header marita’s palace

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi di Pemerintahan, Cek Dulu Skill yang Kamu Punya!

prospek kerja ilmu komunikasi di pemerintahan
Dari tahun jebot sampai sekarang, menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau saat ini disebut sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), selalu menjadi impian banyak orang. Tak terkecuali mereka yang berkuliah di jurusan ilmu komunikasi.

Lalu sebenarnya bagaimanakah prospek kerja ilmu komunikasi di pemerintahan? Apakah cemerlang atau sebaiknya pindah jurusan saja? Cek jawabannya di artikel ini yuk!

Seperti Apakah Berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi?

Sebelum aku share prospek kerja ilmu komunikasi di pemerintahan, yuk cari tahu dulu seperti apa sih rasanya berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom). Fyi, aku bukan lulusan Ilkom ya, tapi aku pernah bercita-cita kuliah di jurusan ini.

Ilkom dan Hubungan Internasional adalah dua jurusan yang kupilih saat mengikuti UMPTN dulu kala. Etdah, dari istilah yang kupakai saja sudah ketahuan umurku berapa ya, wkwk.

Sayangnya, aku belum berjodoh dengan jurusan tersebut dan terdampar sebagai mahasiswa Sastra Inggris di sebuah Universitas Swasta. Uniknya, saat ini justru pekerjaan yang kugeluti nggak jauh dari skill jurusan Ilmu Komunikasi, wkwk.

Fyi, Ilmu Komunikasi adalah sebuah program studi di sebuah perguruan tinggi yang mempelajari tentang ilmu menyampaikan pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan). Pesan ini bisa disampaikan dalam beragam bentuk saluran dan media.

Saat sohib kongkow berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, kalian nggak hanya belajar bagaimana berkomunikasi secara personal, tetapi juga belajar berkomunikasi untuk periklanan, media digital, media cetak, media sosial, interkulturan bahkan sampai ke komunikasi politik.

Hmm, seru kan? Jadi pengen kuliah lagi, hehe.
peluang kerja ilmu komunikasi

Mata Kuliah pada Jurusan Ilmu Komunikasi

Sudah ada sedikit gambaran ya seperti apa sih berkuliah di jurusan Ilkom? Nah, sekarang kita intip yuk beberapa mata kuliah yang bisa didapatkan saat temen kongkow belajar Ilmu Komunikasi di kampus:
  • Pengantar Ilmu Komunikasi
  • Teori Komunikasi
  • Komunikasi Massa
  • Psikologi Komunikasi
  • Manajemen Komunikasi
  • Komunikasi Antar pribadi
  • Komunikasi Massa
  • Komunikasi Organisasi
  • Komunikasi Politik
  • Komunikasi Lintas Budaya
  • Media dan Kajian Budaya
  • Teknik Lobi dan Negosiasi
  • Periklanan
  • Reportase Berita Penyiaran
  • Jurnalistik Kontemporer
  • Hubungan Masyarakat/ Public Relation
Btw, beda kampus bisa jadi beda materi kuliah yang diberikan ya. Biasanya sih ada materi-materi umum yang setiap kampus mendapatkan. Namun ada materi-materi peminatan yang tidak sama antara satu kampus dengan lainnya.

Skill yang Dimiliki Lulusan Ilmu Komunikasi

Setelah mengintip materi di atas, aku rasa temen kongkow makin penasaran ya, memang apa saja sih skill jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa didapat setelah empat tahun berkuliah?
skill jurusan ilmu komunikasi

1. Komunikasi Efektif

Namanya juga belajar ilmu komunikasi, tentunya setelah berkuliah jurusan ini, kamu bisa cas cis cus menyampaikan ide dan pendapat secara efektif. Efektif artinya mampu dipahami oleh penerima pesan, dan mampu membuat lawan bicara terus tertarik dengan obrolan yang kamu sampaikan.

2. Reportase

Tidak hanya berkomunikasi secara verbal, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi juga dibekali ilmu jurnalisme dan reportase.

Tentu saja kamu bisa memiliki skill membuat berita yang enak dibaca dan informatif. Kamu juga berkemampuan untuk menyampaikan berita itu dengan intonasi yang enak dan renyah.

3. Menulis

Masih berhubungan dengan poin kedua. Lulusan Ilmu Komunikasi tak hanya piawai bersilat lidah, tetapi juga memiliki kemampuan yang baik dalam merangkai kata-kata dalam bentuk tulisan. Eits, jangan gunakan skill ini untuk merayu gebetan ya, hehe.

4. Membuat Konten Foto dan Video

Mengikuti perkembangan zaman, saat ini jurusan Ilmu Komunikasi juga dibekali kemampuan editing foto dan video. Nah, kalau kuliah dengan serius, skill editing-mu bisa meningkat dan jadi jago membuat konten foto ataupun video untuk media sosial.

5. Penjualan

Dasar dari penjualan adalah teknik berkomunikasi yang menarik, informatif dan efektif. Maka jangan heran jika anak Ilkom jago memasarkan produk dan membangun branding.

6. Teknik Lobi

Dibekali dengan kemampuan berbicara yang baik, jangan kaget jika setelah lulus dari Ilkom, kamu jadi mudah menaklukkan hati orang lain. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat jika kamu aktif berorganisasi ataupun saat kamu masuk ke sebuah perusahaan.

7. Voice Over

Video nggak akan cakep tanpa kehadiran Voice Over. Dibekali dengan skill public speaking yang kece, apalagi kalau suaramu empuk empuk enak kaya permen Yupi, dahlah bukan nggak main skill pamungkas ini juga bisa kamu kuasai.

Btw, skill di atas hanyalah target ya, pals. Jika nggak didukung dengan usaha dan kerja kerasmu, sama-sama berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, bisa jadi skill yang akan kamu miliki berbeda dengan temen kuliahmu.

So, sebaiknya jangan hanya habiskan waktumu di bangku perkuliahan. Di luar jam-jam kuliah, ambil kesempatan untuk magang, kerja part time di media, apply sebagai admin online dan lainnya.

Dengan memaksimalkan semua usaha dan potensimu, insya Allah skill yang ada pada list di atas bukan sekadar impian.

Jadi Adakah Prospek Kerja Ilmu Komunikasi di Pemerintahan?

Back to pertanyaan utama yang harus dijawab; jadi adakah prospek kerja Ilmu Komunikasi di Pemerintahan?

Tentu saja ada dong! Justru sekarang lulusan jurusan Ilmu Komunikasi makin dibutuhkan. Fyi, pemerintahan sekarang sedang gencar-gencarnya fokus dalam membagikan informasi ke lewat media sosial ataupun website official, jelas lowongan kerja untuk Ilmu Komunikasi makin terbuka lebar.

Yuk kita intip, jenis pekerjaan apa saja sih yang bisa dijalani oleh seorang lulusan Ilkom saat kerja di p pemerintahan?
lowongan kerja ilmu komunikasi

1. Hubungan Masyarakat

Mau itu di pemerintahan ataupun swasta, humas alias bahasa kerennya PR (Public Relation) pastilah selalu dibutuhkan. Humas bertanggungjawab untuk menjadi jembatan antara instansi atau brand kepada masyarakat. Tentunya dibutuhkan skill jurusan ilmu komunikasi yang kece bukan?

2. Content Writer

Saat ini, setiap instansi pemerintahan berlomba-lomba membuat website official sebagai bentuk paparan informasi yang transparan kepada masyarakat. Nah, namanya website tentu butuh penulis konten kan?

Sebagai lulusan Ilmu Komunikasi, tentunya kamu bisa banget dong melamar untuk posisi ini. Jangan lupa agar bisa jadi penulis konten berkualitas, pastikan belajar SEO juga ya.

3. Fotografer & Videografer

Selain konten dalam bentuk tulisan, instansi-instansi pemerintah saat ini juga sedang gencar membuat konten dalam bentuk foto, infografis ataupun video. Nah, kalau kamu punya skill di situ, bisa banget lo jadi fotografer & videografer untuk instansi-instansi yang membutuhkan.

4. Media Planner

Seperti yang sudah aku spill di atas, pemerintah saat ini sedang memaksimalkan penggunaan media sosial. Dengan bekal Ilmu Komunikasi yang kamu miliki, bisa banget tuh kamu jadi Media Planner.

Media Planner adalah seseorang yang merencanakan konten apa saja yang akan dtayangkan di media sosial. Entah itu dalam bentuk foto atau video.

Media Planner bekerjasama dengan Content Writer, Fotografer dan Videografer untuk kinerja yang optimal. Asyik kan?

5. Event Planner

Kalau kamu sejak kuliah sudah aktif berorganisasi dan aktif berkegiatan, pengalaman tersebut bisa digunakan saat bekerja di pemerintahan. Kamu bisa menjadi Event Planner yang bertugas untuk merencanakan program instansi sebulan atau setahun ke depan.

Biasanya event yang diselenggarakan berhubungan dengan branding dan pelayanan instansi tersebut. Kamu bisa menyiapkan event sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Sekarang, sudah punya bayangan kan prospek kerja Ilmu Komunikasi di pemerintahan seperti apa? Tertarik nggak nih, pals, buat ambil jurusan Ilkom? Selamat mempertimbangkan dan semoga info ini bermanfaat ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com