header marita’s palace

Ragu Pembelajaran Tatap Muka? Sekolah Online Saja!

sekolah online Indonesia
Walaupun Covid-19 mulai melandai angka kasusnya, nggak sedikit orang tua yang masih ragu menyekolahkan anak-anaknya. Nggak dipungkiri sih, sebagai orang tua pasti ada kekhawatiran tersendiri melepas anak-anak ke sekolah pasca pandemi. Apalagi jika ini pertama kalinya sekolah.

Bersyukur dengan perkembangan teknologi sekarang ini, sudah banyak tersedia sekolah online yang bisa menjadi solusi. Aku akan bisikin sohib-sohib kongkow salah satu opsi terbaik.

Namun sebelumnya, kita kenali dulu yuk kenapa ada sebagian orang tua yang ragu dengan pembelajaran tatap muka pasca pandemi?

Alasan Masih Ragu Sekolah Tatap Muka

Berdasarkan hasil ngobrol dengan temen-temen yang ragu-ragu menyekolahkan anak, meski usianya sudah cukup untuk masuk sekolah, berikut ini beberapa alasannya:

1. Kondisi Pasca Covid Belum Stabil

Covid-19 memang sudah mulai hilang perlahan. Herd Immunity juga sudah mulai terbentuk, apalagi sebagian besar warga Indonesia juga sudah mendapat vaksin covid.

Namun sampai saat ini, anak-anak di bawah 6 tahun belum mendapat vaksin. Tentu saja para orang tua yang memiliki anak di usia tersebut berpikir berkali lipat sebelum memasukkan anaknya ke PAUD.
sekolah tatap muka

2. Melihat Anak-anak di Sekitar Sering Sakit Bergantian

Anak-anak sangat rentan tertular penyakit dari temannya. Anakku saja sudah berapa kali izin dalam bulan ini karena batuk pilek menyerang.

Baru masuk seminggu, eh demam dan bapil lagi. Alhasil harus istirahat di rumah lagi sampai benar-benar fit.

Kalau dulu sebelum covid melanda, anak-anak batuk pilek jadi hal yang wajar dan umum. Orang tua nggak terlalu khawatir karena ya begitulah penyakitnya anak-anak.

Namun pasca covid-19, anak batuk pilek sudah bikin ketar-ketir. Sebagian besar orang tua saat anaknya mengalami kondisi tersebut memilih untuk meliburkan anaknya lebih dulu.

3. Belum Menemukan Sekolah yang Klik di Hati

Sebagian kecil lainnya, ada beberapa orang tua yang belum menemukan partner belajar buat anak yang klik di hati. Ada yang cocok dengan programnya tapi lokasi jauh dari rumah.

Ada yang program-programnya bagus, tapi protokol kesehatan yang dijalankan B saja. Ada yang dekat dengan rumah, tapi programnya nggak sesuai.

Ya, memilih sekolah TK dan SD memang bukanlah hal mudah. Ada banyak pertimbangan, dan tentunya setiap orang tua memiliki pemikirannya masing-masing.

Nah, dengan mengetahui beragam alasan para orang tua yang memilih untuk belum menyekolahkan anaknya, semoga kita bisa jadi orang yang nggak julid pada pilihan orang lain. Setiap orang punya kondisi dan kebutuhannya masing-masing.

Yakin deh, setiap orang tua pasti pengen yang terbaik buat anaknya kan?

Sekolah Online, Solusi Pendidikan dari Rumah

Sementara itu, buat temen kongkow yang masih ragu sekolah tatap muka, tapi juga merasa anaknya butuh disekolahkan, cuzz bisa mengambil opsi sekolah online. Setidaknya ada tiga alasan mengapa bersekolah secara daring merupakan solusi terbaik:
alasan memilih sekolah online

1. Orang Tua Bisa Mendampingi

Sekolah online cocok buat sohib kongkow yang pengen anak belajar dari rumah, tapi suka bingung mau ngajarin apa nih. Meski sekarang materi belajar mandiri di rumah juga sudah banyak bertebaran di internet, tetapi tidak semua orang tua memiliki kemampuan untuk mengajar.

Ada pula yang bisa mengajar dan berkreasi untuk proses belajar anak, tapi nggak punya keleluasaan waktu. Misal, karena masih memiliki anak bayi, sehingga tidak bisa fokus pada pendidikan si kakak.

Dengan mengikuti sekolah secara online, orang tua bisa mendapat arahan menu belajar dari pihak sekolah. Serta tetap bisa mendampingi anak di saat proses sekolah dari rumah.

2. Lebih Aman untuk Kesehatan Anak

Karena anak berada di dalam rumah yang notabene aman, orang tua nggak perlu khawatir anak tertular sakit batuk pilek dari orang lain di sekitar. Meski sudah diberikan suplemen vitamin setiap hari, tidak menutup kemungkinan anak akan tertular penyakit saat bersekolah secara offline.

Menyekolahkan anak secara online bisa mengurangi kekhawatiran orang tua akan hal ini. Terutama buat anak-anak yang memiliki catatan kesehatan, tidak boleh terlalu capek dan beberapa kondisi khusus lainnya.

3. Program Beragam

Sebagian besar sekolah daring memiliki program beragam. Tidak hanya menyediakan materi belajar sesuai kurikulum yang berlaku, tetapi juga program-program life skill yang semakin meningkatkan kualitas diri anak.

Menggunakan sistem blended learning, sekolah yang menerapkan konsep daring memiliki program-program unggulan dengan mengolaborasikan pembelajaran konvensional dan media digital. Nah, salah satu sekolah online terbaik yang ada di Indonesia adalah Alta School!

Yuk Kenalan dengan Alta School

Alta School adalah sekolah online yang menggunakan metode blended learning. Menggabungkan konsep live teaching interaktif dan home based activity yang dilakukan secara mandiri bersama orang tua.

Walaupun online, sekolah ini setara dengan sekolah konvensional. Menggunakan kurikulum yang berlaku di Indonesia dan dikolaborasikan dengan program-program yang dibutuhkan anak zaman now.

Alta School bisa menjadi sekolah utama, ataupun sebagai sekolah pendamping, dikarenakan waktu belajarnya yang fleksibel. Menyadari bahwa anak zaman now adalah generasi alpha yang native technology, Alta School menghadirkan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.
Alta School, Sekolah Online Indonesia
Walaupun begitu, perkembangan karakter anak tetap menjadi fokus utama. Anak-anak didorong untuk mengekspresikan kreativitas dan mengembangkan kemandirian belajar. Sekolah dan orang tua hanya sebagai fasilitator.

Lewat Alta School, anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mampu menggugah growth mindset sejak dini. Hal inilah yang seringnya tidak didapatkan lewat sekolah konvensional.

Menariknya mulai tahun ajaran 2022/ 2023, Alta School punya program baru yang kece beud. Sebuah program yang cocok buat sohib kongkow yang pengen anaknya bisa cas cis cus bahasa Inggris sejak dini. Mau tahu?

Alta School Bilingual Program, Gebrakan Baru untuk Generasi Alpha

Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat, bukan tidak mungkin anak-anak kita mendapat kesempatan berjejaring dengan orang-orang dari negara lain. Oleh karenanya untuk mendukung hal tersebut, kemampuan berbahasa asing adalah salah satu modal agar anak-anak bisa terjun ke dunia global.

Menguasai bahasa lebih dari satu akan meningkatkan value diri seorang anak. Ia akan bertambah percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan orang-orang di negara lain.

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang sepertinya saat ini telah menjadi bahasa wajib untuk dipelajari sejak dini. Alta School memahami kebutuhan ini, oleh karenanya mulai tahun ajaran 2022/ 2023 dihadirkan Alta School Bilingual Program.
Alta School Bilingual Program
Sebuah program di mana pembelajarannya disampaikan dalam dua bahasa. Untuk saat ini, tersedia dalam dua jenjang yaitu PAUD B dan SD kelas 1. Penasaran dengan biayanya?
Jenjang Harga Normal Harga Setelah Diskon 20%
Program Billingual PAUD B Rp.10.750.000,- Rp.9.000.000,-
Program Billingual SD Kelas 1 Rp.12.000.000,- Rp.9.600.000,-

Mahal dan murah memang relatif ya. Fyi, pembayarannya bisa dicicil kok. Jika sohib kongkow memang tertarik dengan program bilingual ini, langsung aja hubungi customer service Alta School untuk informasi lebih lanjut.

Oya, dengan harga tersebut, siswa sudah mendapatkan fasilitas sebagai berikut:
  • Akses Live Teaching Interaktif
  • Learning Kit Gratis untuk memudahkan belajar dari rumah
  • Modul Belajar Gratis
  • Akses fitur Ruangbelajar by Ruangguru
  • 11 kali pertemuan per minggunya
  • Kelas kecil yang akan membuat belajar jadi lebih efektif
  • Aktivitas mandiri
  • Kelas Trial Gratis
  • Laporan belajar dan sertifikat untuk melihat sejauh mana perkembangan anak
  • Dibimbing oleh guru-guru berpengalaman
  • Parents Meet Up
  • Akses fitur belajar melalui ruangkelas
Setelah tahu fasilitasnya, harga yang dibanderol sesuailah ya dengan apa yang didapat nantinya. Oya, agar punya gambaran seperti apa sih pembelajaran di Alta School, anak-anak bisa diikutkan kelas trial gratisnya dulu.

Informasi lebih lanjut, bisa hubungi:
Alta School
Whatsapp: 081231639351
Email: info@altaschool.id
Instagram: @altaschool.id

So, buat yang masih ragu menyekolahkan anak secara offline, langsung saja deh daftarin sekolah online di Alta School. Selamat mendampingi ananda belajar, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment