header marita’s palace

Mau Mendapatkan Sertifikasi Project Management Professional? Ini Caranya!

sertifikasi Project Management Profesional
Sertifikasi Project Management Professional (PMP) adalah salah satu syarat yang wajib dimiliki jika sohib kongkow berkeinginan untuk masuk ke dalam dunia industri. Perusahaan biasanya lebih yakin jika kalian sudah punya sertifikasi ini.

Eits, tapi sebelum kita bahas lebih lanjut tentang sertifikasi manajemen project, temen kongkow tahu nggak sih bedanya sertifikat dan sertifikasi?

Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi

Kedua istilah ini memang terdengar hampir sama ya? Namun sebenarnya punya pengertian yang berbeda lo.

Sertifikat adalah selembar penghargaan atau apresiasi yang diberikan setelah kita menyelesaikan sebuah pelatihan, seminar, atau lolos dalam proses sertifikasi. Sertifikat bisa dikeluarkan oleh lembaga apa saja, entah itu institusi pendidikan, komunitas ataupun lembaga sertifikasi resmi.

Sertifikat banyak dilampirkan saat sedang melamar kerja. Ada kalanya perusahaan mempertimbangkan sertifikat-sertifikat itu. Setidaknya dengan memiliki banyak sertifikat, pencari kerja akan dinilai sebagai sosok yang senang belajar dan mengikuti kegiatan positif.

Namun sertifikat tidak memberikan value lebih yang menunjukkan keprofesionalan seseorang di bidang tertentu apabila hanya dikeluarkan oleh institusi atau komunitas yang belum jelas badan hukumnya. Nah, sertifikasi hadir untuk hal tersebut.
perbedaan sertifikat dan sertifikasi
Sertifikasi adalah proses pengujian atas kelayakan seseorang (atau bisa juga kelayakan produk atau jasa) dalam bidang tertentu. Sertifikasi memiliki standar penilaian tertentu.

Apabila seseorang memenuhi standar penilaian yang ditetapkan, artinya ia lolos dalam proses sertifikasi dan berhak mendapat gelar yang menunjukkan profesionalismenya pada sebuah bidang.

Biasanya sebelum dilakukan sertifikasi, peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu. Setelah melalui beberapa pembekalan dalam kurun waktu tertentu, proses penilaian dilakukan. Jika lolos baru deh mendapat sertifikat.

Maka bisa disimpulkan jika sertifikasi adalah proses penilaian atas profesionalisme kinerja seseorang pada bidang tertentu. Sementara sertifikat adalah dokumen yang didapatkan setelah seseorang melalui sertifikasi.

Meski begitu, tidak semua sertifikat dikeluarkan lewat proses sertifikasi. Ada beberapa sertifikat yang dikeluarkan sebagai bentuk apresiasi dan tidak kuat secara legalitas.

Oleh karenanya agar sertifikat kita lebih punya value saat mencari kerja, mending ikut sertifikasi aja, pals. Btw, ada banyak beragam sertifikasi saat ini. Dalam bidang literasi sendiri, sudah ada sertifikasi untuk penulis.

Tentu saja yang sudah lolos sertifikasi sebagai penulis non fiksi atau fiksi akan lebih dihargai profesionalismenya dibanding yang belum lolos. Begitu juga jika temen kongkow berada di bidang industri.

Kinerja dan profesionalisme kalian akan lebih diperhitungkan jika sudah lolos sertifikasi PMP. Fyi, sertifikasi yang satu ini termasuk favorit di Indonesia. Soalnya Gaji PMP di Indonesia cukup menggiurkan.

Dari info yang aku dapat nih, kisaran gaji project manager di Indonesia kurang lebih Rp138jutaan per tahun. Atau kalau dihitung per jam berkisar Rp70ribuan.

Hmm, pantesan aja ya banyak yang pengen banget bisa lolos sertifikasi project management professional. Karena perusahaan tentu akan lebih melirik sohib kongkow yang udah punya sertifikasi ini dibanding yang belum punya.

Ssst, kabarnya nih, manajer proyek yang punya sertifikasi PMP bisa mendapat gaji 25% lebih tinggi dibandingkan yang nggak punya sertifikasi. Jadi gimana, tertarik buat mendapatkan sertifikasi ini, pals?

Apa Itu Sertifikasi Project Management Professional?

Apapun jenis industrinya, hampir semua butuh seorang project manager. Ia adalah seseorang yang bertanggung jawab atas keberlangsungan sebuah proyek dari awal hingga akhir.

Oleh karenanya, orang yang ditunjuk sebagai project manager bukanlah sosok yang sembarangan. Ia pastinya memenuhi kualifikasi dan syarat-syarat tertentu untuk mendapat amanah sebesar itu.

Bukan hanya hebat dalam leadership, manajer proyek juga harus tahu project management tools, jago negosiasi, tahu bagaimana menyusun budget dan punya skill problem solving yang mumpuni. Lebih dari itu, project manager akan lebih diakui kompetensinya jika telah memiliki sertifikasi project management professional.

Manajer proyek yang memiliki sertifikasi ini dianggap telah terbukti paham, menguasai dan telah menerapkan ilmu-ilmu yang dipelajarinya. Jago dalam analisa dan evaluasi masalah-masalah yang bisa jadi timbul saat proyek sedang berlangsung.
cara mendapatkan sertifikasi Project Management Profesional
Ada banyak sertifikasi manajemen project, tetapi yang paling banyak dikejar dan digunakan adalah Project Management Professional (PMP). Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Project Management Institute (PMI), sebuah lembaga sertifikasi terbesar dan tertua di bidang project manager.

Tentunya sertifikasi yang dikeluarkan oleh PMI telah terakreditasi sesuai ISO (International Organization for Standardization). Kenapa sertifikasi ini populer? Karena diakui dan bisa digunakan secara global pada semua jenis industri.

Jadi misal sohib kongkow suka bertualang dari satu industri ke industri lain, jangan khawatir. Kalian nggak perlu ambil sertifikasi lain lagi. Cukup satu sertifikasi PMP bisa digunakan untuk apply ke berbagai proyek lintas industri. Asyik kan?

Di Manakah Bisa Mendapatkan Sertifikasi Manajemen Project?

Temen kongkow kan sekarang sudah tahu apa fungsinya sertifikasi manajemen project. Masalahnya nih, sertifikasi yang paling diakui kan dikeluarkan oleh PMI. Padahal nih PMI berpusat di Newtown Square, USA.

Pertanyaan selanjutnya, gimana ya caranya kita sebagai orang Indonesia bisa mendapatkan sertifikasi yang resmi disahkan oleh PMI? Pastinya online juga bisa sih. Hanya saja lembaga mana di Indonesia yang legal dan valid bekerjasama dengan PMI?

Nah, biar sohib kongkow nggak pusing mikirin hal itu. Aku mau kasih info tentang myedusolve.com.

Kenalan dengan MyEduSolve

MyEduSolve sudah berdiri sejak 2019. Berawal dari keprihatinan sang founder, Stephanie S, terhadap jumlah pengangguran di Indonesia yang terus bertambah. Terutama pada kaum muda kisaran 15-24 tahun.

Hal inilah yang kemudian memantik semangat MyEduSolve untuk menjadi jawaban atas tantangan tersebut. Penyedia sertifikasi berskala internasional ini ingin membantu kaum muda untuk belajar, berkembang dan bertumbuh agar mampu mengejar mimpi-mimpi mereka secara optimal.
Sertifikasi PMP lewat MyEduSolve
Target mereka adalah menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Bahkan mereka ingin nggak ada lagi anak muda yang menganggur.

Tapi caranya gimana? Tentu saja dengan membekali anak-anak muda dengan keterampilan dasar yang dibutuhkan agar siap kerja. Cita-cita MyEduSolve adalah melahirkan tenaga kerja muda yang percaya diri dan memiliki kompetensi literasi digital yang mumpuni.

Pada akhir 2030, MyEduSolve ingin mencapai angka 1 juta talenta digital lewat program-program yang dimilikinya. Adapun program-program sertifikasi yang disediakan oleh myedusolve.com antara lain:
  • Adobe Certified Professional
  • Microsoft Office Specialist
  • Microsoft Certified Fundamentals
  • Microsoft Certified Educator
  • Project Management Ready
  • Information Technology Specialist
  • App Development with Swift
  • Unity Certified User
  • English for IT
  • Intuit Design for Delight Innovator
  • Autodesk Certified User

Sertifikasi PMI Project Management Ready™ di MyEduSolve

Dari list di atas tentunya temen-temen kongkow bisa menebak kan, program mana yang harus diambil untuk mendapat sertifikasi manajemen project?

Yup, bener PMI Project Management Ready™!

Seperti yang tadi sudah sempat kita bahas bahwa PMI adalah institusi terpercaya penyedia sertifikasi project management professional di tingkat global. Nah, jika sertifikasi PMP ditujukan kepada praktisi manajer proyek, sertifikasi PMI Project Management Ready™ ditargetkan untuk para siswa sekolah menengah dan pasca sekolah menengah yang ingin belajar dasar-dasar manajemen proyek.
sertifikat manajemen project dari MyEduSolve
Sertifikasi PMI Project Management Ready™ adalah tahap awal yang akan mengenalkan calon-calon manajer proyek terkait konsep, dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan mereka untuk terjun ke bidang manajemen proyek. Dengan memiliki sertifikasi ini, anak-anak muda bisa memulai karirnya sebagai;
  • Project Manager
  • Project Management Officer (PMO)
  • Operations Supervisor
  • Project Coordinator
  • Program Manager
Berbeda dengan sertifikasi PMP yang harus dipertahankan dengan cara mengumpulkan 60 Professional Development Unit (PDU) per tiga tahun, Sertifikasi PMI Project Management Ready™ berlaku seumur hidup. Dengan mengambil sertifikasi ini, otomatis sohib kongkow telah diakui sebagai member PMI.

Keuntungannya, ketika nantinya kalian sudah masuk ke dunia industri dan siap mengambil sertifikasi PMP, akan jauh lebih mudah. Jalur sudah terbuka lebar untuk kalian, pals.

Adapun materi yang akan diujikan pada sertifikasi ini dapat dipelajari dalam 4 modul. Perinciannya sebagai berikut:
  • Modul pertama berisi tentang pengenalan istilah-istilah dalam manajemen proyek, mengenali konsep manajemen proyek, identifikasi peran dan tanggung jawab proyek, identifikasi alat dan sistem yang digunakan terkait dengan manajemen proyek dan identifikasi alat serta teknik problem solving.
  • Modul kedua memuat tentang metodologi perencanaan tradisional, identifikasi atribut dalam penjadwalan rencana manajemen proyek, identifikasi atribut pelaksanaan dan pengendalian proyek berbasis rencana tradisional.
  • Modul ketiga berisi tentang kerangka kerja, cara mengidentifikasi atribut rencana proyek, identifikasi peran dan tanggung jawab yang gesit, identifikasi atribut kontrol proyek dokumen dari proyek tangkas, penjelasan langkah-langkah manajemen tugas.
  • Modul keempat memuat tentang kerangka analisis bisnis, identifikasi atribut komunikasi dengan para pemangku kepentingan, identifikasi atribut yang terkait dengan persyaratan pengumpulan, identifikasi atribut terkait roadmap proyek, dan identifikasi komponen pengiriman produk.
tahapan program sertifikasi di MyEduSolve
Adapun langkah-langkah yang harus sohib kongkow jalani untuk mendapat sertifikasi PMI Project Management Ready:
  • Belajar dengan LearnKey
  • Berlatih dengan CertPREP
  • Jadwalkan waktu untuk mengikuti ujian dari rumah
  • Dapatkan sertifikasi, jadilah berkualitas!
Selain mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh PMI, kalian juga akan mendapatkan digital badges yang bisa dimunculkan di LinkedIn dan Credly. Tentu saja ini akan meningkatkan value temen kongkow. Insya Allah jadi banyak perusahaan yang akan melirik kalian, pals.
program sertifikasi di MyEduSolve
Btw, token ujian dapat diambil kapan saja dalam waktu 12 bulan setelah pembelian program sertifikasi ini. Kalau belum lulus di ujian pertama, kalian bisa melakukan ujian ulang tanpa membayar sepeserpun asalkan tidak lebih dari 60 hari setelah percobaan pertama.

So, buat sohib kongkow kawula muda yang mau siap-siap mengambil sertifikasi project management professional, bisa mulai langkahmu melalui program sertifikasi dari MyEduSolve ini ya.

Atau buat para orang tua yang mau mengarahkan anaknya untuk berkecimpung di dunia manajemen proyek, bisa banget nih ajak si anak untuk ikutan program kece ini. Semoga bermanfaat dan see you, pals!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

11 comments

  1. Kesimpulannya sertikat itu bendanya, sertifikasi prosesnya. Baru paham tentang alur sertifikasi ini, ada juga ya sertifikasi project manajemen keren. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. oooh manajer proyek itu juga butuh sertifikasi ya?
    kukira manajer proyek ini semacam jabatan yang didapat ketika kita naik jabatan
    Wuah, baru tahu aku
    makasih infonya mbak Marita

    ReplyDelete
  3. Laily Fitriani26 June, 2022

    Pentingnya sertifikasi untuk dimiliki oleh setiap orang yang akan bekerja sehingga dengan adanya sertifikat yang dimiliki ia akan mendapatkan banyak manfaat ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Sangat memudahkan para pekerja untuk memdapatakan sertifikasi PMP ini. Apalagi bisa dilakukan dari rumah. Pastinya lebih memghemat waktu dan biaya.

    ReplyDelete
  5. Kadang2 di negeri ini sertifikat lebeh diperhitungkan ketimbang skill ya Mbak. Beda dengan negara maju. Mereka lebih mementingkan skill daripada sertifikat. Terima kasih telah berbagi informasi.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah ya yang punya sertifikat sebagai manajer proyek ini mudah ya kerja di mana saja ... gajinya pun besarr.

    ReplyDelete
  7. Gajinya gede banget.

    Jadi malu pas baca ini karena masih banyak yg belum kubisa, Adobe dll.

    Jadi penasaran ama MyEduSolve. Penting banget ya untuk meningkatkan value kita, jadi lebih profesional.

    ReplyDelete
  8. Semacam sertifikasi guru tapi beda jurusan ini ya, Mbak. Sertifikasi harus melalui proses demi proses yang sudah ditentukan sampai ia punya gelar qualified!

    ReplyDelete
  9. Punya beberapa sertifikasi, nggak kerja sih tapi sertifikasi itu buat aku jadi lebih paham dan profesional akan suatu bidang. Membangu di kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  10. Wah ada sertifikasinya juga ya
    Emang kalau ada sertifikasinya jadi lebih percaya diri ya
    Jadi terlihat profesional

    ReplyDelete
  11. Nah sertifikasi dalam segala bidang memang sangat penting ya, tapi juga sulit mendapatkannya harus dengan tekad yang kuat dan berbagai usaha untuk lolos dan bisa dapet sertifikatnya.

    ReplyDelete

Post a Comment