4 Ide Wisata Liburan Akhir Tahun ke Medan

  • Saturday, January 20, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 4 Comments

4 Ide Wisata Liburan Akhir Tahun ke Medan bersama Traveloka

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Baru saja masuk ke tahun baru sudah merencanakan liburan akhir tahun? Yang bener aja bu? Bener lah, saiiii. Soalnya liburan dan traveling adalah salah satu resolusiku di tahun 2018 ini. Setelah tahun-tahun sebelumnya ada kewajiban yang membuatku tidak bisa jauh-jauh dari rumah, lalu tahun 2016 Affan lahir dan setahun ini fokus merawat doi, sepertinya tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk liburan bersama keluarga dengan tujuan yang agak jauh dikit dari rumah.

Setelah browsing dan menimbang banyak hal, aku kok tiba-tiba tertarik untuk berwisata ke Medan. Ada apa dengan kota tersebut? Soalnya bapakku pernah numpang lahir di sana, hehe. Sepele banget ya? Selain itu aku pernah dibikin mupeng banget sama salah satu muridku di kelas conversation beberapa tahun lalu tentang indahnya kota Medan. 

Doi adalah orang Medan yang saat itu bekerja di Semarang. Suatu hari aku minta doi bercerita tentang kota tempat tinggalnya. Dia cerita betapa Medan adalah sebuah kota yang tidak pernah tidur. Katanya beda banget sama Semarang, baru jam 23.00 saja sudah sepi. Lalu dia juga cerita tentang beberapa tempat wisata yang wajib aku kunjungi ketika main ke Medan.

bandara kualanamu liburan akhir tahun di medan

Ditambah suatu hari aku pernah lihat berita tentang Bandara Internasional Kualanamu di TV. Aku melongo bo’ lihat bandara sekeren itu. Kapan ya bisa touch down di sana? Pikirku saat itu. So, kayanya nggak salah deh kalau menjadikan Medan sebagai destinasi liburan akhir tahunku nanti. Mumpung masih 11 bulan ke depan, masih cukup lah ya buat nabung-nabung dulu.

4 Ide Wisata di Kota Medan

Saat browsing tempat-tempat wisata, keinginanku untuk mengunjungi Medan jadi semakin membuncah. Memang benar kata muridku dulu, ada banyak banget destinasi wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Pengennya sih bisa mengunjungi semua tempat tersebut. Tapi kan si bapak nggak bisa cuti lama-lama, palingan cuma tiga hari doang, jadi ya kalau resolusiku untuk liburan akhir tahun nanti beneran terkabul, at least aku pengen bisa melakukan serangkaian perjalanan ke beberapa tempat ini; 

Danau Toba dan Pulau Samosir

Satu hal yang melekat kuat tentang Medan buatku ya Danau Toba. Makanya tempat wisata pertama yang mau aku kunjungi begitu menginjakkan kaki ke Bandara Kualanamu, ya ke danau dengan legenda yang mengharu biru itu.

Hasil browsing ke sana-sini, Danau Toba terletak di wilayah Parapat yang jarak tempuh dari Bandara Kualanamu sekitar empat jam jika melalui Siantar. Menuju ke Danau Toba kita akan disuguhi pemandangan perkebunan karet yang indah. Beberapa tips wisata yang aku dapat, saat di Siantar, sebaiknya aku menyempatkan singgah di sebuah toko oleh-oleh bernama Paten. Di toko tersebut aku bisa membeli buah tangan khas Siantar untuk kerabat. 

liburan akhir tahun ke danau toba dan pulau samosir medan bersama traveloka


Setibanya di Danau Toba, sambil menikmati pemandangan danau, aku akan mendongengkan anak-anak tentang legenda terjadinya danau tersebu. Pastinya ceritanya akan semakin syahdu jika disampaikan di tempat terjadinya langsung kan? Nggak lengkap rasanya sudah sampai ke Danau Toba, kalau nggak menyebrang sekalian ke Pulau Samosir.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 50 menit untuk menyebrang ke Pulau Samosir pakai kapal motor. Aku pikir Samosir itu sebuah pulau tak berpenghuni, ternyata di sini banyak hal yang bisa dieksplorasi, seperti Desa Tomok. Di Desa ini aku bakal mencari tahu tentang cerita Raja Sidabutar, Legenda Putri Anting Melala dan menonton pertunjukan Tari Sigale-gale. Tentu saja aku harus merencanakan pula ke pasar tradisional Tomok untuk membeli beberapa cinderamata. 

Berastagi

Setelah menyebrang kembali ke Parapat, aku punya bayangan untuk wisata alam dulu ke Berastagi. Info yang aku dapatkan, untuk menuju Berastagi melewati Simarjarunjung, perjalanan bisa ditempuh kurang lebih 4 jam. Jalanannya nanti akan penuh tantangan dan pemandangan indah khas daerah Sumatera; tikungan dan perbukitan. 

liburan akhir tahun ke berastagi medan bersama traveloka

Empat jam perjalanan bakal bosan dong ya kalau nggak berhenti sejenak? Dapat tips cantik nih dari teman, ketika menuju Berastagi sebaiknya aku mampir sebentar di Bukit Indah Simarjarunjung. Di sana nanti kita bisa menghangatkan diri dengan secangkir teh jahe. Sebagai teman secangkir teh jahe, sebagai penggemar pisang goreng, aku nggak akan lupa memesan pisang goreng khas Simalungun. Penasaran deh apa ya bedanya dengan pisang goreng di Jawa?

Setelah itu aku juga kepengen mampir ke Desa Tongging. Di sini kita bisa menemukan air terjun yang konon katanya adalah air terjun paling tinggi dan indah di seluruh Indonesia, namanya Air Terjun Sipiso-piso.

Nah, begitu sampai di Berastagi, tentunya aku mau memanfaatkan waktu singkat yang aku punya untuk jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, seperti Pasar Buah Berastagi, Taman Lumbini dan Bukit Gundailing.

Medan City Tour

Setelah puas nguplek Berastagi, ayo cuzz ke Medan. Butuh waktu sekitar dua jam untuk menuju Kota Medan. Selain berburu kuliner dan oleh-oleh, tentu saja aku harus mampir ke beberapa tempat. Bingung sih menentukan harus ke mana saja di pusat kota Medan, banyak banget tempat menarik.

Namun pilihanku sepertinya bakalan jatuh ke Masjid Raya. Melihat gambarnya saja rasanya adem, apalagi kalau bisa singgah langsung ke sana. Bangunan yang memadukan warna putih di bagian tembok dan kubah hitam memberikan kesan elegan dan kuat. 

liburan akhir tahun ke medan bersama traveloka

Nggak lengkap rasanya jika berwisata ke suatu daerah, tanpa tahu asal-usul dan sejarah berdirinya daerah tersebut. Maka Selanjutnya aku mau berwisata sejarah ke Istana Maimun dan Museum Negeri Sumatera Utara. Satu tempat lagi yang membuatku penasaran adalah Galeri Rahmat. Mengajak anak-anak wisata edukasi di tempat ini sepertinya sangat tepat. Aku bisa mengajak mereka melihat hewan-hewan yang diawetkan. Kalau masih ada cukup waktu, Graha Annai Velengkani dan Vihara Gunung Timur sepertinya juga wajib untuk dikunjungi.

Wisata Kuliner

Kalau menurut rencana wisata yang aku susun, aku bakalan sampai ke Medan di malam hari. Nggak bisa jalan-jalan dong? Eits, siapa bilang? Seperti yang diceritakan muridku, Medan tak pernah tidur. Malam hari di Medan ternyata penuh warna dan banyak tempat kuliner yang bisa dikunjungi, seperti Merdeka Walk dan Kesawan Square.

wisata kuliner ke Medan bersama Traveloka

Banyak sekali kuliner yang wajib dicoba di wilayah tersebut, namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih karena tidak semua yang dijual adalah makanan halal. Jadi sebaiknya selalu bertanya untuk memastikan apa yang kita beli halal dan thayib ya, pals. 

Meski sudah menikmati malam di Merdeka Walk dan Kesawan Square, katanya nih kalau sampai Medan nggak mampir ke Kedai Ucok, belum sah dan komplet jalan-jalannya. Terutama buat para pecinta durian, saatnya menikmati durian Medan yang legit di Kedai Ucok. 

Siang harinya setelah puas city tour ke Medan, pastikan untuk beli berbagai macam oleh-oleh dulu. Mau yang mana nih; Bika Ambon, Marqisa Noerlen, Pancake Durian atau Bolu Meranti? Setelah puas belanja-belinji buah tangan, saatnya pulang. Jangan sampai ketinggalan pesawat ya.

beli oleh-oleh khas Medan bersama Traveloka

Berburu Tiket Pesawat dan Hotel

Ngomongin soal pesawat dan akomodasi selama berlibur di Medan, aku juga sudah mulai browsing dari sekarang nih. Secara namanya traveling kan butuh saving yang nggak sedikit, aku harus punya bayangan dong berapa dana yang dibutuhkan biar bisa persiapan dari sekarang.

Aku cukup pusing juga nih saat hunting tiket pesawat dan booking hotel, hampir semua paket wisata selalu menawarkan paket terpisah. Kenapa sih nggak ada yang dalam satu klik sudah bisa pesan tiket pesawat sekaligus hotel biar hemat waktu dan tenaga gitu lo.

Akhirnya setelah hampir menyerah, aku mampir deh ke Traveloka yang ternyata menawarkan apa yang aku butuhkan; pemesanan tiket dan hotel dalam satu paket. Sebagai traveler cupu, paket seperti ini lebih memudahkan. Apalagi setelah aku coba booking dan membandingkan harganya, ternyata pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan jauh lebih hemat jika dibandingkan pesan pesawat dan hotel secara terpisah. 

pesan paket+hotel traveloka

Nggak tanggung-tanggung, kita bisa menghemat sampai 20% lo meski tanpa menggunakan kode promo apapun. Cocok banget buat traveler berbudget terbatas dan barisan emak irit macam aku, hehe. Kalau dapat diskon segede itu kan aku jadi bisa belanja oleh-oleh lebih banyak nih. 

So, buat kalian yang punya rencana liburan akhir tahun dan nggak mau ribet urusan booking tiket pesawat dan hotel, cuzz aja deh ke paket pesawat hotel Traveloka. Selain mudah, hemat waktu dan biaya, urusan pembayarannya pun nggak ribet. Kita bisa pilih metode pembayaran yang paling cocok, apakah itu kartu kredit, atau transfer lewat ATM, m-banking ataupun internet banking.

Selamat merencanakan liburan akhir tahun yang seru ya, pals. Rencanakan dari sekarang dan nikmatilah kemudian. 

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul 4 Ide Wisata Liburan Akhir Tahun ke Medan. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

4 comments

  1. Semoga mimpinya buat jalan-jalan ke Sumut bisa terwujud. Aamiin ...

    Bener banget tuh, malam di Medan jauh lebih hidup daripada Semarang hahaha. Mungkin juga karena siang disini lebih panjang sekitar 40 menit daripada Semarang

    ReplyDelete
  2. Masukin list. Nabung-nabung aja dulu :D

    ReplyDelete
  3. Wuih..pengen jugaa...*liriktabungan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com