Wednesday, May 25, 2016

Dele; Sajian Jawa Nikmat tanpa Repot Berlipat


Sebagai orang Jawa tulen nggak bisa dibohongi kalau lidah ini paling cocok dengan masakan-masakan Jawa. Mau seenak apapun masakan dari Jepang, Italia, Korea ataupun Eropa, buatku masakan Jawa yang paling enak. Sayangnya masakan Jawa yang bener itu biasanya harus komplit bumbu dan rempah-rempahnya, makanya suka ribet kalau masak sendiri. Beruntunglah kini sudah ada Foodies Hub. Lewat salah satu lininya; DELE, sekarang para penduduk Semarang dan sekitarnya bisa menikmati masakan-masakan khas Jawa yang lezat tanpa perlu repot dan berkeringat.

Kalau di postinganku beberapa waktu lalu, aku pernah share tentang Ohashi, yang juga merupakan salah satu lini dari Foodies Hub. Kini saatnya aku bikin kalian semua mupeng sama nikmatnya masakan dari Dele.

Alhamdulillah, pada hari Minggu, 8 Mei 2016 yang lalu, bumil dapat rejeki nomplok. Saat itu hari merangkak siang, perut keroncongan karena dari pagi baru diisi semangkuk bubur mutiara. Bumil yang lemas-selemasnya ini merajuk pada suami untuk mencarikan rujak sekaligus makan siang. Maklum trimester pertama kehamilan yang ini benar-benar berbeda, pengennya cuma tiduran di kamar sambil baca buku. Buka laptop saja harus mengerahkan tenaga berkali lipat, kameha-meha, hehe.

Menit demi menit berlalu, hampir satu jam, mas bojo belum nyampe rumah juga. Padahal perut udah benar-benar minta diisi. Di antara sadar dan tidak, tiba-tiba pintu rumah diketuk tiga kali, “permisi.” Dengan lemas dan lunglai, aku beranjak menuju pintu, kubuka dan taraaaa…. rejeki anak sholehah, hehe.

Sebuah plastik hitam berpindah ke tanganku. Ifa yang di belakangku heboh ingin tahu apa yang dikirim oleh si mas gojek. Sama-sama penasaran, akhirnya kami buka dan isinya … 

Apaan Nih?
Sekotak kardus dan semangkuk plastik sayur asam.

Mas gojek tahu saja kalau empunya rumah sedang lapar nggak ketulungan.

Tanpa babibu, Ifa langsung buka kardusnya, ternyata ada ayam ungkep! Ifa langsung nyomot dan ngemil ayamnya tanpa kata. Makanya maaf ya kalau fotonya seadanya, hihi. Belum sempat ditata dengan rapi di atas piring dan difoto-foto cantik, ayam ungkep salam laos dan sayur asam-nya sudah habis tak bersisa, hanya dalam waktu beberapa menit.

Ifa Nitili Ayam Ungkep 
Maklum bumil dan si buntut sudah amat sangat kelaparan, nungguin yang beli makan siang nggak datang-datang, dapat kiriman ayam ungkep ya langsung mak lep. Memang hidup pas-pasan itu paling nikmat, pas butuh duit – pas dapat transferan, pas lapar – pas dikirimin makanan, hehe. Alhamdulillah, ya.. sesuatu.

Tapi kalau mau lihat versi dengan tatanan yang cantik, ada juga nih… Abrakadabra!

Ayam Ungkep DELE yang Ditata Cantik, Courtesy Mbak Wati

Ayam ungkep salam laos dan sayur asam dari Dele ini enaaaaaak banget. Ifa jarang banget mau makan ayam, kecuali digoreng crispy. Itupun akhirnya yang dimakan kulitnya yang kriuk-kriuk doang. Ifa nggak pernah berhasil ngunyah dan nelan daging ayamnya. Tapi ayam ungkep dari Dele ini benar-benar bikin Ifa nggak berhenti makan. Empuk, dan rasa bumbunya pun nendang banget, tidak hanya sampai di bagian kulitnya, tapi juga di bagian dagingnya. Maknyus kalau kata Pak Bondan deh. Ibuku yang juga ikut sesi makan siang bersama pun berkomentar hal yang sama. Malah beliau bilang, “kapan-kapan pesan lagi ya. Ada menu apa selain ayam ungkep?

Pasti pertanyaan ibuku mewakili pertanyaan kalian juga kan? Nah, yang kepo ada menu apa saja di Dele, check this out!

Paket Dele 1

Gereh Jambal Maknyuus, Courtesy Mbak Archa Bella
Paket ini berisi Gereh Jambal yang dilombok ijo dan satu porsi sayur asem atau sayur lodeh. Sayurnya optional ya, boleh pilih mana yang lebih disukai. Gereh jambal ini enak banget lo, sepertinya lain kali aku mau coba menu yang ini deh.  Untuk paket yang pertama ini bisa didapatkan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 49.000,-.

Paket Dele 2

Ayam Ungkep Salam Laos Empuk
Kalau paket yang kedua ini cocok buat pecinta ayam yang dibumbu ungkep khas Jawa. Salam laos-nya bikin ayam terasa lebih mantap dan nagih berkali-kali. Untuk mendapatkan satu porsi ayam ungkep salam laos, siapkan Rp. 79.000,-.

Paket Dele 3

Paket yang ini merupakan extended version dari paket dua. Buat kamu yang nggak biasa makan garingan, alias makan pakai lauk doang. Boleh banget ambil paket yang ketiga ini, isinya ayam ungkep salam laos dan  satu porsi sayur asem atau sayur lodeh. Silakan pilih sayur yang lebih disukai. Yang suka bening dan seger-seger, sayur asemnya pas banget di lidah. Bikin siang hari kamu tambah bersemangat. Tapi buat yang doyan sayur bersantan, lodeh tepat jadi pilihan. Untuk paket ini, kamu hanya cukup mengeluarkan Rp. 93.000, -.

Oya, standard menu Dele yang komplit ini bisa dimakan bareng-bareng untuk 4 orang. Pas buat satu keluarga kecil kan? Kalau kemarin yang dikirim ke aku itu contoh setengah porsi lo, jadi bayangin aja kalau komplit satu porsi sebanyak apa J.

Soal rasa memang bisa dibilang itu subyektif ya. Bagaimanapun menilai makanan itu memang seperti nonton film komedi. Untuk sebagian orang adegan A lucu, tapi untuk sebagian orang ternyata adegan itu nggak lucu sama sekali. Begitu juga soal makanan, bisa saja menurutku dan keluarga Dele ini nikmat banget, tapi belum tentu untuk lidah teman-teman semua. Tapi dengan jaminan resep turun temurun dari pawon Jawa dan leluhur si empunya Foodies Hub, aku kok merasa teman-teman wajib yakin deh kalau masakan dari Dele ini memang lezato nian.

Lagian kapan lagi sih bisa makan masakan Jawa dengan bumbu yang komplit tanpa perlu repot-repot ke dapur dan tengok-tengok buku resep? Selain itu kita juga tinggal nelpon atau kirim pesan, tunggu di rumah dengan anteng, masakan yang diinginkan siap diantar ke rumah dan kita tinggal lep aja. Hidup hanya sekali, mari nikmati sebaik mungkin hal-hal yang serba praktis ini, hehe.

Ayam Ungkep Salam Laos Dele dijamin Yummy
Oya, mumpung ada promo free delivery alias gratis biaya kirim selama bulan Mei dan Ramadhan (Juni-Juli), cuzz nggak pakai lama langsung order saja deh. Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa menghubungi:

Instagram: @Foodieshub
WA/LINE: 0821 3618 6005 

   
Sugeng dhahar, njih!






6 comments:

  1. Wes nggak usah repot-repot masak, tinggal pesen aja ke Foodieshub..bumil leyeh-leyeh wae :D

    ReplyDelete
  2. Ayam adalah menu favorit anak saya, mbak Marita. Hampir tiap hari makan ayam ngga pernah bosan, hehe

    Apalagi ayam ungkep dari DELE ini dengan bumbu yang sangat berasa ya, pasti tambah suka deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. maknyuus langsung order mbak, hehe

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.