header marita’s palace

Begini Cara Ekspor Barang yang Aman Ke Luar Negeri

Begini Cara Ekspor Barang yang Aman Ke Luar Negeri



Seperti diketahui, ekspor barang adalah salah satu peluang usaha yang memiliki prospek bagus karena dapat menjangkau pasar internasional sehingga siapapun bisa memperluas cakupan bisnis. Namun untuk para pemula, tentu Anda harus tahu apa saja syarat ekspor barang ke luar negeri yang aman.

Karena seperti diketahui, kegiatan ekspor barang banyak juga dianggap sebagai kegiatan pemasaran yang sulit karena kendala biaya pengiriman dan proses bea cukai yang rumit. Dengan mengetahui cara ekspor barang ke luar negeri, tentu saja kegiatan ekspor jadi lebih lancar.
 

Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri

Melakukan ekspor barang ke luar negeri salah satu manfaatnya adalah membuat produk Anda semakin dikenal di pasar internasional. Namun untuk yang belum tahu bagaimana caranya, perhatikan berikut ini.

1. Menyiapkan Dokumen Legalitas

Yang pertama harus Anda lakukan adalah terlebih dahulu menyiapkan dokumen legalitas sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Terlebih dahulu pastikan bahwa semua informasi yang tercantum pada dokumen dengan yang lainnya sudah sama mulai dari nama perusahaan, alamat barang yang diekspor dan informasi penting lainnya.

2. Persiapan Dokumen Ekspor

Cara ekspor barang berikutnya yang wajib Anda ketahui adalah menyiapkan dokumen ekspor terlebih dahulu. Adapun jumlah kebutuhan dokumen ekspor biasanya ditentukan oleh produk apa yang akan dikirim, prosedur yang harus dipenuhi di negara tujuan dan permintaan dari pembeli yang berkaitan dengan perusahaan.

Umumnya eksportir tidak akan berurusan langsung dengan bea cukai karena ada pihak forwarder yang akan menyelesaikan kepentingan tersebut.

3. Tetapkan Negara Tujuan

Cara ekspor barang dari indonesia ke luar negeri berikutnya yang harus Anda lakukan untuk ekspor barang adalah menetapkan negara tujuan ekspor produk. Untuk menentukan negara tujuan, pastikan riset terlebih dahulu terhadap karakter dan budaya masyarakat negara tersebut. Sebaiknya produk yang Anda ekspor, harus sesuai dengan karakteristik dan budaya penduduk negara tujuan.

4. Daftarkan Website ke Portal Bisnis Internasional

Mengapa harus mendaftarkan website di portal bisnis internasional? Tentu saja tujuannya adalah untuk memperluas bisnis dan punya peluang tinggi untuk mendapatkan konsumen dari negara lain. Portal bisnis internasional ini merupakan salah satu fasilitas dari pemerintah. Jadi dari website ini Anda bisa mendapatkan informasi tentang permintaan suatu produk dari perusahaan luar negeri, ringkasan pasar dan juga intelijen pasar. Anda bisa akses semuanya di situs resmi djpen.kemendag.go.id.

5. Pemberitahuan Pabean

Tata cara ekspor barang ke luar negeri berikutnya adalah pemberitahuan pabean, proses ini bertujuan untuk menyerahkan semua dokumen PEB atau pemberitahuan ekspor barang dan dokumen kelengkapan ke pihak bea cukai.

6. Mendapatkan Nota Persetujuan Ekspor

Cara ekspor barang berikutnya adalah dengan mendapatkan Nota Persetujuan Ekspor atau NPE yang diterbitkan oleh bea cukai. Jika sudah mendapatkan NPE, otomatis secara hukum barang merupakan produk ekspor.

7. Pengiriman Barang

Sekarang waktunya persiapan untuk ekspor barang dengan melakukan stuffing dan mengirimkan produk baik lewat laut maupun udara. Pengiriman barang harus disertai dengan dokumen ekspor yang diperlukan. Selanjutnya barang akan dimasukkan ke kontainer, lalu dibawa ke pelabuhan atau bandara untuk dikirim. Untuk menghindari kerugian maka wajib memastikan seluruh barang sudah dijamin oleh asuransi.

8. Terima Pembayaran

Yang terakhir adalah menerima pembayaran yang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu eksportir akan langsung menerima dana setelah barang dikirim atau eksportir akan menerima pembayaran di awal sebelum barang dikirim. Lalu sisa pembayaran akan diberikan setelah produk sampai ke tangan pembeli. Kedua sistem ini tentunya melalui kesepakatan bersama antara Anda sebagai eksportir dan pembeli.

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana cara ekspor barang yang aman terutama bagi Anda para pemula yang ingin menjadi eksportir. Untuk menjadi seorang eksportir sebaiknya melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan agar proses ekspor berjalan dengan lancar dan taati prosedur serta hukum yang ada.


Sumber:

  • https://flip.id/blog/cara-ekspor-barang-yang-aman-ke-luar-negeri
  • https://info.populix.co/articles/cara-ekspor-barang/
  • https://pijarmahir.id/blog/news/5-cara-tepat-mengekspor-barang-bagi-pelaku-usaha-pemula

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com