header marita’s palace

Blogspedia, Jasa Content Writing Semarang Terbaik dan Termurah

Konten [Tampil]
jasa content writing semarang
Sejak memutuskan resign dari kantor pada 2012, aku mulai menggeluti jasa content writing Semarang. Berawal dari keingintahuanku pada pekerjaan salah satu mantan rekan kerjaku di sebuah lembaga pendidikan, aku mendapatkan banyak informasi mengenai profesi yang benar-benar baru di mataku. Sebelumnya aku tak pernah menyangka ada jenis pekerjaan semacam itu.

Aku sempat melamar di kantornya, tetapi tak kunjung mendapat panggilan wawancara. Hingga suatu hari salah satu klien temanku mencari full time content writer untuk blog-blog yang dikelolanya. Temanku menawari apakah aku mau mengambil pekerjaan tersebut. Dengan penuh suka cita aku menerima tawaran itu. Tentu saja terlebih dulu izin pada suami.

Awal Mula Menggeluti Usaha Content Writing

Saat itu aku benar-benar belum tahu apa itu SEO dan printilannya. Bersyukur bertemu dengan bos yang baik hati dan tidak sombong. Aku diajarkan bagaimana teknik menulis artikel yang SEO Friendly. Dulu aku sempat merasa kok nulis artikel kudu gini banget yaks. Namun sekarang aku beruntung pernah belajar langsung dari salah satu mastah SEO di Semarang.

Cukup lama aku berpartner dengan bosku, sebut saja mas Doel. Tidak hanya mengajarkan tentang teknik menulis artikel yang baik, beliau juga banyak melatihku dalam mengelola artikel. Ketika ternak blognya semakin berkembang, aku diamanahi untuk merekrut lebih banyak penulis sekaligus melatih mereka.

Sebagai seorang emak dasteran, bisa menghasilkan rupiah dari rumah sungguh membahagiakan. Apalagi fee menulis yang kudapatkan lebih dari cukup untuk ukuran work from home. Mas Doel juga sangat murah hati, sering bagi-bagi bonus. Saat lebaran juga selalu diberi THR. Alhamdulillah.

Pada 2016, aku melahirkan anak kedua. Aku mulai kelimpungan membagi waktu antara mengurus dua anak dan menulis konten. Akhirnya aku berpamitan pada Mas Doel dengan baik-baik. Aku memilih untuk menjadi penulis konten freelance. Hanya ambil job saat aku luang dan butuh.
awal mula Blogspedia

Memulai Jasa Content Writing Semarang

Berkat pengalamanku menjadi full time content writer sejak 2012, aku banyak bergabung dengan grup kepenulisan. Di situ aku bertemu dengan banyak klien yang membutuhkan jasa content writing. Aku mulai melebarkan sayap dan berdiri di atas namaku sendiri. Walau saat itu aku masih bingung membranding usaha yang kujalani.
Sederhananya, jasa content writing adalah layanan jasa untuk menuliskan artikel yang akan dimuat di blog atau situs seseorang. Biasanya jenis artikel yang diminta adalah konten SEO friendly.

Syarat-syarat Menjadi Content Writer

Sebenarnya semua orang bisa kok menjadi content writer alias penulis konten. Awalnya mungkin terkaget-kaget ketika harus menulis minimal 5 artikel dalam sehari. Namun ketika sudah terbiasa, lima artikel menjadi jumlah yang sedikit.

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi penulis konten, yaitu:
tips menjadi content writer
  1. Memiliki kemampuan menulis artikel. Tidak perlu mumpuni, akan tetapi mau terus belajar meningkatkan skill yang dimiliki.
  2. Berani kejar tayang. Klien biasanya meminta artikel langsung jadi hari itu juga, atau maksimal tiga hari. Oleh karenanya kita harus pandai-pandai memaksimalkan kemampuan.
  3. No plagiasi. Keyword yang diberikan klien tak jarang memang mirip satu dengan lainnya. Maka kita harus pandai mengolahnya. Mencari rujukan artikel diperbolehkan, namun dilarang untuk copas seluruh isi artikel. Kita bisa diblacklist oleh klien jika melakukan hal tersebut.
  4. Memiliki koneksi internet. Sebagai penulis konten, kita perlu memiliki koneksi internet yang mumpuni. Bukan hanya untuk melakukan riset saat akan menulis, tetapi juga untuk menyetorkan hasil tulisan. Bahkan ada beberapa klien yang meminta artikel langsung diposting di blognya. Jika koneksi internet kita kurang bagus, bisa sering terjadi keterlambatan dan klien bisa menganggap kita kurang profesional.
  5. Mudah dihubungi. Klien lebih senang content writer yang mudah dihubungi. Sehingga saat klien membutuhkan revisi artikel di waktu-waktu tertentu, tak butuh waktu lama untuk menghubunginya.
Jika teman-teman kongkow merasa memenuhi syarat di atas, boleh lo bergabung bersama tim penulisku di Blogspedia.

Blogspedia, Jasa Penulisan Konten dan All About Blogging

Pada pertengahan 2020 lalu, aku mendapatkan nama cantik dari salah seorang sahabat. Waktu itu aku memiliki blog yang khusus tentang tutorial blogging. Awalnya blog ini berdiri sendiri, sementara blog khusus layanan jasa konten website juga ada sendiri.

Namun setelah aku mempertimbangkan masak-masak, aku menyatukan dua blog tersebut menjadi satu. Selain memaksimalkan kinerja, aku jadi lebih bisa mengoptimalkan isi blog dengan tips dan tutorial blogging serta penulisan artikel. Sementara di salah satu laman, kutautkan informasi jasa apa saja yang tersedia di Blogspedia.

Jasa-jasa yang Ada di Blogspedia

Penasaran dengan layanan apa saja yang kuhadirkan lewat Blogspedia? Sini ditengok, siapa tahu ada teman-teman kongkow yang tertarik untuk bekerjasama denganku.
jasa blogspedia Semarang

1. Penulisan Artikel SEO

Jasa utamanya tentu saja layanan content writing yang sudah kukerjakan sejak 2012. Hanya saja kalau dulu aku masih belum menemukan branding yang pas, kini aku mengibarkannya dengan percaya diri menggunakan bendera bernama Blogspedia.

Kini aku tak lagi sendirian. Aku merekrut beberapa teman yang kualitas tulisannya sudah kuketahui. Beberapa di antaranya adalah alumni dari blog coaching yang kuadakan. Aku juga lebih selektif dalam memilih klien.

Hal ini dikarenakan masih banyak yang menyepelekan kemampuan menulis dan memberikan rate rendah. Padahal menulis juga butuh riset, butuh skill, dan butuh mikir. Aku hanya akan menerima klien yang berani membayar sesuai rate yang sudah kutetapkan.

Nah, kalau teman-temang kongkow punya blog dan mulai lelah update artikel sendirian, sini serahkan saja pada Blogspedia. Ada dua jenis paket yang dipilih; paket free order alias order dengan jumlah bebas atau paket hemat dengan fee bulanan yang lebih terjangkau.

2. Sponsored Content untuk Blogspedia Group

Selain menerima jasa content writing Semarang, aku juga membuka layanan sponsored content untuk blog-blog di bawah naungan Blogspedia Group, yaitu:
  • maritaningtyas.com
  • blogspedia.my.id
  • rumah-kita.my.id
  • salambunda.com
  • kuncikomputer.com
  • martinsetiawan.com
Jenis sponsored content yang kami terima berupa artikel yang kami tulis sendiri, atau artikel yang sudah disiapkan klien dan kami tinggal menerbitkannya di blog. Tentu saja dua jasa tersebut memiliki rate yang berbeda. Untuk info lebih lanjut tentang sponsored content dan rate tiap-tiap blog, bisa cuzz kirim email saja ya, pals.

3. Pemasangan Template dan Domain Blogspot

Tak sedikit teman-teman blogger yang tidak berani memasang Top Level Domain dan template pihak ketiga di blognya sendiri. Oleh karenanya sejak 2015, aku mulai menawarkan jasa untuk membantu mereka memasang domain ataupun menata tampilan blog agar lebih rapi.

Saat ini karena aku sudah sedikit belajar tentang SEO, aku akan memilihkan template blog yang SEO friendly sehingga struktur blognya bagus. Konon kata salah satu mentor SEO-ku, struktur blog yang sehat merupakan salah satu adalah awal dari keberhasilan dari link building dan indexing.

4. Pembuatan Website

Khusus jasa Blogspedia yang satu ini, aku bekerjasama dengan suamiku. Jika yang diminta hanyalah blog personal, aku masih bisa turun tangan sendiri. Namun jika klien meminta dibuatkan website yang lebih rumit, seperti toko online beserta keranjang belanjanya. Tentu saja aku akan menyodorkan pekerjaan tersebut pada yang lebih ahli.

Bersyukur aku menikahi seorang programmer. Meski basicnya desktop programmer, tetapi karena kebutuhan zaman, mau tak mau doi harus update skill dan menguasai website programming juga dong.

So, kalau teman-teman kongkow butuh website keren untuk usaha atau kantornya, jangan sungkan-sungkan untuk jawil aku ya.

5. Blog Coaching untuk Pemula

Jika jasa nomor 1 - 4 adalah layanan berbayar, nomor 5 adalah CSR ala-ala Blogspedia. Ya, ini adalah layanan gratis yang kubuat dalam rangka berbagi informasi terkait blogging. Belajar dari pengalaman saat masih pertama kali ngeblog, aku harus mengalami jatuh bangun mempraktekkan tutorial yang satu dan lainnya, tanpa ada pendampingan sama sekali.

Ketika berhasil lolos dari kelas Growthing, aku merasa bersyukur bisa dapat banyak ilmu ndaging. Sayang jika ilmu itu lantas menguap atau berhenti hanya di aku saja. Dari situ aku kepikiran untuk menggelar blog coaching untuk pemula.

Aku benar-benar menyeleksi peserta coaching hanya untuk pemula. Syarat-syaratnya yaitu baru punya satu blog dengan domain bawaan blogspot, atau sudah ber-top level domain tapi masih bener-bener nol soal blogging.

Biasanya aku akan memantau kualitas tulisan dan tampilan blognya. Blogger yang benar-benar pemula bisa terlihat kok dari tampilan blognya yang biasanya masih sederhana. Tak sedikit pula yang masih belum rapi dalam penataannya.

Materi coaching yang kuberikan pun benar-benar dari nol. Dari materi kenapa ngeblog, membuat blog, memasang domain sendiri, sampai menulis konten dengan teknik SEO.

Alhamdulillah saat ini Blogspedia Coaching for Newbie sudah berjalan 2 batch. Dikarenakan materi yang sangat padat, setiap batch baru bisa selesai kurang lebih 3 bulan. Oleh karenanya aku nggak berani mengadakan dua tahun sekali. Bagaimanapun emak juga butuh rehat, hehe.

Demikianlah info tentang jasa content writing Semarang, semoga bisa membantu teman-teman kongkow yang mau beli artikel tapi bingung ke mana. Ingat-ingat ya, butuh artikel SEO berkualitas, Blogspedia-in aja!
contacts blogspedia
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment