3 Sosial Media Paling Banyak Kugunakan

  • Saturday, November 24, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 0 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sosial media saat ini memang tidak lagi bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Apalagi buat mereka yang kerjaannya berkutat dengan dunia online, entah itu online shopper, buzzer, influencer or blogger. Mau dihindari seperti apa, tetap akhirnya sosial media akan kembali menarik diri kita untuk berkecimpung di dalamnya. 

Aku sendiri meski terkadang merasa puyeng membaca berita-berita yang beredar di timeline, namun sekaligus mendapatkan banyak manfaat dari sosial media. Maka mau nggak mau tetap belum bisa lepas dari sosial media. Di antara beberapa sosial media yang beredar di masyarakat, ini tiga sosial media yang paling banyak kugunakan. Aku urutkan dari yang paling jarang kumanfaatkan ya..

1. Twitter



Sebenarnya ngetwit itu enak lo. Cocok buat yang suka nulis singkat, jelas dan padat. Banyak pula para blogger dan penulis yang menggunakan twitter untuk memperkenalkan karya mereka dengan postingan berantai. Namun entah kenapa aku masih kurang nyaman bercuit di twitte. Mungkin karena aku lebih lepas kalau nulis panjang kali lebar kali tinggi tanpa ada batasan, wkwk. 

Jujur aku masih menggunakan twitter hanya sebatas kalau lagi ada event dan diminta live tweet. Selebihnya isi twitter-ku biasanya sambungan dari facebook dan instagram. Meski aku sudah beberapa kali mencoba istiqomah ngetwit minimal sehari lima cuitan, namun selalu berhenti dalam ketidakkonsistenan. 

Oya, dari twitter juga sering dapat ide buat nulis lewat trending topic-nya. Jadi kalau pas lagi buntu nulis, lirik aja trending topic twitter, siapa tahu bisa dapat ide tulisan.


2. Facebook



Dulu Facebook jadi sosial media favoritku, namun sejak mendekati pilpres, aku memutuskan untuk uninstall aplikasi ini dari ponsel. Kalau sedang butuh membuka atau pengen ngintip timeline, aku biasa buka dari browser. Lumayan lah mengurangi tekanan hidup plus membebaskan storage ponsel, hehe.

Kalau lagi masa pilpres begini, Facebook ini penuh dengan postingan panas-panasan dari kedua kubu. Duh, pusing kepala eike. Salah posting bisa dikira mendukung salah satu kubu, terus jadi dimusuhi, terus nggak asyik deh. Entahlah, kalau lagi musim pilpres gini aku melihat banyak orang-orang sensi dan merasa paling benar sendiri, jadi malas aja baca Facebook. 

Padahal dulu aku sering menggunakan Facebook untuk nulis status panjang, biasanya kugunakan kalau ada ide yang melintas tiba-tiba tapi masih belum bisa duduk di depan laptop untuk blogging. Nah, kutulis dulu deh itu lewat status, siapa tahu next bisa dikembangkan lebih runtut di postingan blog. Tapi sekarang udah nggak nyaman aja.. Jadi cuma ngintip-ngintip bentar lalu tutup. Terus lebih banyak kupakai untuk share postingan blog aja sih.

3. Instagram



Dibanding twitter dan Facebook, kini aku lebih sering buka dan posting di Instagram. Cuma kelemahanku di sini adalah aku merasa nggak bisa bikin foto yang cantik, wkwk. Kalau lagi jalan-jalan ke akun instagram teman-teman blogger lainnya, suka minder gitu, fotonya bisa bagus, apalagi yang feed-nya bisa rapi… duh bikin pengen.

Instagram juga sering kugunakan untuk challenge beberapa proyek menulis, seperti saat ikut 15 Hari Berkisah atau setoran tantangan 10 hari Bunda Sayang. Yang paling menantang sih memang membuat caption sesuai dengan foto yang kita pilih untuk diposting. Meski kadang kalau lagi malas mikir caption, ya apa adanya aja, hehe.

Di Instagram aku seneng kalau pas tengok-tengok di bagian explore, nemu berita-berita soal drakor, hehe. Jadi dapat bocoran drakor on going terbaru apaan. Terus aku juga suka nonton IGTV tentang life hacks or beauty hacks yang seru-seru. Nggak jarang juga ngintipin Lambe Turah, wkwk… sekadar mau tahu ada apa dengan Vicky Prasetyo dan Gempi. Eh kadang Lambe Turah memacau ide menulis juga lo.

Aura di Instagram menurutku juga nggak ‘sepanas’ di Facebook, jadi aku masih merasa nyaman untuk stay longer di sini. Next, pengen sih rajin bikin instastory yang kece kaya punya Grace Melia, Annisast, or Ira Sulistiana yang ndaging banget. Tapi kadang saat ada ide ngoceh, malah lebih sering dijlentrehkan lewat status WA, jadi terus lupa deh bikin instastory.

Btw, dulu aku pernah janji mau bikin giveaway kalau follower instagramku sudah mencapai angka 2000. Alhamdulillah tadi habis ngintip, follower-ku udah 2029… padahal kemarin udah 2033 lo, bener-bener kaya ingus nih follower, naik turun sesuka hati.

So, seperti janjiku aku mau bikin giveaway di Instagram… bocoran dikit ya hadiahnya ada lipcream dan bedak dari Purbasari… kira-kira ada yang mau ikutan nggak ya? Terus enaknya giveaway nya apaan ya…. Ditunggu dong ide-idenya, pals.. belum pernah bikin giveaway nih, jadi bingung :) Yang mo ikutan giveaway dan berdonasi hadiah juga boleh lo hehehe.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul 3 Sosial Media Paling Banyak Kugunakan. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com