Menebak Juara Indonesian Idol 2018

  • Wednesday, March 21, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 5 Comments

Juara Indonesian Idol 2018


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa kabar, pals? Kabarku lagi nggak begitu asyik nih. Bukan karena lagi ada yang sakit, tapi karena PDAM di rumah lagi mati sejak kemarin sore. Jadilah badan bau-bau asem gimana gitu, karena air di bak tinggal setetes doang, wkwk.

Daripada manyun nungguin PDAM yang nggak tahu nyalanya kapan (alhamdulillah, saat artikel ini publish, airnya udah nyala, jadi badanku sudah nggak bau asem, hehe), ngobrol-ngobrol santai aja yuk tentang acara musik yang pastinya selalu jadi trending setiap kali tayang. Hayo tebak acara apakah itu?

Aku kasih bocoran ya. Acara ini sudah tayang sejak tahun 2004 dan kini sudah memasuki musim kesembilan. Sudah banyak finalis dan pemenang dari program musik ini yang tumbuh menjadi penyanyi papan atas. Salah satunya Judika Sihotang. Yang lebih kece, dari juara kedua kini Bang Judika telah meningkat posisinya menjadi juri acara tersebut.

Indonesian Idol 2018


Tahu dong ya program musik yang aku maksud, wong di judulnya aja udah terpampang nyata, wkwk. Yoyoy.. Indonesian Idol memang selalu jadi tontonan favoritku sejak musim pertama. Dari jaman masih jadi mahasiswa cupu sampai sekarang jadi emak-emak rempong. Meski sudah mulai mengurangi mendengarkan musik, tapi kok masih belum bisa menutup mata dan telinga buat Indonesian Idol.

Fyi, aku pernah bermimpi untuk bisa menyanyi dengan baik. Salah satu hal yang pernah ingin aku lakukan di masa muda dan tidak kesampaian adalah ikut les vokal. Jaman SD – SMP dulu kalau pas class meeting sebelum liburan catur wulan/ semester di sekolah, biasanya kan ada lomba-lomba tuh. Salah satu lomba yang sering diadakan adalah lomba karaoke, dan dengan suara pas-pasan aku sok pede aja ikutan. Ya, lumayan lah kadang dapat juara dua atau tiga, meski seringnya nggak dapat. Pernah juga ikut kompetisi menyanyi, ya pastilah kebanting sama saingan yang hampir semua murid sekolah musik.

pernah pengen jadi penyanyi, wkwk

Jaman kecil dulu kan masih banyak tuh ajang bakat menyanyi seperti Bahana Suara Pelajar, Asia Bagus… wuiih saat itu aku suka ngimpi ketinggian bakal bisa ikut ajang-ajang semacam itu. Sayang bokap nggak ngijinin aku ikut les vokal, usut punya usut setelah gede aku baru tahu alasannya. “Ntar kalau udah asyik nyanyi, bisa lupa sekolah.” Nggak asyik banget ya alasannya, kan bisa bikin konsekuensi boleh nyanyi asal sekolah lancar, gitu ye. Wkwkwk.

Well, tapi mungkin karena hanya sekedar hobi, ya sudahlah… akhirnya merelakan salah satu mimpi masa muda itu jadi kenangan, sekarang nyanyi di Smule aja, hehe. Tapi sampai sekarang masih hobi banget liat kompetisi menyanyi. Melihat teknik para peserta bernyanyi, baju yang dipakai, attitude di panggung, buat aku ini salah satu me time menyenangkan selain nonton drama Korea. Makanya Senin malam selalu jadi yang aku tunggu. Berhubung sudah nggak ada TV di rumah, kalau anak-anak udah tidur biasanya aku suka live streaming atau kalau malamnya ketiduran dan nggak sempat nonton, besok siangnya tinggal mantengin YouTube saja. Semua penampilan peserta sudah terunggah dengan manis dan siap ditonton satu per satu.

jaman masih suka karaokean, sekarang mah smule-an aja
Menurutku setiap musimnya, Indonesian Idol selalu meningkatkan standar pesertanya. Maka nggak heran kalau musim kesembilan ini, finalisnya kece-kece banget. Kualitas suara, fashion style dan stage act mereka luar biasa. Di antara 12 finalis yang masuk ke Spektakuler Show, dengan keluarnya Ghea Indrawari di Senin malam tanggal 19 Maret lalu, maka tinggal 4 orang yang tersisa. Siapa saja? Maria, Abdul, Ayu dan Joan. 

Kompetisi bakal semakin ketat nih. 4 orang yang tersisa ini kualitasnya memang best of the best di antara yang lainnya. Beneran tinggal soal selera masyarakat suka yang mana, dan kuat-kuatan voting aja deh. Btw, jagoan kalian terangkut nggak nih ke Top 4? Kebetulan 4 orang yang keangkut di Top 4 jagoanku semua, hehe. 

lima juri Indonesian Idol 2018
sumber: manaberita.com
Sekarang saatnya main tebak-tebakan yuk, siapakah yang bakal melaju hingga ke Top 3, beradu di grand final dan kemudian melesat menjadi juara? Tapi sebelumnya kita kenalan dulu sama para juri Indonesian Idol musim ini yuk, siapa aja sih mereka yang bisa milih finalis dengan kualitas yang oks banget.

5 Juri Kece Indonesian Idol 2018

Perombakan personil di jajaran juri Idol 2018 ini memberikan warna yang berbeda. Sepertinya RCTI tahu bagaimana menjaga kualitas program ini. TV swasta tertua ini nampaknya nggak mau program yang sudah dibangun dengan eksklusif hancur hanya karena gimmick dan guyonan juri nggak berkelas kaya acara-acara kompetisi di TV-TV sebelah. 

Ari Lasso

Siapa yang nggak kenal doi? Male singer dengan suara khas ini, salah satu penyanyi favoritku. Ingat Ari Lasso, ingat jaman kuliah… pernah nonton konsernya di kampus sama pacarku yang sekarang sudah alih status jadi suami, terus si pacar kecopetan. Tapi kita malah kasihan sama yang nyopet, pasti bête banget waktu buka dompetnya, wong nggak ada isinya hehe.

ari lasso Indonesian Idol 2018
sumber: harnas.com
Pernah menjadi vokalis Dewa 19, namun karena kondisi Ari Lasso yang saat itu bermasalah dengan narkoba, akhirnya doi dikeluarkan. Eh benar ya dikeluarkan? Apa keluar? Ah, pokoknya begitu deh…. Setelah itu dia fokus nyanyi solo dan punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Hampir semua lagu Ari aku suka, aku sempat koleksi kasetnya yang sekarang entah di mana, dirimu berada… hampa terasa… Ya elah malah nyanyi, hehe.

Dengan pengalaman dan kualitasnya yang mumpuni, buatku doi memang cocok menjadi salah satu juri Idol 2018 ini. Ari Lasso yang menolak tua ini suka gemes kalau dipanggil om sama Ghea, dan akhirnya dipanggillah doi dengan ahjussi. Sama aja om kan ya ujung-ujungnya hihi. 

Judika Sihotang

Judika Indonesian Idol 2018
sumber: harnas.co

Aku cuma bisa ngowoh kalau bang Judika sudah buka suara. Masya Allah, suaranya baguuuuus banget. Udah gitu, semua lagu yang dia bawakan kok bisa enak didengarnya. Semua genre pun dilahap sama doi, nggak cuma pop, rock or RnB, nyanyi dangdut aja bisa kece banget. Penyanyi dangdut jaman now mah kalah sama dangdutnya si Judika ini.

Sebagai salah satu lulusan Idol musim kedua dan segudang pengalamannya di dunia kompetisi menyanyi, Judika memang pantas duduk di kursi juri. Doi bisa ngasih tips bagaimana menaklukkan kompetisi menyanyi dengan teknik yang dahsyat, tapi tetap bikin enak lagu dan disukai masyarakat. 

Armand Maulana

Armand Maulana Indonesian Idol 2018
source: tabloid bintang
Vokalis Band Gigi yang mulai solo karir ini semakin tahun kok malah kelihatan semakin muda ya? Beneran deh, jaman SD lihat doi sampai sekarang udah punya anak dua, itu muka malah tambah seger. Kalau masalah stage act, Armand nih jagonya. Doi bisa tuh jingkrak-jingkrak ke sana ke mari, dan suaranya tetap terjaga tanpa pitchy. Selain stage act yang kece, fashion style si Armand di atas panggung ini gokil banget. Makanya dia sempat menawarkan diri jadi fashion stylish-nya si Abdul, dan memang semakin ke sini setelah sempat didandanin Armand, fashion style si Abdul makin kece. 

Juri yang terkenal dengan slogannya Aluuuus Pisan dan bad news or good news ini punya suara khas yang kalau kita merem aja, pasti sudah bisa nebak… aah ini mah kang Armand yang nyanyi. Dia melengkapi squad juri dengan sempurna. Suka banget kalau dia kasih masukan ke finalis, santun tapi tetap berbobot.

Maia Estianty

Maia Estianty Indonesian Idol 2018


Di Idol 2018, aku akuin mbak Maia memang kuping producer-nya dahsyat banget. Suara pitchy sekecil apapun, dia pasti bisa nangkap. Selain itu dia tuh bisa kasih masukan ke finalis enaknya lagu ini dibawain seperti apa, finalis suruh ngulang, dan hasilnya memang jauh lebih kece. Misalnya pas Ayu menampilkan Haruskah Ku Mati karya Ada Band. Maia meminta Ayu mengulangi lagu itu dengan iringan piano saja, suaranya dibikin lebih lembut, dan memang penampilannya jadi lebih daleeem.

Bisa dibilang Maia ini di squad juri adalah sosok antagonis. Doi yang paling galak alias tegas saat kasih masukan. Kalau yang nggak biasa sama orang macam begini, finalis bisa mengkeret dan nangis di panggung, hihi. Satu hal yang aku kurang suka sama perempuan yang semakin hari semakin cantik ini yaitu kalau pas bahas Ahmad Dhani bisa beleber ke mana-mana, wkwk. Entah gimmick atau bukan, tapi keknya nggak asyik aja deh didengerin, move on laaaah Bunda, hehe.

Bunga Citra Lestari

Sempat kaget juga waktu BCL melengkapi jajaran tim juri. Di antara penyanyi wanita Indonesia kenapa doi yang dipilih? Tapi melihat sejarah bermusiknya, aku baru sadar doi pantas kok ada di kursi juri. 

Aku jadi ingat dulu sempat memandang sebelah mata ke doi saat pertama kali nyanyi. Ya elah, aji mumpung nih… pikirku saat itu. Buatku suaranya nggak enak banget lah jaman awal dia nyanyi. Eh tapi semakin ke sini, apalagi pas lihat konsernya beberapa waktu lalu, semakin berkualitas aja istri Ashraff Sinclair ini. Tekniknya makin kece, memang jam terbang nggak bisa nipu ya? Waktu dia nyontohin Ghea atau Jodie bagaimana memaksimalkan jenis suara yang tipis tapi tetap punya power, wah aku angkat topi deh. Aku akui dia salah satu penyanyi dan aktris yang semangat belajarnya patut diacungi jempol. Dia tahu punya banyak kekurangan dan nggak mau stuck dengan kekurangan itu, lalu terus belajar untuk meningkatkan kualitasnya. Dan finalis Indonesian Idol perlu banget dibimbing juri macam begini kan? Karena pastinya mereka nggak boleh puas dengan pencapaian di Idol, harus selalu maju dan maju.

Bunga Citra Lestari Indonesian Idol 2018
sumber: kapanlagi.com

Awalnya kukira BCL bakal sering main aman dalam kasih komentar. Paling komennya yang baik-baik aja nih. Tapi semakin ke sini, doi semakin menunjukkan kualitas dan jam terbangnya sebagai penyanyi. Nggak cuma bisa kasih komen yang baik, tapi juga bisa kasih saran yang membangun untuk para finalis. 

Juri-juri Indonesian Idol musim ini memang tim yang pas dan solid banget. Meski tetap ada guyonan di tengah acara, tapi masih bisa diterima lah, nggak kaya musim-musim sebelumnya. Kualitas kelima juri ini dibuktikan dengan memilih 12 finalis yang terbaik diantara terbaik, that’s why Indonesian Idol 2018 selalu jadi trending sekarang ini.

Top 4 yang Oks Banget

Setelah bahas jajaran juri yang jempolan, kita ngobrolin para finalis yang berhasil masuk ke Top 4 yuk. Empat orang finalis dengan talenta luar biasa yang punya keunikan masing-masing ini pastinya akan bertarung untuk memenangkan hati masyarakat Indonesia. Di antara keempat orang ini, mana yang kalian jagokan jadi juara, pals?

Joanita Veroni

Gadis yang berasal dari Kaimana, Papua ini suaranya begitu menggelegar. Paling canggih membawakan lagu dengan gayanya sendiri yang ala-ala gospel. Penampilannya benar-benar kelas Internasional, bahkan Krisdayanti pernah langsung teleconference sama Joan karena merasa senang dan bangga lagu Mencintaimu dibawakan sangat apik, bahkan jadi semakin kece.



Tahu sendiri dong KD dan Mencintaimu itu sudah sepasang. Setiap ada orang menyanyikan lagu ini, pasti aura KD kebawa-bawa, tapi Joan bisa melepaskan KD di lagu itu dan membuatnya seperti lagu doi sendiri. Pecaaah. Sayangnya menurut para juri beberapa minggu ini, kualitas Joan menurun dan stuck. Yang lebih berbahaya, suara doi mudah hilang setiap kali kecapekan atau berlatih terlalu sering. 

Ayu Putrisundari

Gadis perwakilan Yogyakarta yang kelahiran Cilegon ini sudah membuatku kepincut sejak babak audisi. Sok jadi juri, dengan kualitas yang dia punya, aku sudah menebak dia bakal sampai di Top 4. Doi kuliah di jurusan Penyaji Musik, pantas saja lah kalau bakat musiknya semakin glowing. Selain suaranya yang unik, dia pintar memainkan beberapa alat musik; gitar, ukulele, drum, piano, dan bahkan suling. Mantaaap!

Fashion style-nya yang kata anak muda jaman now swag abis ini memang asyik dilihat. Tanpa meninggalkan identitasnya sebagai muslimah, dia tetap ingin memperlihatkan ‘ini lo gue’. Aku semakin berdecak kagum saat di salah satu episode Spektakuler Show menampilkan kesehariannya sebelum kuliah. Ternyata doi bikin sanggar seni untuk anak-anak, melatih paduan suara buat anak-anak SD, kereeeen. Buat yang mo lihat sekece apa doi, cuzzz aja tengok salah satu video di channel YouTube-nya berikut ini. Ini lagu yang dia bikin sendiri lo. Very talented!


Ahmad Abdul

Banyak yang menyebutnya sebagai Adam Levine Indonesia. Yoi, suaranya gokil abiiis. “Dul, Abdul… Asyik banget lu Dul.” Begitu komentar Ari Lasso setiap kali Abdul berhasil menaklukkan sebuah lagu. Semakin ke sini, semakin kelihatan aja kualitasnya doi. Suaranya bening dan khas banget. 

Sebagai satu-satunya finalis cowok yang bisa melaju hingga ke Top 4, Abdul semakin mengerti kerasnya dunia entertainment di Indonesia. Terbukti fashion style-nya yang sempat dikritik oleh Armand, kini semakin meningkat. Bahkan dia sampai menurunkan berat badannya biar kelihatan lebih muda dua hari, hihi. 



Saking penampilannya yang kece, akun instagramnya sampai di-follow sama Kodaline dan Adam Levine lo…. Meski sering dapat komen negatif dari para juri setiap membawakan lagu Indonesia, namun di Spektakuler yang lalu dengan tema Millennial Collaboration saat featuring dengan Eka Gustiwana, Abdul membuktikan kalau dia bisa bikin lagu Indonesia jadi seenak saat dia membawakan lagu-lagu barat. So, is he the lost star that Indonesian people look for?

Maria Simorangkir

Pernah menjadi finalis di ajang Indonesian Idol Junior tahun 2015, nampaknya Maria ini semakin matang. Dijuluki sebagai kuda hitam oleh Maia Estianty, penampilannya semakin wow. Dia membuktikan kalau dia calon penyanyi kelas dunia. Saat di episode-episode awal, dia masih kelihatan cupu, tapi setelah diarahkan oleh BCL, fashion style-nya di panggung semakin kece. Dia semakin berani menampilkan siapa dirinya. Kalau dulu para juri sering bilang, ‘suara kamu enak, tapi aura bintangnya belum ada.’ Sekarang doi justru digadang-gadang jadi pemenang Idol 2018.

Pendapat juri ini memang nggak salah, di antara keempat finalis teknik bernyanyi Maria memang paling oke. Di usianya yang masih 16 tahun, dia bisa membawakan setiap lagu pilihan dengan enak banget. Bahkan Never Enough, soundtrack dari The Greatest Showman, yang pernah dibawakannya di salah satu episode Spektakuler Show jadi trending topic dan menuai banyak reaksi positif dari seantero dunia. Penyanyi aslinya sampai nelpon langsung dan bilang kalau suara doi gokiiil abis. Mau tahu kecenya? Nih tonton saja videonya.



Berat memang memilih satu di antara empat orang ini. Tapi kalau boleh sok-sokan memprediksi, Top 3 bakal dimeriahkan oleh Maria, Abdul dan Ayu. Tiga orang ini membuktikan bisa menjaga kualitas penampilan mereka setiap minggunya. Grafiknya selalu naik dan bahkan beberapa kali dapat standing ovation dari para juri. Joan bagus memang, tapi seperti para Juri bilang doi stuck di beberapa minggu terakhir. Apakah hak veto akan dikeluarkan di Top 3 jika ternyata hasil voting berbeda dengan prediksi juri? We’ll see besok Senin dah yaaaa…. 

Untuk juara Indonesian Idol 2018 sendiri semakin ke sini, aku semakin menjagokan Maria sih. Hmmm, apa suara masyarakat Indonesia sehati sama eike? Entahlaaah. Btw, kalau kalian suka nonton Idol juga nggak, pals? Kalau suka, jagoin siapa buat jadi Idol tahun ini?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



You Might Also Like

5 comments

  1. Analisa yg tajam ...setajam katana. Prediksinya sama ma aku. Maria atau Ayu...

    ReplyDelete
  2. Aku kok merasa roaming sih baca postingan ini ga pernah nonton Indonesian idol soalnya heheh

    ReplyDelete
  3. Cocok nih kalo bicara sama si Kakak. Indonesian Idol musim ini jadi tontonan wajibnya, Mbak. Ntar besok paginya dia laporan ke aku, siapa yang keluar ... Hahaha

    Tapi tak bisikkin ya, soal suara aku mah kalah sama penyanyi kamar mandi. Ancuuuur ... Hahaha

    ReplyDelete
  4. Aku gak pernah ngikutin Indonesian Idol sih, jadi gak terlalu tahu, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Juri-jurinya keren semua. Para finalis juga keren ya mbak. Nice sharing mbak, lengkap banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com