header marita’s palace

Freight Forwarding Indonesia Apaan Sih? Ini Penjelasan Lengkapnya

freight forwarding Indonesia
Dalam dunia pengiriman barang baik ekspor ataupun impor, kita pastinya akan mendengar berbagai macam istilah bukan? Salah satunya adalah keberadaan freight forwarding Indonesia yang semakin menjamur belakangan ini. Hal tersebut karena memang keberadaannya memberikan kemudahan dalam proses pengiriman.

Kegiatan di dalamnya sendiri berada di dalam sebuah badan hukum ataupun perusahaan yang menyediakan jasa sebagai forwarder atau pelaksana. 

Keberadaan jasa ini pun ternyata akan memberikan segudang manfaat buat para konsumen. Untuk memahaminya lebih jauh, maka sohib kongkow wajib buat menyimak ulasannya berikut.

Pengertian Freight Forwarding Indonesia

Istilah satu ini memang masih terdengar cukup asing buat sebagian besar orang. Ini merupakan perusahaan di mana bergerak di dalam bidang jasa pengangkutan secara menyeluruh. 

Adapun peran yang dimilikinya juga cukup beragam mulai dari pelayaran, jasa kepabeanan, EMKL hingga pengiriman secara door to door.

Adapun sebutan lainnya yakni usaha jasa pengurusan transportasi. Kegiatan di dalamnya sendiri berkaitan dengan penyelenggaraan penerimaan ataupun pengiriman baik melalui jalur laut, darat ataupun udara.

Tidak sampai di situ saja, masih ada beberapa kegiatan yang termasuk ke dalam freight forwarding selain penerimaan dan pengiriman seperti penyimpanan, sortasi, pengukuran, pengepakan, penimbangan hingga penyelesaian tagihan maupun biaya-biaya lainnya.

Peran dari jasa ini pun juga cukup beragam yakni sebagai pelaku terhadap perintah dari pihak yang menginginkan barang dikirim ke suatu tempat tertentu, bergerak pada barang buatan, hingga perantara antara pihak sender, pengangkut maupun receiver.

Di Indonesia, jasa forwarder dibedakan menjadi beberapa kategori sekaligus diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Internasional Forwarder

Ini merupakan sebutan lain dari forwarder di kelas A di mana cukup professional didalam menjalankan jasa pengurusan transportasi di lintas Negara maupun benua. Keberadaannya cukup diminati baik para importir maupun eksportir. Sebab mereka bisa menerbitkan FIATA B/L, hingga mempunyai jaringan secara internasional.

2. Regional/ Domestic Forwarder

Berikutnya terdapat regional forwarder di mana sekilas memang sama seperti dengan sebelumnya. Tetapi pihak ini pun belum mempunyai hak secara penuh buat menerbitkan B/L sendiri.

3. Lokal Forwarder

Terakhir jasa ini pun lebih minim dibandingkan dengan jenis yang kedua. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena biasanya tipe ini belum mempunyai agen-agen di luar negeri dan termasuk ke dalam pengelola EMKL dan EMKA.

Keuntungan Menggunakan Layanan Forwarder

Dengan menggunakan layanan forwarder inilah, kita akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya. Terutama jika kita merupakan seorang eskportir maupun importir yang ingin melebarkan sayap bisnis. Apa sajakah keuntungannya? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Proses Ekspor Barang Akan Lebih Mudah

Mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri ataupun sebaliknya bukanlah perkara mudah dilakukan. 

Namun, jika menggunakan forwarder tentu akan memperoleh berbagai macam kemudahan dalam prosesnya. Bahkan prosesnya dijamin tidak sulit dan menyita banyak waktu.

2. Pengiriman Barang Jauh Lebih Cepat

Sebagai seorang pebisnis, teman kongkow pastinya ingin jika barang tersebut sudah sampai ke tangan pelanggan dengan cepat bukan? 

Jangan khawatir karena dengan menggunakan forwarder inilah maka proses pengiriman jauh lebih cepat. Terutama jika terdapat agen-agen yang tersebar di berbagai area ataupun negara.

3. Pengiriman Barang Dapat Disesuaikan Kebutuhan

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan yakni kalian bisa mengirimkan barang sesuai dengan kebutuhan. 

Baik skala besar ataupun kecil, konsumen bisa menggunakan layanan satu ini. Dijamin akan memperlancar kegiatan pengiriman barang hingga sampai ke tangan pelanggan.

Sampai di sini, dijamin tertarik buat menggunakan layanan satu ini bukan? hagajaya.com bisa menjadi solusi terbaik untuk teman kongkow. Ini merupakan jasa freight forwarding Indonesia di mana sudah melayani berbagai macam kebutuhan pengiriman barang secara menyeluruh kepada para konsumen.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Baru dengar tentang ini, jasa kayak gini memang penting banget. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete