3 Penggunaan Bitcoin yang Mengejutkan Untuk Membeli Barang Dasar


3 Penggunaan Bitcoin yang Mengejutkan Untuk Membeli Barang Dasar

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hi, pals. Kali ini aku mau ajak kalian untuk ngobrol tentang masalah duit. Siapa sih yang nggak senang ngobrolin duit, apalagi kalau nggak cuma ngobrol tapi dapat duit segepok ya? Nah, di zaman digital ini duit nggak cuma yang kita lihat dan pegang sehari-hari. Kini sudah ada yang namanya Bitcoin. Hayooo sudah kenal belum sama Bitcoin?

Berkenalan dengan Bitcoin


Menurut Wikipedia,

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali. Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali dideskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks.

Singkatnya, Bitcoin adalah sebuah terobosan di bidang keuangan. Dikembangkan untuk menjadi mata uang alternatif di dunia digital. Hari demi hari Bitcoin semakin membuat orang tertarik. Tidak hanya untuk berinvestasi, namun kini juga mulai dipakai secara luas dalam proses jual beli pada kehidupan sehari-hari.


Dengan semakin meningkatnya kepopuleran dan implementasi dari mata uang Bitcoin, kita bisa mulai bertanya, apa sih yang bisa dibeli dengan mata uang kripto ini. Faktanya, kita bisa menggunakan Bitcoin untuk membayar berbagai macam jasa dan juga barang secara online. Ini semua berkat dukungan komunitas mata uang kripto sebagai pondasi demi meyakinkan marketplace untuk menerima pembayaran menggunakan Bitcoin.

Apalagi tahun ini, Bitcoin bergerak dari hobi komunitas mata uang kripto menjadi fenomena investasi yang sangat tinggi nilainya. Walaupun nilainya terus bergerak di pasar secara fluktuatif, dimana bisa menjadi kekurangan dari mata uang ini. Namun banyak kelebihan lain jika kita sandingkan dengan mata uang biasa yang membutuhkan waktu konfirmasi pembayaran sampai biaya spread yang diterapkan bank.


Penggunaan Bitcoin dalam Pembelian Kebutuhan Dasar


Bitcoin bisa menjadi solusi pembayaran internasional karena kini semakin banyak toko yang menerima pembayaran melalui mata uang kripto ini. Berikut 3 penggunaan Bitcoin yang mengejutkan bisa kita gunakan untuk membeli barang dan jasa.

Windows dan Konten Xbox


Ternyata Microsoft sudah sejak 2014 menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Walaupun perusahaan Amerika ini sempat menahan pembayaran Bitcoin di awal 2018 karena masalah sistem, sampai sekarang Bitcoin tetap diterima oleh Microsoft.

Kita bisa menggunakan Bitcoin untuk membeli games, film, dan berbagai Apps di Windows dan Xbox. Namun kita tidak bisa memindahkan uang tersebut dalam toko online Microsoft. Pastinya karena fluktuasi harga Bitcoin yang tinggi, resiko bisa saja ada, saat harga Bitcoin sedang jatuh. Dan perusahaan ini menghindari hal tersebut.

Kopi


Sejak Agustus 2018, raksasa kopi Starbucks mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Microsoft dalam aplikasi baru bernama Bakkt. Starbucks nantinya akan menerima pembayaran dari Bakkt yang dijual dalam aplikasinya, sehingga Anda bisa melakukan pembelian Latte harian kita menggunakan koin.

Aplikasi yang telah meluncur sejak November tahun lalu ini, memiliki desain untuk membuat mata uang kripto lebih mendapat akses bagi publik. Terlebih mereka berhasil menggaet banyak investor, pemilik toko dan konsumen bersama-sama dalam satu atap.

Dekorasi Rumah


Apa teman-teman tertarik untuk membeli meja makan baru atau seprai untuk kasur misalnya? Kita bisa mengunjungi Overstock untuk melakukan pembelian barang-barang itu. Toko online ini menjual berbagai jenis barang mulai dari mainan anak-anak sampai alat elektronik. Namun sebagian besar katalog mereka berisi perangkat interior rumahan.

Perusahaan tersebut sudah mulai menerima Bitcoin sejak 2014. Hari ini, Overstock menerima lebih dari 60 mata uang kripto berkat kerjasama mereka dengan ShapeShift. Situs ini mendukung pembayaran lewat koin populer lainnya seperti Ether, Litecoin sampai Dash.

Kita bisa mencoba menggunakan Bitcoin dengan pilihan Gift Card dulu jika ragu akan metode pembayaran yang satu ini.

Overstock yang merupakan kompetitor dari Amazon dalam beberapa tahun terakhir, menjadi retail raksasa pertama yang menerima pembayaran Bitcoin. Hal ini disebabkan ketertarikan dari CEO mereka terhadap mata uang kripto. Terlihat dari peluncuran ICO sebesar $250 juta melalui anak perusahaan mereka, tZero.

Kesimpulan


Ketiga contoh yang sudah kita bahas di atas menunjukkan bahwa semakin meluasnya pembayaran menggunakan mata uang kripto. Dan tentu saja, ada banyak hal lagi yang bisa kita beli dan belum aku sebutkan di sini. Kita bisa menggunakan Bitcoin untuk membeli hosting situs, desain situs, studio foto, sampai berbagai macam games. Hmm, kalau di Indonesia ada yang tahu marketplace atau aplikasi yang sudah menerima uang kripto ini? Menurut para ahli keuangan sih akan semakin banyak perusahaan yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin ke depannya.

Tentunya hal ini tak lepas dari kontribusi marketplace yang menerima pembayaran lewat mata uang kripto. Selain itu juga karena usaha dari komunitas kripto dalam memperkenalkan Bitcoin kepada masyarakat di seluruh dunia. Pastinya marketplace juga ingin menjaring semakin banyak konsumen potensial, dan pengguna Bitcoin bisa lebih mudah dalam melakukan pembayaran.


Sistem tiga arah ini pada akhirnya menguntungkan semua pihak mulai dari penjual yang memfasilitasi pembayaran Bitcoin, pengguna Bitcoin, bahkan tingkat kepercayaan mata uang kripto sendiri. Jika masing-masing variabel dalam sistem ini meningkat nilainya, dua pihak lainnya akan diuntungkan. Sistem komunitas yang dibangun Bitcoin diprediksi akan terus meningkat jika melihat tren keuangan digital ke depan.

Semakin maju dunia ini, semakin beragam pilihan di depan mata, termasuk mata uang! Semoga sedikit ulasan tentang Bitcoin ini bisa membuka mata teman-teman mengenai cryptocurrency. Yang tahu lebih banyak mengenai si Bitcoin ini, bisa lo berbagi cerita atau informasinya di kolom komentar, biar kita bisa sama-sama belajar. Terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa di celoteh-celotehku berikutnya!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter