Thursday, January 15, 2015

Lumia 535 Bright My Days!!!

Gadget memang sekarang bukan lagi hanya sekedar menjadi tren, tapi juga kebutuhan. Saya sendiri termasuk penyuka gadget, suka liat iklannya doang... dan baca-baca review.. tapi bukan yang selalu update beli gadget baru setiap tahun. Bahkan saya termasuk pengguna setia suatu barang kalau sudah merasa nyaman dengan barang tersebut. 

Jadi ingat gadget-gagdet jadul yang dulu setia menemani saya, dari Nokia 3310, Nokia 3650, LG ... (lupa namanya, tapi awet banget, sampai udah lepas keypadnya juga masih ampuh), blackberry bold versi paling tua (lagi-lagi lupa serinya, yang pasti masih pake trackball) hingga Lenovo A369i. Dari kesemua gadget itu, nokia 3650 dan LG.. menjadi pegangan terlama sampai bertahun-tahun. Dua jempol deh buat dua hp itu, tahan banting banget, meski tentunya belum secanggih smartphone yang ada sekarang ini, tapi cukuplah untuk bisa selain sms dan telponan, bisa browsing-browsing juga.

Di awal tahun ini, saya sedikit dibikin mangkel sama si Lenovo karena tiba-tiba nggak mau diapa-apain. Setiap kali dihidupin selalu muncul pesan yang intinya "ada yang nggak beres ama hp ini". Udah nyoba direset berkali-kali tetap nggak ngefek. Padahal awal bulan itu waktu yang crowded banget ngeceki transferan arisan yang masuk, order barang arisan buku dan lain-lain. Pokoknya dibikin manyun deh. 

Suami sih sempat berbaik hati untuk menghibahkan Samsung Galaxy Ace 3 nya, tapi nih hp sama aja errornya, ga compatible sama SD card yang kami punya, alhasil banyak foto2 dagangan yang ga bisa kebaca... Nanti nyimpen foto baru juga tiba-tiba suka rusak file nya. Sementara akhirnya saya mutasi ke tablet Ifa yang 'nyawa' nya juga udah nggak komplet, karena kalo nggak dicolokin di chargernya cuma bisa nyala setengah sampai satu jam saja. :D

Suami berusaha mencari tahu ada apa gerangan dengan si Lenovo, tapi sampai tiga hari nggak ada hasilnya, ditanyain ke temannya yang biasa reparasi HP juga nggak tahu musti gimanain. Akhirnya karena bener-bener butuh HP yang bisa mendukung aktivitas ceki-ceki doku, chatting2 via bbm dan wa, dan tentu saja ngeksis di sosmed, akhirnya cari-carilah pegangan baru yang harganya ramah di kantong dan (semoga) bisa awet seperti Nokia 3650 dan LG .. saya dulu :D

Pengen hati sih beli blackberry atau iPhone, berhubung harganya jutek banget di kantong saya, akhirnya pilihannya kembali lagi ke hp  bersistem operasi android. Sudah ngrasain android dengan tiga spek, membuat saya berpikir ulang buat beli HP ber-OS ini, sepertinya ga cocok ama si robot ijo. Mulailah nglirik Windows Phone. Apalagi pernah dengar cerita dari teman yang punya windows phone, hpnya lancar jaya dan ga pernah lemot. 

Akhirnya ketemulah dengan si Oren yang ceria ini deh. Microsoft Lumia 535 Dual Sim, yup seri Lumia sekarang udah resmi dibeli ama Microsoft, jadi nggak bakal ketemu kata Nokia lagi di seri ini. Tapi berhubung masih punya leluhur Nokia, berharapnya sih si Lumia Oren ini bakal setangguh 3310 dan 3650 saya yang jadul dulu :D 

Foto diambil dari Microsoft

Pertama kali pegang HP ini, rasanya uhuy banget. Enggak tahu deh buat yang ngerti gadget banget. Buat saya yang baru makai hampir satu minggu, hp ini asyik banget dan anti mainstream. Windows live tiles - nya itu bagian paling keren. Kita bisa customize sesuka hati. Layar 5 inch nya yang lebar ini asyik banget buat browsing dan baca-baca artikel, internetnya pun lancar jaya. Beberapa review saya baca kalo BBM dan WA di HP ini bakal lemot banget, tapi ternyata hal tersebut tidak saya rasakan. Dengan grup BBM dan WA yang cukup banyak dan aktif banget, sejam aja bisa ratusan pesan masuk, HP ini cukup tangguh dan nggak ngehang (semoga seterusnya). 

Berhubung masih sedikit yang pakai Windows Phone, hal yang agak susah adalah ketika mencari aplikasi tambahan di Windows Store nya. Tapi karena memang nggak begitu suka ngegame dan instal aplikasi-aplikasi lainnya, yang penting sudah bisa install aplikasi al quran, bbm, wa, line, fb, messenger, path, instagram, tumblr, dan BCA mobile banking saja sudah ayem dan tenang. 


Pengennya setelah make sebulan saya pengen bikin review yang lebih komplit, tapi yang pengen tahu seperti apa sih spek Lumia 535, saya copykan deh spesifikasi dari situs gsm arena, dan silakan nilai sendiri keren atau tidaknya.


NETWORKTechnologyGSM / HSPA
LAUNCHAnnounced2014, November
StatusAvailable. Released 2014, December
BODYDimensions140.2 x 72.4 x 8.8 mm (5.52 x 2.85 x 0.35 in)
Weight146 g (5.15 oz)
SIMMicro-SIM
DISPLAYTypeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size5.0 inches (~67.9% screen-to-body ratio)
Resolution540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 3
PLATFORMOSMicrosoft Windows Phone 8.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 200
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPUAdreno 302
MEMORYCard slotmicroSD, up to 128 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
CAMERAPrimary5 MP, 2592 x 1936 pixels, autofocus, LED flash
Features1/4'' sensor size, geo-tagging
Video480p@30fps
Secondary5 MP
SOUNDAlert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, LE, apt-X
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
FEATURESSensorsAccelerometer, proximity
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
JavaNo
- Active noise cancellation with dedicated mic
- MP3/WAV/eAAC+/WMA player
- MP4/H.264 player
- OneDrive (15 GB cloud storage)
- Document viewer
- Video/photo editor
BATTERYLi-Ion 1905 mAh battery (BL-L4A)
Stand-byUp to 552 h
Talk timeUp to 11 h (2G) / Up to 13 h (3G)
Music playUp to 78 h
MISCColorsOrange, green, white, black, gray, blue
Price group

Kalau pengen lebih lengkap lagi dan pengen lihat seri Lumia lainnya langsung aja berkunjung ke situs Microsoft aja. Sering ada penawaran-penawaran menarik lo saat ada event launching produk baru. 


0 comments:

Post a Comment

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.