Tiga Destinasi Wisata Impian di Negeri Tercinta

  • Sunday, March 04, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 2 Comments

Tiga Destinasi Wisata Impian di Negeri Tercinta


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Akhir-akhir ini aktivitas di dunia nyata begitu padat, hingga laptop pun sering tak tersentuh. Hasilnya jadwal update blog sering terbengkalai. Alasan klise ya, tapi begitulah. Memiliki anak balita yang lagi senangnya jalan ke sana ke mari dan juga calon anak SD yang masya Allah aktifnya… seringkali bikin aku kehabisan tenaga untuk bisa bangun di jam yang sudah kusiapkan sebagai ‘waktu kerja’.

Ya, aku hanya bisa kerja ketika anak-anak dan suami sudah tidur. Suasana yang tenang dan syahdu sangat mendukung untuk menulis. Namun saking tenang dan syahdunya, beberapa kali aku pun lelap dalam tidurku hingga subuh tiba. Nulis saat Ifa sekolah dan Affan tidur? Bukannya tak pernah dicoba, seringnya sih gagal. Sepertinya Affan punya alarm kalau emaknya buka laptop dan seketika matanya membulat, lalu dia pun segera mendekatiku dan ingin ikut mengetik (baca: ngrusuhi, hehe).

Salah satu efek dari belum konsistennya jadwal update blog adalah lagi-lagi telat setor #ArisanBlogGandjelRel. Memasuki periode ke-21, tema arisan kali ini dipilih oleh Mara Solehah dan Erina Julia. Awal kenal sama duo gadis ini, aku sering salah kira. Suka bingung bedain mana yang Mara, mana yang Erina, apalagi ditambah satu lagi, si Tina. Alhamdulillah, setelah beberapa kali ketemu sekarang sudah ngeh antara Mara dan Erina. Btw,  mereka ini calon mantu idaman lo.

Mara ini penyayang banget, meski keliatan slengekan, tapi doi sabar banget merawat ibunya yang sedang sakit. Kerennya lagi doi meneruskan bisnis keluarga; membuat bawang goreng yang kata teman-teman sih endess banget, sampai banyak yang repeat order. Kapan-kapan nyobain aaah. Erina pun ngga kalah kece. Sebagai seorang alumni pesantren ternama, pasti sudah siap mendidik putra-putri  calon penerus peradaban. Mantaaap. Ada yang mau ngepek mereka jadi calon mantu? Nanti kukasih no HP mereka deh, wkwk. Piss yo, Mara dan Erina.

Tema yang mereka pilih sedap bener; wisata impian di Indonesia. Hmmm…. Temanya provokatif banget. Ngerti aja mereka aku kurang piknik, hehe. Dan memang berkeliling Indonesia adalah salah satu cita-citaku. Negara tercinta yang terdiri dari banyak pulau dan budaya ini penuh dengan wishlist destinasi wisataku. Apalagi setelah nonton film The Nekad Traveler, mupeeeeeng deh loncat dari satu kota ke kota lain di Indonesia tercinta. So, this is it my wishlist.

Di antara sekian banyak pulau dan kota yang tersebar di Indonesia, tiga tempat ini sangat menarik rasa ingin tahu dan penasaranku. Berharap ini bukan sekedar angan, namun bisa kesampaian menuju ke sana.

Destinasi impian pertama yaitu Aceh. Berada di sebuah tempat di mana syariat Islam benar-benar ditegakkan, pasti rasanya wow banget. Dan Aceh, satu-satunya provinsi di Indonesia yang bisa melakukannya. Sejarah panjangnya, kisah tsunaminya, kulinernya...

source: allindonesiatravel.com
source: sportourism.id
Aah, ada banyak hal yang mengusik rasa ingin tahuku. Serambi Mekah, begitu sebutannya. Jika memang kesempatan untuk ke tanah Haram belum juga datang, mengunjungi serambinya dulu boleh juga kan? Kalau terkabul bisa ke sana, tentunya aku ingin ke Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, keliling dari satu pantai ke pantai lainnya yang indah-indah, seperti Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga, serta tentunya tidak lupa mencicipi kuliner khas Aceh.

Destinasi berikutnya yaitu Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok. Waktu dapat kerjaan nulis konten tentang Lombok, aku berselancar nih dari satu situs traveling ke situs lainnya, terutama situsnya orang-orang Bule. Ternyata Lombok ini sudah menjadi alternatif pilihan buat para bule untuk berwisata. Kata mereka “daripada lu ke Bali, mending ke Lombok deh.” Alasannya sih tempatnya nggak kalah kece sama Bali, tapi biayanya lebih terjangkau. Itu versi para Bule yaks.

source: jakpost.net
Gara-gara baca artikel-artikel yang senada, alasan para Bule ini sekarang jadi alasan kuat juga untukku, berharap agar one day bisa main ke Lombok. Destinasi wisata yang menakjubkan, budaya yang menarik dan makanan yang enak-enak – alasan kenapa musti ke Lombok yang diungkapkan oleh Tobi dan Marcel, duo travel blogger dalam blognya “Home is Where Your Bag is.” Hmm, kalau mereka yang bukan orang Indonesia aja bisa sebegitu cintanya sama tempat ini, masa aku yang orang Indonesia malah belum pernah ke sana. Memalukan, huhu.  

Terakhir, aku ingin sekali menginjakkan kakiku di Raja Ampat. Sebuah pulau di Papua nan eksotis. Beberapa waktu lalu aku melihat foto seorang temanku yang sedang dinas ke tempat tersebut, haduuuuh mupengnya. Kata orang-orang nih, kalau ada tujuan wisata yang harus kita kunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup, Raja Ampat adalah salah satunya. Di beberapa situs yang membahas traveling, Raja Ampat selalu berada di puncak tangga lagu eh maksudnya daftar tujuan sebagian besar backpacker Indonesia. Raja Ampat merupakan salah satu tujuan terbesar bagi penyelam dari seluruh dunia. A Hidden Paradise, begitu orang luar negeri menyebutnya. Lihat tebaran fotonya di google images aja aku merasa terkagum-kagum atas keindahan yang menakjubkan di Raja Ampat.


Kalau impianku ke Raja Ampat ini dikabulkan oleh Allah, semoga aku nggak akan melewatkan sesi snorkeling dan diving di Manta Rays. Menyaksikan lumba-lumba dan melihat ribuan ikan yang indah dan berwarna-warni menyambutku di bawah laut. Menurut informasi yang aku dapat ada lebih dari 1.200 spesies ikan dan 75% dari semua spesies karang yang dikenal di dunia bisa kita temukan saat menyelam di tempat tersebut. Bahkan katanya jika beruntung, kita bisa berenang bersama kura-kura laut.

Keajaiban lainnya dari Raja Ampat adalah tebing berwajah manusia. Jadi kepo pengen beneran lihat ke sana. Tebing yang terletak di ibu kota Raja Ampat, Waisai ini memiliki bentuk seperti wajah manusia. Ada lekukan yang membentuk mata, hidung dan bibir. Wajahnya terbentuk seperti pria yang sedang memejamkan mata. Benar-benar terlihat seperti wajah manusia. Masya Allah…

Source: detik.net.id
Masih banyak hal lainnya yang ingin aku lakukan di Raja Ampat. Saking banyaknya aku sampai bingung mau nulis yang mana, wkwkw. Pokoknya doain aja deh aku bisa sampai ke sana ya. Aamiin.

Impian hanya akan jadi impian jika tidak ada usaha untuk menjadikannya kenyataan. That’s why di tahun ini aku ingin punya tabungan khusus untuk traveling. Ingin bisa menyisihkan sebagian pendapatanku untuk mengajak anak-anak keliling Indonesia, kalau bisa sih dunia. Jadi mereka bisa kaya akan pengalaman, wawasan dan sudut pandang.

Hmm, sepertinya memang harus diniatkan benar-benar. At least sehari nyisihin uang belanja minimal lima ribu kali ya. Btw, makasih sudah mampir ke sini, pals. Sampai jumpa di cerita-cerita berikutnya, oya kalau teman-teman ada yang punya ide atau pengalaman soal menabung untuk traveling bersama keluarga? Share dong di kolom komentar… biar aku bisa contek caranya, hehe.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul Tiga Destinasi Wisata Impian di Negeri Tercinta. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku one day juga pingi ke Lombok, bagus banget di sana. Katanya sih lebih bagus dari Bali sendiri yaa.

    ReplyDelete
  2. Aku juga pengen . ke Lombok bareng keluarga. Minta ditemani mba Nanik BUnsal aja, hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com