MaritaPalace

IDN Pictures, Optimisme Baru Fajar Nugros dan Susanti Dewi

Optimisme IDN Pictures
Siapa tak kenal IDN Media, Fajar Nugros dan Susanti Dewi? Ketika ketiganya bergabung, maka lahirlah IDN Pictures. Buat para penggemar film lokal, pasti jadi bertanya-tanya, lalu apa kabar dengan Demi Istri Production? 

Demi Istri + IDN Media = IDN Pictures

Sejak didirikan pada 2018, Demi Istri Production telah menghasilkan banyak karya keren. Salah satu yang pernah kutonton adalah film Terbang yang mengangkat kisah nyata dari Onggy Hianata. 

Tidak hanya memproduksi film layar lebar, tetapi juga dua web series yang banyak dinantikan oleh pecinta karya lokal. Fajar Nugros dan istrinya, Susanti Dewi, dua orang keren di balik layar Demi Istri, memang sudah berencana untuk melebarkan sayap perusahaan film yang dilahirkannya.

Ternyata keinginan duo founder Demi Istri untuk memperluas jangkauan perusahaannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan sekali dua kali mereka bertemu dengan calon-calon investor. Namun belum ada satu pun yang klik di hati. Mencari investor dengan visi, misi dan mimpi yang sama membutuhkan proses yang tak sebentar.

Fajar Nugros dan Susanti Dewi, Head IDN Pictures
Nugros dan Santi tak mau asal memilih partner untuk perusahaan film mereka. Sebagaimana jodoh, partner bisnis pun akan datang di depan mata ketika sudah tiba saatnya. Pada bulan Oktober 2019, Nugros dan Santi bertemu dengan Winston Utomo dan William Utomo. Dua bersaudara Utomo ini merupakan punggawa dari salah satu media terbesar di Indonesia, IDN Media.

Winston dan William Utomo sebagai founder dari media yang membawahi banyak lini, seperti IDN Times, Popmama.com, Popbela.com, GGWP.ID, Yummy, IDN Creative, Duniaku.com, IDN Event, IDN Programmatic OOH dan IDN Creator Network, tertarik untuk mengakuisisi perusahaan film milik Nugros dan Santi.

Sebagai pasangan sutradara dan produser handal yang memiliki cita-cita jangka panjang, Nugros dan Santi tentu saja perlu memikirkan matang-matang tawaran kerjasama dari IDN Media. Namun melihat sepak terjang media besar yang dikelola oleh Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media) dan William Utomo (Founder dan COO IDN Media), pasangan suami istri itu merasa yakin bahwa IDN Media bisa menjadi partner yang tepat.

Menurut Nugros, mencari partner untuk memproduksi film tidak bisa main-main. Dibutuhkan partner yang tak hanya kreatif, tetapi juga suportif, asyik dan cerdas. Memproduksi film butuh waktu panjang. Orang-orang yang berkecimpung di dunia perfilman harus memahami semua proses tersebut. Dari melahirkan ide, menyusun plot menarik dalam sebuah cerita yang memiliki pasar tersendiri, pemilihan kru yang tak sedikit dalam rangka merealisasikan sebuah film, sampai di titik pendistribusian karya tersebut ke hadapan para penonton.

Sebagaimana dua bersaudara Utomo yang telah jatuh hati pada kiprah Nugros dan Santi di layar lebar, kedua founder Demi Istri Production ini pun merasa klik dengan visi misi IDN media. 

visi misi IDN Media
Dari obrolan-obrolan panjang mereka, Nugros dan Santi akhirnya mendapatkan aha moment yang selama ini dicari; menemukan partner bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi. Hingga lahirlah IDN Pictures pada 12 Mei 2020. Pada hari yang sama pula, Nugros dan Santi resmi menjadi Head IDN Pictures.

Hal yang membedakan IDN Pictures dengan perusahaan film lainnya yaitu perusahaan ini berbasis teknologi. Tentunya sejalan dengan visi misi IDN Media, Fajar Nugros dan Susanti Dewi, IDN Pictures ingin melahirkan karya-karya yang bisa memberikan pengaruh positif sekaligus inspirasi untuk masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana ya Nugros dan Santi menyikapi masa pandemik ini?

Optimisme Fajar Nugros dan Susanti Dewi untuk Industri Film Indonesia

optimisme Fajar Nugros dan Susanti Dewi untuk IDN Pictures
Semangat Santi terlihat menyala-nyala dari pernyataan tersebut. Tentu saja senang mendengarnya. Menurutku dalam berproses menjalani pandemik seperti sekarang, kita memang perlu menumbuhkan rasa semangat sebagaimana yang dilakukan oleh Santi. Optimisme selalu mampu membuat kita fokus pada produktivitas diri, bukan hanya sekadar bisa menyalahkan keadaan.

Lagipula semangat dan positive vibe yang digaungkan oleh Santi bukanlah hal omong kosong. Melihat rekam jejak dunia perfilman tanah air dalam lima tahun terakhir, wajar jika Santi dan Nugros sangat percaya diri bahwa pandemik tidak akan mematikan bisnis film begitu saja.

Sejak 2015, peningkatan jumlah penonton film nasional cukup pesat. Mulai dari 16 juta penonton hingga angka terakhir yang tercatat pada 2019 mampu mencapai 52 juta penonton. Angka yang tak kecil, kan? Senangnya pula aku cukup bisa berbangga diri karena termasuk sebagai salah satu dari puluhan juta penonton tersebut. Fyi, aku hanya ke bioskop khusus untuk nonton film-film besutan anak bangsa.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Susanti Dewi, puluhan juta penonton setia film Indonesia pastinya sudah kangen duduk di bangku bioskop menikmati karya-karya hebat anak bangsa. Aku pun sejujurnya sudah rindu menikmati layar lebar dan sekotak pop corn. Yuk, berdoa bareng-bareng agar pandemi segera berakhir dan kita bisa kembali menonton hasil karya Nugros dan Santi.

Nantinya ketika pandemik sudah kukut dari negara ini, semoga jumlah penonton film Indonesia bisa sama banyaknya dengan saat sebelum covid-19 menyerang ya. At least, setidaknya bisa menyamai angka di awal-awal tahun ini yang juga masih cukup bagus.

Bocoran Produksi Wajib Tonton dari IDN Pictures

Generasi milennial dan Z adalah target pasar bagi IDN Pictures. Dengan target pasar yang sudah mengkerucut, tentunya IDN Pictures memiliki rencana jangka panjang dan pendek dalam produksi yang akan dikerjakannya. Tak main-main, perusahaan film yang berbasis teknologi ini berjanji akan memproduksi aneka karya keren; serial, proyek-proyek komersial dan tentu saja film. 

di balik layar IDN Pictures
Nugros mengatakan bahwa mereka akan berusaha untuk melahirkan karya yang bukan sekadar tontonan, tapi juga bisa menjadi tuntunan. Artinya, Nugros dan Santi berharap hasil besutan IDN Pictures nantinya bisa memberikan dampak yang bermakna bagi generasi muda Indonesia.

Pasti penasaran ya, proyek apa saja sih yang sudah disiapkan oleh Fajar Nugros dan Susanti Dewi?
  • Proyek Iklan - dalam waktu dekat proyek-proyek yang digarap IDN Pictures  lebih banyak berupa proyek-proyek komersial. Duh, pastinya bakal keren ya proyek-proyek tersebut dikerjakan oleh sutradara dan produser andal.
  • Proyek Lintas Genre - tahun depan Nugros menjanjikan akan hadir lewat proyek-proyek film yang berkolaborasi dengan talenta terbaik tanah air. Tentunya film-film ini akan menyasar target yang sudah ditentukan; generasi milenial dan z.
Nugros dan Santi saat ini belum bisa bicara banyak tentang rincian proyek-proyek tersebut. Namun keduanya meyakinkan bahwa semua proyek yang akan berjalan ke depannya mempunyai alur cerita lain daripada yang lain. Bagus dan pastinya bermakna.
Production value IDN Pictures dijamin ciamik! - Fajar Nugros.
Wah, jadi penasaran nih dengan proyek-proyek IDN Pictures. Bikin semakin kangen duduk di bangku bioskop. Kalau kalian, kangen nonton bioskop juga nggak sepertiku, pals?
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

56 comments

  1. Wah pastinya setelah kolaborasi akan menghasilkan karya yang jauh lebih menarik nih. Apalagi planning ke depannya sudah ada bocoran dan yang gak kalah penting target audience untuk melihat karya mereka haruslah tepat...

    ReplyDelete
  2. Kangen bangetttt mbaaaa ^^ aku biasa sebulan sekali ambil cuti berdua ama suamiku hanya untuk maraton bioskop berdua dari menjelang siang sampe malam.. hehe..
    sekarang huhu udah 7 bulan ga pernah injak mall aalagi bioskop hehe

    ReplyDelete
  3. maju terus film indonesia, semoga segera berakhir nih pandemi agar bisa menikmati di bioskop, film kita ga kalah kok dengan asing, apalagi sineas kita sudah banyak yang di lirik perusahaan luar

    ReplyDelete
  4. Pasangan sutradara dan produser yang bener-bener handal yaa. Aku pun kangen ke bioskop nonton sambil makan popcorn hmmm

    ReplyDelete
  5. Ternyata baru tahu kalau IDN Pictures ini milik mereka berdua. Keren banget nih, mereka mengelola banyak website yang beritanya selalu up to date dan digemari pembaca dari berbagai kalangan. Saya suka banget baca-baca artikel di IDN Times, PopBella dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan milik mereka berdua. IDN Pictures itu bagian dari grupnya yang mengelola film, dan kerjasama (melebur) dengan Demi Istri Production, rumah produksi milik Fajar Nugros dan Susanti Dewi.

      Dan tentu IDN Times berbeda dengan IDN Pictures.

      Delete
    2. Makasih Bang Raja sudah bantu meluruskan. Jadi kangen baca review2 film abang nih :)

      Delete
  6. IDN Pictures bertemu dengan Fajar Nugros dan Susanti Dewi ... wiiih, akan jadi kolaborasi yang apik.

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, Fajar Nugros dan istri aja udah wow bnget ya. Apalagi ditambah dengan IDN. Pasti bakal amazing nih ��

    ReplyDelete
  8. Bocoran yg bagus nih. Emang ya dunia perfilman Indonesia saat ini bisa dibilang stagnan kalau ga dibilang latah. Dunia lagi ramai apa, Indonesia pun ikut bikin. Semoga dengan adanya inisiator seperti IDN ini perfilman Indonesia makin maju lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicontohkan yang seperti apa yang disebut latah?

      Delete
  9. Oh, yang punya IDN Pictures ini suami istri toh? Bukan yang pertama sih suami istri bergerak di bidang yang sama. Semoga awet dan selalu menghasilkan karya berkualitas bagus.

    ReplyDelete
  10. Aku sampai lupa lhooo...kapan sih terakhir nonton di bioskop. Haha...Semoga IDN Pictures bisa makin maju nih dipegang Fajar Nugros dan istri. Ditunggu karya yg bisa menjadi tuntunan deh...

    ReplyDelete
  11. Kreativitas dan kolaborasi adalah kunci kesuksesan di masa ini. Telah dibuktikan oleh Nugros dan Santi yang gabung di IDN Media membidani IDN Pictures.

    ReplyDelete
  12. oh ini tho cikal bakal IDN Picture ternyata dari demi istri production, pantas aja langsung melejit ada orang2 hebat di situ

    ReplyDelete
  13. Seneng banget deh mendengar kabar ini. Seakan ada angin segar buat perfilman di Indonesia. Sukses selalu IDN Pictures.

    ReplyDelete
  14. saya sangat menunggu proyek lintas generasi. meski akan menyasar gen Z dan milenial, tetapi bisa dinikmati banyak kalangan. semoga saja ada banyak ide kreatif bermunculan

    ReplyDelete
  15. Kalau udah dipegang sama Mas Nugros dan Mba Santi sih percaya banget film2 Indonesia akan banyak yang high quality ;)

    ReplyDelete
  16. keren banget ya mereka?
    Jadi gak sabar nunggu hasil karyanya
    pasti cetar
    semoga box office ya?

    ReplyDelete
  17. Aku suka dengan kekompakan dan optimisme mereka, semoga kolaborasi asyik dari pasangan ini menghasilkan film yang menginspriasi dan mengedukasi masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh jadi gak sabar deh nunggu produksi pertama dari IDN Pictures ini ...

      Delete
  18. Jadi agak terobati sakit hatiku gak bisa nonton bioskop sama IDN Pictures. Karena sekarang aku bisa sedikit bersabar untuk menunggu karya mereka

    ReplyDelete
  19. Sukses selalu untuk kolaborasi upscaling ini. Semoga film filmnya makin disukai banyak penonton dan pandemi ini segera usai

    ReplyDelete
  20. jumlah penonton film kita sangat tinggi juga ya Mbak peningkatannya.
    seiring dengan hadirnya film-film yang emang keren-keren dan oke punya sih, animo penonton pun juga semakin meningkat.
    semoga IDN Pictures bisa memberikan tayangan-tayangan yang tak kalah menariknya lagi dan pandemi ini segera berakir agar kita bisa nonton langsung lagi di layar gede sambil makan pop corn ya Mbak :)

    ReplyDelete
  21. dinantikan terobosan kolaborasi keduanya yang dahsyat
    jadi penasaran gimana nanti proyek-proyek media di tangan mereka berddua

    ReplyDelete
  22. Sebuah kerjasama yg bagus dan keren banget sih apalagi di masa pandemi ini. Mereka malah membentuk IDN Pictures..sukses utk IDN Media dan Fajar Nugros

    ReplyDelete
  23. Yesss.. saya pernah hadir di acara launching film Terbang garapan Demi Istri ini. Semoga ke depannya mereka terus menghadirkan film-film layak tonton yang berbobot.

    ReplyDelete
  24. Denger nama Fajar Nugros memang identik sama filmnya yang keren2 yaa mba. Kalau ada film baru di bioskop ada nama Fajar Nugros pasti banyak yang ngantri tuh tiketnya. >.<

    ReplyDelete
  25. Waaahhh ga sabar nunggu karya2 terbaru fajar Nugros dan istri..

    Pasti makin greng krna partnernya makin oke ya kak

    ReplyDelete
  26. kece nih, semoga dengan perusahaan yang semakin solid bisa menghadirkan film film yang berkualitas. Semoga makin banyak film Indonesia yang berjaya di pasar film negeri sendiri

    ReplyDelete
  27. Semoga perfileman Indonesia makin maju ya. Saat ini film-film anak bangsa makin bagus dan banyak penonton. Kangen nontin bioskop nih.

    ReplyDelete
  28. Semoga makin banyak karya yang bagus ya. Ya bagus ceritanya, aktingnya, sinematografinya, musiknya.....

    ReplyDelete
  29. Wah makin gak sabar nih menunggu karya terbaru dari IDN Pictures

    ReplyDelete
  30. Iya nih, kangen banget nonton film di bioskop... Penasaran deh sama projeknya IDN Pictures...

    ReplyDelete
  31. Menurut saya film Indonesia saat ini semakin menarik. Kualitasnya juga semakin bagus. Terlihat juga dari animo masyarakat yang semakin suka menonton film Indonesia. Ya semoga aja setelah pandemi semakin banyak film yang bagus. Udah banya yang kangen nonton di bioskop

    ReplyDelete
  32. Kenal dong sama IDN, mantap sekarang ada IDN picturesnya juga. Demi istri aku pernah nonton film produksi mereka, tapi lupa judulnya apa. Aamiin moga pandemi segera berakhir. Rindu bioskop nih

    ReplyDelete
  33. kangen mba, kangen ke bioskop atau makan di tempat, sekarang seringnya makan nonton di rumah, kalaupun beli take away, semoga pandemi segera berlalu

    ReplyDelete
  34. Bagaimana kabar dunia perfilman Indonesia ya, semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa segera menonton film anak negeri yang berkualitas di bioskop

    ReplyDelete
  35. Aku juga pernah nonton film Terbang mba, itu kisah kehidupannya luar biasa deh, cuma enggak ngeuh kalau Demi Istri Production yang bikinnya. Ini nama rumah produksinya unik juga ya. Dan sekarang berkolaborasi sama IDN Pictures. IDN melebarkan sayapnya semakin banyak. Jadi penasaran banget sama hasil akhir project keduanya :)

    ReplyDelete
  36. Jujur aku baru tahu idn media dan idn pictures sama nggak sih dengan idn times?? tapi karena aku penggemar film aku mendukung setiap sineas untuk berkarya ��

    ReplyDelete
  37. Semoga perfilman di Indonesia semakin membaik dengan hadirnya generasi muda yang tetap konsisten ingin menyuguhkan film film dalam negeri seperti IDN Pictures.
    Ditunggu karya terbaru IDN Pictures.

    ReplyDelete
  38. Mantab, film-film karya beliau bisa tetap dinikmatk ya walau lewat idn pictures

    ReplyDelete
  39. Wow kolaborasi baru dan d bidang perfilman, krn selama ini melihat visual dr IDN media cucok bgt sih aku salah satu yg excited dg hasil dr IDN Pictures ini. Semoga muncul gebrakan baru dan hasilnya kece badaiii :D

    ReplyDelete
  40. Duh uda kangen berat nih nonton bioskop, semoga pandemi segera berakhir biar kita bisa menyaksikan karya dari 2 sutradara hebat ini.

    ReplyDelete
  41. Dunia film dan awak pendukung sangat jauh dari pemikiran saya. Baca ini saya jadi diingatkan bahwa mereka pun sangat terdampak di masa pandemi ini ya. Semoga IDN segera punya karya-karya bagus untuk kita semua.

    ReplyDelete
  42. Wah bakal lebih seru lagi nih variasi film-film di Indonesia dengan hadir nya karya dari mereka

    ReplyDelete
  43. Makin ke sini film-film Indonesia makin keren-keren kok, baik dari segi cerita, teknis, hingga para aktor & aktrisnya

    ReplyDelete
  44. Semakin banyak muncul rumah produksi seperti IDN Pictures tentunya bikin semangat para sineas atau insan film dalam menciptakan karya-karya film yang lebih baik

    ReplyDelete
  45. udah lama banget saya gak nonton film indonesia, jadi penasaran sama hal baru yang akand dibawakan IDN pictures nih. semoga aja sih semakin berkualitas yaa. dan pastinya enggak lebay haha.

    ReplyDelete
  46. seru yaa memang kalau punya partner yang passionnya sama da sevisi, jadi kaya mas nugros dan mba santi ini ya, aku jadi penasaran deh pengen nonton web seriesnya nih

    ReplyDelete
  47. senang ya kalo pekerjaan sama bisa saling support dan diskusi

    ReplyDelete
  48. seru ya kalo bisa se profesi, saling support dan saling bantu sama pasangan. aku jadi ga sabar nih nonton web seriesnya nantii

    ReplyDelete
  49. Pasangan yang serasi ketemu sutradara yg bagus kalau bikin film pasti kereen nih. Jadi penasaran pengen nonton filmnya

    ReplyDelete
  50. Wohoooo akhirnya...tangan dingin mas Fajar Nugros berkolaborasi dengan IDN Media, ini bakalan menghasilkan karya yang benar keren dan ciamik...ditunggu segera film perdana Mas Fajar Nugros bersama IDN Pictures 🙂

    ReplyDelete
  51. Kolaborasi yang sangat ciamik sekali ya kak. Semoga visi-misi mereka terwujud nyata ya.

    ReplyDelete
  52. Gak sabar pengen menikmati karya orang orang hebat ini, semoga projects yang dilahirkan memberi banyak manfaat dan motivasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email