Percaya Diri dan Bebas Anyang-anyangan bersama Prive Uricran



Assalammualaikumwarohmatullahi wabarokatuh.

Pernah mengalami Infeksi Saluran Kencing (ISK)? Aku pernah, dan nggak mau deh terulang lagi. Karena sakitnya tuh di sini…. lah malah nyanyi. Suakit banget. Bahkan saking parahnya, aku sempat kencing darah saat itu. Ngilu deh kalau mengingat kejadian itu. Cerita lengkap tentang pengalaman tersebut sudah pernah kuceritakan juga di blog, boleh lo kalau mau tengok, di sini ya.
 Yang pasti pengalaman itu sudah bikin aku kapok dan nggak mau lagi merasakan hal yang sama. Aku mulai memperbaiki gaya hidup, terutama kebiasaanku yang suka menahan kencing. Setelah lamaaaa banget nggak pernah merasakan anyang-anyangan, beberapa waktu lalu aku mengalaminya lagi. Duh, nggak enak banget rasanya. Kebelet buang air kencing, tapi begitu dibawa ke kamar mandi, keluarnya cuma sedikit. Begitu terus sampai bolak-balik ke kamar mandi entah berapa kali.

Perasaan sudah banyakin minum air putih dan mencoba tidak menahan pipis, kenapa kumat lagi ya anyang-anyangannya? Pertanyaan tersebut akhirnya terjawab dalam acara Women’s Community 2019 yang digelar oleh Prive Uricran di Hotel Noormans Semarang pada hari Sabtu, 6 Juli 2019.


Dalam kesempatan tersebut dua narasumber yang sama-sama cantik; ibu Michele Talitha dan dr. Olivia Franciska Laksmana, S.pOG. Dua-duanya memberikan penjelasan tentang Infeksi Saluran Kencing, anyang-anyangan dan cara mengatasinya secara komplit dan saling melengkapi.

Kenalan sama ISK Yuk!

ISK itu adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, infeksi ini bisa muncul karena adanya mikroba. Sebagian besar dari kasus ISK disebabkan oleh bakteri, kadang-kadang juga bisa karena jamur ataupun virus. Fyi, ISK ini infeksi yang paling umum terjadi pada manusia. Salah satu ciri yang nampak dari ISK adalah terjadinya anyang-anyangan. Dan ternyata anyang-anyangan ini tidak hanya terjadi pada perempuan lo, pals. Anak-anak dan pria pun bisa mengalami anyang-anyangan, cuma memang sangat jarang.


Terus kenapa sih yang sering kena ISK itu perempuan? Ternyata salah satunya karena bentuk fisik alat kelamin kita yang memang berdekatan dengan anus, biasanya bakteri merembet dari situ. 80% kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E.coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Bakteri ini hidup di saluran pencernaan manusia dan dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses. Nah, seringnya bakteri ini secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di saluran kemih, timbullah ISK.

Aku manggut-manggut banget nih waktu mendengar penjelasan itu. Jadi ternyata ISK bisa terjadi bukan hanya karena kurang minum air putih dan menahan pipis semata, bakteri e.coli ini justru yang menjadi penyebab utama. Terus gimana bakteri itu bisa masuk ke saluran kemih?


1. Toilet yang kurang bersih, apalagi toilet sekarang kebanyakan toilet duduk. Duh, habis dipakai orang nempel ke kulit kita. Makanya aku paling nggak bisa deh pakai toilet duduk di ruang publik.. geli gimana gitu.

Air yang kotor ternyata juga bisa jadi penyebab bakteri masuk. Ini juga menjadi alasan kenapa perempuan juga lebih banyak terkena ISK karena saat membasuh setelah buang air kecil harus menggunakan air, padahal airnya bisa jadi tidak bersih.

2. Cara yang salah saat membasuh organ intim. Nah ini, kadang suka salah dari belakang ke depan. Ini yang bikin bakteri e.coli mampir deh ke organ intim. Yuk diingat-ingat, yang bener itu dari depan ke belakang.

3. Menahan buang air kecil juga bisa membuat bakteri e.coli lebih mudah berkembang.

4. Hubungan seksual juga bisa jadi salah satu cara, terutama yang having sexual with multipartners. So, don’t try this at home ya, pals.

Cara Asyik Mengatasi Anyang-anyangan dan ISK


Pastinya nggak adalah yang mau mengalami anyang-anyangan dan ISK, tapi bagaimana dong cara mengatasi dua hal ini dengan asyik. Minum setiap hari sudah, tidak menahan kencing juga sudah, rajin ganti celana dalam dan pembalut saat sedang menstruasi sudah, tapi kok masih saja beberapa kali mengalami anyang-anyangan. Bagaimana ya?

Ada yang menanyakan hal tersebut selain aku? Yeee, tossss! Tapi sekarang aku sudah nggak bertanya-tanya karena sudah dapat jawabannya. Mau tahuuuu?


Sini aku bisikin… jadi ada satu solusi yang sudah sangaaat lama diteliti di dunia. Yaitu rajin mengonsumsi CRANBERRY! Usut punya usut nih, cranberry efektif mencegah ISK karena kaya akan kandungan proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Cranberry ini dapat mengurangi angka kejadian infeksi karena bakteri E.coli pada saluran kemih sebesar 36%, serta menurunkan 58% angka kejadian ISK berulang. Sayangnyaa…. di Indonesia nggak ada cranberry, hiks. Kalau mau beli harus impor dan harganya pun tentu saja tidak murah. Terus bagaimana dong?






Bersyukurlah karena sejak 2016, sudah hadir Prive Uricran di Indonesia persembahan dari Combiphar. Ekstrak Cranberry pertama di Indonesia. Mengonsumsi Uricran secara rutin dapat membantu mencegah anyang-anyangan dan ISK sehingga tidak perlu konsumsi antibiotik.

Pengalamanku dulu waktu kena ISK dan diberi antibiotik oleh dokter, ketika antibiotik tak dihabiskan sesuai jadwal, tubuh malah jadi kebal. Akhirnya ketika diminumi antibiotik lagi, sakitnya nggak bisa hilang, malah semakin berlipat-lipat.

Fyi, kata dokter Olivia, dokter pun sebenarnya tidak boleh asal memberi antibiotik. Jika tidak terjadi adanya infeksi, antibiotik tidak boleh asal diberikan. Cara kerja antibiotik adalah dengan mematikan seluruh bakteri yang ada di dalam tubuh, termasuk juga bakteri baiknya. Padahal tubuh juga butuh bakteri baiknya. Selain itu sebenarnya antibiotik tidak bisa mencegah anyang-anyangan berulang.


Nah, daripada kita merusak tubuh dengan terlalu banyak mengonsumsi antibiotik, mendingan cari yang aman saja deh. Aku sendiri sudah kenal Prive Uricran sejak 2017. Uricran jadi teman terbaikku untuk mencegah anyang-anyangan. Prive Uricran hadir dalam dua jenis; Uricran Capsule dan Uricran Plus. Kalau aku sih senang yang Uricran Plus karena berasa sedang minum jus buah segar gitu deh, apalagi diminum saat siang hari yang panas, diseduh pakai air dingin…. segarnyaaaa…. Cara bikinnya mudah banget kok, aku sudah pernah bikin videonya nih. Cuzz silakan ditonton.


Alhamdulillah, senang banget lah bisa hadir di acara Prive Uricran’s Women Community 2019 hari Sabtu lalu, jadi reminder buat diri sendiri tentang pentingnya menjaga kesehatan! Teman-teman, stay healthy always ya...

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #semarang

Post a Comment

0 Comments