MaritaPalace

Menu Buka Puasa Praktis dari Emak Malas Masak

menu-buka-puasa-praktis

Assalammualaikum, pals.

Sekitar 4 tahun lalu aku pernah berbagi resep andalan dari ibu yang paranoid dengan dapur alias bahasa gampangnya emak malas masak, wkwk. Saat itu aku berbagi resep macaroni schotel, menu favorit anak-anak dan suami, yang setelah kupikir-pikir sudah lama banget nggak pernah kumasakin. Nah, kali ini aku mau berbagi menu buka puasa praktis yang biasa kubuat saat lagi tongpes, wkwk. Mau tahu?

Resep Orak-Arik Sayur Telur

Menu buka puasa praktis ini sebenarnya adalah masakan pertama yang bisa kubuat setelah menikah. Gara-gara zaman sekolah jarang banget menyentuh dapur, kecuali untuk bikin telur atau mie instan, begitu nikah dan harus masak, bingung bo! Akhirnya saat sudah diboyong ke rumah suami, pagi-pagi telpon ibu apa masakan yang paling gampang dieksekusi.

Dapatlah resep orak-arik sayur telur. Pastinya teman-teman juga sudah bisa lah ya bikin menu ini. Wong guampil dan sangat amat sederhana banget.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:


resep orak-arik sayur
1. Wortel 3 buah
2. Kol 1/2
3. Telur 1 butir
4. Sosis/ bakso/ tahu (optional)
5. Bawang putih 3 siung atau sesuai selera
6. Merica secukupnya
7. Garam secukupnya
8. Gula secukupnya
9. Minyak goreng secukupnya
10. Biasanya aku tambahkan bawang bombay sedikit, juga satu siung bawang merah, untuk aroma yang lebih harum.

Cara Membuat:


orak-arik sayur enak dan gampang
1. Haluskan bawang putih, merica, garam dan gula. Iris halus bawang bombay dan bawang merah.
2. Iris tipis-tipis wortel dan kolnya. Jika mau ditambahkan sosis dan bakso, potong-potong seukuran dadu atau sesuai selera. Kalau ingin menambahkan tahu, tahu bisa dihaluskan terlebih dahulu.
3. Panaskan minyak goreng secukupnya.
4. Masukkan bawang bombay dan bawang merah hingga tercium bau harum. Lalu tuang bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis sebentar.
5. Masukkan kol dan wortel yang sudah diiris tipis hingga layu. Lalu masukkan telur 1 butir. Aduk hingga rata. Kemudian tambahkan bahan makanan yang mau ditambahkan (sosis atau bakso). Jika ingin menambahkan tahu, sebaiknya dimasukkan setelah bumbu-bumbu selesai ditumis.
6. Tunggu hingga matang. Angkat dan sajikan.

resep orak-arik sayur untuk buka puasa praktis
Btw, setelah bisa masak resep lainnya, aku jarang masak orak-arik sayur sih kalau nggak lagi tongpes, wkwk. Soalnya malas proses ngiris-iris wortelnya, maklum nggak punya alat buat iris tipis-tipis, jadi masih manually gitu. Lumayan pegel juga jari-jarinya. Masak resep ini sih cepat, tapi ngiris wortelnya yang lama, hehe.

Selain cocok untuk menu buka puasa, orak-arik sayur juga cocok untuk sahur lo. Tuh kan gampang banget? Ada yang suka masak menu buka puasa praktis ini juga di rumah? Atau punya resep modifikasi dari orak-arik sayur lainnya, boleh dong aku dibagi. Yang punya menu favorit buat buka puasa, ceritain juga dong. Siapa tahu aku bisa nyontek resepnya, hehe.

Sampai jumpa di cerita besok! Wassalammualaikum.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. ini menu kesukaan anak2ku mbak. pas deh dengan kemampuan masak ibunya yang pas2an hahaha. karena sering bikin sayur2 tumisan begini, akhirnya aku memutuskan untuk membeli alat pengiris mbak, deh enak banget deh, mempercepat acara di dapur :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email