header marita’s palace

Ingin Masuk PTN Favorit? Ikutan Tryout UTBK Gratis Yuk!

tryout utbk
Tryout UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) saat ini makin banyak dicari calon mahasiswa. Tentu saja harapan para calon mahasiswa ini agar bisa lolos masuk ke PTN Favorit.

Tak hanya UTBK, tryout SNBT juga sering disebut akhir-akhir ini. Mungkin bagi orang tua dua istilah ini sedikit membingungkan ya? Apa sih bedanya?

Jadi sederhananya seperti ini, SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) adalah proses penyeleksian mahasiswa PTN. Sementara bentuk tesnya adalah UTBK.

Nah, berbeda dengan tahun sebelumnya, SNBT 2023 akan menyeleksi kemampuan calon mahasiswa melalui dua jenis tes;
  • Tes Potensi Skolastik, meliputi Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum dan Pengetahuan Kuantitatif.
  • Tes Literasi, meliputi Literasi Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.
Fokus kedua tes ini lebih pada penalaran, bukan pada hafalan. Bahkan bisa jadi jauh berbeda dengan materi pelajaran yang diterima siswa sehari-hari di sekolah. That’s why penting lo untuk mengikutkan putra-putri sohib kongkow ke Bimbel SNBT agar bisa mendapat persiapan yang lebih matang.

Namun bagi temen kongkow yang budgetnya kurang mencukupi untuk mengikuti bimbingan belajar, salah satu cara untuk menyiapkan diri mengikuti SNBT adalah dengan mengikuti tryout UTBK gratis. Emang sepenting apa sih join tryout UTBK/ SNBT?

Alasan Mengapa Calon Mahasiswa Wajib Ikut Tryout UTBK

Tryout UTBK adalah salah satu cara yang dapat membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian UTBK yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu mengikuti tryout UTBK:
tryout gratis utbk snbt

1. Mengetahui Jenis Soal dan Pola Ujian

Tryout UTBK dapat memberikan gambaran tentang jenis soal dan pola ujian yang akan dihadapi. Dengan begitu, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan dapat mengembangkan strategi untuk menjawab soal dengan baik.

2. Mengukur Kemampuan

Melalui tryout UTBK, calon mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal yang serupa dengan yang akan muncul pada ujian UTBK yang sebenarnya. Dari sini, calon mahasiswa dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka dalam mengerjakan soal tersebut.

3. Menambah Pengalaman

Dengan mengikuti tryout UTBK, calon mahasiswa akan merasakan bagaimana suasana ujian UTBK yang sebenarnya. Hal ini dapat membantu mereka menjadi lebih tenang dan terbiasa saat menghadapi ujian sebenarnya.

4. Meningkatkan Motivasi

Hasil dari tryout UTBK dapat menjadi motivasi untuk belajar dan mempersiapkan diri lebih baik. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat membandingkan hasil tryout mereka dengan teman-teman mereka yang lain dan dapat memotivasi untuk lebih berusaha lagi.

Dengan demikian, mengikuti tryout UTBK sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin berhasil dalam menghadapi ujian UTBK. Tryout UTBK dapat membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri dengan baik, mengukur kemampuan, menambah pengalaman, dan meningkatkan motivasi untuk belajar.

Di Manakah Bisa Mengikuti Tryout Online UTBK SNBT Gratis?

Nah, sohib kongkow yang sedang mengincar PTN favorit ataupun temen-temen kongkow yang sedang mendampingi putra-putrinya menemukan PTN, aku mau memberikan kabar gembira nih. Fyi, tersedia tryout online UTBK SNBT gratis tis tis lo!

Pasti penasaran ya gimana caranya? Gampang banget, pals… ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:
  1. Pastikan untuk follow akun @ruangguru & @ruangguruutbk di media sosial.
  2. Kasih jempol alias berikan Like pada postingan Tryout SNBT di akun media sosial Ruangguru.
  3. Tinggalkan komentar pada postingan tersebut, dan mention 5 teman kalian. Jangan lupa, berikan hashtag #TOSNBTRuangguru2023.
  4. Repost postingan Tryout SNBT ke Instagram Story dan mention @ruangguru & @ruangguruutbk.
  5. Screenshot semua syarat yang tertulis di atas, sebagai syarat untuk mengerjakan Tryout UTBK gratis.
Namun buat kalian yang pengen ikut Tryout SNBT 2023 Series Premium, cuzz bisa langsung beli kuota di bayar.ruangguru.com. Adapun pilihan tryout UTBK yang tersedia, sebagai berikut:

paket tryout utbk di ruanguji
Selain paket di atas, tersedia pula paket Tryout + Materi lo, pals. Untuk paket ini, sohib kongkow selain bisa berlatih mengerjakan soal-soal tryout, juga mendapat pemaparan materi. Asyik kan?
paket tryout dan materi UTBK di ruanguji
Nah, tinggal kalian pilih saja mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan belajar ya. Fyi, mata pelajaran dan penilaian tryout yang tersedia di Ruanguji sudah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Nomor 48 Tahun 2022.

Tesnya nanti akan terdiri dari 85 soal Tes Potensi Skolastik dan 70 soal Tes Literasi. Waktu untuk mengerjakan Tes Potensi Skolastik adalah 90 menit, sedangkan waktu pengerjaan Tes Literasi yaitu 105 menit.

So, sekarang sudah nggak bingung lagi kan bagaimana mempersiapkan diri untuk bisa lolos tes masuk PTN favorit? Selamat mengikuti tryout UTBK gratis ataupun yang versi premium ya. Good luck for you, pals.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Wah di tengah puasa seperti sekarang juga musim berburu beasiswa, tantangan buat anak yang lulus dan memasuki perkuliahan. Selalu dengar tentang try out UTBK yang bikin ketar-ketir, mantep ini informasinya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete