7 Ide Kegiatan Saat Puasa Bikin Hati Adem dan Tenang

7 ide kegiatan selama puasa bikin hati adem dan tenang

Assalammualaikum, pals.

Puasa hari keberapa ya nih? Ya Allah, aku sampai lupa hari lo.. saking masih belum bisa beraktivitas dengan optimal. Kepala masih berat diangkat. Perut masih nggak enak juga. Perut dikasih makan, berakhir dengan muntah. Nggak dikasih makan, tambah pusing dan lemas. Duh, serba salah. Memang kesehatan itu mahal harganya, pals. Jangan sampai disia-siakan. Gara-gara suka nunda makan dan kebanyakan kopi nih. Jadi pengingat bahwasanya sesuatu yang berlebihan itu nggak baik.

Baiklah, sembari menikmati kepuyengan. Izinkan aku berbagi 7 ide kegiatan saat puasa. Tentunya kegiatan ini bisa bikin hati kita jadi lebih adem dan tenang. Mau tahu apa saja?

1. Shalat Tarawih

Meski saat ini nggak bisa shalat tarawih di masjid, namun meninggalkan shalat yang hanya ada di bulan ramadhan ini tentunya sayang sekali. Kaya aku sekarang, karena badan benar-benar lemas hanya bisa lihat anak dan suami berjamaah tarawih. Rasanya sedih banget nggak bisa ikutan. Shalat tarawih lengkap dengan dzikirnya bikin hati semakin adem dan tenang selama puasa, apalagi lagi masa pandemi begini.

2. Tilawah

Membaca Quran jika belum biasa memang terasa berat. Namun ketika sudah menjadi kebiasaan, membaca quran sangat menyenangkan dan menenangkan hati. Selain membaca, memahami arti ayat-ayat yang kita baca semakin membuat kita paham dengan isi Al Quran.

3. Baca Sirah Nabawiyah

Membaca sirah nabi tak akan pernah membosankan. Memahami perjalanan hidup Gurunda dan Idola terbesar sepanjang masa, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam, sungguh mengharukan namun juga menumbuhkan semangat berkali lipat untuk beribadah di bulan ramadhan.

4. Quran Journaling

Aku baru mempelajari Quran Journaling sebelum ramadhan. Ternyata asyik sekali. Cocok buatku yang emosinya sering nggak stabil. Dengan Quran Journaling, kita nggak hanya bertilawah, tapi juga menuliskan apa hubungan dan insight yang bisa didapat setelah membaca sebuah ayat.

7 ide kegiatan saat puasa selama pandemi covid-19 bikin nggak paranoid

5. Menyimak Kajian

Mendengarkan petuah tentang kehidupan, termasuk bagaimana melewati masa-masa pandemi ini dari para ahli ilmu membuat hati lebih tenang. Perasaan yang tadinya khawatir dan kalut, mulai bisa terurai satu per satu setelah tahu ilmunya. Kalau kalian suka mendengarkan kajian online dari ustaz siapa, pals?

6. Menambah Hafalan

Semakin bertambah usia, semakin butuh usaha berkali lipat untuk menghafal. Namun kata murobbiyahku, yang penting bukanlah hasilnya, namun usaha kita untuk terus berusaha menghafal. Sembari menghafal, secara tidak langsung kita lebih memahami cara baca ayat Al Quran dengan benar, dan juga memahami arti-artinya, sehingga kita bisa semakin mencintai Allah lagi dan lagi.

7. Menyiapkan Menu Buka

Jika kita belum mampu untuk bersedekah buka puasa bagi tetangga atau orang-orang di sekitar, sesungguhnya menyiapkan menu buka untuk keluarga juga sebuah ibadah tersendiri. Maka nikmatilah masa-masa masih bisa menyiapkan menu buka. Aku aja yang malas masak ini saat lagi sakit begini, jadi kangen masak buat buka puasa keluarga. Semoga segera fit dan bisa kembali ke dapur aaah.

Dari 7 ide kegiatan saat puasa di atas, adakah yang samaan denganku? Hmm, kira-kira ada ide kegiatan seru dan bermanfaat lainnya nggak, pals? Mau dong dibagi ceritanya. 

Wassalammualaikum.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter