header marita’s palace

Biaya Les Calistung, Perlu Nggak Sih Untuk Anak?

biaya les calistung
Biaya les calistung biasanya mulai dilirik nih sama mamah-mamah muda, terutama yang anaknya sudah duduk di TK B otw masuk SD pada tahun ajaran berikutnya. Hayuuk ngaku, siapa yang sedang rajin scrolling medsos, chatting sama sesama temen kongkow untuk mencari testimoni?

Ahaay, kita nggak sendiri kok.

Aku rasa punya anak yang mau masuk SD tapi belum lancar calistung di zaman now rasanya bikin hati dag-dig-dug nggak menentu. Bener nggak sih?

Maka nggak heran kalau banyak orangtua yang mulai mencarikan bimbel buat anak-anak mereka agar bisa lancar calistung pada saat pendaftaran SD. Btw, apakah sudah bisa membaca adalah syarat mutlak ketika anak akan masuk SD?

Pro Kontra Calistung pada Pendidikan Anak Usia Dini

Apabila menilik pada Permendikbud atau Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021, kemampuan calistung tidak menjadi syarat untuk masuk SD. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang anak untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Dasar, yaitu:
  • Calon murid kelas 1 SD harus berusia tujuh tahun, atau minimal enam tahun per 1 Juli tahun ajaran baru.
  • Usia yang diprioritaskan adalah anak-anak yang berumur 7 tahun.
  • Anak berusia 5 tahun 6 bulan diperbolehkan mendaftar apabila memiliki kecerdasan atau bakat istimewa, serta psikisnya telah siap. Dibuktikan dengan surat rekomendasi dari psikolog profesional.
  • Persyaratan usia dibuktikan lewat pengumpulan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dilegalisir oleh lurah/ kepala desa ataupun pejabat setempat lain sesuai dengan domisili.
  • Persyaratan usia tidak berlaku untuk sekolah-sekolah khusus dan wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).
Nah, mengacu pada info di atas, sebenarnya hal yang lumrah jika anak-anak masuk SD belum bisa membaca, menulis dan berhitung. Aku pun dulu baru bisa calistung setelah beberapa bulan sekolah di kelas 1 SD tuh, padahal ibuku guru lo, hehe.

Hanya saja memang sekarang banyak orangtua yang kompetitif ya. Merasa kalah dan gagal sebagai orangtua kalau anaknya belum bisa calistung, padahal anak tetangga sudah cas--cis-cus.
kursus calistung anak
Maka nggak heran kalau sekarang mulai banyak TK yang memberikan layanan atau tambahan pelajaran calistung sebagai salah satu fasilitasnya. Meski begitu tak sedikit pula TK yang belum memberikan pelajaran calistung ke anak.

Apakah mengajarkan calistung ke anak usia dini adalah hal yang diperbolehkan?

Sejak zaman dulu, hal ini sudah menjadi pro kontra yang cukup panas ya. Semua orang pasti punya pendapatnya masing-masing. Bahkan aku pernah menuliskan di artikel tersendiri tentang pro kontra calistung ini.

Menurutku sih, calistung adalah hal yang nggak bisa lepas kok dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahkan saat sedang ngobrol atau main bareng anak, secara nggak langsung kita telah mempersiapkan anak belajar calistung.

Hanya bedanya di beberapa sekolah TK, ada yang langsung mengajarkan calistung apa adanya. Anak dikasih pensil, workbook, terus suruh ngerjain latihan.

Namun ada TK-TK yang lebih fokus pada pengenalan dan persiapan, terutama menguatkan sensori motori anak agar kelak saat sudah siap, calistung bukan lagi momok buat mereka. Anakku bersekolah di sebuah TK dengan metode sentra.

Ada satu sentra bernama sentra persiapan, khusus buat anak-anak yang sensori motorinya sudah tumbuh dengan baik. Di sentra persiapan, anak-anak akan diperkenalkan calistung dengan beragam kegiatan menarik dan menyenangkan.

Bahkan saat sesi parenting bulan ini, para orang tua juga diajak untuk merasakan serunya ‘bermain’ di sentra persiapan. Ternyata belajar calistung bisa asyik banget loh.

Memilih Kursus Calistung Anak Terbaik


Buat sohib kongkow yang mungkin belum menemukan sekolah dengan metode seperti di sekolah anakku. Lalu semakin galau karena tahun ajaran baru, si anak harus masuk SD padahal calistung masih belepotan, jangan berkecil hati.

Kini telah hadir Kursus Ruangguru di tengah-tengah kita.
Kursus Ruangguru adalah program kursus kolaborasi antara Ruangguru dan Alta School. Memiliki tujuan untuk meningkatkan perkembangan potensi anak usia 4-8 tahun.
Kursus ini cocok buat anak-anak yang membutuhkan kelas tambahan di luar materi dari pendidikan formal. Tersedia empat paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anak-anak, pals.
kursus Ruangguru X Alta School
Apa saja ya paketnya?
  • Ruangguru Calistung - Kursus calistung anak untuk belajar baca, tulis dan hitung secara intensif untuk meningkatkan kognitif, perbendaharaan kata, konsentrasi dan logika agar anak siap masuk SD.
  • Ruangguru Matematika dan Bahasa Inggris - Di sini anak akan diajak belajar tentang konsep Matematika dan Bahasa Inggris. Bukan sekadar hafalan, tapi bertujuan untuk mengembangkan logika dan pola pikir kritis. Anak-anak juga akan diajak untuk mengenal kosakata baru secara intensif dan mudah dipahami sesuai standar kurikulum internasional.
  • Ruangguru Science, Math, and English - Buat anak temen-temen kongkow yang demen cas cis cus pakai English, bisa nih diarahkan ambil paket ini. Anak-anak akan diajak untuk belajar Sains, Matematika, dan Bahasa Inggris, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengasah potensi dan meningkatkan rasa percaya diri sejak dini.
  • Ruangguru Iqra & Quran - Kursus belajar mengenal huruf hijaiyah dan mengaji Al Quran. Cocok buat sohib kongkow yang merasa tidak memiliki cukup ilmu untuk mendampingi anak-anak belajar Al Quran.
Ruangguru sih udah nggak diragukan lagi ya. Namun tempat kursus anak kan ada banyak nih, kenapa harus menjatuhkan pilihan pada Ruangguru?

Berikut ini manfaat yang bisa didapat anak saat kursus online di Ruangguru:
  • Pembelajaran dilakukan secara live teaching. Artinya anak-anak akan belajar secara live dan interaktif dengan visualisasi yang adaptif dan mudah dipahami.
  • Dalam satu kelas, hanya akan 10-15 murid, didampingi oleh 1 guru berpengalaman dan terbaik di Ruangguru. Jadi bisa dibilang semua anak akan mendapat perhatian yang adil dari gurunya.
  • Pembelajaran dilakukan secara intensif dengan konsep literasi dan drilling, sesuai dengan kompetensi pembelajaran.
  • Sesi belajar dilakukan sebanyak 2x pertemuan per minggu. Setiap sesi belajar berlangsung selama 60 menit.
  • Setiap siswa akan mendapatkan modul belajar gratis yang dikirimkan ke rumah masing-masing.
  • Untuk memantau perkembangan anak, Ruangguru akan memberikan laporan belajar setiap bulan. Tersedia pula layanan konsultasi untuk orangtua.
  • Ruangguru akan memberikan sertifikat setelah siswa menyelesaikan level belajarnya.

Dengan segala fasilitas yang akan didapat, menarik ya untuk memberikan tambahan pelajaran buat anak-anak di luar sekolahnya? Buat anak-anak yang belum sekolah formal, juga bisa lo ambil paket di kursus Ruangguru ini.

Ruangguru akan menerima anak sesuai dengan usianya. Kalau sohib kongkow sudah mulai kepo tapi masih ragu-ragu, bisa deh cobain trial class-nya dulu. Jadi ada bayangan gimana model belajarnya di kursus Ruangguru.

Berapa Biaya Les Calistung di Kursus Ruangguru x Alta School?

Pastinya ini yang menjadi pertanyaan pamungkas kan? Cuzz lah bisa diintip di tabel berikut:
Jenis Kursus Biaya
Bulanan Paket 3 Bulan Paket 4 Bulan
Ruangguru Calistung Mulai dari 430.000/ bulan Rp 1.260.000 Rp 2.250.000
Ruangguru Matematika dan Bahasa Inggris Mulai dari 445.000/ bulan Rp 1.440.000 Rp 2.610.000
Ruangguru Science, Math & English Mulai dari 445.000/ bulan Rp 1.710.000 Rp 3.150.000
Ruangguru Iqra & Quran Mulai dari 445.000/ bulan Rp 1.710.000 Rp 3.150.000

Semoga informasi mengenai Kursus Ruangguru yang berkolaborasi dengan Alta School beserta biaya les calistung di atas bisa menjawab rasa penasaran temen-temen kongkow ya. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com