5 Cara Menikmati Wisata Alam Murah Meriah di Santosa Stable



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Siapa sih yang tak kenal Santosa Stable? Salah satu pilihan wisata keluarga yang sudah booming sejak kurang lebih 3-5 tahun terakhir ini. Aku sendiri sudah berulangkali mendengar namanya, sudah pula kucatat dalam MUST VISIT LIST-ku bareng keluarga, namun baru bulan Agustus kemarin berkesempatan untuk mengunjunginya.

Salah satu alasan kenapa aku dan suami maju mundur cantik sebelum memutuskan untuk berwisata ke Santosa Stable adalah simpang siur informasi terkait biaya masuk ke lokasi ini. Sepertinya dulu di awal Santosa Stable dibuka, tiket masuknya sudah sekaligus tiket berkuda sehingga dipatok sekian puluh ribu. Yang pasti saat mendengar nominalnya, aku dan suami cuma bisa berpandangan satu sama lain. Hmm, kayanya kalau sekeluarga ke sana kudu nabung dulu deh. Belum buat jajannya anak-anak dan endebra endebre lainnya.

Hingga kemudian aku mendapat kabar kalau sekarang tiket masuk Santosa Stable cukup terjangkau. Kita pun tidak harus berkuda ketika ke sana. Sebuah angin segar buat keluarga kami. Maklum kami kan pencari wisata alam yang murah meriah, hehe. 




Dari hasil googling ke sana ke mari, kami mendapat informasi kalau tiket masuknya sebesar Rp 10.000/ orang. Namun ternyata saat itu tiketnya sudah naik menjadi Rp 15.000/ orang. Seingatku sih, saat itu Affan belum dikenai charge. Selain tiket masuk, siapkan juga uang receh untuk tiket parkir. Untuk parkir mobil biayanya Rp 5000 dan untuk parkir motor biayanya Rp 2000. Masih terjangkau lah ya?

5 Cara Wisata Murah Meriah di Santosa Stable


Santosa Stable bertempat di Lendoh, Leban, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51381. Meski alamatnya tertera di Kabupaten Kendal, namun sebenarnya lokasi Santosa Stable masih berada di kawasan Gunung Pati. Nggak terlalu jauh kok, gaess. Jalan masuknya sih yang lumayan cukup berliku. Tapi seru sih kalau naik motor bareng anak-anak.

Pasti banyak yang bertanya-tanya ya, kalau di Santosa Stable nggak berkuda, terus mau ngapain di sana? Ini nih 5 hal yang aku lakukan bersama keluargaku saat berwisata alam di Santosa Stable.

1. Foto-foto





Yang ini wajib dong ya. Sebagai keluarga milennial dan demi feed Instagram, foto-foto di sebuah lokasi wisata nggak boleh terlupa. Apalagi jika sudah bertemu dengan frase no picture, hoax! Maka, inilah hal pertama yang kami lakukan begitu menginjakkan kaki di Santosa Stable. Meski akhirnya diprotes anak-anak, terutama si kakak, “Ayah, Bunda… kapan jalan-jalannya, kok foto-foto melulu, wkwkkw.” 

Baiklah… jangan sampai keinginan untuk mendokumentasikan kenangan malah justru merusak kenangan itu sendiri, pals. Kalau sudah foto sekali dua kali, simpan kamera atau HP nya, dan fokuslah bersama keluarga. Karena sejatinya kenangan abadi tersimpan jauh di lubuk hati!

2. Menikmati Alam







Hal kedua yang bisa dilakukan di Santosa Stable tanpa perlu merogoh kocek selain tiket masuk yaitu menikmati pemandangan alam yang begitu hijau dan indah. Beruntungnya anak-anakku nggak terlalu ribet saat diajak jalan. Begitu lihat awan biru, gunung menjulang dan awan-awan putih yang indah beserta pepohonan hijau yang menyejukkan, mereka sudah sangat takjub dan menikmati ciptaan Allah tersebut dengan khusyuknya. Khusyuk ala anak-anak itu bukan duduk tenang lo ya. Alias asyik berlarian menikmati udara yang segar.

3. Mainan Anak-anak



Meski tidak dalam kondisi terbaik, namun ada beberapa wahana mainan anak yang bebas dipakai. Ada ayunan, prosotan dan mainan yang semacam tangga setengah lingkaran itu lo, apa sih namanya? Kadang kalau dipikir-pikir lucu juga, jauh-jauh ke Santosa Stable, ujung-ujungnya ke wahana main juga, wkwk. Namun aku dan suami jadi bisa selonjoran sih, sambil melihat anak-anak lari-lari berpindah dari satu mainan ke mainan lain. Cukup untuk mengumpulkan tenaga untuk kembali mengejar Affan setelah dia bosan dengan mainan yang ada.

4. Keceh di Sungai





Kegiatan ini yang paling menarik dan berkesan buat anak-anakku. Mereka excited sekali ketika kami ajak berjalan-jalan menuju lokasi sungai ini. Maklum anak perumahan nggak pernah lihat sungai, ketemunya cuma sama got, hehe. Saking asyiknya bermain air, mereka hampir nggak mau diajak beranjak dari tempat ini. 


taken from Blog IstanArina - Mbak Arina Mabruroh


Oh ya, sebenarnya di Santosa Stable juga ada kolam renang untuk anaknya kok. Cuma waktu kami ke sana, kami nggak persiapan bawa baju renang, sehingga ya nggak mencoba cari tahu lokasinya di sebelah mana. Mungkin nanti kalau ke sana lagi bakal ke kolam renangnya sih. Soalnya dari info yang aku dapat, untuk menikmati fasilitas renang, kita nggak perlu membayar lagi. Asyiiik, emak-emak demen banget nih yang begini, hehe.

5. Menonton Kuda




Buat yang kantongnya terbatas sepertiku, tapi mupeng piknik ke Santosa Stable. Jangan sedih gaess, kalau belum bisa menikmati naik kuda, ya sudah lihat-lihat kudanya saja dulu. Kalau cuma mau lihat-lihat kudanya saja, gratis kok, tenang saja. Dan ternyata anak-anakku lihat kuda saja sudah cukup excited kok. Malah saat iseng kutawari mau naik kuda atau nggak, mereka kompak menjawab, “nggak mauu. Takuut. “





Oh ya, untuk menghilangkan rasa sedih karena nggak bisa naik kuda beneran, mungkin naik kuda seperti ini bisa jadi obatnya, hehe. Di depan photo spot ini, ada kapal-kapalan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pacuan kuda ataupun sawah hijau nan luas. 

Kenalan dengan Santosa Stable dan Fasilitasnya


Buat teman-teman yang masih kepo dan belum tahu Santosa Stable itu apa, aku bisikin informasi yang kudapat dari website officalnya. Santosa Stable adalah fasilitas olahraga berkuda bertaraf Internasional yang didukung oleh instruktur profesional. Klub Santosa Stable menyediakan tempat berlatih berkuda yang nyaman, representatif, udara sejuk, dan panorama yang indah.

Fasilitas Santosa Stable


Santosa Stable memiliki lebih dari 30 ekor kuda dari berbagai jenis, termasuk beberapa shetland pony yang tingginya hanya sekitar 80 cm. Tersedia kuda private dan kuda klub yang bisa digunakan untuk belajar berkuda, trekking keliling desa, foto pre-wed, dll.

Santosa Stable menfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti : menginap, kemah/camping ground, gathering, meeting, training, fieldtrip, outbound, adventure, paket wisata link, dll.

Ini nih daftar fasilitas kece yang ada di Santosa Stable:


1. Sekolah Berkuda

Sekolah Santosa Stable merupakan klub berkuda yang berkualitas, melatih baik pemula maupun atlet berkuda secara profesional, program pelatihan dilakukan secara intensif, khususnya bagi atlet yang siap berkompetisi. Pelatihan berkuda yang dikemas secara profesional terbuka bagi member maupun non-member, tersedia juga paket-paket khusus bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk biaya sekolah berkudanya ada bermacam-macam pilihan, kisaran Rp 150.000 - Rp 2.000.000,-.



2. Outbound & Gathering

Selain memfasilitasi para atlet berkuda, Santosa Stable juga dilengkapi dengan paket outbound, gathering dan wisata edukasi. Jadi buat teman-teman yang mau mengagendakan piknik PAUD, TK atau dawisnya, bisa lo ke sini. Ada beberapa pilihan paketnya. Salah satunya Paket Wisata Dewi Sembrani.

Dewi Sembrani adalah kependekan dari Desa Wisata Semangat Berkuda dan Bertani. Desa Wisata ini mencakup dua desa, yakni Desa Leban dan Desa Pasigitan yang terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.




Sesuai dengan namanya, Dewi Sembrani menawarkan potensi wisata yang menonjolkan aktivitas berkuda dan bertani. Di dalam kawasan Desa Wisata tersebut terdapat sekolah berkuda Santosa Stable yang memiliki kuda import dan kuda lokal, dilengkapi dengan fasilitas arena lapangan yang luas dan perlengkapan yang memadai.

Pemandangan alamnya sangat indah, dengan hamparan persawahan terasiring di antara perbukitan yang indah dan menawan. Didukung aktifitas kegiatan penduduk bertani dan berkebun, suasana lingkungan sangat menyenangkan, nyaman dan tenang. Terdapat peninggalan sejarah yang sangat unik, yaitu berupa petilasan tapak kuda sembrani di bebatuan sungai Kedung Ndoro.

Paket Pilihan Wisata Edukasi


3. Villa

copyright by istanArina by mbak Arina Mabruroh

Di Santosa Stable, terdapat dua buah villa yang berbentuk limasan dengan dihiasi arsitektur Jawa. Villa tersebut berada di bagian paling atas dari objek wisata berkuda Santosa Stable. Di lokasi ini, kita bisa menikmati pemandangan objek wisata dan lansekap persawahan dari villa tersebut. Pasigitan & Leban adalah nama dua desa yang berada tepat berhimpitan dengan objek wisata Santosa Stable, yang kemudian dijadikan sebagai nama villa.




4. Camping

Yang ingin menikmati Santosa Stable dengan lebih berbeda dan bebas, berkemah bisa menjadi pilihan paling tepat.




5. ATV & Panahan

Selain olahraga berkuda, Santosa Stable juga memiliki wahana panahan dan ATV. 



6. Pre Wedding Session



Santosa Stable menawarkan konsep foto Prewedding yang unik yaitu dengan icon kuda. Tak hanya untuk foto prewedding namun juga bisa digunakan untuk berbagai macam photo session, shooting maupun kebutuhan media yang lainnya.

Masih butuh diyakinkan betapa worth it jalan-jalan ke Santosa Stable, cuzz silakan menikmati video pendek ini:



Asyik kan berwisata di Santosa Stable? Bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mau berwisata ke Santosa Stable tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, bisaaa. Tapi kalau teman-teman punya extra budget sih, aku rekomendasikan untuk mencoba semua fasilitas yang ada di sana. Biar lebih puas. 

Buat yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Santosa Stable, bisa menghubungi:

Contact Person: +6281 234 567 199

Semoga bermanfaat. 

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Post a Comment

8 Comments

  1. Saya jadi ingin segera liburan ke Santosa Stable nih Mbak hehe.

    ReplyDelete
  2. Murah banget ya Mbak ternyata tiket masuknya, wajib dicoba nih heheh.

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak banget ya fasilitas yang diseiakan di Santosa Stable.

    ReplyDelete
  4. Seru banget pastinya kalau di Santosa Stable dilengkapi dengan kolam renang.

    ReplyDelete
  5. Saya jadi ingin naik kuda juga heheh, baru sekali saya ngerasain naik kuda.

    ReplyDelete
  6. Jadi semakin lengkap aja nih Santosa Stable, semakin nyaman dengan adanya fasilitas vila.

    ReplyDelete
  7. Disini ni tempat yang bisa aku nemuin kuda thanks mbak info nya

    ReplyDelete
  8. Waaahh mantap Mbak😉

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com