MaritaPalace

4 Tips Belajar Bahasa Jerman Dasar dalam Sebulan


belajar bahasa jerman

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Belajar Bahasa Jerman dasar - Belajar bahasa Jerman merupakan salah satu rencana yang biasanya dilakukan oleh teman-teman bila ingin bekerja atau berkuliah di Jerman, padahal belajar bahasa Jerman dasar sendiri bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus mempunyai kewajiban bekerja atau bersekolah ke Jerman.

Ngobrolin tentang bahasa Jerman, aku punya pengalaman mempelajarinya kurang lebih selama setahun saat duduk di bangku SMA. Kebetulan karena saat penjurusan aku memilih kelas bahasa, dan bahasa pilihan yang disediakan oleh sekolah yaitu bahasa Jerman, jadilah sempat mencicipi jatuh bangunnya belajar bahasa satu ini.

Sayangnya saat itu aku tak terlalu menikmati masa-masa belajar bahasa Jerman, mungkin karena kurang mengenalnya dengan baik. Sekarang setelah segala printilan terkait bahasa Jerman sudah menguap di kepala, barulah aku tahu kalau belajar bahasa Jerman dasar akan memberikan banyak ilmu pengetahuan terutama dalam ilmu sosial, sains, humaniora dan khususnya filsafat. Saat ini belajar bahasa Jerman pun sangat mudah, kita tinggal datang ke berbagai lokasi kursus bahasa Jerman di Surabaya maupun kota-kota terdekat lainnya untuk mempelajarinya.

Karena bahasa-bahasa dasar ilmu-ilmu filosofi ilmu ya tak lain tak bukan adalah bahasa Jerman, selain itu juga terdapat bahasa Perancis dan bahasa Yunani.

bahasa jerman penting

Ketika kita  membaca buku buku filsafat sains atau filosofi ilmu, maka bahasa-bahasa asal dari bahasa Jerman yang terus menerus diserap oleh bahasa indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Jerman memegang peranan penting dalam memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.

Bahasa Jerman, bersamaan dengan bahasa Perancis dan bahasa Yunani, mayoritas dipelajari oleh para misionaris, sarjana teologi, sejarawan eropa dan bahkan diplomat-diplomat penting yang akan dikirim ke negara-negara Uni Eropa. Kenapa sampai dari sarjana teologi hingga diplomat belajar bahasa Jerman? Dalam kamus ilmu pengetahuan, seperti yang telah dijelaskan di awal, bahasa Jerman menjadi bahasa filosofi ilmu, terutama ilmu filsafat dan teologi.

Sementara pada dunia politik dan ekonomi, negara Jerman sendiri adalah negara cukup kuat dan berpengaruh di Uni Eropa, sehingga membuat pengaruh bahasa Jerman sendiri di Uni Eropa juga tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, diplomat-diplomat penting yang akan menduduki pos di negara negara Uni Eropa, selain dibekali kemampuan bahasa Inggris, juga dibekali kemampun bahasa Jerman dan juga bahasa Perancis.

Apakah Bahasa Jerman Sulit Dipahami?

Lalu apakah bahasa Jerman termasuk bahasa yang mudah untuk dipelajari? Belajar bahasa Jerman dasar sendiri bisa dilakukan dalam sebulan hingga setahun, tergantung kebutuhan kita untuk apa. Jika kebutuhan kita untuk membekali diri dalam ilmu pengetahun, maka belajar bahasa Jerman dasar bisa dilakukan selama kurang lebih enam bulan hingga setahun.

mudah belajar bahasa jerman

Sementara jika kita belajar bahasa Jerman dasar untuk bersekolah atau bekerja di Jerman, atau mengikuti program-program pemerintah seperti ausbildung, fs atau aupair, maka belajar bahasa Jerman dasar setidaknya membutuhkan waktu sekitar setahun agar bisa mendapatkan sertifikat bahasa Jerman tingkat menengah hingga mahir.

Sementara, jika kita hanya ingin mengenal dasar-dasar belajar bahasa Jerman dasar saja, maka bisa kita kerjakan dalam sebulan saja. Bahasa Jerman bisa dipelajari tata bahasa dasarnya bahkan hanya dalam seminggu saja jika kita memutuskan untuk mengikuti kursus intensif.

Ini bukanlah hal mustahil yang tidak bisa dijangkau, karena bahasa Jerman sendiri telah menjadi program resmi di hampir seluruh lembaga-lembaga kursus bahasa bahasa Eropa, menjadi program resmi di pusat -pusat bahasa kampus, dan bahkan telah mewabah hingga ke pusat studi kebudayaan Jerman di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja dan Surabaya.

Mengintip 4 Tips Belajar Bahasa Jerman Dasar dalam Sebulan

Bagaimana cara belajar bahasa Jerman dasar dalam waktu sebulan? Berikut tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk menguasai bahasa Jerman tingkat dasar dalam waktu sebulan saja, baik dengan mengikuti kursus atau tidak sama sekali.

4 tips belajar bahasa jerman dalam sebulan

1. Belajar Kosakata Bahasa Jerman

Pertama, belajar bahasa Jerman dasar dimulai dengan mengenali hal hal mendasar yang perlu dikuasai, pertama adalah kosakata bahasa Jerman harus diperbanyak, sementara yang kedua adalah pahami tata bahasa jerman dasar untuk sejumlah susunan, misalnya tata bahasa dalam membuat pernyataan, membuat kalimat, membedakan susunan feminim dan maskulin dll.

2. Manfaatkan Kamus Online

Kedua, memperbanyak kosakata bahasa Jerman dalam belajar bahasa Jerman dasar adalah hal yang paling urgent, tanpa menguasai kosakata kita tidak bisa merangkai sebuah kalimat. Sebagai generasi milenial yang terbiasa dengan teknologi, cukup instal kamus bahasa Jerman offline atau online dari app store, kemudian cari lima kata setiap hari untuk kita bisa kuasai. Selama sebulan kira-kira kita akan sudah bisa menguasai 150 kosakata.Hmm, lumayan kan pals?

3. Cari Diktat Dokumen di Internet

Ketiga, carilah diktat atau penjelasan dalam bentuk dokumen di internet yang menjelaskan mengenai tata bahasa dasar Jerman. Pelajari dalam seminggu, kemudian evaluasi dalam waktu seminggu ke depannya, ulangi terus sampai sebulan kemudian.

4. Coba Berbicara Bahasa Jerman Dengan Turis

Keempat, cobalah untuk mempraktekkan kemampuan belajar bahasa jerman dasar kita dengan turis-turis asal Jerman. Kita bisa datang ke tempat wisata untuk mencari turis Jerman, Swiss atau Austria yang berbahasa Jerman untuk berdiskusi atau sekedar wawancara biasa aja.

Tertarik belajar bahasa Jerman setelah membaca artikel ini? Cuzz, jangan ragu-ragu untuk mengeksekusi keinginanmu! Semoga sukses belajarnya ya, pals. Auf wiedersehen!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email