header marita’s palace

Keuntungan dan Waktu yang Tepat Memberikan Tabungan bagi Anak

program tabungan anak
Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/coins-in-a-jar-6863252/

Saat anak beranjak dewasa adalah sesuatu hal yang wajar apabila orang tua ingin membuatkan rekening khusus untuk mereka. Hal ini akan menjadi sebuah lompatan yang besar dalam “pendidikan keuangan” anak. 

Adanya sebuah rekening atas nama anak sendiri akan membuat anak belajar banyak dan belajar untuk mengelola sendiri uang yang mereka dapatkan. Terlebih pembukaan rekening sekarang lebih fleksibel dengan adanya digital banking.

Anda ataupun anak-anak tidak lagi perlu repot datang ke bank dengan membawa segudang berkas yang tentunya akan membuat waktu tidak efisien. Dimanapun sekarang bank telah memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dengan layanan digital banking untuk membuat aktivitas transaksi semakin aman, cepat dan mudah.

Ini Dia Waktu yang Tepat Membuka Rekening Untuk Anak

memberikan tabungan bagi anak
Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/person-holding-black-remote-control-7534743/

Membiasakan anak untuk mengelola keuangannya sejak mengenal uang memang perlu sekali agar mereka lebih familiar dan memiliki tanggung jawab. Salah satu cara yang kini banyak diterapkan adalah dengan membuka tabungan bank khusus untuk anak-anak.

Untuk membuka rekening anak pun sekarang tidak lagi sulit karena beberapa bank besar di tanah air telah memiliki program tabungan untuk anak. Tabungan ini juga bagian dari program pemerintah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menabung sejak usia dini.

Lalu mulai kapan sebenarnya seorang anak mulai bisa memiliki rekening tabungan sendiri, berikut ulasannya;

1. Ketika Anak Memiliki Uang yang Banyak

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa memiliki uang banyak, anak-anak pun biasanya bisa punya simpanan uang yang lebih banyak, lho. Uang ini bisa didapat anak dari pemberian kerabat ketika liburan di rumah nenek atau ketika lebaran dimana anak-anak biasanya akan mendapat banyak angpao.

Nah, agar uang yang mereka dapat tidak berceceran dan habis digunakan untuk jajan, Anda sebagai orang tua bisa mengambil langkah cerdas. Salah satunya adalah membuatkan anak tabungan atas nama mereka sendiri.

Untuk membuat rekening tabungan sekarang semakin mudah. Beberapa bank besar bahkan telah membuka layanan pembukaan rekening tabungan khusus anak walaupun mereka belum memiliki KTP.

Bahkan layanan ini semakin dipermudah dengan adanya digital banking sehingga pembuatan rekening tabungan tidak mengharuskan orang tua untuk datang ke bank secara langsung.

Layanan digital banking ini tentu saja menguntungkan terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke bank dan membuka rekening tabungan.

2. Saat Butuh Rekening Khusus Untuk Pendidikan

Ketika anak-anak beranjak dewasa tentu saja kebutuhannya akan semakin banyak. Begitu pula dengan kebutuhan pendidikannya. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk persiapan biaya pendidikan anak hingga dewasa.

Mulai dari mencari asuransi khusus pendidikan, menyiapkan dana pendidikan melalui usaha hingga yang terakhir dan mulai kerap dilakukan adalah dengan membuatkan anak rekening khusus untuk mereka yang berisi uang pendidikan.

Langkah ini dianggap paling aman dan efisien mengingat ketika anak telah memiliki rekening khusus untuk pendidikan orang tua tidak akan bingung lagi menyisihkan uang sehingga tidak akan tercampur untuk kebutuhan yang lainnya. Saat keadaan darurat uang tersebut bisa digunakan tanpa harus repot mencari dana pendidikan lainnya.

Membuka rekening tabungan yang saat ini semakin mudah, tentunya Anda akan semakin bersemangat menabung untuk kebutuhan anak-anak. Terutama ketika telah ada layanan digital banking dari beberapa bank kini jumlah pembukaan rekening anak semakin meningkat. Meskipun usia anak-anak masih muda tidak menjadi halangan untuk memiliki tabungan sendiri.

Keuntungan Membuka Tabungan Anak

Dengan adanya program tabungan bagi anak, setidaknya ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan, diantaranya adalah;

1. Anak-Anak Disiplin Membelanjakan Uang

Menjadi hal yang lumrah jika anak-anak memiliki uang kemudian membelanjakannya sepuas hati sesuai keinginan mereka. Tidak mengapa sebenarnya, tapi jika dibiarkan terus-menerus akan membuat anak-anak terbiasa jajan dan tidak bisa menghargai uang yang mereka pegang.

Anda sebagai orang tua tentu wajib memberikan arahan bagaimana cara membelanjakan uang yang tepat dan tidak menjadi anak yang boros. Membiasakan anak hemat sejak dini juga perlu sekali agar terbawa hingga dewasa nanti.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan membuatkan mereka rekening tabungan melalui digital banking sehingga anak-anak akan lebih disiplin dalam membelanjakan uang mereka. Ketika anak-anak telah memiliki rekening sendiri, biasanya akan tergerak dan lebih semangat untuk menabung. Anak-anak akan mulai belajar hemat dan bijak dalam membelanjakan uang untuk keperluan jajan.

2. Mengajarkan Anak Tentang Tanggung Jawab

Mengajarkan anak berhemat dengan cara menabung memang harus dibiasakan sejak dini agar saat dewasa mereka tidak lagi merasa berat untuk menyisihkan uangnya demi kebutuhan masa depan. Mengajarkan anak-anak pentingnya menabung juga seakan dapat memberikan anak-anak sebuah tanggung jawab bahwa memiliki uang dalam jumlah banyak harus dikelola dengan baik agar tidak cepat habis.

Dengan adanya rekening tabungan atas nama anak sendiri, mereka juga akan mulai terbiasa sejak kecil menyisihkan uang yang didapatkan dan ditabung sedikit demi sedikit untuk kebutuhan mereka di masa depan. Tabungan juga bisa jadi bentuk investasi khusus untuk anak-anak.

3. Tidak Khawatir Tercampur dengan Kebutuhan Lainnya

Pada saat menerima gaji biasanya orang tua sudah sibuk mengalokasikan dana tersebut untuk berbagai pos dana-dana kebutuhan sehari-hari. Salah satu dana yang penting dan umumnya didahulukan adalah kebutuhan pendidikan anak.

Nah, kadang orang tua masih sering melakukan kesalahan menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya. Berbeda apabila Anda membuatkan rekening tabungan anak khusus untuk kebutuhan pendidikan mereka, dana kebutuhan tersebut tentu tidak akan bercampur dengan dana lainnya.

Rekening Tabungan Untuk Anak, Digital Banking Digibank by DBS Solusi Terbaik

Semakin banyaknya bank yang menawarkan tabungan khusus untuk anak, seringkali membuat Anda bingung manakah bank terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Sekarang, Anda tidak perlu lagi merasakan hal demikian sejak adanya Aplikasi digibank by DBS.

Ada beragam keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan produk Aplikasi digibank by DBS diantaranya:
  • Transaksi lengkap, aman dan mudah
  • Tersedia beragam investasi dan asuransi yang menguntungkan
  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman
Nah, sekarang tidak ada lagi alasan kesulitan membuka rekening tabungan anak lagi kan? dengan adanya aplikasi digital banking dengan beragam keuntungannya akan semakin mempermudah Anda dalam mengelola keuangan anak-anak. Selengkapnya tentang Aplikasi digibank by DBS bisa klik tautan berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com