Ini 5 Drakor Tentang Pernikahan yang Wajib Banget Ditonton Bareng Suami

  • Thursday, November 29, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 1 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Masih ramai soal Rp 50.000 kalau dibawa ke pasar bisa dapat apa? Duh, biarin aja deh. Kita ngobrolin yang bikin asyik aja yuuk. Kali ini aku mau merekomendasikan lima drama Korea tentang pernikahan yang wajib banget ditonton bareng suami. Siapa tahu setelah nonton lima drama ini, kisah kasih kita akan semakin meletup-letup bagaikan pengantin baru, eaaa. Cuzz, langsung aja kepoin lima drama berikut ini.

1. Go Back Couple



Drama ini cocok untuk kalian yang nggak suka episode-episode panjang. Untuk menyelesaikan semua kisah lucu nan mengharukan ini hanya perlu meluangkan waktu untuk nonton 12 episode. Dimainkan dengan apik oleh Jang Na Ra yang masih terlihat sangat cantik dan imut-imut di usia ke-37, nggak nyangka kan? Berpasangan dengan Song Ho Joon, yang 3 tahun lebih muda. 

Berkisah tentang pasangan suami istri yang dulu menikah di usia sangat muda dan saling mencintai satu sama lain. Namun dengan bergulirnya waktu, cinta tersebut akhirnya menipis. Ditambah dengan komunikasi yang tak lancar hingga kesalahpahaman terjadi di setiap sisi. Hingga akhirnya keduanya memutuskan bercerai.




Namun sebuah keajaiban terjadi, pasangan ini akhirnya kembali ke masa lalu, saat pertama kali mereka bertemu. Perjalanan waktu inilah yang kemudian membuat Ma Jin Jeo (Jang Na Ra) dan Choi Ban Do (Song Ho Joon) menyadari bahwa mereka masih saling mencintai. Perjalanan waktu inilah yang kemudian membuka hal-hal tentang kesalahpahaman di antara keduanya.

Cocok ditonton bersama pasangan tercinta, dijamin bakal ketawa lalu nangis bareng-bareng karena scene-scene dalam drama ini begitu nyata dan seringkali menjewer diri kita. 

Sesekali kita harus kembali mengenang apa yang telah kita lalui bersama pasangan untuk menguatkan kembali cinta yang kita miliki.

2. Because This Is My First Life



Drama korea romantis ini sempat bikin penikmatnya gagal move on hingga berbulan-bulan. Chemistry yang ciamik antara Lee Min Ki dan Jung So Min sebagai pemeran utama dari drama ini memang sangat membius. Pasangan ini memang bikin gemes saat menampilkan hubungan yang malu-malu tapi mau. 

Berkisah tentang Nam See Hee, seorang app developer yang sangat pendiam, kaku dan anti sosial yang menyewakan salah satu kamar di rumahnya agar bisa mengurangi beban biaya hidup karena dia tinggal sendiri. Oleh keluarganya ia diminta untuk segera menikah, namun See Hee tidak menggubris keinginan orangtuanya, terlebih ia pernah memiliki luka di masa lalu.




Hingga kemudian ia bertemu dengan Yoon Ji Hoo, seorang asisten penulis skenario yang kehilangan tempat tinggal. Awalnya Ji Hoo akan menyewa kamar di rumah See He, namun mereka kemudian menandatangani kontrak pernikahan pura-pura demi menuruti keinginan orangtua See Hee. Ji Hoo pun setuju karena ia butuh tempat tinggal sedangkan uangnya terbatas. Dari hubungan pura-pura itulah, lambat laun keduanya saling jatuh hati. 

Tidak hanya kisah cinta dari kedua pemeran utama ini yang menarik disimak, kisah cinta antara sahabat-sahabatnya pun sangat menarik untuk diikuti. Selain romantis, drama Korea ini membuka realita tabir pernikahan dan berumahtangga di Korea. Jadi yang bercita-cita nikah dengan orang Korea, mending nonton drama ini dulu deh.

Karena hidup hanya sekali, maka jangan pernah sia-siakan setiap kesempatan yang datang di hidup ini.

3. My Golden Life



Sebenarnya drama ini nggak khusus menceritakan tentang pernikahan sih, cuma setelah aku nikmati hingga selesai, semua konflik yang terjadi dalam drama ini muncul karena hubungan pernikahan yang tidak berjalan lancar.

Kisah utama dari drama ini sebenarnya menyoroti kehidupan Seo Ji An, seorang wanita tangguh yang cerdas dan selalu menjadi tumpuan keluarganya. Pernah menjadi anak dari keluarga kaya yang kemudian bangkrut dan jatuh miskin, keluarga mereka bisa bertahan karena saling mendukung satu sama lain. Seo Ji An memiliki kembaran yang sebenarnya sudah meninggal sejak kecil hingga akhirnya orangtuanya menemukan anak kecil yang menangis di pinggir jalan tanpa ada seorang pun menemani, sedang saat itu hujan turun dengan derasnya.


Ibu Ji An pun memutuskan untuk membawa anak kecil itu pulang dan mengakuinya sebagai kembaran Ji An. Anak kecil tersebut akhirnya dipanggil dengan nama Ji So. Siapa sangka beberapa tahun kemudian, keluarga asli Ji So mencari keberadaannya. Keluarga asli Ji So yang merupakan salah satu konglomerat kaya di Seoul akhirnya bisa menemukan fakta bahwa Ji So selama ini diasuh oleh keluarga Ji An. Sayangnya ketika ibu kandung Ji So mendatangi rumah Ji An, ibu kandung Ji An justru mengatakan bahwa anak yang mereka cari adalah Ji An. Masalah dimulai di sini. Satu kebohongan akan terus ditutupi dengan kebohongan lainnya. Apalagi ketika Ji An dan kakak kandung Ji So, Choi Do Kyung, saling jatuh cinta. 

Oya, dari drama ini kita bisa lihat kehidupan keluarga Seo Tae Soo dan Choi Jae Sung yang sangat berbeda. Keluarga Seo begitu hangat dan kompak, mereka selalu menyempatkan ngobrol bersama saat sedang makan. Sayangnya kekompakan ini mulai retak ketika Istri Seo Tae Soo yang tak lain ibu kandung Ji An mengambil keputusan sepihak saat membohongi keluarga Haesung bahwa Ji An adalah putri kandung mereka, bukan Ji Soo. 


Di satu sisi keluarga Choi Jae Sung alias Haesung yang kaya raya tumbuh dengan penuh aturan. Terlihat mesra di depan publik, namun sangat retak di dalam. Bahkan Choi Jae Sung dan Noh Myung Hee, istrinya, sudah pisah ranjang bertahun-tahun lamanya sejak kehilangan putri kecil mereka. Choi Jae Sung menyalahkan istrinya karena kehilangan putri kecil mereka saat sedang bersamanya, bahkan disinyalir kepergian Myung Hee saat itu untuk bertemu dengan kekasih gelapnya.

Di satu sisi Myung Hee pun tidak mau disalahkan seorang sendiri. Dia merasa suaminya berubah sejak menikah, tidak lagi romantis seperti saat masih pacaran. Hingga akhirnya ia tergoda pada laki-laki lain, meski akhirnya ia pun tak berani melanjutkan kisah terlarang itu. Choi Jae Sung yang berasal dari keluarga biasa harus kerja keras menjadi menantu dari orang kaya. Apapun yang dilakukannya kadang dirasa belum cukup bagus oleh mertuanya. Hal ini membebani dirinya yang sebenarnya tidak tertarik mengembangkan bisnis dan lebih senang menjadi dosen. Namun dia tidak bisa mengutarakan maksud hatinya, karena merasa hidup numpang di keluarga istrinya.




Ketegangan antara suami istri keluarga Haesung ini berimbas pada kedekatan mereka dengan anak-anaknya, terutama pada Choi Seo Hyun, putri paling bontot. Seo Hyun merasa orangtuanya mengabaikan dirinya, bahkan saat ia melakukan penampilan bermain musik, orangtuanya tidak hadir. Seo Hyun melampiaskan kejengkelan pada orangtuanya dengan menyamar dan pergi ke klub-klub malam. Di sinilah kemudian ia bertemu dengan Seo Ji Hoo, adik Seo Ji An, dan bersahabat dengannya.

Diceritakan pula kisah Seo Ji Tae, anak sulung keluarga Seo, yang tidak berani menikah dengan pacarnya karena takut menjadi ayah miskin dan tidak bisa membahagiakan keluarganya. Akhirnya dengan dukungan keluarganya, Ji Tae berani menikahi wanita pujaan hatinya, namun mereka berencana untuk tidak memiliki anak. Ternyata beberapa bulan setelah mereka menikah, istri Ji Tae hamil dan menyebabkan kekalutan dalam diri Ji Tae. Ji Tae merasa takut tidak mampu menafkahi mereka dengan layak dan timbullah konflik dalam keluarga kecil mereka.


Bagi yang menyukai drama Korea dengan aneka konflik, maka My Golden Life patut ditonton. Drama Korea yang terdiri dari 52 episode ini cukup tinggi ratingnya kala ditayangkan oleh KBS tahun 2017 lalu. Yang pasti musti bersabar kalau mau nonton ini ya, meski disebut-sebut sebagai drama old school, namun jika sudah menikmati alur dan kepiawaian akting para aktor serta aktrisnya, dijamin nggak bisa move on, apalagi soundtrack lagunya duh menyentuh. Di sini kita bisa menikmati akting Park Si Ho, Shin Hye Sun, Lee Tae Hwan, Seo Eun Seo, dan masih banyak lagi bintang kenamaan yang sering wira-wiri di layar drama Korea.

Komunikasi adalah ujung tombak sebuah pernikahan. Ketika komunikasi terhambat, masalah demi masalah akan datang mengintai. Perbaiki komunikasi dan jalin bonding dengan seluruh anggota keluarga untuk kebahagiaan sepanjang hayat.

4. Working Mom, Stay Home Daddy



Ada beberapa versi judul dari drama yang tayang pada tahun 2016 di channel MBC ini. Ada yang mengartikan dengan Working Mom Parenting Daddy, ada pula yang menggunakan judul Working Mom House Daddy. Apapun istilah yang digunakan, pasti sahabat bisa sedikit menerka apa maksudnya kan?

Ya, benar sekali. Di drama berepisode panjang ini, kita akan diajak menyelami kehidupan keluarga di Korea, khususnya di Seoul. Dengan kebutuhan hidup yang tinggi, tak bisa dipungkiri akan sangat sulit jika hanya mengandalkan pendapatan dari suami. Maka tak heran para wanita bekerja pun sangat banyak. Konflik mulai muncul ketika anak-anak lahir, kebingungan akan siapa yang mengurus menjadi masalah setelahnya. 



Tidak semua nenek dan kakek sanggup mengurus cucu-cucunya, sedangkan biaya untuk menitipkan anak di daycare pun tak murah, bahkan kadang harus antri dulu untuk mendapat tempat. Akhirnya untuk mengatasi hal itu, biasanya para bapak bergantian dengan sang ibu untuk mengambil jatah cuti melahirkan. Di drama ini diceritakan bahwa suami pun punya hak untuk mengambil cuti saat istrinya melahirkan. Dari sinilah timbul kesenjangan dari rekan-rekan kantor lainnya, kepanikan bapak saat si anak rewel dan ibu belum pulang kerja.

Belum lagi persaingan antara para ibu dalam komite sekolah, hingga cerita bapak-bapak yang nggak ikhlas istrinya bekerja. Dimainkan oleh Hong Eun Hee, Park Gun Hyung, Oh Jun Hyung, Han Ji Sang dan banyak lagi nama lainnya sebagai pemeran pendukung, drama ini begitu komplit dan detil menceritakan kehidupan pasangan muda di era milennial ini. Cocok sekali ditonton oleh para pasangan muda yang butuh hiburan sekaligus gambaran pernikahan dan rumah tangga. Yang pasti kalau nonton drama Korea yang satu ini, kudu sabar ya, sesabar diri kita menjalani rumah tangga sebenarnya. Ada 120 episode yang tiap tayangannya berdurasi 30 menit. 

Tidak ada rumah tangga yang sempurna, maka bersyukurlah dengan keluarga yang kita miliki. Urusan pengasuhan anak bukan hanya tanggung jawab sang ibu, namun juga ayahnya. Keluarga seharusnya menjadi a home team untuk menuju visi misi yang diimpikan.

5. Familiar Wife



Menceritakan tentang kehidupan Cha Joo Hyuk yang dimainkan oleh Ji Sung dan Seo Woo Jin yang diperankan oleh Han Ji Min. Hampir mirip dengan Go Back Couple, kisah ini juga menceritakan tentang perjalanan waktu dari pemeran utama.

Cha Joo Hyuk merasa kesal karena istrinya, Seo Woo Jin, kini telah berubah menjadi sosok yang sama sekali berbeda, menyeramkan dan membuat dirinya tak nyaman. Dia sempat berpikir untuk bercerai. Hingga suatu hari Joo Hyuk bertemu dengan Hye Won, cinta pertamanya saat kuliah. Pada pertemuan itu Hye Won bercerita kalau sebenarnya dulu ia menaruh hati pada Joo Hyuk.

Saat itu Joo Hyuk merasa menyesal. Dia berandai-andai kalau saja Hye Won yang menjadi istrinya pasti rumah tangganya tidak semengerikan ini. Dia juga jadi ingat bahwa pertemuannya dengan Woo Jin lah yang membuat hubungannya dengan Hye Won tak berjalan mulus. Lalu tibalah Woo Jin dan Joo Hyuk bertengkar hebat, datang sebuah kesempatan bagi Joo Hyuk untuk kembali ke masa lalu untuk merubah takdirnya. 


Joo Hyuk kemudian merubah hal-hal di masa lalu hingga akhirnya terbangun dalam takdir yang sama sekali berbeda. Ia akhirnya telah menikah dengan Hye Won sebagaimana yang diimpikan. Awalnya ia merasa sangat bahagia, namun kemudian ia menyadari bahwa bukan itu takdir yang diinginkannya. Apalagi ketika takdir kembali mempertemukannya dengan Seo Woo Jin yang sama sekali berbeda ketika menjadi istrinya.

Woo Jin di kehidupan yang sekarang sangat ceria dan manis sama seperti saat mereka pertama bertemu. Joo Hyuk semakin panas ketika sahabatnya mengaku mencintainya Woo Jin. Woo Jin sendiri merasa ada yang aneh dengan hatinya. Ia tahu Joo Hyuk telah beristri, tapi kenapa jantungnya selalu berdebar pada Joo Hyuk. 16 episode yang ciamik dijamin bakal bikin kita gagal move on dari chemistry yang dibangung Han Ji Min dan Ji Sung Ini.

Takdir itu indah atau tidak tergantung dari sudut pandang kita menyikapinya. Rasa syukur atas apa yang kita miliki sekarang adalah kunci menjalani setiap jalan hidup yang ditakdirkan untuk kita.

Dari lima drama korea tentang pernikahan di atas manakah yang sudah teman-teman lihat? Atau ada referensi drakor tentang pernikahan lainnya yang asyik ditonton, boleh dong aku dibisikin. Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari hiburan ya. 


Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul Ini 5 Drakor Tentang Pernikahan yang Wajib Banget Ditonton Bareng Suami. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

1 comments

  1. Dan aku udah pernah nonton yng Go Back Couple mbak
    ehhh belum nikah juga sih heheee
    TFS sharing artikelnya mbak Marita ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com