MaritaPalace

SPOTS, Mesin Kasir Kekinian dari Gojek Ada di Syahlisha Burkeb Mandasia. Cari Tahu 5 Kelebihannya Yuk!

40 comments
SPOTS mesin kasir kekinian dari Gojek

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Beberapa waktu lalu aku mengunjungi bulikku yang tinggal di daerah Perumnas Krapyak. Sudah setahunan ini om dan bulikku tersebut mengelola bisnis franchise Syahlisha Burkeb. Seperti biasa saat main ke rumah beliau, aku dan anak-anak nggak mau melewatkan lezatnya burger dan kebab buatan bulik tercinta.

Kalau beli jajanan yang dijual oleh kerabat sendiri, aku merasa lebih aman dan nggak was-was. Karena bahan-bahan yang digunakan bulik dan om pasti sudah dipilih yang terbaik. Nggak khawatir masalah kebersihan dan lain-lainnya. Apalagi bulik dan om membuka gerai burkeb-nya ini di dalam rumah, jadi semakin tenang deh, karena nggak perlu pusing dengan debu-debu dan kotoran yang bakal mampir.

Syahlisha Burkeb Mandasia II Semarang pakai SPOTS

Meski punya kerabat, urusan muamalah tetap harus profesional. Artinya aku pun membayar sesuai dengan harga yang tertera. Meski belum terlalu nyaman dengan beragam dompet digital yang kini sudah tersedia, aku termasuk orang yang bawa cash money dalam jumlah yang tak terlalu banyak. Biasanya hanya sebesar biaya untuk beli bensin motor. Sementara untuk urusan bayar-membayar saat beli jajan anak-anak atau belanjaan lainnya, aku lebih suka mengandalkan kartu debit BCA.

Berkenalan dengan SPOTS, All in One Device dari Gojek

Nah, hari itu saat aku mau pamitan pulang. Aku minta bulikku untuk menghitung total harga jajan yang harus dibayar. Biasanya untuk urusan hitung-menghitung, kita pakai kalkulator kan? Ya, kecuali kita punya kecerdasan matematika di atas rata-rata hingga bisa menghitung tanpa bantuan alat, hehe. Kali itu aku tertegun melihat bulik menghitung tanpa kalkulator, namun menggunakan sebuah alat berwarna biru yang layarnya nampak seperti handphone. Awalnya kupikir alat itu mesin EDC dari bank BCA, karena warnanya biru. Tapi setelah kuperhatikan dengan seksama, ternyata bukan. Karena kepo, aku tanya dong ke beliau, “Apaan sih itu Bulik?”

Sambil tetap memencet-mencet layar alat tersebut, bulik menjelaskan secara singkat.
 "Ini namanya SPOTS, Mbak. Perangkat kasir kekinian punyanya Gojek. Kalau pakai ini, bulik jadi lebih gampang menghitung dan mencatat transaksinya. Bisa buat bayar sekalian.”

Aku manggut-manggut mendengar penjelasan bulik sambil menanyakan hal lain yang bikin aku kepo, “Semacam EDC gitu ya bulik?”

“Iya, mbak. Bedanya dibandingkan harga mesin EDC lainnya, SPOTS jauh lebih murah. Jadi cocok buat pedagang kecil dan UMKM kaya kami.” 
SPOTS by Gojek all in one device 

Bulik memberikan penjelasan dengan sabar. Sebenarnya masih banyak pertanyaan yang ada di kepalaku tentang SPOTS, namun ternyata bulik sudah selesai menghitung total harga jajanan yang kubeli. Aku harus membayar Rp 56.000 untuk dua burger dan dua kebab. Dengan pedenya aku membuka dompet, eng ing eng… aku baru sadar kalau uang cash di dompetku hanya tersisa Rp 30.000,-

Langsung deh nodong ke suami buat nambahin kekurangan bayar burger dan kebabnya. “Lah, uangku tadi barusan buat beli bensin kan, cint. Tinggal Rp 10.000,- nih di dompet.” Wadidaw, masa ya aku harus ngutang ke bulik. Malu dong yee. Lalu aku ingat kalau bulik punya rekening BCA, “kutransfer saja ya bulik ke nomor BCA, hehe.. ternyata uangku kurang.”

“Oalah… gesek pakai SPOTS aja mbak. Bisa kok bayar pakai debit BCA.”

Mataku langsung berbinar-binar mendengar info tersebut. Langsung saja kuserahkan kartu debit BCA ke bulik, digesek sekali dan struk pembelian pun langsung tercetak. Wuiih, keren. Biasanya lihat mesin EDC semacam ini hanya di supermarket atau restoran-restoran besar. Nggak nyangka di gerai franchise sederhana milik bulik juga ada perangkat kasir mini yang canggih semacam ini. 

SPOTS bisa pakai kartu debit

5 Kelebihan SPOTS dibanding Mesin EDC Lain

Gara-gara SPOTS, aku jadi extend lebih lama main di rumah bulik karena ingin tahu lebih lanjut tentang harga mesin EDC milik Gojek tersebut dan hal-hal lain tentangnya. Ya, kali aja one day aku berminat punya bisnis franchise juga, tanya-tanya dulu bolehlah untuk menambah wawasan. Dari hasil obrolanku dengan bulik, aku jadi tahu setidaknya ada 5 kelebihan SPOTS yang super kece. Kalian pengen tahu juga nggak, pals? Cuzz lah, sini kubagikan infonya.

1. SPOTS merupakan All in One Device


SPOTS powered by Gojek

Satu benda dengan beragam fungsi adalah kelebihan pertama dari SPOTS. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, SPOTS ternyata memiliki tiga fungsi sekaligus. Fungsi nomor satu yaitu sebagai sistem Point of Sale alias POS. Gunanya untuk mengelola pesanan. Pakai SPOTS, pemiliki gerai makanan bisa memantau omzet dengan lebih praktis karena rekap transaksi dapat langsung dilihat dari aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Fungsi kedua sebagai mesin EDC yang bisa memudahkan proses pembayaran. Fungsi terakhir dari SPOTS yaitu sebagai printer, artinya benda biru ini bisa mencetak resi alias bukti pembayaran secara otomatis. Mantul kan, pals? Kegiatan operasional sehari-hari para pemilik franchise dan UMKM menjadi jauh lebih mudah. Boleh dilihat video di bawah ini untuk gambaran singkatnya:


2. SPOTS menerima Cashless Payment

Layaknya mesin-mesin EDC pada umumnya, SPOTS melayani pembayaran dengan sistem cashless. Bedanya, kalau mesin EDC lain hanya bisa menerima satu jenis pembayaran non tunai. SPOTS luar biasa dong, karena memiliki 3 pilihan pembayaran yang tentu saja semakin memudahkan tidak hanya untuk pembeli, namun juga untuk penjual. SPOTS menerima pembayaran menggunakan GoPay, kartu debit, dan sebentar lagi bisa menerima kartu kredit juga lo. Komplit banget ya?

SPOTS tiga metode pembayaran

Untuk pembayaran menggunakan kartu debit biasanya tergantung kebijakan gerai masing-masing. Ada gerai yang menerima kartu debit BCA saja, ada juga yang menerima kartu debit dari bank-bank lainnya. Info yang kubaca di web official SPOTS, perbedaannya hanya pada proses pencarian dana.

Jika rekening yang digunakan adalah BCA, maka prosesnya hanya 1 hari kerja. Jika rekening yang digunakan bukan BCA, maka maksimum 3 hari kerja.

3. SPOTS, Powered by Gojek

Seperti yang sudah kuceritakan di awal kalau SPOTS merupakan perangkat kasir bagian dari Gojek. Mesin SPOTS awalnya memang didedikasikan khusus untuk para mitra Gojek agar lebih mudah dalam transaksi jual beli. Bulikku pun menceritakan kalau SPOTS ini sudah terhubung secara otomatis dengan GoBiz. Jadi kalau ada pesanan lewat GoFood, bulik nggak perlu mengetik transaksi secara manual. Transaksi tersebut sudah tercatat otomatis di SPOTS dan bulik tinggal mencetak resinya.

SPOTS terkoneksi dengan GoBiz dan GoFood

Sedangkan ketika pembayaran dilakukan menggunakan cash money atau kartu debit, bulik harus mengetik dulu transaksinya secara manual di layar SPOTS agar bisa mencetak bukti pembayaran. Namun tetap lebih praktis dan cepat dibanding harus menulis nota pakai tangan kan?

4. Harga SPOTS Sangat Terjangkau

Dengan segala fitur keren yang ada pada dirinya, harga mesin EDC SPOTS ini terbilang cukup terjangkau. Bulikku waktu itu nggak sempat cerita sih berapa harga tepatnya. Tapi aku sudah cari tahu dong lewat website official-nya buat para pembaca setia Marita’s Palace. Ternyata SPOTS ini biaya pendaftarannya sebesar Rp 490.000 di awal. Selain mesinnya, penyewa juga mendapat fasilitas 2 gulung kertas printer. Kalau kertas printer habis, tinggal beli saja secara online di marketplace atau tempat fotokopi.

SPOTS biaya hariannya terjangkau

Sementara untuk biaya sewa per harinya Rp 4.900. Ya, kalau dihitung-hitung setiap bulan penyewa harus mengeluarkan uang sekitar Rp 147.000. Harga tersebut tentu saja cukup ramah di kantong untuk para pemilik UMKM dan franchise. Aku tengok di marketplace harga mesin EDC lainnya bisa mencapai jutaan. Kalaupun ada yang menggunakan sistem sewa, biayanya berkisar antara Rp 300.000 - 600.000 sebulan. Padahal fiturnya nggak sekomplit SPOTS. Biasanya 1 mesin hanya menerima 1 jenis pembayaran kartu debit.

Buat teman-teman yang pengen tahu info lebih lanjut tentang SPOTS, bisa cuzz saja ke akun media sosialnya ya:
Instagram: @spots.id (https://www.instagram.com/spots.id/)
Facebook: Spots.id (https://www.facebook.com/spots.id)
YouTube Channel: SPOTS - Point of Sale
Website Official: www.spots.co.id

5. SPOTS Tersebar di Banyak Outlet

Dengan harga mesin EDC SPOTS yang terjangkau dan fiturnya yang keren punya, nggak kaget kalau perangkat kasir milik Gojek tersebut sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. Selain di tempat makan besar yang ada di mall-mall, SPOTS juga kini bisa ditemukan di banyak gerai franchise kecil kaya punya bulikku. Thanks to Gojek yang sudah membawa kemudahan dalam proses jual beli untuk para pelaku bisnis franchise dan UMKM. 

SPOTS tersedia di banyak outlet

Jajan Syahlisha Burkeb Lebih Gampang dengan SPOTS

Silaturahmiku kali itu ke rumah om dan bulik jadi lebih berwarna. Nggak cuma ngobrolin masalah keluarga dan temu kangen, tapi juga ngobrol panjang lebar tentang SPOTS dan kemudahan transaksi bersamanya.

Syahlisha Burkeb Mandasia III/ 363 sedia berbagai menu

Oya, buat teman-teman pecinta burger dan kebab, yuk dilarisin gerai Syahlisha Burkeb milik bulikku. Selain bahan-bahannya yang berkualitas dan rasanya yang mampu menggoyang lidah, gerai burkeb bulikku meski letaknya di pinggir jalan tapi ada di dalam rumah, jadi insya Allah kebersihannya terjamin. Ada banyak menu yang bisa dipesan. Selain berbagai jenis burger dan kebab, tersedia juga sosis bakar berukuran besar, roti canai alias roti maryam, ice blend aneka rasa dan ice star Yakult. Kira-kira mana nih yang jadi favorit kalian, pals?

Buat yang mau jajan bisa langsung merapat ke Perumnas Krapyak, Jalan Mandasia 3 No 363 Semarang Barat, di rumahnya Pak Sigid/ Ibu Tatik. Buat yang tinggalnya jauh dari lokasi, jangan sedih, kan bisa order pakai GoFood, cuzz saja cari Syahlisha Burkeb yang alamatnya di Mandasia 3 ya. Jangan yang lain, wkwk.

Syahlisha Burkeb Mandasia 3 No 363 Semarang Ibu Tatik

Soal pembayaran nggak perlu risau bin galau, karena di gerai Syahlisha Burkeb milik bulikku sudah tersedia SPOTS, mesin kasir kekinian dari Gojek. Sehingga kalian bisa bayar dengan metode apapun. Mau tunai atau non tunai, semua diterima. Resinya pun tercetak rapi dan otomatis. Ditunggu kedatangannya ya teman-teman. Terima kasih.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

40 comments

  1. mau ini mbak hehe.. tmptku juga ikut gofood, karna masih pake hp sebenarnya ribet klo nulis ulang pesanannya. udah waktunya beralih ke spots nih kayaknya. makasih mbk infonya, jadi pengen beli kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah pedagang jg yaaa. saya nih punya rencana gabung merchant gofood. berarti jg kudu pakai spots yaa nantinya. kan membantu sekali dalam terima order dan pembayaran

      Delete
  2. Mesin EDC Spots memang sangat menguntungkan. Tak hanya bagi pebisnis tetapi juga bagi pembeli. Tak perlu lagi bawa uang cash, cukup dengan debit pembayaran dapat dilakukan.

    ReplyDelete
  3. SPOTS ini keren ya, Mbak Marita. Soalnya tidak hanya bisa digunakan oleh usaha berskala besar. Usaha kecil juga bisa, jadi memudahkan segalanya. Termasuk tidak perlu menghitung pakai kalkulator lagi, tidak perlu repot cari uang kembalian. Pokoknya sangat memudahkan. Baik penjual maupun pembeli.

    ReplyDelete
  4. Mesin EDC Spots memang sangat bermanfaat baik bagi penjual maupun pembeli, bagi penjual omsetnya akan meningkat sementara bagi pembeli jadi bebas membayar dengan metode apa aja.

    ReplyDelete
  5. Dengan SPOTS ini jadi lebih praktis yaa, bisa gesek kartu debit juga lagi keren deh SPOTS ini

    ReplyDelete
  6. Kayaknya dengan segala keunggulannya , SPOTS alat wajib buat UMKM ya. Semuanya jadi lebih mudah dan praktis pula.

    ReplyDelete
  7. Jadi tahu manfaat SPOTS ini luar biasa banyaknya ya mbak. Bisa juga jadi alat pembayaran. Jadi bila kita belanja dan uangnya kurang bisa langsung bayar pakai gesek alias ATM....

    ReplyDelete
  8. Transaksi di manapun, jadi lebih nyaman berkat bisa cashless menggunakan SPOTS. Semoga makin banyak tersedia di gerai-gerai kuliner favorit lainnya.

    ReplyDelete
  9. Wah enak ya pk spots dr gojek bs byr cashless pk debit, kartu kredit dll tentunya jd mempermudah bisnisnya Bulik ya mb

    ReplyDelete
  10. Memang memudahkan banget mba alat SPOTS ini. Aku sendiri sudah pernah pake beberapa kali, apalagi sekarang kan ada QRIS jadi pembayaran mobile banking pun bisa. Jadi nggak khawatir ketinggalan dompet deh :D

    ReplyDelete
  11. Benar berarti ungkapan bahwa teknologi bisa dimanfaatkan untuk memudahkan banyak hal dalam hidup ya. Salah satunya seperti SPOTS yang memudahkan banyak pelaku UMKM. Semoga dagangan buliknya Mbak Marita laris manis ya

    ReplyDelete
  12. Senang ya, alat transaksi SPOTS bisa dipakai oleh banyak pedagang dan UMKM :) transaksi jadi lebih mudah dan simpel sekarang. Gak khawatir saat tidak membawa uang tunai.

    ReplyDelete
  13. Bisa-bisa aku bakalan sering mampir nih ke sana kalo deket rumahku. Soalnya penggemar roti Maryam. Digado gitu aja, original engga ditambahin apa-apa aku pun suka.
    Apalagi bisa bayar pakai SPOTS, tinggal bawa HP atau debit BCA deh...

    ReplyDelete
  14. UKM makin berdaya dengan alat ini karena mereka bisa melakukan pembukuan atau pencatatan agar semua aliran dana terkontrol. nggak hanya itu saja tapi pastinya makin keren jualannya

    ReplyDelete
  15. UMKM dah harus pake mesin EDC SPOTS ini, apalagi sekarang udah zamannya Cashless. Manfaatnya pun banyak sekali ketika menggunakan SPOTS ini.

    ReplyDelete
  16. Seneeeeng banget aku kalau baca2 umkm seserhanapun bisa kebantu sama spots yang serba memudahkan, apalagi usaha spt ini hrus teliti bgt, udah cepet kan krn tinggal klik terus ada catatannya juga. Memudahkan sekaliii :D

    ReplyDelete
  17. Wah keren ya spots cocok buat UMKM kaya burkeb buliknya mbak ririt, sukses terus buat bisnisnya ya..

    ReplyDelete
  18. wow, program ini mendukung warung banget ya, dengan kerja sama yang tergolong ringan, dan pasti bisa buat pembeli senang belanja di warung juga

    ReplyDelete
  19. Asyik nih ada spots di warung2 jadi makin nyaman belanja dengan sistem cashless gini ya mbak

    ReplyDelete
  20. Berarti kalau warung yang sudah menggunakan mesin SPOTS pembayarannya bisa pakai debit card ya? Cuma BCA aja atau bisa debit card lain?

    ReplyDelete
  21. Terobosan keren ya Spots ini jadi memudahkan pengusaha kecil untuk transaksi pembayaran dan pencatatan transaksi tiap hari

    ReplyDelete
  22. Aku tu anknya skrg cashless bgt, terbantu bgt dg adanya mesin spot ini. Jdi pas jajan gak perlu ambil duit dlu d atm

    ReplyDelete
  23. Kalau kartu debit bank lain bisa jugakah? Keren nih spots, edc by gojek menyasar UMKM ya. Kalo mau byr via gojek kan tinggal scan stiker yg nempel di toko/gerobak ya, ini memberikan pilihan lsg debit dr BCA ya, gk ribet mesti top up gojek dulu.

    ReplyDelete
  24. Asyik banget jajanannya, penasaran sama kebabnya... Alhamdulillah ya enggak jadi ngutang :D

    ReplyDelete
  25. Jadi pelaku UKM bisa terbantu banget ya dengan aplikasi SPOT ini. Nanti kalo bisnis kulinerku jadi, mau juga jadi partnernya ah

    ReplyDelete
  26. Sayang di kota tempat saya belum ada gojek, pdahal cocok nih buat usaha

    ReplyDelete
  27. Wahhh, semarang ini. Ntar bisa dijajal. Gak bawa duit gak masalah ya. Krn bayar cashless

    ReplyDelete
  28. whaaa. ini semacam POS gitu berarti ya? keren-keren! nambah lagi POS lokal karya anak bangsa!

    ReplyDelete
  29. Aku awalnya kira cuma bisa pake gopay loh kalau di EDC SPOTS ini ternyata bisa juga ya untuk debit. Aku coba juga jajan dan bayar pake debit di penjual yang pake edc SPOTS, mudah banget pembayarannya

    ReplyDelete
  30. SPOT edc emang idola banget untuk kalangan ukm mempercepat pembayaran, mengamankan juga keuangan

    ReplyDelete
  31. Pemanfaatan teknologi seperti inilah yang saya suka mudah simple dan juga pasti mesin edc spots sangat keren

    ReplyDelete
  32. Tentunya baik pedagang maupu. Pembeli semakin dimudahkan ya Mbak dengan adanya mesin kasir seperti SPOTS EDC ini. Lebih praktis lagi karena transaksi pun bisa dilakukan secara cashless

    ReplyDelete
  33. dampaknya positif banget ya kak untuk usaha, bisa bantu larisin usaha om dan bulek. Mantul!

    ReplyDelete
  34. Baru ngeh kalau burkeb itu singkatan dari burger kebab. Kok aku belum pernah dengar franchise syahliza Burkeb di daerahku ya mbak. Apa mungkin baru di area Jateng aja ya

    ReplyDelete
  35. Dijakarta mesin ini bnyk sekali dipake sama UMKM indonesia loh kak, katanya lebih praktis dan hemat kertas struk doang..

    ReplyDelete
  36. Mesin yang sangat berguna banget nih dibidang kuliner satu mesin berbagai kebutuhan ya kak

    ReplyDelete
  37. Agak kaget kmren pas beli di warung pinggir jalan eh kata mamangnya misa bayar pake e money..

    Edann makin canggih aja sejak ada spots ini.

    ReplyDelete
  38. SPOTS pancen seru ya
    Fungsinya nggak cuma buat transaksi via GoJek saja.
    Tp bisa jadi mesin kasir buat merchantnya.

    ReplyDelete
  39. Burger dan kebab, merupakan dua menu jajanan pinggir jalan yang enaaakk banget dengan harga yang terjangkau buat hampir semua masyarakat. Dengan adanya SPOTS ini, membuat transaksi merchant kecil UMKM pinggir jalan pun bisa lancar tanpa terkendala uang kembalian :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email