header marita’s palace

6 Rukun Iman Beserta Contoh Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari – Hari

rukun iman beserta contoh penerapannya
Dalam Islam, 6 rukun iman harus diketahui oleh seluruh umat Muslim sejak dini. Pentingnya mengetahui dan meyakini 6 rukun iman adalah bisa meningkatkan keimanan kita kepada Allah.

Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk memahami rukun iman sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. Dengan melakukan hal itu, maka kita akan lebih mudah untuk istiqomah dalam melakukan ibadah.

Semakin kita yakin dengan rukun iman, maka hidup kita akan semakin berkah. Karena itu, ayo dari sekarang coba cara berikut ini agar apa yang dilakukan sesuai dengan ajaran Islam serta mendapatkan banyak ridha dari Allah.

Yuk Cari Tahu Rukun Iman beserta Contoh Penerapannya!  

Berikut ini 6 rukun iman yang harus diketahui dan diyakini oleh umat Muslim beserta contohnya dalam kehidupan.

1. Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah artinya kita harus yakin atas adanya Allah. Dengan mengimani Allah, maka kita yakin bahwa hanya Allah satu – satunya pencipta semesta ini sekaligus penguasa dan pengatur segalanya.

Selain itu, kita juga harus mengimani semua nama dan sifat baik Allah, menaati semua perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Contoh iman kepada Allah dalam kehidupan sehari – hari adalah seperti melaksanakan shalat 5 waktu, berbakti kepada kedua orang tua, dan melakukan segala amalan yang sudah diperintahkan oleh Allah.

2. Iman Kepada Para Malaikat Allah

Kita juga harus percaya atas adanya malaikat. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang dibuat dari nur (cahaya). Mengimani bahwa setiap malaikat Allah memiliki peran masing – masing atas perintah Allah.

Contoh mengimani malaikat dalam kehidupan adalah dengan meniru sifat baik dari malaikat yang memang senantiasa taat kepada Allah. Kita harus ingat bahwa ada malaikat yang bertugas untuk mencatat amal baik dan amal buruk manusia. Karena itu, pastikan kita memperbanyak perbuatan baik dalam hidup di dunia.

3. Iman Kepada Kitab – Kitab Allah

Kemudian kita juga harus percaya bahwa seluruh kitab yang sudah Allah turunkan merupakan ucapan-Nya. Ada 4 kitab yang diturunkan Allah yaitu kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Quran sebagai penyempurna kitab terdahulu.

Contoh mengimani kitab – kitab Allah adalah seperti selalu membaca, menghafal, dan bahkan mengamalkan apa yang sudah terkandung di dalam Al-Quran dalam kehidupan agar tetap di jalan yang lurus.

4. Iman Kepada Para Rasul Allah

Arti beriman kepada rasul Allah adalah kita harus percaya bahwa rasul – rasul Allah adalah 25 laki – laki yang terpilih sebagai perantara untuk membawa kebaikan bagi seluruh makhluk Allah.

Contoh mengimani rasul – rasul Allah adalah seperti rajin membaca sholawat nabi setiap hari, menjalankan sunnah dari Rasulullah yang sudah diajarkan, serta meniru sifat – sifat baik dari 25 rasul yang sudah Allah pilih.

5. Iman Kepada Hari Akhir (Hari Kiamat)

Arti iman kepada hari akhir adalah kita harus percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam barzakh berupa fitnah kubur yaitu mendapat nikmat atau siksa. Kita juga harus yakin akan tanda – tanda hari akhir, hari kebangkitan di padang mahsyar, adanya hisab, misan, dan akan berakhir di Surga atau Neraka.

6. Iman Kepada Qada Dan Qadar

Arti iman kepada qada dan qadar adalah kita harus yakin bahwa semua kejadian yang baik atau yang buruk berasal dari Allah. Hanya Allah semata yang menghendaki segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini.

Contoh beriman kepada qada dan qadar adalah seperti selalu berprasangka baik kepada Allah, Allah menciptakan mudarat tentunya ada juga maslahat, serta pandai bersyukur baik saat mendapatkan musibah atau saat mendapat kebahagiaan.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com