header marita’s palace

Urutan Basic Skincare yang Wajib Pemula Ketahui

urutan basic skincare

Bagi pemula yang sedang belajar menerapkan urutan basic skincare, kamu wajib untuk membaca artikel ini sampai beres. Penggunaan skincare sudah menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan oleh seseorang untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan awet muda.

Tentu hal ini bukanlah yang mudah untuk dilakukan oleh pemula. Penggunaan yang masih membinggungkan, seperti sunscreen terlebih dahulu atau moisturizer terlebih dahulu, dan langkah lainnya. Urutan pemakaian skincare yang tidak tepat, akan menyebabkan kurangnya efektivitas produk skincare yang digunakan.

Apalagi ada skincare khusus yang digunakan pagi dan malam hari. Nah, karena hal tersebut mari kita simak ulasan lengkap berikut tentang urutan basic skincare yang wajib pemula ketahui.

Urutan Basic Skincare Pagi untuk Pemula, Begini Cara Pakainya!

Berikut adalah beberapa urutan skincare pemula untuk penggunaan skincare di pagi hari.

1. Facial Wash (Pembersih Wajah)

Yang pertama adalah penggunaan facial wash atau biasa dikenal dengan pembersih wajah. Sebenarnya penggunaan pembersih wajah ini tidak hanya digunakan di pagi hari saja, tetapi harus digunakan juga saat malam hari.

Gunakan sebelum dan setelah beraktvitas akan membuat hasil yang efektif, apalagi untuk kamu yang berkegitan di luar ruangan. Menggunakan facial wash di pagi hari bermaksud untuk membersihkan sisa skincare yang digunakan saat malam hari.

Jadi, dengan menggunakan skincare facial wash di pagi hari akan membuat penggunaan skincare selanjutnya lebih optimal.

2. Toner

Setelah beres membersihkan wajah, selanjutnya gunakan toner. Toner ini sendiri memiliki fungsi untuk memberikan lapisan awal pada wajah sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya.

Penggunaan toner juga bisa untuk mengembalikan pH kulit kamu menjadi normal sehingga membuat lebih siap untuk menggunakan skincare selanjutnya.

Sebelum menggunakan skincare, sesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki. Jika kulit berjerawat, maka kamu bisa menggunakan toner yang mengandung toner yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid), seperti asam laktat atau asam glikolat.

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencerahkan wajah karena akan membantu membuka pori-pori pada kulit dan juga dapat mencegah jerawat serta dapat melarutkan komedo. Sementara itu, untuk kamu pemiliki kulit kering, maka kamu bisa menggunakan toner yang mengandung AHA atau Alpha Hydroxy Acid.

3. Essence/Serum

Setelah mencuci wajah, menggunakan toner, kini saatnya menggunakan essence atau serum. Apa kegunaan essence?.

Essence atau serum dapat melembabkan kulit dan akan memudahkan produk skincare selanjutnya agar dapat meresap kulit. Selain itu, kandungan bahan dari essense dapat menenangkan kulit dan mencegah penuaan dini, jika tidak ada essense kamu bisa menggunakan toner.

4. Moisturizer

Setelah menggunakan essence atau serum, kamu bisa menggunakan moisturizer. Moisturizer membuat kulit menjadi lembap.

Perhatikan juga tipe kulit yang kamu miliki sebelum menggunakan pelembap wajah. Jika kamu memiliki tipe kulit wajah yang kering, bisa gunakan pelembab wajah yang memiliki tekstur krim.

Tetapi jika tipe kulit wajah kamu berminyak, kamu bisa menggunakan pelembap atau moisturizer yang memiliki tekstur gel atau cair.

5. Sunscreen

Penggunaan sunscreen sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar UV atau sinar matahari. Sunscreen yang dapat memberikan manfaat perlindungan kulit dari bahaya sinar UV adalah sunscreen yang memiliki SFP minimal SFP 30.

Setelah menggunakan sunscreen, berikan waktu 15 sampai 30 menit setelah digunakan agar sunscreen dapat menyerap dengan sempurna.

Itulah beberapa tahap penggunaan basic skincare untuk pagi hari, selanjutnya untuk penggunaan basic skincare pada malam hari akan dibahas lebih lengkap di bawah ini.

yuk pakai skincare

Urutan Pemakaian Skincare Malam untuk Pemula

Tidak jauh berbeda dengan urutan basic skincare pada malam hari, berikut ini beberapa urutan skincare pemula pada malam hari:

1. Micellar Water

Untuk penggunaan skincare pada malam hari, pertama yang harus kamu gunakan adalah micellar water.

Micellar water ini merupakan rangkaian make up remover yang dapat kamu gunakan. Beberapa produk make up remover seperti cleansing oil atau cleansing balm.

Tujuan dari penggunaan micellar water adalah untuk mengangkat kotoran dan juga riasan yang masih menempel pada wajah.

2. Facial Wash (Pembersih Wajah)

Tahap selanjutnya adalah menggunakan facial wash. Produk ini akan membuat wajah bersih dan siap untuk menggunakan skincare selanjutnya.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah dengan menggunakan facial wash hingga 1 menit dan juga gunakan gerakan memutar pada seluruh bagian wajah.

3. Eksfoliasi

Setelah wajah bersih dan kering, selanjutnya adalah menggunakan scrub wajah. Tujuan dari eksfoliasi atau scrub wajah adalah untuk mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan scrub wajah tidak dilakukan setiap hari, tetapi cukup menggunakan 1 atau 2 kali saja dalam seminggu.

4. Toner

Toner juga tak hanya di pakai saat pagi saja, bisa juga digunakan saat malam hari. Jika kamu memiliki kulit kusam, dapat menggunakan toner dengan kandungan dengan zat aktif seperti AHA/ BHA, atau niacinamide yang akan membuat lembap kulit.

Dapatkan berbagai serum naturally speaking by ERHA di naturallyspeakingbyerha.co.id. Recommended, pals!

Dengan informasi singkat ini, sudah paham kan bagaimana urutan basic skincare yang bisa kamu praktikkan? Selamat mencoba. Insya Allah glowing skin kaya Oppa Korea bukan lagi impian, dan akan segera menjadi kenyataan, pals.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete