Belajar dari Go Live Mbak Raidha: Dari Resep Homemade Setting Sampai Tips Skincare Paling Top!

homemade setting spray


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Salah satu cemilan yang jadi favorit saat sesi Go Live Buncek yaitu tutorialnya mbak Raidha tentang membuat homemade setting spray alias face mist. Meski aku juga belum tahu kapan bakal praktek resep ini, tapi simpan dulu deh di sini. Yang pasti saat mendengar mbak Raidha live, aku diingatkan untuk rutin CTMP kembali.

Aslikk, rada malu sebenarnya. Setelah artikel CTMP bercokol sebagai salah satu artikel paling banyak dicari di blog ini, mendadak semangatku untuk CTMP pudar, pals. Akibatnya? Yess, kulitku kembali kusam dan bikin aku kehilangan kepedeanku untuk selfie-selfie lagi, wkwk.

Lebih dari itu, aku jadi tahu bahwa konsistensi itu memang PR di segala bidang kehidupan. Dari soal ibadah, ngeblog, merawat wajah sampai nonton drakor… semua butuh konsistensi! Sekali jadwal dilanggar dan rem blong, bablas… Untuk memulainya lagi terkadang lebih sulit dari sebelumnya.

So, siapa yang mulai bolong-bolong CTMP-nya sepertiku? Yuk ah semangat lagi! Karena menua itu pasti, namun tua dengan tetap terawat itu soal ikhtiar. Yuk ah ingat lagi semangat kita bahwa CTMP adalah bagian dari self-care yang merujuk pada bentuk syukur terhadap pemberian Allah.

Resep Homemade Setting Spray


Sudah lama benernya aku pengen beli setting spray atau face mist, tapi dulu aku mikir buat apa ya? Toh aku jarang pakai make up. Kupikir setting spray itu hanya dipakai untuk ngeset make up biar lebih awet. Ternyata manfaat setting spray nggak cuma itu, pals.

go live bunda cekatan mbak raidha

Menurut mbak Raidha, setting spray alias face mist ini bisa berfungsi sebagai moisturizer alias melembabkan kulit. Jadi saat siang hari kulit mungkin terasa sangat kering, semprotin aja setting spray ini untuk bisa kembali menyegarkan dan memberi kelembaban kulit.

Selain sebagai moisturizer, setting spray juga biasa berfungsi sebagai base make up atau primer, dan juga sebagai closing dari semua sesi make up. Jadi beberapa waktu lalu pernah nonton IG story tentang tips agar skincare atau make up tetap awet buat wajah berminyak atau yang mudah keringatan, salah satunya yaitu dengan menyemprotkan face mist dulu di setiap step pemakaian skincare/ make up. Jadi skincare/ make up yang kita pakai lebih set, nggak mudah goyah karena keringat dan minyak.

Ternyata bukan cuma iman yang mudah goyah, make up dan skincare pun butuh dikuatkan, pals.

Mbak Raidha menjelaskan bahwa resep yang doi bagikan ini sudah ia pakai secara tahunan. Dia biasa buat untuk kulit normal to dry, namun kakaknya yang berwajah berminyak juga sudah membuat resep ini dengan ada penambahan bahan khusus untuk wajah berminyak. Jadi insya Allah DIY face mist bikinan mbak Raidha ini aman untuk jenis kulit apapun.

envy kulit glowingnya mbak raidha

Btw, mbak Raidha ini memang seorang beauty enthusiast sejati, pals. Jadi jangan takut nyoba resep ini. Berawal dari saat doi dulu kerja di bidang kecantikan dan realize bahwa sebenarnya skincare dan dunia per make-up an itu dibuat oleh satu tempat, tapi kemudian dikembangkan dan diberi merk berbeda-beda. Merk alias brand inilah yang bikin mahal. Dari fakta inilah, mbak Raidha mulai belajar bikin homemade skincare yang aman dan sudah terbukti. Tapi asli, glowing banget gaess wajah doi. Waktu liat sesi go live-nya, aku benar-benar envy banget lihat kulit sehat dan glowingnya doi.

Bahan-bahan dalam Resep Homemade Setting Spray

Oke deh, cuzz ini dia bahan-bahan dan peralatan yang harus disiapkan:

1. Botol Kosong

botol kosong untuk homemade setting spray

Pastinya pakai yang model pump atau yang bisa buat semprot-semprot ya, pals. Bisa beli botol baru atau pakai botol yang sudah ada, misal botol cologne atau botol face mist yang udah habis. Jangan lupa untuk cuci dulu botolnya pakai air panas, biar lebih hygienis.

2. Aloe Vera Gel

aloe vera gel untuk homemade setting spray

Silakan mau pakai merk apa aja. Nature Republic (NatRep) boleh, dari Wardah boleh, dari Herborist juga boleh. Atau aku baru nemu kemarin dari Roro Mendut juga ada. Tapi kalau rekomendasi dari mbak Raidha sih merk The Saem. Alasannya bau alkoholnya nggak semenyengat NatRep, tapi setelah diaplikasikan efeknya sama kaya NatRep. Sementara kalau merk-merk lokal, mbak Raidha sih merasa belum ada yang seoke buatan Korea.

Komposisi Aloe Vera Gel ini 25% ya pals atau sekitar 1 sendok makan, kalau resepnya untuk kulit normal to dry. Untuk kulit berminyak, komposisi aloe vera gelnya cukup 20%.

3. Glycerin

vegetable glycerin untuk homemade setting spray

Mbak Raidha menyampaikan kalau glycerin ini ada dua macam; carbo dan nabati alias vegetable glycerin. Amannya sih pakai yang vegetable glycerin. Komposisinya 5% atau sekitar 4- 5 tetes untuk kulit normal to dry. Sementara untuk kulit berminyak, komposisinya 10% ya pals.

Mbak Raidha juga berbaik hati untuk bagi-bagi link di mana bisa beli glycerin, pals.. cuzz langsung saja buat yang mau beli dan nyobain bikin resep DIY face mist ini.

Beli Vegetable Glycerin Gliserin Tanaman Murni:
https://tokopedia.link/kSGHCpITP3 di toko The Natural Rp25.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang! Dapatkan cashback 50% hingga 30Rb untuk pembelian pertama kamu dengan kode: TPSIT1830. Belanja? Tokopedia Saja!

Beli Vegetable Glycerin:
https://tokopedia.link/YIRoHnKTP3 di toko Kantin Organik Rp15.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang! Dapatkan cashback 50% hingga 30Rb untuk pembelian pertama kamu dengan kode: TPSIT1830. Belanja? Tokopedia Saja!

4. Air Mawar/ Air Mineral Biasa

air mawar untuk homemade setting spray

Bebas ya pals mau pakai air mawar atau air mineral biasa. Insya Allah nggak ada perbedaan fungsi, hanya saja kalau pakai air mawar hasilnya akan lebih wangi. Komposisinya 70 % untuk kulit normal to dry, sementara untuk kulit berminyak cukup 60%.

5. Astringent

astringent untuk homemade setting spray

Ini hanya jika kulit kita oily alias berminyak ya, pals. Jika kulit kita masuk normal to dry, skip saja bahan ini. Astringent mengandung ekstrak ada cucumber yang bisa mengurangi minyak berlebih. Komposisinya 10%.

Langkah-langkah Pembuatan Resep Homemade Setting Spray


Pertama-tama siapkan botol kosong yang sudah disterilkan/ dicuci dengan air panas. Lalu masukkan air mineral atau air mawar, komposisinya 70 % atau 60 % sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kita. Lalu setelah itu masukkan aloe vera.

Selanjutnya jika kulit kita berminyak, masukkan astringent. Baru di bagian akhir masukkan glycerin. Glycerin ini fungsinya untuk mengatur kekentalan. 

cara membuat homemade setting spray

Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam botol, kocok-kocok saja deh sampai semua tercampur. Jika masih merasa terlalu cair, bisa ditambahkan glycerin. Kalau sudah cocok, cuzz langsung aplikasikan ke wajah. Segarr, dijamin glowing kaya wajah mbak Raidha.

Bonus Skincare Tips dari Mbak Raidha


Selama ngobrol kurang lebih 45 - 60 menit di sesi go live tersebut, mbak Raidha juga berbagi tentang beberapa tips terkait skincare. Salah satunya bagi-bagi resep DIY krim malam buat yang punya flek hitam. Huhu, cucok banget nih buatku. Kayanya sih mudah, tapi belum dicoba sih, wkwk.

DIY Cream Malam untuk Flek Hitam dan Whitening


Bahan yang diperlukan untuk krim malam flek hitam:
1 sendok teh baby oil, 1 sendok makan gel lidah buaya dan 3/4 sendok teh glycerin.

Cara bikinnya mudah cukup campur saja semua bahan-bahan di atas hingga rata. Terus aplikasikan deh secara rutin ke wajah tiap malam. 

homemade night cream untuk wajah berflek hitam

Nggak hanya krim untuk yang punya flek hitam, mbak Raidha juga berbagi resep DIY krim malam dan siang yang berfungsi untuk whitening alias memutihkan.

Ini cara-caranya, pals:

Siapkan 2 sendok makan beras putih organik, lalu cuci bersih. Masak beras dengan setengah cangkir gelas air matang kurang lebih selama 10 menit. Atau bisa juga saat lagi masak beras organik, ambil beras yang setengah matang lalu blender beras tersebut sampai lembut dan halus.

Lalu campurkan 1 sendok makan nasi/ beras yang telah dihaluskan tersebut dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau baby oil, 4 kapsul natur E warna hijau yang diambil minyaknya saja, 1 sendok teh aloe vera gel, dan 1 sendok teh air mawar. Jika krimnya terlalu kental, atur jumlah air mawar yang dicampurkan, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai kebutuhan.

homemade face cream for whitening

Oh ya, sisa beras bisa dijadikan masker dengan dicampur madu. Multi fungsi kan?

Ngomongin soal masker, mbak Raidha juga share masker favoritnya yaitu aztec dicampur cuka apel. Wah, aku udah pernah denger ini sejak lama sih, tapi belum pernah nyoba. Kapan-kapan nyoba aah. Cuka apel ini juga ternyata bisa dijadikan toner, caranya dicampur air dengan komposisi 1:1. Jadi kalau airnya 100 ml, cuka apelnya juga 100 ml.

masker wajah untuk whitening


Tapi kalau dicampur dengan masker Aztec, komposisinya 1/4 dari 10ml, cukup 4-5 tetes cuka apel.

Mbak Raidha menyampaikan kalau kosmetik atau skincare DIY ini bisa bertahan 2-3 bulan di dalam pendingin/ kulkas dan 2 minggu jika berada pada suhu ruangan.

masker andalan mbak raidha aztec dan cuka apel


Sebelum menutup sesi sharingnya, mbak Raidha juga memberikan saran mengenai whiteheads alias milia, bukan Milea-nya Dilan lo ya, pals.. hehe.

Milia ini biasanya terjadi karena pori-pori kita tersumbat. Ada kalanya milia juga ada faktor gen atau jenis-jenis kulit tertentu. Untuk mengatasinya, harus rajin-rajin melakukan eksfoliasi (pembersihan mendalam). Karena berdasar informasi yang mbak Raidha himpun, dalam perawatan kulit hal paling penting adalah menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier).

Menurut mbak Raidha, tips paling mudah yaitu dengan maskeran madu. Tapi kalau madu masih nggak mempan, coba diexfoliasi secara rutin. Kalau masih nggak hilang-hilang juga, saran terakhir dari mbak Raidha yaitu datang ke klinik kecantikan dan minta untuk di steam wajah/ diuap. 

mengatasi milia/ whiteheads dengan face steam

Kenyang banget deh ulat-ulatku makan cemilan dari mbak Raidha. Ya meski nggak secara khusus ada di mindmap, tapi menjaga wajah itu kan seperti yang aku bilang bagian dari bentuk syukur kepada Allah, self care yang bisa bikin diri jadi lebih bahagia, sekaligus cara menyenangkan suami biar betah nggak lirak-lirik cewek di luaran, wkwk.

Jangan tanya foto tutorialnya ya, karena memang aku belum nyoba, wkwk. Aku share di blog biar nggak hilang dan siapa tahu ada yang membutuhkan. Beberapa teman di Buncek sudah nyoba sih, tapi aloe vera gel-ku lagi abis dan belum beli lagi karena masih bokek. Ntar kalau udah dapat transferan job dan udah beli aloe vera plus glycerin, insya Allah aku bakal nyoba dan aku update di YouTube Channel ya, pals.

Yang udah nggak sabar nungguin aku praktek, cuzz bisa praktek dulu aja. Share hasilnya di komen ya! Semoga berhasil dan bermanfaat. Yuk rawat diri sendiri demi hidup yang lebih happy dan healthy.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter