header marita’s palace

Ini 5 Cara Menghemat Uang Gaji yang Bisa Ditiru

cara menghemat uang gaji
Adakah yang sedang mencari cara menghemat uang gaji demi bisa naik haji? Btw, tahu tidak, kalau daftar tunggu antrian ibadah haji bisa mencapai 20 sampai 30 tahun? 

Kalau dihitung dari sekarang, semisalnya kamu berusia pas 20 tahun. Berarti kamu baru bisa mendapat kuota tunggu di usia 40 tahun.

Itu kalau dana untuk ibadah haji sudah kamu siapkan di usia 20 tahun ini. Bagaimana kalau di usia 20 tahunan tapi masih belum punya dana untuk ibadah haji? Agak takut rasanya kalau sampai tidak bisa menjalankan ibadah rukun islam ini.

Kalau kamu benar-benar ada niat untuk memiliki tabungan haji. Berarti kamu sudah harus mulai bergerak membuka tabungan haji. 

Bisa membuka tabungan haji dari Danamon. Ini tabungan yang termasuk produk perbankan syariah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan hukum menabung di bank syariah Danamon.

Keuntungan mendaftarkan tabungan rencana haji di bank Danamon syariah ini adalah datamu sudah bisa terkoneksi langsung di Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu menabung dulu baru mendaftar ke kementerian agama. 

Nanti daftar tunggunya jadi lebih lama. Biar lebih efisien lebih baik buka tabungan rencana haji saja di Danamon karena lebih terpercaya apalagi termasuk bank syariah yang amanah.

Sementara buat kamu yang masih belum punya dana tabungan untuk ibadah haji. Ada beberapa hal yang bisa dipraktekkan agar bisa menunaikan ibadah yang termasuk rukun islam ini.

Cara Menghemat Uang Gaji Dengan Mudah

Buat yang masih bongkar pasang mencari cara menghemat yang mudah, yuk sama-sama praktekkan tips di bawah:
tabungan rencana haji

1. Bikin Planning Keuangan Bulanan

Walaupun gaji mu pas-pasan. Tapi, kamu masih bisa tetap membuat planning keuangan setiap bulan. Catatan rencana keuangan setiap bulan ini bisa memudahkan mu untuk melihat, pos atau pengeluaran apa yang bisa dikurangi.

Semisalnya, kamu bisa mengurangi budget jajan dengan membuat jajanan sendiri. Atau bisa juga mengurangi biaya transportasi dengan berjalan kaki. Walaupun saving yang didapat mungkin tidak begitu besar, tapi bisa terlihat besar nominalnya saat terkumpul nanti.

2. Pisahkan Segera Dana Khusus Haji

Kalau sudah niat, harusnya memang dipaksakan. Soalnya, kalau tidak, bisa-bisa dana untuk tabungan rencana haji tidak bisa terkumpul. 

Karena itu, saat gajian masuk langsung saja pindahkan ke pos khusus yang bisa dipantau terus. Dan anggap saja tabungan haji ini tidak ada sehingga kamu tidak tergoda untuk mencairkannya.

3. Dari Sedikit Lama-lama Jadi Bukit

Selain menabung itu harus dipaksakan. Sebenarnya mulai menabung bisa dari nominal yang sedikit. Jika masih baru mampu menabung dengan jumlah 10.000 setiap minggu misalnya. Langsung saja pisahkan dana tersebut ke tempat khusus. 

Dan uang 10.000 ini bisa lama-lama jadi banyak kalau tidak digunakan pastinya. Jadi, perlu diingat, anggap saja tabungan ini tidak ada, sehingga saat ini checkout belanja tidak melirik pos tabungan.

4. Jangan Menunda

Ini adalah nasihat dari seorang ustaz. Kalau suatu ketika, kamu mendapatkan uang dengan nominal yang cukup besar dan bisa untuk digunakan membuka tabungan rencana haji. Maka yang harus kamu lakukan adalah jangan menundanya. 

Jangan menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain, tapi langsung digunakan untuk membuka tabungan rencana haji. Karena, ini termasuk dengan niat yang disegerakan dan insya allah akan dipermudah prosesnya nanti.

5. Mengurangi Pengeluaran Jika Diperlukan

Teruntuk kamu yang masih belum bisa menabung. Bahkan, gaji yang didapat seringnya cepat habis. Selain membuat perencanaan keuangan. Cobalah untuk mulai mengurangi budget pengeluaran. 

Jika masih ada pengeluaran yang tidak begitu dibutuhkan seperti jajan cilok atau seblak. Mulai sekarang bisa dikurangi atau bahkan dijatah agar tidak melebihi dari budget yang disediakan.

Selain bisa menyisihkan sedikit uang untuk tabungan haji. Kamu juga bisa menjalani gaya hidup sehat dengan mengurangi jajanan yang kurang menyehatkan. Sehingga saat nanti tiba waktunya berangkat ibadah haji, tubuh kamu tetap sehat dan fit selama beribadah nantinya.

Nah, demikianlah tips singkat cara menghemat uang gaji agar bisa segera berhaji. Semoga bermanfaat, pals. 

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Setuju Mba, kalo udah niat emang harus diupayakan semaksimal mungkin. Kalo ngga disisihin dari awal, uangnya bisa kepake buat yang lain.

    ReplyDelete
  2. jangan menunda, setuju
    kadang kalau kita suka menunda-nunda yang ada malah kelupaan dan akhirnya ga jadi nyisihin uang buat dimasukkan ke tabungan
    planning keuangan juga perlu, aku sendiri masih banyak belajar juga

    ReplyDelete