Thursday, September 29, 2016

Seri Blogger Nyicip: From Strada to Rustico



Hi, pals.

Jumpa lagi dengan celotehku di sini. Masih ingat dong cerita tentang Blogger Nyicip seri pertama? Kali ini aku mau nglanjutin cerita tentang keseruan acara Blogger Nyicip. Tambah siang, tambah laper, icip-icip time-nya pun tambah seru.


Blogger Nyicip Gandjel Rel


Setelah selesai berkeliling Candiview Hotel dan menikmati jamuan spesialnya yang sampai hari ini pun masih terbayang kelezatannya, destinasi berikutnya yaitu Strada Caffe dan Rustico Kitchen n Bar. Kebetulan lokasi dua tempat ini berdekatan, berada di komplek ruko yang sama di Jalan S. Parman. Yang satu di ujung kanan, satunya di ujung kiri.

Beruntung saat menuju dua lokasi ini, ajudanku (baca: suami) sudah datang. Jadi aku tidak terlalu kerepotan mengatasi Ifa yang mulai dilanda kebosanan dan ngantuk tapi nggak mau tidur, karena penasaran sama ini itu. 

Yuk, sekarang kita cuzz ke destinasi kedua dari acara Blogger Nyicip!

Strada Caffe; Menikmati Kopi dari Nol

Strada Caffe Semarang Outside
Bukan Mobil Saya ya :D
Ini bukan kali pertama aku singgah di kafe yang mengusung kekhasan dengan bau kopinya yang endezz banget. Saat acara blogger gathering bersama Blue Bird beberapa bulan lalu, aku sudah merasakan beberapa menu yummy dari kafe ini. Meski begitu, pengalaman kedua ini tetap memberikan kesan yang tak terlupakan.

Menu icip-icip di Strada Caffe kali ini sangat beragam dan semuanya menggugah selera. Namun yang paling tidak bisa dilupakan dari kafe ini adalah bagaimana kita bisa melihat proses pembuatan kopi dari nol sampai disajikan ke dalam gelas.

Biji Kopi PIlihan Strada Caffe

Alat Pengolah Kopi Strada Caffe

CIta Rasa Pengolahan Kopi Strada Caffe

Coffee and Beauty Strada Caffe Semarang
Sudut-sudut Cantik Area Pengolahan Kopi Strada Caffe

Di sini kita bisa menikmati bagaimana biji-biji kopi digiling hingga menjadi bubuk lalu diolah menjadi minuman yang aromanya sangat harum dan menggoyang lidah. Kalau nggak ingat lagi hamil rasanya pengen minum bergelas-gelas deh. Ifa sangat khusyuk menyimak berbagai proses penggilingan hingga penyeduhan kopi yang memang sangat menarik dan memorable banget.

Selain menampilkan kesenian mengolah kopi yang sangat istimewa, yang aku suka dari Strada Caffe adalah penataan interiornya. Tatanan interiornya  begitu kuat menampilkan bahwa kafe ini tidak hanya sekedar menjual kopi, namun juga menyajikan proses pengolahan kopi yang sempurna. Sudut-sudut kafe ini sangat asyik untuk diambil gambar. Di ujung kanan bagian dalam kafe terdapat tulisan Strada Caffe dengan background biru yang biasa digunakan untuk selfie, sebagai tanda 'hey, I'm here now!'

Bapak dan Anak Narsis di Strada Caffe Semarang
Bapak dan Anak Narsis di Strada Caffe Semarang

Setelah menikmati rangkaian proses pengolahan kopi, membaui aroma kopi yang harum nan menggoda, tim Strada pun mulai mengeluarkan menu-menu andalan yang joss gandos.

Kopi Cantik Strada Caffe
Kopi Cantik Strada Caffe

Berikut ini beberapa menu pilihan yang bisa kalian pesan di kafe yang bertempat di Jalan S. Parman No 47 A ini;

Pilihan Beverage Non Coffee

Buat kamu yang nggak suka kopi atau sedang menghindari kopi kaya aku, ada beberapa pilihan minuman yang oke punya dari Strada

Beverage Non Coffee Strada Caffe yang Nikmat
Beverage Non Coffee yang Nikmat

Yang pertama ada Original Choco. Pilihan tepat buat pecinta cokelat tapi pengen ngrasain nongkrong cantik di kafe kopi.

Berikutnya ada Red Velvet Choco. Perpaduan antara cokelat dengan red velvet menghasilkan kombinasi yang manis dan bikin nagih hingga bergelas-gelas. Untuk mendapatkannya kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 27.000,-.

Pilihan ketiga ada Matcha Latte. Sama seperti Red Velvet Choco, minuman ini juga non-coffee. Namun yang istimewa dari si hijau ini ada sentuhan green tea dan latte yang menambah nikmat di setiap seduhannya. Mau? Siapin Rp. 30.000,- dulu.

Foodies Time

Masa cuma nyicipin minuman doang, nggak seru dong. Apalagi siang bolong, bumil kelaparan bo'. Saking banyaknya menu yang disajikan, tidak terlalu banyak yang bisa kuingat. Beberapa menu yang bisa kuingat tentu saja menu yang berhasil kucicipi, hehe.

Petis Bumbon Strada Caffe
Petis Bumbon Strada Caffe
Entah kenapa menu satu ini begitu nempel di kepala; Petis Bumbon. Mungkin karena aku jadi ingat sama eyang kakungku waktu tim dari Strada menjelaskan menu ini. Ya, meski berkonsep modern ternyata Strada juga tidak mau menghilangkan jejak tradisional. Salah satunya dengan memasukkan Petis Bumbon ini dalam daftar menu pilihannya.

Petis Bumbon ini merupakan makanan asli Semarang lo! Dan ini makanan favorit almarhum eyang kakungku. Biasanya kalau Idul Fitri tiba, almarhum eyang kakung akan mendapat kiriman makanan khas ini dari adik-adiknya.

Kuakui rasa Petis Bumbon-nya Strada enyaaak banget. Nasinya gurih dan sayurnya pun pecah di mulut. Jadi pengen lagi.

Potato Spinner Strada Caffe
Potato Spinner Strada Caffe
Selanjutnya ada Potato Spinner. Camilan spesial dari Strada Caffe. ini bisa kamu dapatkan dengan Rp. 21.000,-. Terbuat dari baked potato skin yang berisi crispy, dan di atasnya diberi keju mozarella dan cheddar. Cocok buat kamu para pecinta keju. Gurihnya nampol!

Philly Burger Strada Caffe
Philly Burger Strada Caffe

Buat kamu pecinta burger, ada burger spesial dari Strada. Roti burger yang diisi dengan strip beef steak, onion, black pepper, keju mozarella yang lumer banget dan sauted mushroom yang hmm. Disajikan dengan kentang goreng, saus tomat dan sambal, Philly Burger ini pas banget buat kamu yang lapar tapi nggak mau kekenyangan. Hargnya? Rp. 46.000,-.

Beef Lasagna Strada Caffe Semarang
Beef Lasagna nan Endezz
Cita rasa makanan Italiano dihadirkan Strada lewat Beef Lasagna yang sempurna. Pasta tebal diisi dengan daging yang dibumbui lezato, dilengkapi dengan keju yang gurihnya nampol. Jangan lupa cocol dengan saus sebelum dimasukkan ke mulut. Dijamin Rp. 43.000,- nggak bakalan terasa rugi setelah nikmatin Lasagna endezz ini.

Maccaroni Schotel Strada Caffe Semarang
Mac and Cheese nya Gurih 

Ini menu favoritku berikutnya; Macaroni Schotel. Yuph, I always love the combination of macaroni and cheese. Dan Strada telah mampu memikat hati dan lidahku dengan perpaduan macaroni yang diolah bersama daging asap, a little bit of veggies, dan tentu saja nggak lupa keju cheddar, mozarella dan parmesan yang bikin gurih tak terkira. Hmmm, sumpah enak dan nagih banget. Mau? Siapin Rp.  43.000,- dulu ye.

Cube Mixed Ground Beef Strada Caffe
Olahan Daging dengan Cita Rasa Rempah yang Nendang
Cari lauk yang maknyus? Strada Caffe punya Cube Mixed Ground Beef. Asli ini menu modern yang disajikan dengan cita rasa tradisional; penuh rempah yang bikin kamu nggak berhenti ngunyah! Menu ini berisi kentang, daging sapi, daging ayam, sayuran dan saus lada hitam. Anget-anget gimana gitu. Bisa dinikmati hanya dengan Rp. 45.000,-.

Crispy Corn Strada Caffe Semarang
Renyahnya Crispy Corn

Cari cemilan buat teman ngopi di Strada? Menu ini bisa jadi pilihan asyik. Olahan jagung manis krispi yang dibalut adonan kuning telur asin ini bisa jadi sahabat ngobrol dan nongkrong cantik di Strada. Buat yang suka gurih-gurih manis, ini pas banget dah. Yang unik dari cemilan ini yaitu rasa renyah dengan tekstur pasir dari kuning telur asinnya ini lo, lucu-lucu gimana gitu. Rp. 25.000,- untuk Crispy Corn yang unique ini, not really expensive, isn't it?

Banana Foster Strada Caffe
Pisang Cokelat yang Bikin Nagih

Banana Foster ini sukses bikin ngiler. Sebagai fans garis keras segala macam olahan pisang, pisang yang dipanggang dengan cokelat, karamel, kayu manis ini asli bisa bikin aku tandhuk berulang-ulang. Disajikan dengan eksklusif pula. Ngeluarin Rp. 29.000,- pun hayuk aja lah buat yang enak macam begini.

Fried Prawn Strada Caffe Semarang
Udang Gurih Nampol
Yang suka Udang, mari merapat. Siapin Rp. 29.000,- dan dapatkan udang goreng tepung yang disajikan dengan keju dan saus mayo nan nikmat. 5 pieces Fried Prawn dari Strada Caffe ini siap bikin perutmu goyang-goyang.

Apple Pie Strada Caffe Semarang
Apple Pie Yummy, Credit by Gandjel Rel

The other snack from Strada Caffe; Apple Pie yang endezz. Adonan pie yang lembut dipadu dengan apple custard dan raisin, hmm. Ditambah dengan kayu manis dan cengkeh yang menghasilkan perpaduan gurih dan manis yang sempurna. Cukup Rp 27.000,- dan kamu bakalan dapat teman ngopi yang nggak cuma cantik tampilannya, tapi juga maknyus rasanya.

Eits, dilap dulu lah itu ilernya. Nggak usah begitu amat. Kalau memang mupeng, langsung aja lari ke Strada Caffe. Selain menu-menu andalan di atas, masih ada banyak menu lainnya yang bisa dipilih kok. Bisa dilihat di sini nih:

Menu Strada Caffe Semarang Part 1

Menu Strada Caffe Semarang Part 2
Menu Strada Caffe

Strada Caffe ini buka setiap hari dari 10 pagi sampai 10 malam. Buat yang mo numpang nge-Wifi, jangan khawatir kafe kopi ini nyediain layanan wifi. Mau bayar pakai duit cash atau kartu debet or kredit, bisa banget. Lagi makan ternyata ingat belum sholat? Cuzz aja ke musholla-nya di lantai dua. Komplit kan fasilitasnya?

So, nggak usah nunggu lama. Yang pengen arisan sama gank-nya sambil nikmatin proses pengolahan kopi, bisa lah reservasi atau tanya-tanya dulu ke 024 - 8507711.

Rustico Kitchen n Bar; Tempat Nongkrong dengan Gaya Stylish Factory

Foto Bareng di Rustico Kitchen n Bar
Foto Bareng di Rustico Kitchen n Bar, Credit By Obin Robin

Setelah puas dengan aroma kopi dan menu-menu endezz di Strada Caffe. Saatnya pizza time di Rustico Kitchen n Bar. Nggak perlu jauh-jauh, tinggal jalan beberapa langkah dari Strada, udah nyampe aja deh ke destinasi terakhir icip-icp hari itu.

Belum masuk aja, hawa unik tempat makan ini sudah menyapa. Aku suka banget dengan bentuk gedungnya yang nggak biasa kaya gini nih:

Unique Building of Rustico Kitchen n Bar
Unique Building of Rustico Kitchen n Bar

Disambut dengan kolam kecil di bagian depan lokasi, aku  agak bertanya-tanya dengan tatanan gedung ini. Berasa kaya masuk ke gudang pabrik tua yang misterius banget. Bener aja, di lantai bawah kita nggak akan nemuin apa-apa selain tulisan penunjuk bahwa untuk menuju Rustico, kita harus naik lift dulu (anyway saking terpesonanya dengan kekosongan ruang yang kulewati, aku sampai lupa ada di lantai berapa, kayanya sih lantai tiga, hihi.)

Lift of Rustico Kitchen n Bar Semarang
Naik Lift Dulu, bu!

Keluar dari lift, suasana stylish factory-nya semakin kentara. Ternyata luas juga lo tempatnya. Ada beberapa bagian yang menampilkan suasana berbeda tiap sudutnya. Di ujung kanan lift akan ada banyak meja kursi khas kafe. Ini cocok buat kalian yang sudah kadung laper dan cuma mo makan trus cuzz lagi tanpa banyak ngobrol ini itu. Buat yang suka ajeb-ajeb, bisa juga nikmatin penampilan para DJ tiap malam. Eits, tapi jangan lupa pesan bang Rhoma ya..."begadang jangan begadang, kalau tiada artinya..." Hehe.

Industrial Interior Style Rustico Kitchen n Bar
Ujung kanan dari Lift

Ajeb-ajeb Time Rustico Kitchen n Bar
Yang mau ajeb-ajeb, mangga :)

Wall Decoration Rustico Kitchen n Bar
Wall Decoration nan Unique

Di bagian tengah ada cozy sofa yang terbuat dari bahan jeans. Cocok buat yang datang ke tempat ini rame-rame. Aku pribadi lebih seneng dan nyaman di bagian ini daripada di area sebelumnya. Masuk lagi ke dalam, suasana pabrik semakin terasa. Ada sekat merah berbentuk container yang membawa kita seakan-akan sedang berada di gudang pabrik tua di negara barat sono, atau lagi ada di pelabuhan. Asyik banget deh interiornya. Ternyata di belakang container ini, ada toilet yang tersembunyi dengan rapi, hehe.

Container Look Alike Rustico Kitchen n Bar
Berasa di Gudang Pabrik

Semakin masuk ke dalam, tempatnya semakin nyaman buat haha-hihi sama teman. Ada bar lengkap dengan pertunjukan bartender yang lempar shaker ke sana- ke mari. Tontonan yang asyik sambil nunggu pesanan makanan datang.

Sudut Bar di Rustico Semarang
Bar with High Stools

Di seberang bar, ada open kitchen yang unik banget. Inilah rahasia kenapa pizza di Rustico ini bisa enaaaaaak banget. Yuph, nggak dipanggang di oven modern, tapi pemanggang tradisional ala Italiano macam begini.

Pemanggang Tradisional Pizza Rustico Kitchen n Bar

Pizza Siap Panggang Rustico Kitchen n Bar

Pizza Spesial Rustico Kitchen n Bar
Proses Pembuatan Pizza di Rustico Kitchen n Bar

Di area ini kita juga bisa lihat bagaimana para chef mengolah pizza. Kaya bikin martabak gitu, bedanya ini lebih gede adonannya. Jujur aku nggak begitu konsen ambil gambar di tempat ini karena suka banget sama desain interiornya. Sayangnya karena waktu itu datangnya sore setengah siang gitu, mataharinya masih cukup menyengat masuk dari sela-sela jendela besar yang mengitari Rustico. Tapi tetep lah nggak mengurangi kekagumanku pada tempat ini.

Setelah menikmati proses pembuatan pizza dari yang masih berupa adonan hingga dipanggang, bumil mulai capek berdiri bo'. Sengaja milih tempat di dekat area pembuatan pizza ini biar masih bisa ngliat pizzanya diracik. Di bagian kanan ada sofa coklat yang mewah, pas buat yang pengen nongkrong rame-rame bareng teman sambil ngobrol nyaman. Di bagian kiri ada meja kotak tinggi dengan high stools. Aku pilih duduk-duduk di sini sambil menikmati pemandangan di luar jendela. Kebetulan area bagian kanan juga sudah penuh sama blogger lainnya.

Cozy Sofa at Rustico Kitchen n Bar
Cozy Sofa at Rustico

Finally, yang ditunggu pun tiba. Pizza-nya matang dan siap disantap! Maafkeun kalau kali ini tidak banyak gambar yang kupamerkan. Pizza-nya terlalu endezz, dan nggak sabar banget buat langsung ngunyah. Kayanya bakat jadi food enthusiast-nya perlu diolah lagi nih, hehe. Kalau food enthusiast sejati kan no pic, hoax. Lah ini aku udah kadung antusias buat masukin pizza ke perut aje, hehe. Yang lain baru foto-foto pizzanya, aku udah habis satu slice sendiri. Laper apa doyan, bu?

Berbeda dari pizza kenamaan itu, pizza di Rustico ini rotinya tipis, tapi crunchy and hmm. Ukurannya pun gede banget. Dipanggang dengan tradisional, pizza yang dihasilkan menawarkan cita rasa yang berbeda. Harganya pun standar lo. Dengan ukuran sebesar itu, kamu cuma perlu nyiapin uang berkisar Rp. 58.000- Rp. 68.000.

Cheese Paradise Rustico Kitchen n Bar
Cheese Paradise yang Gurih

Chicken Teriyaki Pizza Rustico Kitchen n Bar
Chicken Teriyaki Pizza
Teh Manis Rustico Kitchen n Bar
Teh Manis yang Zegeeer

Ada berbagai varian pizza yang ditawarkan. Saat itu aku dan teman-teman berkesempatan untuk nyicipin Chicken Teriyaki Pizza, Cheese Paradize, Meat Lovers dan Choco Banana Cheese Pizza. Keempat pizza-nya nggak ada yang nggak enak, asli bikin nagih. Tiga nama pertama sempurna menghadirkan rasa gurih yang nampol. Sementara nama terakhir cocok buat pecinta pizza manis sambil nikmatin keju mozarella yang gurih dan lumer. Ifa nggak mau berhenti makan choco pizza ini, tapi emang enak banget kok.

Choco Banana Cheese Rustico Kitchen n Bar
Choco Banana Cheese Manis Gurih

Ifa Enjoyed Choco Banana Cheese Rustico Kitchen
Ifa Menikmati Choco Banana Cheese

Piring Tandas Rustico Kitchen n Bar
Baru Nyadar Belum Difoto Udah Tandas

Buat yang pengen tahu apa aja menu pilihan pizza lainnya, bisa dilihat di sini nih:

Pilihan Pizza di Rustico Kitchen n Bar
Pilihan Pizza di Rustico Kitchen n Bar

Nggak suka pizza? Santai, brosis! Masih banyak menu pilihan lain kok. Langsung aja datang ke Jalan S. Parman No 47 Semarang ya. Yang mau tanya-tanya dulu, boleh dial this number; 087877768999. Rustico buka dari jam 5 sore sampai 12 malam pada hari Minggu hingga Kamis. Sedangkan di hari Jum'at dan Sabtu, kamu bisa nongkrong lebih lama dari jam 5 sore sampai jam 1 pagi.

Butuh wifi? Adaaaa. Jangankan wifi, musholla pun tersedia di Rustico, tapi kamu kudu turun ke basement dulu ya. Yuph, gaul boleh tapi jangan lupa sholat ye!

Hmm, nggak terasa nglirik jam udah pukul lima sore aja. Acara Blogger Nyicip pun usai sudah dengan wajah-wajah sumringah. Apa lagi buat yang berhasil ndapetin doorprize; bawa pulang pizza pilihanmu! Udah kenyang, masih dibawain pizza super besar pula. Siapa coba yang nggak mupeng bo'!

Keriuhan Penarikan Doorprize Pizza Gratis Rustico Kitchen
Keriuhan Penarikan Doorprize Pizza Gratis

Pemenang Doorprize Pizza Gratis Rustico Kitchen n Bar
Pemenang Doorprize Pizza Gratis Rustico Kitchen n Bar

Thank you buat Mas Obin Robin yang udah ngajak kita wisata kuliner, kapan-kapan lagi yaaaa, hehe (ngarep.com). Thank you juga buat Candiview Hotel, Strada Caffe dan Rustico Kitchen n Bar yang telah welcome us dengan sambutan hangat dan berbagai menu spesialnya. Sukses selalu untuk usahanya 'n see ya in another post, pals!









7 comments:

  1. Tempatnya asyik. Buat saya yang suka kopi juga bisa mampir disini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak, suka nggak suka kopi, boleh banget mampir ke sini :)

      Delete
  2. tempatnya bagus ini... makanannya juga menggoda... saya disini saja tergoda apalagi di deket situ, hehehe
    salam kenal..

    ReplyDelete
  3. Kemarin pengen nyobain kopinya, top ifa ngajak lari2 terus, kapan2 kesana yuk?

    ReplyDelete
  4. Saya sudah pernah coba semuanya dan enak banget masakannya. Just for info, Strada dan Rustico itu ownernya sama mbak. Termasuk showroom Premmiere.co.id sebelah Strada juga sama ownernya.

    ReplyDelete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.