MaritaPalace

5 Destinasi Wisata Traveling Impianku di 2020


5 destinasi wisata traveling impian di 2020

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Well, kalau ditanya soal destinasi wisata yang ingin dikunjungi sepertinya satu postingan saja nggak akan pernah cukup. Saking buanyaaaaaknya. Namanya juga manusia, kalau ditanya soal keinginan nggak pernah ada habisnya. Pengennya sih kalau punya banyak duit mau keliling dunia kaya Raffi Ahmad, wkwk. Namun berhubung duitnya masih pas-pasan ya kencengin doa aja deh sambil ikhtiar nabung, siapa tahu kan diijabah Allah.

Aku sih pengennya sebelum bisa berkunjung ke negara-negara lain, pengen banget bisa mengunjungi kota dan pulau-pulau yang ada di negara tercinta ini. Aslinya aku punya impian untuk memiliki motorhome RV (recreational vehicle) dan keliling Indonesia. Terus anak-anak jadi travel schooler gitu yang belajarnya homeschooling pindah dari satu kota ke kota lain. Belajar kekayaan budaya di negeri ini langsung di tempatnya masing-masing. Ketemu banyak orang dan guru-guru baru yang pastinya akan mengayakan wawasan dan pandangan hidup. Namanya juga mimpi, boleh kan?

motorhome impian keluarga kusmajadi

Apalagi setelah membaca satu kisah keluarga dari Indonesia yang setahun berkeliling Indonesia pakai motorhome, duh semakin kemebul mimpiku ini. Selama ini baca-baca tentang RV hanya di luar negeri, ternyata di Indonesia ada yang sudah menjalaninya, waaah tambah pengen merealisasikan, meski entah kapan. Ya kali di tahun 2020 traveling impian dengan cara seperti itu bisa terwujud, hehe.

Oh ya, teman-teman bisa lihat vlog dari Keluarga Kusmajadi yang semakin menginspirasiku untuk segera keliling Indonesia. Ini video awal perjalanan mereka:




5 Destinasi Wisata Impian di 2020

Menggugah banget kan kisah Keluarga Kusmajadi dengan tagline-nya Unlock Indonesia’s Treasure? Mupeng deh sama Moti-nya, jadi semakin pengen keliling Indonesia, ya setidaknya ke 5 kota ini dulu deh.

1. Makassar


destinasi wisata traveling impian makassar

Makassar masuk ke list pertama karena di sini tinggal keluarga besar budhe dan om dari pihak bapakku. Selain traveling pengen silaturahmi. Aku sebenarnya sudah pernah ke Makassar yang dulu masih disebut dengan Ujung Pandang, tapi sudah zaman SMP, sekitar 12 tahun yang lalu. Bahkan selain ke Makassar, aku sempat ke Mamuju, Toraja dan pulangnya lewat Pare-pare.

Kenangan ke Makassar sangat membekas dan pengen mengajak keluarga untuk kembali ke sana. Apalagi sekarang Makassar sudah semakin keren dan banyak lokasi yang bisa dikunjungi.

2. Labuan Bajo

destinasi wisata traveling impian labuan bajo

Kalau tempat yang satu ini sepertinya semakin naik daun dan masuk ke bucket list wisata banyak orang ya? Aku pun tak mau ketinggalan. Bukan karena ikut-ikutan sih memasukkan salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur ini, tapi memang Labuan Bajo sedemikian cakepnya. Siapa yang nggak kesengsem dan jatuh hati ingin ke sana kan?

Semakin jatuh hati setelah melihat video dari keluarga BCL saat ke Labuan Bajo:


Pulau Rinca, Pantai Pink, Pulau Padar, Wae Rebo dan masih banyak spot di Labuan Bajo yang sayang untuk dilewatkan. Hmm, ada yang mau piknik bareng ke sini?

3. Banda Aceh


destinasi wisata traveling impian aceh

Alasan pribadi sih pengen ke Aceh, sama halnya dengan keinginan untuk berkunjung kembali ke Makassar, aku pun ingin ke Aceh karena ada niat bersilaturahmi dengan keluarga eyang putri dari pihak bapak yang memang asli Aceh. Eyang putri yang sama sekali belum pernah kutemui karena memang sudah meninggal sejak bapak masih berusia muda dan belum menikah. Hanya kenal nama beliau bernama Fatimah, selebihnya tak tahu apapun tentangnya.

That’s why aku merasa perlu mengunjungi Aceh dan syukur-syukur bisa bertemu dengan keluarga jauh di sana. Aku saja baru tahu kalau masih punya keluarga di Aceh setelah bertemu dengan kakak sepupu yang tinggal di Makassar beberapa waktu lalu.

Museum Tsunami, Masjid Baiturrahman, dan beberapa spot wisata alam seperti Pantai Lampuk, Pantai Lhoknga, adalah destinasi yang ingin kukunjungi saat nanti bisa menginjakkan kaki di Aceh.

4. Lombok


destinasi wisata traveling impian lombok

Sering disebut sebagai ‘saingannya’ Bali, Lombok semakin moncer namanya sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Aku sendiri mulai kepengen ke Lombok gara-gara provokasi salah seorang guruku di SMP. Beliau cerita bahwa Lombok jauh lebih indah dari Bali. Entah kenapa sejak saat itu penasaran pengen tahu dengan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara ini. Padahal zaman SMP kan internet juga belum ada, nggak bisa googling Lombok kaya apa. Memang jago deh guruku memprovokasinya, wkwk.

Kalau Labuan Bajo jadi primadona di NTT, Lombok yang pusat kotanya ada di Mataram ini menjadi primadonanya NTB. Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Pantai Senggigi, Pantai Seger, Pusuk Sembalun dan masih banyak lagi spot wisata alam yang akan semakin menambah kecintaan kita pada Sang Pemilik Hidup. Betapa alam semesta begitu luar biasa indahnya.

5. Medan


destinasi wisata traveling impian medan

Ada apa dengan Medan? Saat masih ngajar dulu, ada salah seorang murid di kelas conversation yang berasal dari Medan. Di salah satu sesi kelas, aku memintanya untuk menceritakan tentang Medan. Dia banyak bercerita tentang kehidupan di Medan yang tak pernah ada hentinya. Hampir mirip dengan Jakarta, Medan yang juga salah satu kota besar di Indonesia ini, hidup hampir 24 jam. Bahkan kata muridku, dia dulu sempat kaget karena Semarang termasuk sepi untuk ukuran kota besar. Aku kan jadi tertarik membuktikan ceritanya, hehe.

Kota yang banyak mencetak penyanyi-penyanyi kece di Indonesia ini, seperti Judika dan pemenang Indonesian Idol season 9-10, memang menarik untuk dikulik. Selain Danau Toba dan Pulau Samosir yang membawa legenda tersendiri, masih ada banyak spot yang bisa dikunjungi. Aku sendiri pernah menulis 4 ide wisata di Kota Medan saking pengennya mengunjungi kota tempat bapakku numpang lahir.

5 destinasi wisata di atas jelas hanya sebagian kecil dari keindahan Indonesia. Masih ada banyak spot-spot luar biasa di Indonesia yang wajib banget dikunjungi. Karena kalau bukan kita yang mengagumi, siapa lagi ya kan? Jangan sampai kalah sama turis-turis luar negeri yang berbondong-bondong ke pelosok negeri karena tertarik dengan indahnya Indonesia, kita yang WNI asli malah belum ke mana-mana. Semoga saja transportasi di Indonesia semakin oke, biaya pesawat juga semakin terjangkau, sehingga cita-cita mengelilingi Indonesia bukan lagi impian. Atau mau meniru idenya Keluarga Kusmajadi? Siapin dulu 700 juta buat bikin custom motor home-nya gaess.

Bagaimanapun, ke manapun dan dengan siapapun kita mau berwisata, semoga impian-impian tersebut bisa terealisasi menjadi kenyataan yaa. Selamat menjemput traveling impiannya!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Follow by Email