header marita’s palace

Kram Perut Sebelah Kiri, Tanda Penyakit Apa Ya?

kram perut sebelah kiri

Kram perut sebelah kiri sebagian besar disebabkan oleh gas, namun terkadang juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti divertikulitis, radang usus buntu, atau sakit maag. Tak jarang, beberapa kondisi memerlukan perhatian medis segera.

Ada banyak gejala lain yang akan membantu membedakan antara nyeri gas biasa dan sesuatu yang serius di mana sohib kongkow harus mencari perawatan darurat. Gangguan pencernaan biasanya ditandai dengan nyeri di perut kiri bawah. Namun disertai dengan gejala seperti bersendawa, kembung, atau perut terasa keras.

Apabila kamu mengalami nyeri perut di sisi kiri atas atau bawah, disertai dengan demam tinggi, mual, muntah, atau sakit perut yang parah, segeralah untuk mencari perawatan darurat untuk mendapat perawatan.

Ini Kemungkinan Penyebab Kram Perut Sebelah Kiri

Jika bukan karena kembung, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kram perut sebelah kiri:

1. Apendisitis

Meskipun nyeri usus buntu biasanya dirasakan di sisi kanan tubuh, nyeri awalnya sering dimulai di dekat pusar dan dapat disalahartikan sebagai nyeri yang berasal dari kiri. Jika tidak diobati, infeksi usus buntu dapat menyebabkan komplikasi serius. Awasi rasa sakit yang bergerak ke sisi kanan perut, serta demam, mual, dan muntah, dan segera dapatkan bantuan medis.

2. Diverticulosis

Ini adalah peradangan pada kantong diverticula di usus besar dan merupakan salah satu penyebab paling umum rasa sakit di sisi kiri perut. Kondisi ini menyebabkan sakit perut, demam, dan mual. Namun bukanlah kondisi parah yang perlu perawatan khusus.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal, juga dikenal sebagai nefrolitiasis, adalah endapan kalsium atau asam urat yang menumpuk di ginjal. Ketika batu-batu ini melewati saluran kemih, mereka sangat menyakitkan.

Gejala batu ginjal yang umum termasuk nyeri sisi kiri atau punggung, nyeri saat buang air kecil, demam, mual, dan muntah. Jika temen kongkow melihat salah satu dari gejala sakit batu ginjal ini, pergilah ke IGD terdekat.

4. Sembelit

Sembelit adalah penyebab lain sakit perut di sisi kiri tubuh. Sembelit biasanya disebabkan oleh kurang olahraga, dehidrasi, atau diet rendah serat.

Sebagian besar kasus sembelit tidak memerlukan perjalanan ke ruang gawat darurat. Kondisi ini juga dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan berserat, berolahraga secara rutin dan minum banyak air putih.

5. Bisul di perut

Pasti kening sohib kongkow berkerut ya, seperti apa bisul di dalam perut? Maksudnya tuh sakit maag, hehe. Penyakit ini juga dikenal sebagai gastritis atau radang lambung.

Ini adalah kondisi luka di lapisan perut yang sering disebabkan oleh infeksi atau penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) secara berlebihan. Mereka dapat menyebabkan nyeri sisi kiri atas dan gejala seperti mual, muntah, dan tinja atau muntah berdarah atau hitam.

Sakit maag dapat sembuh dengan sendirinya, namun sering kambuh jika tidak ditangani dengan baik. Anda selalu dapat mencegah kondisi serius ini dengan diagnosis tepat waktu dan perawatan yang tepat.

Kapankah Kita Harus Merasa Khawatir Tentang Kram Perut Ini?

Jika nyeri perut di sisi kiri disebabkan oleh gas atau gangguan pencernaan, maka akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika temen kongkow mengalami nyeri di sisi kiri tubuh bersamaan dengan salah satu gejala berikut, kalian wajib banget untuk segera berkonsultasi dengan dokter:
  • Demam
  • Muntah atau mual
  • Kulit dingin
  • Bernapas cepat
  • Merasa pusing atau pusing
  • Kemunduran otot
  • Muntah atau tinja berdarah
  • Nyeri di perut yang berlangsung lebih dari seminggu
Kram perut sebelah kiri sangat umum dan bisa diobati. Namun apabila temen kongkow sering merasakan nyeri pada perut bagian kiri, konsultasikan dengan ahli gastroenterologi terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat ya.

Kesimpulan: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Kram Perut Sebelah Kiri

Berikut ini beberapa hal yang sering diajukan terkait kram perut sebelah kiri. Semoga semakin menambah pengetahuan kita ya, pals. 

1. Apakah kentut bisa menyebabkan sakit di perut sebelah kiri?

Ya, kelebihan gas atau sembelit menyebabkan sakit perut sebelah kiri.

2. Dalam berapa hari sakit perut kiri normal akan hilang?

Normalnya, sakit perut sebelah kiri akan hilang dalam waktu 2 sampai 3 hari bila disebabkan oleh kondisi ringan seperti kelebihan gas atau sembelit.

3. Bagaimana cara mengobati sakit kembung sebelah kiri?

Berikut adalah beberapa metode cepat untuk melepaskan gas yang terperangkap, seperti bersendawa atau mengeluarkan gas:
  • Pijat bagian yang sakit dengan lembut.
  • Yoga asana
  • Minum air
  • Rempah

4. Apakah sakit perut sebelah kiri itu serius?

Bila nyeri sebelah kiri sering muncul bersamaan dengan gejala lain, bisa jadi itu adalah sesuatu yang serius. Namun, dapat diobati dengan mudah dengan berkonsultasi dengan dokter.

Semoga pertanyaan temen kongkow terkait kram perut sebelah kiri kini telah menemukan jawabannya ya. Salam sehat selalu, pals!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com