header marita’s palace

Kenali Mata Uang Crypto : Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya

pengertian mata uang crypto
Penggunaan mata uang kripto memang semakin populer di kalangan masyarakat milenial. Mata uang crypto yang dalam bahasa asing disebut cryptocurrency menjadi tren baru untuk investasi maupun alat pembayaran. Meskipun di negara Indonesia sendiri pemerintah melarang kripto sebagai alat pembayaran, namun masyarakat boleh menyimpannya sebagai aset digital dan bisa diperjualbelikan.

Kripto semakin menarik perhatian ketika adanya fenomena bantuan sumbangan berbentuk mata uang digital tersebut di tengah konflik panas Rusia dan Ukraina. Lantas apakah cryptocurrency itu dan bagaimana cara kerjanya? Apa saja hal yang menjadi kelebihan kripto dibandingkan mata uang fisik yang telah dikenal selama ini?

Pengertian Mata Uang Crypto (Cryptocurrency)

pengertian cryptocurrency
Investopedia melansir bahwa yang disebut dengan mata uang crypto atau cryptocurrency adalah mata uang berbentuk digital yang dilindungi oleh suatu kode yang dinamakan kriptografi. Dengan adanya kriptografi, membuat mata uang digital tersebut sangat sulit untuk digandakan ataupun dipalsukan.

Sementara itu Coinbase mendefinisikan kripto sebagai jenis uang digital yang tidak dikendalikan maupun dikeluarkan oleh pemerintah. Dalam sistem kerjanya kripto memakai jaringan peer to peer oleh perangkat lunak yang sifatnya open source gratis.

Kripto yang ada saat ini sudah memiliki banyak ragam sehingga masyarakat bisa memilih mana jenis yang dianggap mempunyai nilai tinggi. Bitcoin (BTC) menjadi kripto pertama dan yang paling populer hingga saat ini dan mempunyai nilai kapitalisasi pasar internasional tertinggi. Setelah Bitcoin ada Ethereum, Litecoin dan Bitcoin Cash sebagai kripto populer.

Cara Kerja Cryptocurrency

cara kerja mata uang kripto

Sebagai sebuah aset digital tentunya kripto menggunakan jaringan komputer dan internet. Seperti yang diketahui bahwa sistem dan jaringan komputer rawan sekali dengan kejahatan siber termasuk kripto.

Sehingga untuk menjamin keamanan kripto digunakan sebuah sistem yang disebut blockchain dalam transaksinya. Bisa diibaratkan blockchain merupakan buku besar yang terdistribusi dan terbuka untuk mencatat setiap transaksi melalui kode-kode tertentu.

Blockchain mirip dengan buku cek yang selanjutnya akan didistribusikan oleh jaringan komputer serta jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia. Setiap transaksi kripto akan dicatat pada suatu “blok” lalu dihubungkan dengan “rantai” transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Nantinya, setiap transaksi oleh pengguna tersebut akan diverifikasi ulang sehingga tidak akan bisa dipalsukan dan dimanipulasi.

Mengutip apa yang pernah dituliskan oleh majalah Forbes bahwa pada prinsipnya cara kerja kripto dapat didasarkan atas tiga hal yaitu digital, transkripsi serta desentralisasi. Inilah yang membuat kripto berbeda dengan mata uang konvensional karena tidak dikontrol oleh pemerintah atau otoritas melainkan sepenuhnya dikelola pengguna sendiri dengan menggunakan jaringan internet.

Kelebihan Mata Uang Kripto

kelebihan mata uang crypto
Kripto makin diminati oleh orang-orang di seluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia. Peningkatan minat terhadap kripto tersebut didukung oleh adanya berbagai kelebihan dari mata uang ini. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah:

1. Investasi dengan Potensi yang Bagus

Banyak orang mulai melirik koin kripto sebagai bentuk investasi yang dianggap menguntungkan. Senada dengan pernyataan dari CEO Rubix.lo Drew Hamilton yang mengatakan bahwa kripto masih sangat memiliki peluang tumbuh di masa depan.

2. Mudah dalam Akses dan Transaksi

CEO PayPal Dan Schulman sudah menyatakan pihaknya akan menyediakan sarana yang memungkinkan kripto bisa diakses sebagai alat pembayaran pada PayPal secara mudah. Perlu diingat bahwa kripto terdesentralisasi sehingga tidak membutuhkan perantara pihak ketiga dalam melakukan transaksi.

3. Transaksi Bisa Dilakukan 24 Jam

Berbeda dengan pasar saham yang hanya bisa dilakukan pada jam kerja kripto berlangsung selama 24 jam setiap harinya. Jadi, pengguna bisa melakukan jual beli (trading) aset kripto setiap saat sekalipun pada tengah malam. 

Perkembangan market crypto hari ini juga bisa dilihat secara realtime melalui platform sehingga pengguna dapat memantau pergerakan harga Bitcoin, Ethereum, Dogecoin dan lainnya dengan mudah.

Tertarik dengan mata uang crypto tapi belum paham caranya? Langsung saja buka kanal Indodax Academy sebagai media untuk belajar. Anda juga bisa melakukan pembelian dan penjualan kripto melalui mobile Apps Indodax.***

Sumber:
  • https://www.liputan6.com/crypto/read/4905650/apa-itu-mata-uang-kripto-begini-penjelasannya
  • https://tekno.tempo.co/read/1552558/mata-uang-kripto-makin-diminati-begini-cara-kerjanya
  • https://pintu.co.id/blog/kelebihan-dan-kekurangan-cryptocurrency

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Baru paham di tengah populernya kripto, hehe kudet banget. Mantep ini lengkap informasinya, jadi paham tentang kripto. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete