header marita’s palace

Beberapa Cara Pendaftaran Universitas Gunadarma yang Harus Kamu Tahu

cara pendaftaran universitas gunadharma
Tahun ajaran baru akan dimulai. Hampir semua perguruan tinggi sudah membuka pendaftaran, tidak terkecuali Universitas Gunadarma. Salah satu hal yang banyak dicari calon mahasiswa baru adalah cara pendaftaran Universitas Gunadarma dan biaya kuliahnya. 

Hal ini karena Universitas Gunadarma adalah perguruan tinggi swasta yang memiliki visi misi bereputasi internasional berbasis keunggulan dalam kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang holistik dan integratif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa di masa mendatang. Maka tidak heran jika Universitas Gunadarma menjadi salah satu alternatif kampus terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru.

Untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang cara pendaftaran Universitas Gunadarma, simak artikel ini, ya!

Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma terdiri dari 2 jalur, yaitu jalur PPMDK dan jalur reguler. Di bawah ini penjelasan dari keduanya.

Cara Pendaftaran Universitas Gunadarma Mahasiswa Baru Jalur PPMDK

Berikut ini prosedur pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Gunadarma yang menggunakan jalur PPMDK:

1. Registrasi

Syarat pertama untuk melakukan pendaftaran Universitas Gunadarma jalur PPMDK adalah registrasi. Hal yang dipersiapkan adalah email aktif. Calon Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma dapat mendaftar melalui Jalur PMDK ini melalui alamat website. 

Kamu harus mengisi form registrasi pada halaman bagian registration. Setelah mengisi data, kamu akan mendapatkan email konfirmasi untuk informasi mengenai user untuk login, dan proses pembayaran formulir akan disesuaikan dengan metode yang pilih setoran tunai atau ATM. Pastikan untuk mengecek emailmu untuk mendapatkan informasi tersebut.

2. Pembayaran

Setelah selesai melakukan tahap registrasi, kamu harus melanjutkan tahapan berikutnya, yaitu pembayaran formulir. Pembayaran dilakukan dengan transfer ke Bank Mandiri dengan Virtual Account masing-masing pendaftar diawali 889730 diikuti nomor ID daftar sebesar Rp. 350.000,-. Nomor lengkap Virtual Account dapat dilihat pada email atau pada halaman ketika selesai melakukan pendaftaran.

3. Melengkapi Data

Setelah melakukan pembayaran formulir, kamu dapat langsung login untuk melengkapi formulir dan mengisikan nilai raport semester 4 dan 5.

4. Berkas Persyaratan

Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kamu akan mendapatkan Nomor Pendaftaran yang akan dikirmkan melalui SMS atau Email. Setelah itu kamu diharuskan kembali ke website pendaftaran untuk melengkapi data-data isian mahasiswa. 

Selain itu, kamu pun diminta mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melanjutkan proses selanjutnya, kamu wajib mengirimkan salinan dokumen yang dipersyaratkan untuk proses seleksi PMDK, yaitu:
  • 2 lembar fotocopy STTB SMTA yang telah dilegalisir (untuk SMTA Swasta Legalisir KANWIL) (bila sudah ada).
  • 1 lembar fotocopy SKHUN/NEM (dilegalisir sekolah) (bila sudah ada).
  • 1 lembar fotocopy Rapor kelas 3 semester 5.
  • 2 lembar pas foto 2x3 cm berwarna.
  • 1 lembar pas foto 4x6 cm berwarna.
  • 1 lembar fotocopy KTP.
Berkas-berkas tersebut kemudian discan dan dikirimkan melalui email : ppmb-ol@gunadarma.ac.id

5. Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah kamu melengkapi data persyaratan seleksi PMDK. Maka selanjutnya, kamu tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi. Hasil Seleksi PMDK akan diumumkan melalui halaman login mahasiswa baru, SMS, atau mengambil langsung melalui counter Pendaftaran Universitas Gunadarma pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB. Adapun isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.

6. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan

Setelah kamu dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Gunadarma, maka selanjutnya kamu harus menghubungi panitia di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma dan melakukan pembayaran untuk biaya kuliah dan pemeriksaan kesehatan.

7. Daftar Ulang

Setelah dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan dan melakukan pembayaran biaya kuliah, kamu harus melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.

8. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)

PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, di mana tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.

Prosedur Pendaftaran Universitas Gunadarma Mahasiswa Baru Jalur Reguler

Sementara itu, jika sohib kongkow ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di Universitas Gunadharma dengan menggunakan jalur reguler, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Registrasi

Sama halnya dengan jalur PMDK, prosedur pertama yang harus kamu lakukan adalah registrasi dan syarat utamanya adalah memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website. 

Kamu harus mengisi form registrasi pada halaman bagian registration. Setelah mengisi data, kamu akan langsung mendapat email konfirmasi untuk informasi mengenai user untuk login, dan proses pembayaran formulir akan disesuaikan dengan metode yang pilih setoran tunai atau ATM. Pastikan untuk mengecek emailmu untuk mendapatkan informasi tersebut.

2. Pembayaran

Setelah selesai melakukan tahap registrasi, kamu harus melanjutkan tahapan berikutnya, yaitu pembayaran formulir. Pembayaran dilakukan dengan transfer ke Bank Mandiri dengan Virtual Account masing-masing pendaftar diawali 889730 diikuti nomor ID daftar sebesar Rp. 350.000,-. Nomor lengkap Virtual Account dapat dilihat pada email atau pada halaman ketika selesai melakukan pendaftaran.

3. Melengkapi Data

Setelah berhasil mendaftar, kamu dapat langsung login untuk melengkapi formulir serta memilih tanggal ujian. Kamu dapat membayar langsung formulir pada saat tes ujian masuk. Setelah melengkapi data isian formulir dan memilih waktu ujian, kamu perlu mengecek kembali email untuk mendapat informasi detail.

4. Ujian Masuk

Setelah kamu melengkapi data-data isian dan menentukan lokasi Ujian Masuk Universitas Gunadarma, maka kamu akan mendapatkan jadwal sesuai dengan lokasi ujian pilihanmu. Hari dan tanggal akan disesuaikan dengan pilihanmu pada saat mendaftar online. Ujian masuk akan menggunakan komputer dan materi yang diujikan adalah matematika dan bahasa Inggris.
ujian masuk universitas gunadharma



Adapun tata tertib ujian masuk adalah sebagai berikut:
  • Datang 15 menit sebelum ujian dimulai.
  • Membawa Identitas Diri berupa KTP atau Kartu Pelajar.
  • Membawa Fotocopy Bukti Pembayaran.
  • Membawa formulir yang sudah diisi lengkap di website pendaftaran dan telah dicetak.
  • Berpakaian rapi dan sopan, sepatu tertutup.
  • Membawa pas foto ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.

5. Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi jalur reguler akan diumumkan dan diambil di counter pendaftaran pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB. Adapun isi dari pengumuman meliputi jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.

6. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan

Setelah kamu dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Gunadarma. Maka langkah selanjutnya adalah kamu harus membayar biaya kuliah dan pemeriksaan kesehatan di counter pendaftaran.

7. Daftar Ulang

Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, selanjutnya kamu harus melakukan daftar ulang di counter pendaftaran Universitas Gunadarma.

8. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)

PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, di mana tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh panitia.

Semoga artikel ini bisa membantu sohib kongkow yang sedang mencari informasi cara pendaftaran Universitas Gunadarma 2022 ya. Selamat mencoba dan semoga sukses, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment