header marita’s palace

Cara Memilih Penyedia Layanan Cloud Computing Service Terbaik

cara memilih penyedia layanan cloud computing
Saat ini, cloud service menjadi teknologi yang sangat penting, terutama dalam dunia kerja. Pada dasarnya, cloud adalah teknologi berbasis internet yang digunakan untuk menyimpan, membagikan, dan mengelola data.
Maka yang dimaksud dengan layanan cloud adalah jasa yang menyediakan tempat untuk menyimpan, mengelola dan membagikan data.
Karena telah menggunakan internet, kita bisa mengakses data dengan sistem yang lebih efisien. Untuk menggunakan teknologi ini, kita harus memilih penyedia layanan cloud computing terbaik. Agar tidak salah pilih, tentu sohib kongkow harus tahu cara memilih dengan tepat yang akan dibahas di bawah ini.

Karena layanan cloud digunakan untuk kebutuhan penting terkait data, temen kongkow pun tidak bisa main–main dalam memilih penyedia. Itulah mengapa, kalian harus tahu bagaimana cara memilih penyedia terbaik seperti yang akan kujabarkan. Namun sebelumnya aku mau kasih tahu tentang tipe-tipe cloud computing dulu ya.

Tipe Cloud Computing

Secara garis besar ada empat jenis cloud computing yang banyak digunakan, yaitu:
  • Public Cloud - Bisa digunakan oleh banyak pengguna. Ini adalah jenis layanan umum yang biasa digunakan oleh jasa penyedia layanan cloud. Ini adalah jenis cloud yang paling minim biaya infrastrukturnya, terutama untuk perusahaan-perusahaan kecil.
  • Private Cloud - Dikelola secara pribadi untuk sebuah perusahaan. Jauh lebih aman karena digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga aksesnya bisa lebih terpantau.
  • Hybrid Cloud - Merupakan gabungan dari public dan private cloud. Cocok digunakan untuk perusahaan yang membutuhkan penyimpanan secara private sekaligus bisa berbagi data ke ruang yang lebih umum.
  • Multi Hybrid Cloud - Merupakan pengembangan dari Hybrid Cloud, tapi biasanya digunakan dalam sebuah perusahaan yang punya banyak departemen. Biasanya masing-masing departemen punya kebutuhan cloud yang berbeda. Multi Hybrid Cloud bisa menyesuaikan kebutuhan cloud setiap departemen.
Gimana sudah mulai paham dengan tipe cloud? Moga-moga bisa menambah pengetahuan ya, pals.
cara memilih layanan cloud

4 Cara Memilih Penyedia Layanan Cloud Computing

Setelah temen-temen kongkow tahu apa saja perbedaan dari tipe cloud yang ada, kini saatnya mencari tahu tips memilih penyedia layanan computing. Ada empat poin penting yang perlu kalian tahu nih.

1. Cek Penawaran Layanan

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah layanan yang ditawarkan. Setiap penyedia jasa layanan cloud biasanya memiliki beberapa penawaran yang bisa dipilih. Dalam hal ini, sebaiknya temen kongkow memilih penawaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Umumnya, layanan cloud computing yang ditawarkan terdiri dari tiga jenis, yaitu:
  • Infrastructure as a Service (IaaS) - Merupakan layanan cloud yang paling banyak ditawarkan. Layanan ini menyediakan infrastruktur komputasi data yang terpusat, namun memungkinkan pengguna untuk membeli, mengkonfigurasi, menginstal dan mengelola perangkat lunak apapun yang dibutuhkan.
  • Platform as a Service (Paas) - Secara garis besar sama dengan IaaS, bedanya pada PaaS menyediakan juga alat pengembangan, middleware serta sistem manajemen database yang dibutuhkan dalam pembuatan software.
  • Software as a Service (SaaS) - Merupakan layanan cloud tertinggi berupa solusi perangkat lunak yang telah dikembangkan secara penuh dan siap disewa secara langganan per bulan atau per tahun.
Dalam menentukan layanan, kita juga perlu tahu kebutuhan perusahaan seperti apa. Jadi jangan sampai salah pilih agar mendapat solusi tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi. Misal, temen kongkow pengen bikin Ghost Kitchen alias Cloud Kitchen, tentunya butuh layanan yang berbeda dengan sohib kongkow yang punya perusahaan rintisan. 

2. Cek Harga yang Ditetapkan

Penawaran yang diberikan oleh penyedia jasa layanan cloud tentu memiliki harga yang telah tetapkan. Kita bisa menilai dan menimbang apakah layanan yang diberikan sudah sesuai dengan harga yang ditentukan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kita tidak membayar dengan harga yang terlalu mahal untuk layanan yang sebenarnya biasa saja.

3. Bandingkan dengan Penyedia Lainnya

Untuk memudahkan temen-temen kongkow dalam memilih penyedia layanan cloud terbaik, kita bisa membandingkan dengan jasa penyedia lainnya. Hal ini akan memudahkan untuk melihat mana layanan yang memberikan penawaran terbaik dengan harga yang sesuai. Kita juga bisa melihat review dari masing-masing layanan.

Tak hanya itu, tidak ada salahnya untuk langsung bertanya kepada beberapa penyedia layanan. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah untuk melihat mana penyedia yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bertanya kepada penyedia, antara lain penawaran harga, fitur apa saja yang didapatkan, sistem keamanan, hingga kecepatan.

4. Pastikan Penyedia Layanan Sudah Berizin

Sama seperti perusahaan jasa lainnya, penyedia jasa layanan cloud juga harus memiliki izin. Oleh karena itu, temen kongkow pun juga harus memastikan bahwa perusahaan atau penyedia jasa layanan cloud ini sudah memiliki izin dan legalitasnya jelas. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan.

Dengan mengikuti cara memilih penyedia cloud di atas, sohib kongkow tentu bisa lebih mudah menemukan penyedia yang tepat. Untuk kalian yang sedang mencari penyedia layanan cloud computing terbaik, segera hubungi neuCentrIX. Kita akan mendapatkan banyak penawaran menarik yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya itu, harga yang diberikan pun sangat bersaing dan sesuai dengan layanan yang diberikan.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Ya, cloud memang sangat mempermudah dalam akses penyimpanan dan sharing apalagi praktis. Walaupun sering pakai aku baru paham detailnya seperti ini dan banyak macamnya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete