header marita’s palace

Apa Itu Migrain dan Penyebabnya? Cari Tahu Yuk!

cara mengatasi migrain
Adakah sohib kongkow yang sering mengalami migrain? Toss dong! Sebenarnya udah cukup lama aku nggak kena migrain, alhamdulillah.

Namun beberapa minggu terakhir si migrain mulai berdatangan. Aku kan jadi kepo sebenarnya apa itu migrain dan penyebabnya. Kamu kepo juga nggak, pals?

Nah, kebetulan saat sedang baca berbagai referensi, aku menemukan banyak info kesehatan di Asheefanews.com, termasuk info tentang migrain. Temen kongkow boleh lo mampir juga ke situs tersebut untuk cari info kesehatan lainnya.

Dari hasil baca berbagai referensi, dan ngobrol sama beberapa temen dokter, aku menyimpulkan beberapa penyebab migrain sering kambuh. Salah satunya sih karena stress dan kecemasan berlebih.

Aha, noted. Bisa jadi beberapa waktu lalu aku lagi agak burn out, jadi migrain yang lama nggak datang pun menghampiri lagi deh.

Lengkapnya tentang penyebab migrain, baca lebih lanjut yuk!

Cari Tahu Apa Itu Migrain dan Penyebabnya?

Secara umum, migrain adalah rasa sakit berdenyut di satu sisi kepala. Biasanya terjadi dalam rentang waktu nggak lama. Bahkan seringkali bisa mereda sendiri setelah kita beristirahat.

Namun tak jarang migrain juga menyerang hingga berjam-jam, bahkan hingga berhari-hari. Duh, kalau udah begini, jadi susah mau beraktivitas apapun, pals.

Begitulah informasi terkait migrain yang banyak diketahui oleh masyarakat luas. Akan tetapi dalam dunia medis, ternyata penyebab pasti migrain belum diketahui.

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda terkait penyebab migrain. Ada yang mengatakan terkait dengan gangguan neurologis, ada pula ahli yang mengatakan bahwa migrain erat kaitannya dengan faktor genetik.

Tak sedikit pula yang menyetujui bahwasanya selain genetik, migrain juga banyak terjadi karena pola hidup dan lingkungan yang tak sehat. Hmm, kompleks ya.

Hal yang patut digarisbawahi, hampir semua ahli kesehatan berpendapat jika faktor pemicu migrain antara satu orang dengan orang lainnya bisa jadi berbeda. Nah, kira-kira mana nih yang menjadi penyebab migrain di kamu, pals?

1. Telat Makan

Mau denial, tapi kok menohok. Penyebab migrain terbesar yang sering kualami bagian ini sih. Sering banget lagi asyik kerja sampai melewatkan jam makan.

Ujung-ujungnya, bukan cuma asam lambung yang naik, eh kepala mulai deh nyut-nyutan. Kalau dah gini, bukan hanya nggak bisa kerja. Jadi nggak bisa mengerjakan aktivitas lain juga. Hmm, salah siapa suka telat makan ye kan?

2. Perubahan Hormon

Selain telat makan, perubahan hormon sebelum menstruasi juga bisa menjadi penyebab terjadinya migrain. Pantas saja migrainku sering kambuh setiap mendekati jadwal haid. Ternyata ini toh!

3. Perubahan Jam Tidur

Buat temen kongkow yang biasanya tidur di jam-jam normal, lalu mendadak begadang karena suatu hal. Entah itu karena ngerjain tugas, atau malah karena baru ada bayi di rumah.

Bisa jadi perubahan jam tidur tersebut berpengaruh pada kondisi badanmu. Salah satunya bisa mengalami migrain.

4. Terpapar Cahaya

Nah, ini juga sering banget jadi penyebab migrainku. Terutama kalau habis dekem di dalam rumah berjam-jam. Lalu cuzz jemput anak-anak sekolah pas cuacanya puanas banget.

Rasanya mata kena sinar matahari tuh langsung tertusuk-tusuk, ngefek sampai ke kepala. Alhasil sampai rumah gliyengan dan nggak kuat beraktivitas deh.

5. Mencium Aroma Menyengat

Buat yang penciumannya sensitif, menghidu aroma menyengat juga bisa menjadi penyebab terjadinya migrain lo. Jadi kalau kamu kok tiba-tiba migrain, padahal nggak telat makan, nggak mau mens, nggak begadang, bisa jadi karena barusan hidungmu membau sesuatu yang menyengat.

6. Kurang Minum

Selain telat makan, ternyata dehidrasi juga bisa menjadi penyebab terjadinya migrain, pals. PR banget buatku yang suka lupa minum air putih.

Padahal dah pakai alarm pengingat, masih aja suka kelewat. Ada yang sama sepertiku juga nggak?

7. Stres dan Anxiety

Kalau dah ngomongin kesehatan mental, selalu ya efeknya nggak cuma di pikiran yang jadi nggak tenang. Tapi juga ngefek ke fisik. Salah satunya kepala jadi sering migrain.

Sering terjadi kalau tanggal tua, dompet kosong, invoice belum cair nih, pals. Hahhaha.

8. Terpapar Sinar Biru

Buat yang kerjanya sering berhadapan dengan gadget, entah itu laptop ataupun handphone, hal ini juga bisa menjadi penyebab migrain lo, pals. Ealah banyak banget ternyata hal-hal terdekat yang menjadi penyebab migrain di aku.

That’s why baiknya per 30 menit, berhenti dulu pegang gadgetnya. Jalan-jalan ke luar rumah lihat yang ijo-ijo. Selain agar mata lebih sehat, juga untuk mencegah terjadinya migrain.

9. Efek dari Penggunaan Obat Tertentu

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa jadi kandungannya menjadi pemicu migrain. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan migrain, antara lain: obat tidur, pil KB, obat jenis vasodilator seperti nitrogliserin.

10. Perubahan Cuaca yang Ekstrem

Hal ini juga bisa jadi penyebab migrainku beberapa pekan terakhir. Siang panas, malam hujan deras, atau sebaliknya. Alhasil di badan jadi nggak enak, termasuk salah satunya migrain pun jadi mendekat.

11. Pengaruh dari Makanan dan Minuman

Nggak cuma obat, ternyata beberapa makanan dan minuman juga bisa menyebabkan migrain lo. Sebut saja kopi ataupun minuman lain mengandung kafein, makanan ber-MSG, cokelat, keju dan masih banyak lagi.

Dari 11 penyebab di atas, sepertinya penyebab migrain di aku terbanyak nomor 1, 6, 3, 8, 7 dan 11 deh. How about you, pals?

Fyi, dari hasil research WHO, dari kelompok usia 18-65 tahun yang pernah mengalami sakit kepala, 30 persen di antaranya pernah mengalami migrain. Hampir sebagian besar penderita migrain mengalaminya di awal masa pubertas.

Perlahan kondisi itu makin memburuk di usia 35-45 tahun. Selain itu, dibandingkan laki-laki, perempuan lebih banyak yang mengalami migrain.

Cara Mengatasi Migrain

apa itu migrain dan penyebabnya
Setelah tahu apa itu migrain dan penyebabnya, sekarang saatnya cari tahu yuk cara untuk mengatasi sakit kepala sebelah ini. Ternyata oh ternyata, sebagian besar ahli kesehatan menyatakan bahwa migrain tidak memiliki penanganan khusus.

Namun gejala migrain bisa diatasi dengan terapi mandiri, menggunakan obat jika diperlukan serta menerapkan gaya hidup yang sehat. Kecuali ketika migrain sudah sangat mengganggu dan berlangsung sampai tiga bulan berturut-turut, baru tuh disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Adapun terapi mandiri yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain antara lain;
  • Mengistirahatkan badan. Cuzz saatnya rebahan, pals. Jangan lupa matikan lampu agar lebih nyaman.
  • Berikan pijatan di area kepala, pelipis atau di wilayah yang berdenyut. Enak lagi kalau ada yang mijetin sih ya, hehe.
  • Lakukan kompres air dingin di area dagu atau belakang leher, gunanya agar otot bisa lebih rileks.
  • Jika migrain ringan, sohib kongkow juga bisa melakukan relaksasi otot sederhana dengan menggerakkan kepala ke beberapa arah.
Sementara untuk pencegahan agar migrain tidak terjadi berulang, PRnya cuma satu: hindari pemicunya! Kalau biasanya migrain kambuh karena telat makan, ya jangan sampai telat makan.

Terus jangan lupa untuk rutin berolahraga, tidur berkualitas dan stop gaya hidup yang nggak sehat, seperti merokok dan minum alkohol, pals. Buat yang sering migrain karena stress, bisa coba yoga atau temukan akar masalah dari kecemasan dan stress yang kamu alami.

Demikianlah informasi bercampur sedikit curcolanku tentang apa itu migrain dan penyebabnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu, pals.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Sempat heran juga kenapa sering banget migrain, ternyata pemicunya enggak karena stres tapi juga beberapa faktor eksternal. Biasanya sih bau menyengat dan cahaya paling ganggu, tapi yang berhubungan sama kebiasaan buruk juga sering terjadi. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete