah Pilih Jurusan dan Universitas

Tahap ini juga tidak kalah penting untuk direncanakan dengan matang.

Memilih jurusan tidak hanya tergantung dari minat yang kamu punya, tapi juga berdasarkan faktor-faktor lainnya seperti kesempatan kerja, kisaran harapan gaji, dan prospek kerjanya di masa depan.

Memilih universitas pun tidak bisa sembarangan. Kita harus mencari tahu kredibilitas dari institusi tersebut dan bagaimana kualitas dari pendidikannya.

Selain itu pelajari juga daerah tempat universitas itu berdiri, apakah lingkungannya cocok dan biaya hidupnya terjangkau.

Jangan sampai kuliah kamu putus di tengah jalan karena salah memilih jurusan atau universitas dan semua usaha yang kamu lakukan menjadi sia-sia.

3. Buat Jadwal Pengingat untuk Tanggal-tanggal Penting

Tips ini sangat berguna karena kamu akan menghadapi banyak proses administrasi dengan batas tanggal tertentu seperti batas pengiriman aplikasi ke universitas, batas pembuatan visa, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membuat daftar jadwal sebagai pengingat agar tidak lupa dengan apa saja yang perlu diurus pada tanggal-tanggal yang penting.

Selain melatih kedisiplinan, tips ini juga menjadi penyelamatmu karena kamu bisa melakukan antisipasi jika terjadi sesuatu di luar rencana dan bisa mengerjakannya di lain hari tanpa harus takut kehabisan waktu.

4. Belajar Mengatur keuangan

Dengan kuliah di Jerman, kamu akan dituntut untuk belajar mandiri dan membeli semua kebutuhan sehari-hari sendiri.

Sebagai persiapan, ada baiknya kamu mulai belajar mengatur pengeluaran dan membuat rencana finansial bulanan dari sekarang.

Berhemat juga menjadi keharusan yang harus ditanamkan dan lebih baik lagi jika kamu bisa menerapkan strategi untuk menekan biaya hidup seperti masak sendiri, mencuci baju sendiri, belajar kerja part time dan berbagai cara lainnya.

5. Mencari Akomodasi Jangka Panjang Sebelum Sampai di Jerman

Tempat tinggal menjadi kebutuhan yang perlu segera dipenuhi ketika kamu memulai hidup di Jerman. Biasanya pelajar internasional akan menyewa tempat sementara seperti hotel atau losmen selama beberapa hari sembari mencari lokasi tempat tinggal yang tetap.

Ada banyak pilihan akomodasi yang tersedia untuk pelajar asing seperti asrama universitas, apartemen pribadi, homestay atau sewa rumah bersama.

Semua jenis tempat tinggal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu sebaiknya melakukan riset yang cukup detail agar menemukan tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu.

6. Membuat Asuransi Kesehatan

Membuat asuransi kesehatan adalah salah satu antisipasi yang wajib dilakukan. Dengan membuat asuransi, maka kamu tidak perlu khawatir dengan masalah biaya kesehatan karena kamu sudah memiliki jaminan yang pasti.

Walaupun perlu mengeluarkan biaya tambahan per tahun, kamu tidak akan rugi karena sistem health care di Jerman akan menutup semua biaya rumah sakit dengan jumlah berapapun.

Gimana nih setelah dapat bocoran tips jitu biar bisa sukses kuliah di Jerman, tertarik buat menggapai peluang tersebut? Semoga berhasil!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah mantep banget ini bisa belajar bahasa Jerman dengan baik dan mudah, jadi tergiur belajar berbagai bahasa.

    ReplyDelete

Post a Comment