Friday, February 27, 2015

16 Tips Agar Mudah Berpikir Positif

Berpikir positif itu layaknya belajar bahasa; membutuhkan pembiasaan. Jika kita sudah terbiasa menggunakan sudut pandang negatif, maka sepertinya kita harus sedikit bekerja keras untuk bisa membangun mindset pikiran positif. 

Gambar Diambil Dari Sini
Berikut ini adalah 16 tips untuk membiasakan diri kita berpikir positif:

  1. Menampilkan sikap emosional dan mental yang lebih positif terhadap diri sendiri, orang lain dan situasi di sekitar kita. 
  2. Menolak untuk berpartisipasi dalam dialog batin yang negatif. Hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu dan energi. Menolak dan terus menolak pikiran negatif. Mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif, atau melibatkan diri dalam beberapa kegiatan yang akan mengalihkan perhatian kita dari pikiran negatif. Ketika pikiran negatif tersebut mulai datang, alihkan segera dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca buku, kitab suci atau beribadahlah pada Tuhan.
  3. Jangan biarkan kekecewaan, kesulitan dan hambatan mempengaruhi suasana hati dan keadaan pikiran kita. 
  4. Jangan biarkan apa yang orang pikirkan dan katakan mempengaruhi pikiran dan suasana hati. Lakukanlah apa yang ingin kita lakukan sepanjang hal tersebut masih dalam koridor yang benar.
  5. Bergaul dengan orang-orang yang membawa sesuatu yang berharga dalam hidup kita. Hindari orang-orang yang melemahkan energi dan antusiasme. Jika kita tidak dapat menghindari mereka, belajar bagaimana kita mampu mempertahankan prinsip yang kita miliki dan jangan biarkan hal-hal negatif yang mereka bawa meracuni diri kita.
  6. Mengatakan hal-hal positif tentang diri sendiri dan tentang orang lain. 
  7. Berikanlah pujian kepada orang di sekeliling kita jika mereka memang pantas mendapatkannya. 
  8. Terus meningkatkan iman dalam diri kita dan yakinlah pada kemampuan yang kita miliki.
  9. Cobalah melakukan hal-hal baru atau hal-hal lama dengan cara baru. Melakukan hal-hal yang berbeda akan membantu kita menjadi lebih kreatif dan hal tersebut akan menghasilkan energi yang ebih positif. Pergi ke sebuah restoran yang berbeda, makan makanan yang berbeda, mengubah cara kita berpakaian, mulai membaca buku baru atau menemukan hobi baru. 
  10. Baca tentang orang-orang yang mengatasi kesulitan dan berhasil dalam hidup. Ini akan membantu kita berpikir lebih positif. Jangan terlalu sering menengadah, pun jangan terlalu banyak menengok ke bawah.
  11. Tetapkan tujuan hidup kita, tidak peduli seberapa mustahil tujuan tersebut saat ini, yang perlu kita lakukan hanyalah keep on our track untuk mencapainya dengan cara-cara yang baik.
  12. Rayakanlah setiap tujuan yang telahtercapai. Tidak peduli seberapa kecil itu pasti akan membawa kita lebih percaya diri, meningkatkan harga diri dan kemampuan untuk berpikir positif. 
  13. Setidaknya sekali sehari, pikirkanlah dan cobalah mempraktekkan ide-ide lebih lanjut tentang cara berpikir positif dalam berbagai situasi. 
  14. Bagaimana kita melihat diri sendiri dan lingkungan kita berada mampu membuat perbedaan pemikiran. Hal ini seperti menonton video. Keluarkan kaset video lama atau CD dan memasukkan yang baru dan lebih baik sebagai gantinya. 
  15. Menganalisis perilaku dan sikap, dan bertanya pada diri sendiri mengapa kita mengulangi kebiasaan atau sikap yang tidak kita sukai. Berkomitlah untuk tidak perlu mengikuti pola lama perilaku yang tidak kita sukai atau tidak berguna untuk kehidupan kita.
  16. Ketika kita belajar bagaimana berpikir positif, kita secara otomatis akan mendapatkan kunci untuk mengubah dan memperbaiki kehidupan

Tentunya memang tips tersebut terlihat seperti sebuah teori yang mudah dibaca dan sulit dijalankan. Biasanya jauh lebih mudah untuk menyimpan kerangka berpikir positif ketika hal-hal berjalan dengan baik. Namun akan terasa sulit melakukannya ketika kita berada di tengah-tengah masalah, kesulitan atau hambatan. Dalam saat seperti itu, kita hanya perlu lebih berupaya dan bersabar. Berpikir positif sangat membantu kita menghindari tekanan dan stress berlebihan.

Storycake for Your Life: Berpikir Positif

My Book, My Daughter and I
Sembari berlatih berpikir positif, simak kisah-kisah seru dan inspiratif dalam Storycake for Your Life: Berpikir Positif. Ada tiga tulisanku lo di sana.. grab it fast!

0 comments:

Post a Comment

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.