Trans Semarang; Wujud Nyata Transportasi Umum Nyaman, Aman dan Selamat



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Transportasi adalah salah satu bagian dari hidupku. Bisa dibilang aku bisa makan dan sekolah karena hasil kerja keras bapakku di bidang transportasi. Ya, bapakku adalah seorang supir bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengemudikan bus di atas jalan berkelok-kelok demi menafkahi keluarganya. Saat para penumpang tidur, bapak harus tetap waspada, agar bisa membawa para penumpang sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Dikarenakan besar sebagai anak dari seorang supir, maka transportasi adalah salah satu hal yang cukup menarik minat dan perhatianku. Dulu zaman sekolah dan tinggal di Salatiga, aku pengguna setia transportasi publik. Saking setianya, aku sampai merasa santai saja ketika tidak lancar mengendari kendaraan bermotor. Pikirku saat itu, “selama masih ada angkutan umum, ngapain harus bisa naik motor.” 

Namun ketika pada tahun 2003 aku melanjutkan kuliah di Semarang dan mulai menjalani profesi sebagai guru les private yang harus berpindah-pindah lokasi dalam sehari, barulah aku merasa kalau transportasi umum di Semarang saat itu sungguh belum memadai. Aku masih ingat betapa lamanya menanti angkutan umum hingga bermenit-menit. Belum lagi kalau angkutan yang sedari tadi ditunggu ternyata penuh sesak oleh penumpang. Tapi kalau penumpangnya sedikit, angkutan umum bisa lama berhenti di satu titik sampai setidaknya ada cukup penumpang, baru perjalanan dilanjutkan.




Duh, sedihnya. Aku merasa saat itu sering membuang waktu hanya untuk menanti angkutan umum dan merasakan ketidaknyamanan dalam perjalanan. Jadilah aku mulai belajar mengendarai motor dengan benar agar tidak merasakan perihnya menanti dan berdesakan di angkutan umum.

Selain ketidaknyamanan yang kurasakan, aku juga beberapa kali merasa tidak aman saat harus melakukan perjalanan pulang-pergi Semarang - Salatiga menggunakan bus-bus kecil antar kota. Selain karena usia armada bus yang seringkali tak diperhatikan, sehingga kondisinya tak layak pakai. Ada oknum-oknum jahat yang suka melakukan pelecehan seksual terhadap penumpang perempuan. Mengerikan!

Karena hal itulah aku mulai jarang menggunakan moda transportasi umum. Bagaimanapun kenyamanan, keselamatan dan keamanan adalah tiga hal yang sangat penting ketika kita melakukan perjalanan. Ketika tiga hal tersebut tidak didapatkan, tentu sepanjang perjalanan akan merasa cemas dan deg-degan.




Namun itu dulu, karena sekarang alhamdulillah di Semarang sudah ada Trans Semarang! Salah satu moda transportasi umum yang kuidam-idamkan selama ini. Jika selama ini aku nonton drama Korea dan melihat bus-bus Korea begitu nyaman, dengan halte-halte yang bagus, kini aku bisa merasakannya sendiri. Tentu saja hal ini tidak lepas dari Departemen Perhubungan yang terus memperbaiki kinerja dan pelayanannya.

Mengenal Trans Semarang


Trans Semarang merupakan nama populer dari BRT di Semarang. Merupakan sebuah sistem angkutan yang sangat murah, nyaman dan aman bagi pengguna transportasi umum di kota Semarang. BRT Trans Semarang mulai beroperasi sejak 2009. Awalnya dilakukan dengan sistem Sewa Asset Bus Trans Semarang antara Pemerintah Kota Semarang dengan PT Trans Semarang, dengan masa sewa selama 1 (satu) tahun sejak 17 September 2009 s/d 16 Sepetember 2010. Namun terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2010, pengelolaan BRT Trans Semarang secara resmi dikelola oleh BLU UPTD Terminal Mangkang. 

Dari pengamatanku, selama kurang lebih 10 tahun BRT Trans Semarang beroperasi, fasilitas dan layanannya semakin baik dan terus terlihat peningkatannya. Membuat para penggunanya nyaman dan puas.




Setelah Jakarta, Kota Semarang dianggap sebagai salah satu kota paling sukses dalam menyelenggarakan sistem BRT. Oleh karenanya, Trans Semarang ditunjuk sebagai salah satu kota yang dijadikan percontohan. Bangganya aku jadi warga Semarang. 

Hingga hari ini Trans Semarang sudah memiliki 7 koridor. Pada akhir 2019 berencana akan menambah 1 koridor. Pada 2020 sudah direncanakan akan menambah koridor feeder menjadi 11 dengan rata-rata penumpang per hari 33 ribu orang. Keren kan?



nyaman, bersih, aman dan selamat bersama Trans Semarang

Trans Semarang juga dianggap sebagai salah satu perusahaan BRT yang telah berhasil menjalankan pembayaran secara non tunai. Bahkan BRT Jogja pun jauh-jauh datang ke Semarang untuk belajar mengenai sistem pembayaran non tunai ini lo. Semakin bangga deh aku jadi orang Semarang.

5 Kelebihan Trans Semarang


Dari yang kurasakan, Trans Semarang memiliki 5 kelebihan yang patut diacungi jempol. Ini dia kelebihannya:

Terjangkau



Untuk bisa menikmati pelayanan Trans Semarang yang nyaman, kita nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam, yaitu; ticket untuk umum Rp. 3.500,00 ( tiga ribu lima ratus rupiah) dan tiket untuk pelajar/ mahasiswa hanya Rp. 1.000,00 (seribu rupiah). Harganya bisa sangat murah karena harga tiket tersebut 50% - nya disubsidi oleh pemerintah kota Semarang. Selain itu rute jauh dekat, penumpang hanya cukup bayar 1 (satu) kali tiket. Jadi selama masih mengantongi tiket/ bukti pembayaran dan melakukan perjalanan dalam waktu terusan, nggak perlu beli tiket lagi. Enak banget kan?

Aman



Pengguna jasa BRT memperoleh rasa aman dari segala gangguan. Seperti yang aku ceritakan di atas tentang kasus pelecehan seksual yang seringkali ditemukan di moda transportsi umum, insya Allah di Trans Semarang hal tersebut tidak akan terjadi karena area antara penumpang lelaki dan perempuan dipisah. 

Penumpang lelaki hanya diperbolehkan di area depan, dan penumpang perempuan di area belakang. Selain itu ibu hamil dan yang bawa anak kecil mendapat tempat duduk prioritas. 

Nyaman


Haltenya keren dan nyaman

Kenyamanan menikmati jalanan di Semarang dapat dirasakan karena Trans Semarang menggunakan bus AC dengan waktu tunggu penumpang yang bisa diandalkan. Sudah ada jadwal yang jelas. Halte BRT pun kini didesain dengan nyaman sehingga penumpang bisa menanti kedatangan BRT tanpa merasa lelah dan mengeluh. Meski beberapa kali jadwalnya tidak terlalu tepat, namun waktu tungguhnya masih bisa ditolerir. Busnya pun bersih dan wangi. Petugasnya juga ramah dan cekatan.

Cashless



Selain bisa membayar dengan tunai, Trans Semarang pun menyediakan fasilitas pembayaran non tunai dan tiket berlangganan E-ticketing. Bahkan saat ini pengguna jasa Trans Semrang dapat menikmati promo Go Pay cashback 50%. Jika naik dari Halte Balaikota dan halte Simpang Lima. Penumpang bisa membayar dari vending machine hanya dengan Rp.10,-. Promo ini berlaku hingga 31 Oktober 2019. Selain itu ada juga promo LinkAja cashback 50% hingga 31 Desember 2019.

Merata



Tidak ada hal yang paling menyenangkan soal transportasi selain bisa digunakan secara merata. Trans Semarang meski belum menjangkau semua titik di Kota Lunpia ini, namun koridor yang disediakan sudah cukup merata. Ada 7 koridor yang sudah berjalan:

  • Koridor 1 : Mangkang – Penggaron
  • Koridor 2 : Terboyo – Sisemut, Ungaran 
  • Koridor 3 : Pelabuhan Tanjungmas – Taman Diponegoro
  • Koridor 4 : Cangkiran – Bandara A Yani.
  • Koridor 5 : Meteseh – PRPP
  • Koridor 6 : UNDIP – UNNES
  • Koridor 7 : Genuk - Balaikota

Berhubung aku tinggal di Semarang dan menghabiskan waktu-waktuku di kota ini, maka rujukanku soal transportasi aman, selamat dan nyaman tentu saja Trans Semarang. Aku bersyukur karena dengan adanya Trans Semarang, aku tak lagi mengalami hal-hal buruk di masa-masa kuliah saat bepergian menggunakan transportasi publik. Aku berdoa semoga ke depannya Departemen Perhubungan bisa menyediakan moda transportasi umum yang fasilitasnya semakin baik dan pelayanannya semakin oke.



saking nyamannya naik Trans Semarang bisa asyik selfie deh

Semoga teman-teman di daerah lain bisa merasakan apa yang kunikmati saat melakukan perjalanan menggunakan Trans Semarang. Maju terus transportasi umum di Indonesia, maju terus Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Buat teman-teman yang mau tahu ada perkembangan dan informasi baru apa saja di Departemen Perhubungan, jangan lupa untuk mengikuti beritanya di:


Website Kemenhub:

Sosial media:


Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Post a Comment

1 Comments

  1. Kenyamanan, keamanan memang sangat penting dan kita butuhkan saat bepergian ya Mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com