Wednesday, September 21, 2016

Seri Blogger Nyicip: Berlabuh di Candiview Hotel, Hotel Tengah Kota Semarang yang Nyaman untuk Seluruh Keluarga




Salah satu kenikmatan menjadi seorang blogger adalah bertemu dengan blogger lainnya serta mengembangkan sosial circle ke lingkup yang lebih luas. Blogger gathering selalu menjadi acara yang senantiasa ditunggu, khususnya buat aku. Sebagai momblogger, kegiatanku lebih banyak berkutat di dalam rumah, ngerjain konten, posting artikel baru di blog sembari nungguin anak pulang sekolah. Apalagi sejak hamil kali ini nggak tahu kenapa lebih banyak mager, beda waktu hamil si kakak.

Setelah berminggu-minggu belum move on juga dari serunya acara Ngobrol Blogger Semarang, akhirnya ada undangan datang untuk berhaha-hihi lagi bersama teman-teman blogger Semarang yang kece badai. Kali ini acaranya bertajuk Blogger Nyicip. Dari judulnya aja sudah bisa ditebak kalau acaranya nanti bakal banyak nyicip  yang enak-enak. Masa mau ditolak? Asal halal, hayuklah cuzz.



Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 15 September 2016 digelar atas kerjasama Komunitas Gandjel Rel bersama MC tenar kota Semarang, bang Obin Robin - yang waktu itu juga jadi MC di acara Ngobrol Blogger. Sebenarnya waktu itu maju mundur cantik memutuskan ikut atau tidak acara ini. Berhubung acaranya masih di hari kerja dan Ifa waktu itu libur sekolah, mau nggak mau kalau nekat ikut acara ini aku harus ngajak si Ifa. Ngajakin Ifa itu tantangan besar kalau nggak ada bantuan si ayah. Maklum cewek kecil itu cepet banget bosen kalau acaranya nggak menarik buat dia.

Akhirnya setelah minta ijin sama si ayah, dibolehkan deh ikut. Ternyata ayahnya hari itu pas dinas luar di DKK dan bisa nyusul ke acara setelah rapatnya selesai. Kalau udah rejeki memang nggak kemana ya. Ifa sendiri juga aku sounding "be a good girl ya nak kalau mau ikut bunda kerja." Cieh, kerja dibilang, padahal main, hehe.

Singkat cerita tibalah hari yang dinanti. Ifa sudah excited banget untuk ikut, apalagi waktu aku bilang kami mau keliling-keliling hotel dan resto. Ada tiga tempat yang akan dikunjungi; Candiview Hotel, Strada Cafe dan Rustico Kitchen and Bar. Yoi, si kecil ini suka banget lihat orang masak dan masakan enak, jadi mungkin doi sudah membayangkan petualangannya kali ini bakal asyik banget. Pada sesi pertama ini, aku mau bahas Candiview dulu ya dari A to Z.

Lift Door Candiview Hotel

Rinjani View Lounge yang Cozy


Acara pada hari itu dimulai sejak pukul 11 siang. Berhubung nggak memungkinkan bawa motor sendiri, aku sudah janjian untuk (lagi-lagi) nebeng mbak Ika Puspita... hehe, maaf ya mbak ngerepotin melulu. Menuju tempat janjian, aku dan Ifa menikmati perjalanan di sebuah angkot warna kuning yang jalannya lebih pelan dari siput. Anehnya Ifa enjoy aja gitu. Waktu ditawarin mau naik motor, taksi atau angkot, doi aja milih angkot.

Finally, kita cuzz ke first destination; Candiview Hotel! Sering nglewatin hotel ini sih, tapi berhubung anak rumahan, mana pernah masuk-masuk ke hotel kalau nggak lagi ikut seminar, hehe. So, seneng banget dapat kesempatan ikutan acara Blogger Nyicip ini.




Kami diterima dengan baik di Rinjani View Lounge, resto yang ada di dalam Candiview ini. Tempatnya cukup luas dan cozy. Interior yang digunakan menurutku style-nya cukup  old fashioned. Sempat bertanya-tanya kenapa nggak dibikin 'mudaan' penataannya. Usut punya usut, mas Rivan Chriswasta, direktur dari Candiview Hotel menyampaikan bahwa target Rinjani View Lounge memang orang-orang di usia 40 tahun ke atas. Meski begitu yang merasa masih berumur di bawah 40 boleh lo ya main-main ke sini.

Mas Obin membuka acara Blogger Nyicip
Oya, untuk mendukung budaya dan kekayaan lokal di pulau Jawa, ke depannya Rinjani View Lounge akan menyediakan berbagai khas produk lokal dalam varian menu dan fasilitasnya. Misalnya nih akan segera didatangkan kopi dan cerutu khas dari Jember. Hmm, patut dicoba nih buat yang suka ngopi dan isep-isep cerutu.

Bagian luar Rinjaniview Resto and Lounge
Yang aku suka dari Rinjani View Lounge ini, kalau kita duduk-duduk di bagian luarnya akan terbentang pemandangan kota Semarang yang indah. Sayang karena kemarin ngumpulnya siang hari jadi pemandangan indah itu tidak terekspos dengan baik. Sepertinya kapan-kapan harus main saat malam hari untuk bisa menikmati the beautiful scenery.

Mas Rivan, direktur Candiview cerita sejarah hotel ini

Selain menceritakan tentang segmen pengunjung Rinjani Lounge, mas Rivan juga berbagi kisah tentang sejarah Candiview Hotel. Awalnya sebelum dikembangkan menjadi hotel budget, Candiview ini bermula dari Rinjani Lounge dan Resto yang dulunya terkenal sebagai tempat karaoke. Setelah dievaluasi dan melihat kemungkinan bahwa dengan mengembangkan konsepnya menjadi hotel akan semakin meningkatkan kepuasan pengunjung, voila.. jadilah Candiview hotel. Apalagi sekarang Semarang mulai berkembang menjadi kota industri yang tiap hari selalu saja ada orang dari luar kota datang ke kota Lunpia ini untuk berbisnis ataupun sekedar jalan-jalan, pastinya dibutuhkan banyak hotel yang nyaman untuk mengakomodasi para wisatawan tersebut.

Terus kenapa sih dikasih nama Candiview? Awalnya sih Rinjaniview menjadi pilihan nama untuk hotel budget satu ini. Selain karena memang lokasinya yang berada di jalan Rinjani, pengunjung sudah kadung melekat dengan nama Rinjani View Lounge. Namun dengan berbagai pertimbangan diputuskanlah nama Candiview. Biar orang nggak rancu dan salah masuk hotel. Tahu sendiri kan nggak jauh dari lokasi Candiview ini ada hotel yang bernama sama dengan nama jalannya.




Desain interior yang catchy dari Rinjani View Lounge and Resto

Dikarenakan Rinjani View Lounge sudah kadung mendarah daging, diputuskan untuk resto dan lounge-nya tetap mengusung nama tersebut.

Icip-icip Menu Andalan Rinjani View Lounge


Setelah mendengarkan perkenalan hangat dari Mas Rivan, tibalah saatnya acara yang ditunggu - apalagi kalau bukan; icip-icip timeeeee! Hmm, pas banget. Jam makan siang disuguhi dengan menu-menu spesial dari Rinjani Lounge yang bukan hanya namanya yang oke, tapi rasanya juga pecah di mulut. 

Pelayan resto mulai membagi-bagikan minuman di meja para blogger. Nggak tahu deh namanya apa, rasanya kecut-kecut segar bikin mata jadi melek. Sepertinya ada campuran lemon di dalamnya. 

Setelah membasahi tenggorokan dengan segelas air lemon yang segar, menu appetizer yang cukup menggoda pun dihidangkan. Ada udang lempit dan tempe kemul. Udang lempit ini legit banget di mulut, olahan udangnya kerasa banget dibalut tepung yang gurih. Kalau nggak ngeh, bisa dikira bolang-baling, hehe. Asyiknya dimakin sambil dicocolin ke saus yang disediakan.

Udang Lempit nan Legit
Tempe Kemul Anget - anget

Anehnya si Ifa ogah nyicipin udang lempit. Doi malah khusyuk menikmati tempe kemul anget-anget. Kalau nggak habis digerudug blogger lain, sepiring juga bisa dihabisin tuh sama Ifa. Maklum ni anak memang pecinta tempe kaya ayahnya, kalau udah nemu  tempe anteng deh.

Anteng makan tempe kemul
Acara icip-icip belum berhenti hanya di dua menu tersebut dong. Chef Rinjani View Lounge, Pak Huda, mulai mengeluarkan menu-menu andalan lainnya; dari broccholi with cheese cream sauce, cheese meatball with tomato sauce, ayam kungpaw hingga iga bakar madu.

Pak Huda memaparkan menu andalan Rinjani View Resto
Buat yang nggak suka sayur, coba deh cicipin broccholi cream sauce-nya Rinjani View Lounge ini. Rasa brokolinya tertutup sempurna dengan krim kejunya yang gurih. Enak banget. Tapi kalau aku sih doyan banget sama cheese meatball with tomato sauce. Dibentuk seperti bakso dengan ukuran yang cukup besar dan didalamnya ada lumeran keju yang meleleh banget. Dinikmati dengan cocolan saus tomat yang sedap. Nagih banget! Ifa doyan? Doi ngambil kentang gorengnya doang, hihi. Mungkin kalau tempeball doi bisa jadi kalap :D. 

Yang unik nih.. iga bakar madunya di Rinjani View Lounge ini disajikan tidak dengan kentang goreng atau nasi, tapi dengan singkong goreng. Dan singkong gorengnya.... enaaaaaak banget. Jadi pengen minum kopi hitam anget-anget, apalagi kalau disantap saat hujan deras.. mantap!

Buat yang suka ayam-ayaman, ayam kungpaw di Rinjani View Lounge wajib banget dicoba. Rasa tauce dikombinasikan dengan kacang mede menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Meatball with tomato sauce
Kungpaw Chicken
Iga bakar madu dengan singkong goreng

Nggak cuma dikasih kesempatan untuk icip-icip makanan, saat itu kami juga diperkenalkan dengan tiga minuman yang paling banyak dipesan di Rinjani Lounge. Dan ke semua minuman itu dijamin sehat!

Minuman pertama disematkan sebuah nama cantik; Rinjani View Juice. Jus sehat ini merupakan kombinasi dari sirsak dan terong belanda. Jangan tanya rasanya gimana.... segeeeeeeer banget! Untuk menikmatinya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 35.000 saja. Untuk badan sehat, harga segitu nggak mahal kan?

Masih ada lagi jus sehat dari Rinjani View Lounge; it's called Green Juice Rinjani View. Dibuat dari brokoli, sawi hijau dan jeruk nipis, oke banget buat detox badan kita biar fit and fresh. Buat yang nggak suka gula, boleh banget pesan tanpa gula. Kalau yang ini bisa dinikmati dengan Rp. 25.000,- saja.

Minuman sehat yang terakhir kita icip-icip yaitu Body Cleanser Juice by Rinjani View. Sekilas warnanya seperti sama dengan Rinjani View Juice. Cuma bedanya jus yang ini dibuat dari campuran semangka dan nanas. Seger banget diminum pas siang terik gitu.

Minuman Sehat Rinjani View Resto, Pic Credit by Miss Fenny
Ngiler sama menu-menunya? Boleh lah datang langsung ke Rinjani View Resto and Lounge yang ada di lantai satu Candiview Hotel. Selain bisa menikmati menu-menu yang lezato, kalau kamu datang pas weekend ada acara live music yang bisa menambah keceriaanmu. Setiap hari buka dari jam sepuluh pagi sampai sebelas malam.

Menjelajah Candiview Hotel

Mbak Yora tells about Candiview Package

Icip-icip time memang sudah kelar, tapi acara di Candiview Hotel belum selesai dong. Saat itu kami juga diberi kehormatan untuk melihat-lihat beberapa kamar dan fasilitasnya. Tapi sebelum diajak putar-putar, Mbak Yora dari bagian marketing Candiview memaparkan beberapa jenis paket pesta yang bisa dipilih, Buat teman-teman yang mungkin mau mengadakan acara ulang tahun anaknya, atau wedding reception, atau sekedar ngumpul arisan bareng geng-nya, boleh banget lo di hotel ini.


Pilihan paket Candiview Hotel

Setelah dijabarkan dengan singkat dan jelas mengenai paket-paket pilihan di Candiview, kini saatnya menjelajahi kamar demi kamar di hotel ini. Pas banget! Pas Ifa mulai bosen duduk-duduk, pas diajak jalan-jalan sama tim Candiview, pas juga ayahnya Ifa datang.. jadilah si emak nggak rempong ngadepin Ifa yang mulai eng ing eng... hehe.

For your information, hotel ini memiliki 41 kamar yang terdiri dari tiga tipe; superior, deluxe dan junior suite. Di tiap tipenya terbagi menjadi dua jenis lagi; ada yang tanpa balkon dan dengan balkon. Kalau aku sih suka yang ada balkonnya, jadi kalau malam-malam bisa nikmatin indahnya pemandangan Semarang bawah dari hotel ini. So pretty!





Sudut demi sudut Candiview Hotel

Menurut pakar arsitektur dan interior, Mbak Archa Bella, seorang wanita cantik serba bisa yang berprofesi dari dosen, blogger hingga tukang masak ini, Candiview Hotel rupanya mengusung konsep interior beraliran industrial vintage. Memang kalau diamati baik-baik kita bakal banyak menemukan furnitur yang kesannya 'tua' tapi unik, dikombinasikan dengan tatanan kontemporer yang asyik. Buat yang suka foto-foto, Candiview Hotel ini memiliki banyak spot yang catchy untuk menghasilkan gambar yang menarik.







Sudut demi sudut kamar di Candiview Hotel

Saat menengok kamar demi kamar di Candiview Hotel, kami dibawa ke Deluxe Room tanpa balkon di lantai dua, Deluxe Room dengan balkon dan Junior Suite di lantai tiga. Melihat kamar-kamar di Candiview ini rasanya pengen segera ngglethak. Penataan interior kamarnya sangat nyaman dan kayanya sih asyik buat menyendiri, merenung cari ide tulisan. Apalagi di setiap sudut kamar selalu dilengkapi dengan meja kayu unik yang pengen banget aku bawa pulang. Kayanya ngetik di meja itu bisa bikin rajin posting tulisan di blog deh, hehe.

Meja kerja yang inspiratif

Coffee Table yang Catchy
Selain meja kerja di sudut kamar yang bikin aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama Candiview Hotel, aku juga suka dengan coffee table-nya. Apalagi melihat teko, kopi dan gula yang tertata rapi di meja tersebut, rasanya langsung pengen bikin sambil nyantai di balkon menikmati pemandangan Semarang bawah.

Abaikan ekspresinya... lagi asyik nikmatin balkon kamar Candiview

Pemandangan dari balkon, kalau malam lebih apik

Buat yang suka berendam di bath tub, sayang sekali kamar mandi di dalam tiap ruangan Candiview Hotel tidak memberikan fasilitas tersebut. Tapi jangan khawatir, meski hanya dilengkapi dengan shower, kamar mandinya sangat nyaman dan bersih kok.


Kamar mandi Candiview Hotel

Aah, rasanya enggan meninggalkan Candiview Hotel yang mengusung tagline "Classy Living Classy Choice" ini. Interiornya, makanannya... andai bisa babymoon di hotel ini, endezzz abis kali ya. Kalau kalian juga sama ngilernya kaya aku, langsung cuzz saja deh staycation di hotel yang letaknya di tengah kota Semarang ini. Berhubung letaknya sangat strategis, dekat dari Simpang Lima, dekat dari Lawang Sewu, cukup mudah diakses dari bandara ataupun dari Semarang atas, kamu bakalan langsung nemuin lokasinya deh.

Yang kepo dengan harga kamarnya, nih aku kasih bocoran.

Harga Kamar Candiview Hotel
Eits, tapiiii.. lagi ada promo besar-besaran. Nggak tanggung-tanggung, promonya berlaku sampai akhir tahun! Asyiknya lagi promonya berlaku baik untuk weekdays, weekend bahkan peak season sekalipun. Aku bisikin ya kemarin dapat info kalau selama masa promosi, nginap di Deluxe Room aja cuma 500ribuan lo... lumayan banget kan terpautnya. So, tunggu apalagi? Enjoy the promo, enjoy your life!


Hotel Candi View (d/h Hotel Rinjani View)

Facilities:
  • Wifi yes
  • Electrical socket available
  • Cash - Card Accepted
  • Parking lot at the basement
  • Musholla available at basement
  • Toilet at the restaurant available

Jl. Rinjani no 12 Semarang

Telp. (024) 8508541/42/43
Fax. (024) 8508539
Email: info@candiview.com
Website: www.candiview.com


Acara di Candiview Hotel berakhir dengan sesi foto bersama, tapi keseruan Blogger Nyicip belum berhenti sampai di sini. Mau tahu liputan selanjutnya? Tunggu postingan berikutnya ya! See ya, pals!












33 comments:

  1. Lengkap bgt mba reviewnya..
    Hotel candi view ini mmg bs jd reverensi utk menginap atau sekedar icip2 di kota smrg y mb. Makanannya jg enak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u, Hanan... Iya nih jadi pengen staycation di Candiview :)

      Delete
  2. Hotel Candi ini nice dan comfortable banget sepertinya ya mak, minuman dan makanannya juga terlihat sangat menggugah selera...Kalo ke Semaarang bisa jadi pilihan alternatif menginap disana :)

    Salam kenal ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mak! Iya cozy banget tempat2nya... :)

      Delete
  3. Itu ada bebek2 dari handuk, berasa mau honeymoon aja wkwk :p Itu mau dong udang lempitnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Kalau mau tidur mikir dulu, ntar pas check out harus nata ulang kaya semula ya ya hihihi...

      Delete
  4. Udang Lempit nan Legit dan tempe kemulnya sepintas mirip ya potongannya
    penasaran sama tempe kemulnya.
    Salam kenal en have fun mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempe kemul kalo orang jawa bilang tempe mendoan mbak.. Tempe dibalut tepung hihi.. Tp emang enak kok, apalagi kalau anget... Yummy!

      Delete
  5. Wah semarang punya hotel baru nih, dari namanya candi view kiraian di balkon bakalan ada pemandangan candi tapi kok malah genteng rumah warga?

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak baru2 banget Juga sih.. :)

      Hihi Candi di Semarang menandakan kawasan elit di Semarang :)

      Nah berhubung modern ya candinya atap Rumah.. Tp kalau malam lebih Bagus.. Lampu2 kotanya bikin semarak :)

      Delete
  6. Kebayang klo malem duduk2 di balkonnya syahdu x ya hehher...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Sambil berbincang tg masa depan.. Hayah hihi

      Delete
  7. Wah..mba ifa anteng banget mba, sepertinya sangat menikmati icip icip..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamuflase itu fotonya.. Aslinya... Anteng kitiran hihi

      Delete
  8. ya ampyun mbak..itu pitnah yang tentang Archa Bella...pakaar apaaan cobaaak.... :P
    Biasa aja keleeuss..:D
    Memang betah nginep disini, palagi makanannya semua kusuka,...Worth it banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Fitnah yg baik diaminkan saja.. Anggap aja doa :)

      Delete
  9. Kompleeet ulasannya, iya suka perabotannya homey pisan..ifa betah yaa..

    ReplyDelete
  10. aku juga suka pemandangan luarnya hehe

    ReplyDelete
  11. wiw reviewnya komplit
    aku juga suka dari atas ngenikmatin pemandangannya, sayangnya sian ya mba
    kalo malem pasti ketceh banget :D

    ReplyDelete
  12. ifa ma mamahnya kompak bajunya..asyik nih cicip2 kyk gini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. biar gampang nyarinya mbak kalau kesingsal.. eh :D

      Huum mbak, mumpung lagi gak takut gendut.. cicip terussss :D

      Delete
  13. Hahahaha aq jg pengen ngeteh pas lihat coffe n tea tablenya Mbak...

    ReplyDelete
  14. Kungpaw chicken...Sebut namanya tiga x, smoga keingetan.

    TFS kk Marita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah pake disebut namanya tiga kali segala bunsal :D

      Sama2 :) Thanks for visiting :)

      Delete
  15. Super lengkap! Btw, dirimu yg waktu itu diboncengin Mbak Ika terus nyasar tho Mbak? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mas.. Maklum buibu biasa Arisan di kampung disuruh masuk hotel.. Nggak Tahu jalan hihi

      Delete
  16. Makanannya enak2 semua ya di Rinjani View, duuuhh...bikin nagih nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Aku paling suka ma brokoli n meatballnya... Hmmm

      Delete
  17. Ibuku orang Semarang, cuma terakhir pulang kampung pada tahun 1991. Rasanya pengen bisa pulang kesana lagi karena kebetulan Asmarie ada juga disana, jadi sekalian silaturahim dengan kawan2 #BloggerSemarang. Semoga bisa terwujud nanti, Amin Ya Allah...

    ReplyDelete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.