header marita’s palace

7 Tips Memilih Furniture Kitchen Set Untuk Rumah yang Nyaman

tips memilih furniture kitchen set
Dapur adalah salah satu ruangan yang penting dalam hunian dan menjadi tempat yang sering digunakan untuk berkumpul bersama untuk menikmati makanan. Oleh karena itu, dapur perlu dibuat dengan furniture-furniture yang tidak hanya enak dipandang namun juga fungsional.

Dapur yang tertata rapi dan indah sangat penting di rumah mana pun. Saat sohib kongkow memilih perabot dapur yang tepat, ruangan akan tampak lebih menarik.

Tak hanya itu, kamu juga jadi nyaman untuk menghabiskan waktu berjam-jam di dalamnya. Dapur yang tertata rapi seharusnya bebas kekacauan dan efisien. Dapur yang memiliki efisiensi tidak lagi terbatas hanya sebagai sebuah ruangan di rumah.

Tips Memilih Furniture Kitchen Terbaik Untuk Mempercantik Rumahmu

Mendesain dapur tidak sama seperti ruangan lain di rumah. Ini adalah proses yang terus berkembang, karena cara menggunakan dapur selalu berubah. Dapur juga berkembang seiring waktu.

Berikut tips memilih furniture kitchen set yang sempurna agar rumah lebih nyaman:

1. Buat Daftar Keinginan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis daftar semua yang dibutuhkan di dapur barumu. Jika Temen kongkow merencanakan dapur dari awal, maka kamu harus rajin mencatat semua hal dasar dan penting terlebih dahulu. Setelahnya, baru deh berpindah dari kebutuhan ke keinginan.

Tetapi kunci saat merenovasi ruang dapur yang ada, kamu perlu menganalisa apa saja yang sudah temen kongkow miliki saat ini dan apa yang ingin kamu ubah. Kamu juga harus merenungkan furniture apa yang sebenarnya tidak diperlukan di dapur.

Setelah kamu membuat daftarnya, kamu akan menemukan lebih banyak hal yang dibutuhkan daripada diinginkan. Seperti, pelapis lantai atau meja yang berbeda, lemari penyimpanan bumbu dll.

Dapur awalnya dirancang untuk memasak. Namun beberapa tahun terakhir dapur telah berkembang secara signifikan menjadi ruang serbaguna, di mana kamu dapat makan, memasak, atau bahkan mengundang tamu untuk menikmati makanan yang dihidangkan.

Walaupun begitu, tetap saja yang pertama dan terutama dari fungsi dapur adalah dimaksudkan untuk menjadi area memasak. Oleh karenanya, persiapan makanan harus menjadi prioritas utama saat memilih perabot dapur tanpa mengorbankan tugas lainnya.

Dapur lantai terbuka, misalnya, dirancang untuk memudahkan memasak, tetapi harus dilengkapi perabot yang menarik. Seperti, pembatas meja atau sepasang bangku yang dipilih dengan baik.

Bangku harus terlihat cantik dan pas dengan konsep dapur ya, pals. Bangku juga sebaiknya dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar tempat duduk bagi penghuni rumah. Bangku juga harus bisa menjadi spotlight yang cantik bagi dapur.

2. Tentukan Pilihan Lemari yang Tepat

Mencari ide kabinet dapur adalah bagian yang menyenangkan dalam merencanakan dapur. Saat merancang de desain yang sempurna untuk dapur, pertimbangkan lemari sebagai aspek fokusnya. Skala, proporsi, dan simetri kabinet merupakan faktor kunci untuk menyempurnakan keseimbangan antara kepraktisan dan estetika.

Keunikan lemari, khususnya, akan ditentukan oleh ukuran dan tinggi ruang dapur. Lemari seharusnya bisa memenuhi segala jenis penyimpanan yang dibutuhkan, dan menyesuaikan ruang penyimpanan yang cukup.

Penempatan peralatan utama seperti kompor, dan wastafel, secara kreatif menggunakan sudut yang unik. Selain itu menyediakan ruang untuk penyimpanan tambahan adalah beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memilih lemari ergonomis terbaik untuk dapur.

Titik awalnya adalah mempertimbangkan bagaimana kamu ingin dapur tersebut berfungsi dan mengombinasikannya dengan desain yang enak dipandang. Kumpulkan referensi gambar dapur yang menginspirasimu dan mulai asah kreativitasmu.

Pikirkan tentang bagaimana mereka cocok dengan ruangan yang kamu idam-idamnkan. Jika kamu menyukai ide dapur tradisional, pikirkan pula tentang detail lemari.

3. Ukuran Ruang Dapur

Membeli tanpa mempertimbangkan ukuran ruang adalah ide yang buruk. Sohib kongkow pasti menginginkan pengukuran yang akurat dan solusi yang terencana dengan baik kan?

Masalah kedua yang perlu dipertimbangkan adalah furniture yang sudah dimiliki. Jika memang sudah ada furniture pada dapur yang sudah ada, kamu harus pandai memilih bentuk yang bisa menyatu dengan infrastruktur ini.

Dalam hal furniture dapur, beberapa saran umum adalah memilih area penyimpanan yang panjang dan fungsional. Tujuannya, agar dapat ditempatkan secara vertikal di ruang yang lebih kecil atau secara horizontal di ruang yang lebih besar.

Situasi yang ideal, tentu saja, memiliki dapur berukuran besar. Dapur seperti itu sangat memungkinkan bagi kamu untuk mengekspresikan gaya desain favorit. Selain itu juga bisa memuat lebih banyak perabot yang hangat dan menawan.

4. Tetapkan Anggaran

Langkah ini adalah hal besar berikutnya dari perencanaan dapur. Bahkan mungkin ini yang paling penting.

Biaya dapur perlu ditentukan dengan jelas di awal proyek. Hal ini akan menentukan seberapa jauh kamu bisa mewujudkan daftar keinginan terhadap dapur impian.

Jadi, penganggaran yang tepat akan membuat proyek pembangunan dapur tetap realistis, dan memprioritaskan aspek fungsional. Di samping bahan dapur, jangan lupa untuk memasukkan tunjangan pipa, kabel, dekorasi, pengaturan, dan tenaga kerja dalam anggaran yang akan kamu buat, pals. Pastikan juga untuk menambahkan kemungkinan biaya tambahan dalam setiap sentuhan akhir.

5. Pikirkan warna

Tips memilih furniture kitchen set selanjutnya adalah menentukan warna. Ada banyak warna yang bisa diaplikasikan pada perabot dapur temen kongkow.

Mulai dari warna putih yang murni hingga warna coklat kayu yang hangat. Putih adalah warna paling populer untuk furniture dapur karena menawarkan tampilan yang luas, ramping, dan rapi. Warna putih juga cocok untuk jenis dapur mana pun.

Namun, ada opsi alternatif yang tersedia untukmu, pals. Tetapkan perabotan berdasarkan palet warna, seperti yang kamu lakukan untuk ruangan lain di rumah temen kongkow.

Pilih perabotan dengan warna yang soft jika dinding dapur berwarna cerah atau ditutupi dengan lantai warna-warni. Jika dinding dan langit-langit lebih kalem, pilihlah warna furniture yang akan mencerahkan ruangan.

Ini dapat disesuaikan dengan mudah, interior kabinet kaca dapat dicat dengan satu warna, kusen pintu dengan warna lain, atau gagangnya diubah sesuai keinginan. Banyak ahli interior juga merekomendasikan untuk menambahkan lemari atau bufet porselen antik ke dalam ruangan dapur, untuk mencegah lemari yang terpasang terlihat terlalu monoton.

6. Pilih Bahan Terbaik

Hal yang harus temen kongkow pertimbangkan selanjutnya saat memilih furniture dapur adalah bahannya. Bahan furniture adalah komponen penting yang memberi bentuk dan nuansa pada dapur yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lebih baik memilih bahan yang berbeda namun koheren untuk tujuan yang berbeda di dapur sohib kongkow, seperti lantai, dinding, penyimpanan, dan meja kerja. Untuk lantai dan dinding, pilih bahan seperti beton, ubin, kayu, laminasi, vinil, dan bahkan karet.

Untuk lemari penyimpanan, kayu keras atau kayu lapis paling cocok untuk dapur bergaya tradisional. Sedangkan lemari papan serat paling cocok untuk menonjolkan tampilan apik dalam desain dapur modern.

Untuk meja dapur dan kitchen island, tersedia berbagai pilihan, seperti kayu, laminasi, marmer, batu alam, beton, baja tahan karat, dan kaca. Ingatlah satu hal, bahwa kualitas bahan tidak boleh dikompromikan, bahkan dengan anggaran yang relatif ketat.

7. Pilih Pencahayaan yang Tepat

Selain itu, pencahayaan adalah faktor yang menyatukan semuanya di dalam ruangan. Ini mengatur suasana ruangan. Jadi, berusahalah sebaik mungkin saat merencanakan skema pencahayaan dapur temen kongkow, dan ingatlah untuk menyertakan opsi yang fleksibel.

Karena dapur sekarang menjadi ruang serbaguna, pertimbangkan untuk beralih antara lampu redup untuk pesta makan malam dan lampu terang untuk memasak dan membersihkan. Semua ambient lighting harus dipasang di tempat yang tepat, sehingga tidak menimbulkan hambatan pada alur kerja biasa di dapur.

Juga, pilih bahan dalam warna terang atau cat sesuai dengan warna dekorasi dapur sohib kongkow. Cobalah dan rencanakan desain dapur sedemikian rupa sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya alami mengalir ke dalam ruangan.
memilih ahli interior
Itulah 7 tips memilih furniture kitchen set untuk rumah yang nyaman. Jika temen kongkow ingin membuat kitchen set dengan furniture yang fungsional dan terlihat rapi dan elegan, kamu bisa meminta bantuan ahlinya.

Menggunakan jasa desain interior adalah cara terbaik untuk menciptakan kitchen set yang tidak hanya berfungsi untuk memasak, namun memiliki tampilan yang tidak membosankan.

Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan kitchen set dari Hyde Living yang sudah sangat berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menciptakan berbagai desain interior termasuk kitchen set dapur. Jangan ragu untuk menghubungi tim Hyde Living yang siap memberikan desain kitchen set terbaik untukmu. Selamat memilih furniture kitchen set yang kamu inginkan, pals.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Soal dapur kitchen set memang ibu-ibu sangat membutuhkannya terlepas dari bisa masak atau enggak, memang sudah menjadi impian memiliki dapur dengan furnitur kitchen set yang lengkap dan apik. Bisa dipakai ini tipsnya saat ingin membeli furnitur dapur, sebenarnya dari pada nyicil satu-satu mending sekaligus memang. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete