header marita’s palace

Mau Mendapatkan Sertifikasi Project Management Professional? Ini Caranya!

sertifikasi Project Management Profesional
Sertifikasi Project Management Professional (PMP) adalah salah satu syarat yang wajib dimiliki jika sohib kongkow berkeinginan untuk masuk ke dalam dunia industri. Perusahaan biasanya lebih yakin jika kalian sudah punya sertifikasi ini.

Eits, tapi sebelum kita bahas lebih lanjut tentang sertifikasi manajemen project, temen kongkow tahu nggak sih bedanya sertifikat dan sertifikasi?

Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi

Kedua istilah ini memang terdengar hampir sama ya? Namun sebenarnya punya pengertian yang berbeda lo.

Sertifikat adalah selembar penghargaan atau apresiasi yang diberikan setelah kita menyelesaikan sebuah pelatihan, seminar, atau lolos dalam proses sertifikasi. Sertifikat bisa dikeluarkan oleh lembaga apa saja, entah itu institusi pendidikan, komunitas ataupun lembaga sertifikasi resmi.

Sertifikat banyak dilampirkan saat sedang melamar kerja. Ada kalanya perusahaan mempertimbangkan sertifikat-sertifikat itu. Setidaknya dengan memiliki banyak sertifikat, pencari kerja akan dinilai sebagai sosok yang senang belajar dan mengikuti kegiatan positif.

Namun sertifikat tidak memberikan value lebih yang menunjukkan keprofesionalan seseorang di bidang tertentu apabila hanya dikeluarkan oleh institusi atau komunitas yang belum jelas badan hukumnya. Nah, sertifikasi hadir untuk hal tersebut.
perbedaan sertifikat dan sertifikasi
Sertifikasi adalah proses pengujian atas kelayakan seseorang (atau bisa juga kelayakan produk atau jasa) dalam bidang tertentu. Sertifikasi memiliki standar penilaian tertentu.

Apabila seseorang memenuhi standar penilaian yang ditetapkan, artinya ia lolos dalam proses sertifikasi dan berhak mendapat gelar yang menunjukkan profesionalismenya pada sebuah bidang.

Biasanya sebelum dilakukan sertifikasi, peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu. Setelah melalui beberapa pembekalan dalam kurun waktu tertentu, proses penilaian dilakukan. Jika lolos baru deh mendapat sertifikat.

Maka bisa disimpulkan jika sertifikasi adalah proses penilaian atas profesionalisme kinerja seseorang pada bidang tertentu. Sementara sertifikat adalah dokumen yang didapatkan setelah seseorang melalui sertifikasi.

Meski begitu, tidak semua sertifikat dikeluarkan lewat proses sertifikasi. Ada beberapa sertifikat yang dikeluarkan sebagai bentuk apresiasi dan tidak kuat secara legalitas.

Oleh karenanya agar sertifikat kita lebih punya value saat mencari kerja, mending ikut sertifikasi aja, pals. Btw, ada banyak beragam sertifikasi saat ini. Dalam bidang literasi sendiri, sudah ada sertifikasi untuk penulis.

Tentu saja yang sudah lolos sertifikasi sebagai penulis non fiksi atau fiksi akan lebih dihargai profesionalismenya dibanding yang belum lolos. Begitu juga jika temen kongkow berada di bidang industri.

Kinerja dan profesionalisme kalian akan lebih diperhitungkan jika sudah lolos sertifikasi PMP. Fyi, sertifikasi yang satu ini termasuk favorit di Indonesia. Soalnya Gaji PMP di Indonesia cukup menggiurkan.

Dari info yang aku dapat nih, kisaran gaji project manager di Indonesia kurang lebih Rp138jutaan per tahun. Atau kalau dihitung per jam berkisar Rp70ribuan.

Hmm, pantesan aja ya banyak yang pengen banget bisa lolos sertifikasi project management professional. Karena perusahaan tentu akan lebih melirik sohib kongkow yang udah punya sertifikasi ini dibanding yang belum punya.

Ssst, kabarnya nih, manajer proyek yang punya sertifikasi PMP bisa mendapat gaji 25% lebih tinggi dibandingkan yang nggak punya sertifikasi. Jadi gimana, tertarik buat mendapatkan sertifikasi ini, pals?

Apa Itu Sertifikasi Project Management Professional?

Apapun jenis industrinya, hampir semua butuh seorang project manager. Ia adalah seseorang yang bertanggung jawab atas keberlangsungan sebuah proyek dari awal hingga akhir.

Oleh karenanya, orang yang ditunjuk sebagai project manager bukanlah sosok yang sembarangan. Ia pastinya memenuhi kualifikasi dan syarat-syarat tertentu untuk mendapat amanah sebesar itu.

Bukan hanya hebat dalam leadership, manajer proyek juga harus tahu project management tools, jago negosiasi, tahu bagaimana menyusun budget dan punya skill problem solving yang mumpuni. Lebih dari itu, project manager akan lebih diakui kompetensinya jika telah memiliki sertifikasi project management professional.

Manajer proyek yang memiliki sertifikasi ini dianggap telah terbukti paham, menguasai dan telah menerapkan ilmu-ilmu yang dipelajarinya. Jago dalam analisa dan evaluasi masalah-masalah yang bisa jadi timbul saat proyek sedang berlangsung.
cara mendapatkan sertifikasi Project Management Profesional
Ada banyak sertifikasi manajemen project, tetapi yang paling banyak dikejar dan digunakan adalah Project Management Professional (PMP). Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Project Management Institute (PMI), sebuah lembaga sertifikasi terbesar dan tertua di bidang project manager.

Tentunya sertifikasi yang dikeluarkan oleh PMI telah terakreditasi sesuai ISO (International Organization for Standardization). Kenapa sertifikasi ini populer? Karena diakui dan bisa digunakan secara global pada semua jenis industri.

Jadi misal sohib kongkow suka bertualang dari satu industri ke industri lain, jangan khawatir. Kalian nggak perlu ambil sertifikasi lain lagi. Cukup satu sertifikasi PMP bisa digunakan untuk apply ke berbagai proyek lintas industri. Asyik kan?

Di Manakah Bisa Mendapatkan Sertifikasi Manajemen Project?

Temen kongkow kan sekarang sudah tahu apa fungsinya sertifikasi manajemen project. Masalahnya nih, sertifikasi yang paling diakui kan dikeluarkan oleh PMI. Padahal nih PMI berpusat di Newtown Square, USA.

Pertanyaan selanjutnya, gimana ya caranya kita sebagai orang Indonesia bisa mendapatkan sertifikasi yang resmi disahkan oleh PMI? Pastinya online juga bisa sih. Hanya saja lembaga mana di Indonesia yang legal dan valid bekerjasama dengan PMI?

Nah, biar sohib kongkow nggak pusing mikirin hal itu. Aku mau kasih info tentang myedusolve.com.

Kenalan dengan MyEduSolve

MyEduSolve sudah berdiri sejak 2019. Berawal dari keprihatinan sang founder, Stephanie S, terhadap jumlah pengangguran di Indonesia yang terus bertambah. Terutama pada kaum muda kisaran 15-24 tahun.

Hal inilah yang kemudian memantik semangat MyEduSolve untuk menjadi jawaban atas tantangan tersebut. Penyedia sertifikasi berskala internasional ini ingin membantu kaum muda untuk belajar, berkembang dan bertumbuh agar mampu mengejar mimpi-mimpi mereka secara optimal.
Sertifikasi PMP lewat MyEduSolve
Target mereka adalah menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Bahkan mereka ingin nggak ada lagi anak muda yang menganggur.

Tapi caranya gimana? Tentu saja dengan membekali anak-anak muda dengan keterampilan dasar yang dibutuhkan agar siap kerja. Cita-cita MyEduSolve adalah melahirkan tenaga kerja muda yang percaya diri dan memiliki kompetensi literasi digital yang mumpuni.

Pada akhir 2030, MyEduSolve ingin mencapai angka 1 juta talenta digital lewat program-program yang dimilikinya. Adapun program-program sertifikasi yang disediakan oleh myedusolve.com antara lain:
  • Adobe Certified Professional
  • Microsoft Office Specialist
  • Microsoft Certified Fundamentals
  • Microsoft Certified Educator
  • Project Management Ready
  • Information Technology Specialist
  • App Development with Swift
  • Unity Certified User
  • English for IT
  • Intuit Design for Delight Innovator
  • Autodesk Certified User

Sertifikasi PMI Project Management Ready™ di MyEduSolve

Dari list di atas tentunya temen-temen kongkow bisa menebak kan, program mana yang harus diambil untuk mendapat sertifikasi manajemen project?

Yup, bener PMI Project Management Ready™!

Seperti yang tadi sudah sempat kita bahas bahwa PMI adalah institusi terpercaya penyedia sertifikasi project management professional di tingkat global. Nah, jika sertifikasi PMP ditujukan kepada praktisi manajer proyek, sertifikasi PMI Project Management Ready™ ditargetkan untuk para siswa sekolah menengah dan pasca sekolah menengah yang ingin belajar dasar-dasar manajemen proyek.
sertifikat manajemen project dari MyEduSolve
Sertifikasi PMI Project Management Ready™ adalah tahap awal yang akan mengenalkan calon-calon manajer proyek terkait konsep, dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan mereka untuk terjun ke bidang manajemen proyek. Dengan memiliki sertifikasi ini, anak-anak muda bisa memulai karirnya sebagai;
  • Project Manager
  • Project Management Officer (PMO)
  • Operations Supervisor
  • Project Coordinator
  • Program Manager
Berbeda dengan sertifikasi PMP yang harus dipertahankan dengan cara mengumpulkan 60 Professional Development Unit (PDU) per tiga tahun, Sertifikasi PMI Project Management Ready™ berlaku seumur hidup. Dengan mengambil sertifikasi ini, otomatis sohib kongkow telah diakui sebagai member PMI.

Keuntungannya, ketika nantinya kalian sudah masuk ke dunia industri dan siap mengambil sertifikasi PMP, akan jauh lebih mudah. Jalur sudah terbuka lebar untuk kalian, pals.

Adapun materi yang akan diujikan pada sertifikasi ini dapat dipelajari dalam 4 modul. Perinciannya sebagai berikut:
  • Modul pertama berisi tentang pengenalan istilah-istilah dalam manajemen proyek, mengenali konsep manajemen proyek, identifikasi peran dan tanggung jawab proyek, identifikasi alat dan sistem yang digunakan terkait dengan manajemen proyek dan identifikasi alat serta teknik problem solving.
  • Modul kedua memuat tentang metodologi perencanaan tradisional, identifikasi atribut dalam penjadwalan rencana manajemen proyek, identifikasi atribut pelaksanaan dan pengendalian proyek berbasis rencana tradisional.
  • Modul ketiga berisi tentang kerangka kerja, cara mengidentifikasi atribut rencana proyek, identifikasi peran dan tanggung jawab yang gesit, identifikasi atribut kontrol proyek dokumen dari proyek tangkas, penjelasan langkah-langkah manajemen tugas.
  • Modul keempat memuat tentang kerangka analisis bisnis, identifikasi atribut komunikasi dengan para pemangku kepentingan, identifikasi atribut yang terkait dengan persyaratan pengumpulan, identifikasi atribut terkait roadmap proyek, dan identifikasi komponen pengiriman produk.
tahapan program sertifikasi di MyEduSolve
Adapun langkah-langkah yang harus sohib kongkow jalani untuk mendapat sertifikasi PMI Project Management Ready:
  • Belajar dengan LearnKey
  • Berlatih dengan CertPREP
  • Jadwalkan waktu untuk mengikuti ujian dari rumah
  • Dapatkan sertifikasi, jadilah berkualitas!
Selain mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh PMI, kalian juga akan mendapatkan digital badges yang bisa dimunculkan di LinkedIn dan Credly. Tentu saja ini akan meningkatkan value temen kongkow. Insya Allah jadi banyak perusahaan yang akan melirik kalian, pals.
program sertifikasi di MyEduSolve
Btw, token ujian dapat diambil kapan saja dalam waktu 12 bulan setelah pembelian program sertifikasi ini. Kalau belum lulus di ujian pertama, kalian bisa melakukan ujian ulang tanpa membayar sepeserpun asalkan tidak lebih dari 60 hari setelah percobaan pertama.

So, buat sohib kongkow kawula muda yang mau siap-siap mengambil sertifikasi project management professional, bisa mulai langkahmu melalui program sertifikasi dari MyEduSolve ini ya.

Atau buat para orang tua yang mau mengarahkan anaknya untuk berkecimpung di dunia manajemen proyek, bisa banget nih ajak si anak untuk ikutan program kece ini. Semoga bermanfaat dan see you, pals!***

33 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Kesimpulannya sertikat itu bendanya, sertifikasi prosesnya. Baru paham tentang alur sertifikasi ini, ada juga ya sertifikasi project manajemen keren. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. oooh manajer proyek itu juga butuh sertifikasi ya?
    kukira manajer proyek ini semacam jabatan yang didapat ketika kita naik jabatan
    Wuah, baru tahu aku
    makasih infonya mbak Marita

    ReplyDelete
  3. Laily Fitriani26 June, 2022

    Pentingnya sertifikasi untuk dimiliki oleh setiap orang yang akan bekerja sehingga dengan adanya sertifikat yang dimiliki ia akan mendapatkan banyak manfaat ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Aih, gaji PM lebih dari itu, dong. Karena memang tugas dan tanggung jawabnya gede banget. Bagus nih kalau sejak smu udah terlatih jadi PM karena ini memang skill yang ga bisa langsung jadi, butuh tempaan bertahun-tahun.

    ReplyDelete
  5. Sangat memudahkan para pekerja untuk memdapatakan sertifikasi PMP ini. Apalagi bisa dilakukan dari rumah. Pastinya lebih memghemat waktu dan biaya.

    ReplyDelete
  6. Kadang2 di negeri ini sertifikat lebeh diperhitungkan ketimbang skill ya Mbak. Beda dengan negara maju. Mereka lebih mementingkan skill daripada sertifikat. Terima kasih telah berbagi informasi.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah ya yang punya sertifikat sebagai manajer proyek ini mudah ya kerja di mana saja ... gajinya pun besarr.

    ReplyDelete
  8. Gajinya gede banget.

    Jadi malu pas baca ini karena masih banyak yg belum kubisa, Adobe dll.

    Jadi penasaran ama MyEduSolve. Penting banget ya untuk meningkatkan value kita, jadi lebih profesional.

    ReplyDelete
  9. Semacam sertifikasi guru tapi beda jurusan ini ya, Mbak. Sertifikasi harus melalui proses demi proses yang sudah ditentukan sampai ia punya gelar qualified!

    ReplyDelete
  10. Punya beberapa sertifikasi, nggak kerja sih tapi sertifikasi itu buat aku jadi lebih paham dan profesional akan suatu bidang. Membangu di kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  11. Wah ada sertifikasinya juga ya
    Emang kalau ada sertifikasinya jadi lebih percaya diri ya
    Jadi terlihat profesional

    ReplyDelete
  12. Nah sertifikasi dalam segala bidang memang sangat penting ya, tapi juga sulit mendapatkannya harus dengan tekad yang kuat dan berbagai usaha untuk lolos dan bisa dapet sertifikatnya.

    ReplyDelete
  13. Betul betul..
    Setuju banget kalau zaman sekarang perusahaan lebih senang memperkerjakan karyawan yang memiliki spesifikasi skill. Dalam artian skill yang tersertifikasi karena sudah pasti mereka bisa bekerja dengan ahli di bidang yang diinginkan perusahaan.
    Pantesan aja gajinya lebih tinggi yaa..

    Kudu banget memiliki pengakuan yang bisa diperoleh dari MyEduSolve.

    ReplyDelete
  14. Memasuki dunia kerja saat ini emang kudu banget ditunjang dengan sertifikasi biar makin meyakinkan, selain itu skill kita juga makin terasah.

    ReplyDelete
  15. wah banyak juga ya jenis jenis sertifikasi yang ditawarkan, jiwa-jiwa teknikku mulai bergejolak. boleh nih di kepoin dulu

    ReplyDelete
  16. sebagai orang yang pernah kerja di corporate strategy management, memiliki dan menguasai dalam bidang PMP ini sangat wajib dan penting bagus, dan pastinya ilmu beneran terpakai di setiap pekerjaan kita

    ReplyDelete
  17. Wooww sangat menjanjikan untuk masa depan yang cerah nih orang-orang yang memiliki sertifikasi manajement proyek ini. Kereen

    ReplyDelete
  18. Wah, saya tercengang nih mbak dengan kisaran gaji Project Manager di angka 3 digit. Memang sertifikasi seolah menjadi jalan ninja bagi orang-orang yang ingin mendapatkan peluang karir lebih cemerlang di kantornya atau peluang dilirik oleh perusahaan lain ya

    ReplyDelete
  19. Jaman sekarang profesi apapun lebih dihargai jika sudah memiliki kompetensi sertifikasi ya. Alhamdulillah sih dengan begitu pemasukan akan lebih sebagai penghargaan atas kinerja dan pencapaian kerja kerasnya

    ReplyDelete
  20. Wah aku baru tahu kalau project manajer ada sertifikasinya.. Mbak, itu 138juta per tahun atau per bulan ya? Myedusolve juga sangat bermanfaat bagi pencari kerja.

    ReplyDelete
  21. Buat saya, menjadi project manager itu profesi yang keren ... kadang2 mimpi juga, pengen jadi project manager .... bisa nggak yaaa.

    ReplyDelete
  22. Duh kalo gak ada Myedusolve bakalan ribet banget ya kak ngambil sertifikasi PMI sampe ke usa. Hihi
    Semoga target Myedusolve tercapai ya.. Menghasilkan anak muda yang profesional.

    ReplyDelete
  23. Pastinya butuh banget sertifikasi ini untuk lebih dipercaya dan dianggap profesional ya,Mba. Saya awalnya pun berfikir kalau sertifikat dan sertifikasi itu hampir ternyata maknanya pun sudah beda.

    ReplyDelete
  24. jadi inget kerjaan dulu ngurusin sertifikasi ini mumet sekali wkwkwk.. tapi memang jadi lebih terpercaya ya kalau sudah tersertifikasi :)

    ReplyDelete
  25. nah pas banget buat yang mau ambil sertifikasi project management professional, nih. Apalagi kl kita udah ujian tp nggak lulus bisa ngulang ujian tanpa bayar lagi asalkan nggak lebih dari 60 hari setelah percobaan pertama. Lumayan banget ini

    ReplyDelete
  26. sertifikat projek menanajemen memang menjadi nilai plus saat kita melamar ke perusahaan, dan dulu saya mendapatkan training ini tahun 2011 kalau tidak salah yang mana masih belum begitu familiar

    ReplyDelete
  27. Sertifikasi zaman yang serba kompetitif sekarang sangat menentukan, khususnya untuk promosi jabatan. Suami saya merasakan banget bagaimana pentingnya sertifikasi dari sisi profesionalitas.

    Seorang manajer proyek, kalo gak punya Sertifikasi Project Management Professional rasanya agak aneh yaaa. Hahaha. Malah biasanya bukan cuma satu aja sertifikasinya. Kadang sertifikasi sama, tapi dari lembaga berbeda2. Begitulah krusialnya posisi ini.

    ReplyDelete
  28. Wah, saya baru tahu soal ini lho, mbak marita. Kayaknya saya ingin mencari tahu lebih dalam soal MyEduSolve. Soalnya kali saja ada sertifikat yang bisa saya dapatkan agar bisa lebih diakui secara profesional, seperti mendapatkan sertifikat project management

    ReplyDelete
  29. Project manager gajinya dihitung per jam ya, 70k wow bener2 nyata ya time is money hehe, perlu banget nih sertifikasi project management PMI di MyEduSolve. Kalau sudah sertifikasi, dapat badge di LinkedIn dan Credly, kereen!

    ReplyDelete
  30. Gajinya wow banget ya, menurut saya. Walau begitu, jgn dlihat dari gajinya sebab Project manager itu tugas dan tanggung jawabnya besar juga. Tapi sertifikasi ini memang wajib juga sih ya mbak, untuk lebih mengukuhkan kompetensi kita

    ReplyDelete
  31. Nah baru tahu nih perbedaan antara sertifikatan sertifikasi. Tadinya saya kira program sertifikasi ini cuma ada buat para guru ternyata di dunia industri juha dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  32. Bahkan sampai untuk SEO pun skrg ada sertifikasinya ya mba untuk menunjukkan sekaligus mengukur keahliannya, apalagi untuk manajemen proyek yang tentuuu jauh lebih besar dan kompleks apa yang ada di dalamnya

    ReplyDelete
  33. Sertifikasi itu perlu dan penting banget ya mbak utk peningkatan karir di tempat kerja. Sebagai bagian dar ikhtiar kita juga sih ya utk berkompetisi sehat di dunia kerja

    ReplyDelete