MaritaPalace

9 OST Drakor 18 Again yang Bakal Membuatmu Meleleh

2 comments
OST Drakor 18 Again bikin meleleh
Drakor 18 Again adalah salah satu on going drama yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Ceritanya yang sederhana dan dekat dengan keseharian kita begitu mudah untuk membuat jatuh cinta dan penasaran dengan akhirnya. Meski dibumbui dengan hal fiksi yang tak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata, tetapi drama ini tetap layak untuk disimak hingga akhir.

Pekan ini drama bergenre keluarga yang setiap episodenya mampu membuat kita tertawa lalu tiba-tiba mimbik-mimbik tak karuan ini memasuki episode 13 dan 14. Artinya 2 episode lagi menuju akhir. Tentunya semakin membuat kepo dan bertanya-tanya bagaimana nasib si pemeran utama yang terjebak dalam tubuh anak SMA.

Tentang 18 Again

Buat teman-teman yang belum mengikuti drama ini, aku mau kasih dikit spoiler deh. Drama yang tayang di JTBC sejak 21 September lalu ini disiarkan setiap hari Senin dan Selasa jam 21.30 waktu Korea Selatan. Sudah pernah nonton film Hollywood berjudul 17 Again yang dimainkan oleh Matthew Perry dan Zac Efron, pals? 

film hollywood vs drama korea
Jika sudah, pasti kalian bisa menemukan kesamaan jalan cerita dalam dua judul karya fiksi ini. Lebih tepatnya drakor 18 Again memang dikembangkan berdasarkan film 17 Again. Bagus yang mana? Aku nggak bisa pilih salah satu, karena soal selera bisa saja mendominasi.

Namun sebenarnya, agak susah membandingkan keduanya sih. Karena yang satu film berdurasi 1.5 jam, sementara satunya lagi berbentuk drama berjumlah 16 episode. Jika kalian sudah pernah menonton keduanya, mungkin bisa memiliki pendapat yang sama denganku. Tim produksi 18 Again sangat berhasil mengembangkan film 17 Again dengan detail-detail yang mampu memperkaya jalan ceritanya.

Yang aku salut adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan ceritanya tanpa keluar dari rel, tapi tetap sesuai dengan budaya Korea. Ada beberapa hal di 17 Again yang tentu saja tak sesuai dengan budaya timur Korea Selatan, tim produksi mampu menggantikan hal-hal tersebut dengan budaya yang pas dan tak kedodoran.

Penambahan dan penggantian beberapa karakter pada dramanya juga dilakukan dengan pas dan tak memaksakan jalan ceritanya. Kalaupun ada yang sedikit janggal pada dramanya, maka itu terletak pada kurang smooth-nya perubahan sosok tokoh utama saat dewasa menjadi remaja. Di filmnya agak lebih masuk akal menurutku. Di luar itu semua, kuacungi jempol deh buat drama saduran ini.

3 aktor utama 18 again
Berkisah tentang kehidupan rumah tangga Hong Dae-young yang diperankan oleh Yong Sang-hyun dan Jung Da-jung dibawakan oleh Kim Ha-neul. Mereka adalah pasangan suami istri yang telah menikah belasan tahun. Saling mencintai sejak duduk di bangku SMA.

Pada masa SMA Dae-young adalah kapten basket dengan prestasi membanggakan. Pemandu bakat dari universitas ternama sudah mengincarnya. Di saat hari terpenting untuk menentukan apakah ia bisa mendapatkan beasiswa penuh lewat jalur prestasi olahraga, Da-jung, sang pujaaan hati, mengabarkan bahwa dirinya mengandung buah hati mereka.

Dae-young tentu saja dilema. Masa depan cerah ada di depan mata, tetapi ia sadar harus bertanggungjawab atas perbuatan terlarang yang dilakukannya dengan Da-jung. Pada akhirnya ia memilih melempar bola di tangannya, keluar dari lapangan dan mengejar perempuan yang dicintainya.

18 tahun kemudian, rumah tangga Dae-young dan Da-jung mengalami prahara. Awalnya hanya ribut-ribut kecil, tetapi sebuah peristiwa besar di sebuah reuni SMA menghancurkan semuanya. Dae-young terus disindir sebagai sosok yang tak mapan oleh teman-teman SMA-nya merasa malu akan kehidupan yang dijalaninya. Ia terus menenggak minuman keras hingga hilang kesadaran.

alur peran di 18 Again
Saat dalam kondisi mabuk, ia mengeluarkan unek-unek di dalam hatinya. Betapa ia merasa menyesal telah menikahi istrinya. Andai saja ia memilih basket mungkin hidupnya akan berbeda. Sang istri yang juga hadir di acara berusaha menenangkan Dae-young, namun laki-laki itu terus melantur.

Da-jung merasa sangat kecewa mendengar celotehan suaminya. Apalagi jika mengingat selama ini ia sudah berusaha sekuat tenaga menjadi istri dan ibu yang baik, sementara suaminya tak banyak membantunya. Akhirnya Da-jung memutuskan untuk mengurus perceraian mereka. Selama proses tersebut, Dae-young tinggal di rumah sahabatnya yang kaya raya.

Dae-young tak paham kenapa istrinya menggugat cerai. Ia pikir setelah berhasil mendapatkan promosi dari kantornya, sang istri akan kembali luluh. Namun sayangnya promosi yang dijanjikan oleh direktur perusahaannya hanyalah isapan jempol. Pengabdiannya selama 17 tahun tak dianggap oleh direkturnya. Dae-young meradang dan memilih keluar.

Ia merasa marah dan berpikir hidupnya benar-benar sudah hancur. Berandai-andai hidup bisa terulang kembali. Ia pun melangkahkan kakinya ke gedung SMA tempatnya bersekolah dulu. Di sana ia bermain basket sendirian. Sambil mengenang masa-masa kejayaan dan keruntuhannya.

pemeran Hong Dae-young 18 Again
Tiba-tiba listrik padam. Seketika kembali menyala, ia tak sadar kalau telah berada dalam tubuh yang berbeda. Di tengah perjalanan pulang, ia mampir ke sebuah toserba. Di sana ia menemukan fakta bahwa anak gadisnya, Hong Shi-a, bekerja sebagai pegawai paruh waktu sebagai kasir.

Dae-young yang belum sadar kalau telah berubah postur tubuh mengomeli anak perempuannya. Shi-a tentu saja bingung ada anak sebaya yang mengomelinya. Dae-young juga merasa bingung karena anaknya tak mengenali dirinya. Barulah ketika matanya melihat ke pintu kaca toserba, ia kaget bukan main.

Di sinilah awal cerita 18 Again menjadi lebih seru. Awalnya Dae-young berpikir ini adalah kesempatan untuk meraih masa-masa emasnya yang sempat hilang. Namun kemudian ia justru menyadari banyak hal, betapa selama ini ada jarak yang sangat jauh antara dia dan anak-anaknya. Ia pun mengambil momen tersebut untuk bisa lebih dekat dengan kedua anak kembarnya.

Ia jadi tahu apa impian putrinya. Ia pun jadi tahu bahwa anak lelakinya, Hong Shi-woo, ternyata mengalami perundungan di sekolah. Dae-young menjadi teman terbaik bagi kedua anaknya. Di sisi lain, Da-jung baru menyadari setelah perceraiannya betapa ada banyak perhatian-perhatian kecil dari sang suami yang selama ini luput dari matanya. Selama ini yang tertangkap hanya hal-hal buruk. Baru setelah mereka terpisah, banyak hal-hal baik yang teringat.

all casts 18 Again
Da-jung menyadari seandainya komunikasi di antara dirinya dan Dae-young bisa terjalin lebih baik, perceraian tak seharusnya terjadi. Namun ia pun merasa jengkel dengan Dae-young yang tiba-tiba menghilang. Tanpa ia sadari bahwa sebenarnya Dae-young selalu berada di dekatnya dalam tubuh berbeda, hadir sebagai Go Woo-young.

Itulah sedikit gambaran tentang alur cerita 18 Again. Apakah Dae-young akhirnya akan kembali bersama Da-jung seperti di film aslinya? Atau justru akan ada twist ending khas drakor yang kadang bikin sebel tapi ngangenin? Cuzz tonton saja sendiri, pals.

Namun hati-hati jangan sampai kesengsem sama Lee Do-hyun yang memerankan Dae-young muda alias Go Woo-young ya, wkwk. Kuakui kualitas akting Do-hyun nggak kalah sama Zac Efron di film yang jadi inspirasi drakor ini. Memerankan bapak yang terjebak dalam tubuh masa remajanya jelas sebuah hal menantang, dan Do-hyun nails it!

9 OST Drakor 18 Again dan Artinya

Jalan cerita yang menarik dari 18 Again didukung dengan kualitas original soundtrack yang super daebak. 9 lagu yang mengiringi drama ini memiliki pesan yang semakin menguatkan jalan ceritanya. 

Bahkan meski awalnya aku tak tahu arti dari lagu-lagu tersebut, 9 OST itu mampu membangun suasana cerita lebih hidup. Dijamin setiap penonton pasti ikut terbawa ke dalam balutan ceritanya yang sederhana namun penuh makna. 

Mau tahu apa saja kesembilan lagu tersebut? Cuzzz terusin baca sambil dengerin lagu-lagunya...

1. The Only One

하나면 돼요 날 웃게 할 사람
Hanamyeon dwaeyo nal usge hal saram
Hanya ada satu orang yang bisa membuatku tertawa

가슴 깊이 저 깊숙이 새겨둘게요
Gaseum gipi jeo gipsugi saegyeodulgeyo
Aku akan menyimpannya jauh didalam hatiku

하나면 돼요 날 울게 할 사람 후회하지 않아요
Hanamyeon dwaeyo nal ulge hal saram huhoehaji anhayo
Hanya satu yang kubutuhkan, aku tak ingin seseorang yang membuatku menangis itu menyesalinya

Soundtrack part 1 dari drama keluarga dengan sentuhan fantasy ini yaitu The Only One. Dibawakan oleh SOYOU dengan suaranya yang sangat lembut. Menceritakan betapa di dalam hidup pasti ada satu orang penting yang selalu memberikan dukungan terbaik untuk kita. Dialah, pasangan hidup kita. Sayang terkadang kita tanpa sengaja menyakiti hatinya dan melupakan hal-hal baik yang dilakukannya.

OST 18 again 1 dan 2

2. Hello

Hello
그대에게 말해요 떨리는 미소로 사랑한다고
Geudaeege malhaeyo tteollineun misoro saranghandago
Aku akan memberitahumu dengan senyum gemetar, bahwa aku mencintaimu

Hello
눈부시게 아름답던 시간 속에
Nunbusige areumdapdeon sigan soge
Didalam waktu yang sangat mempesona

영원토록 기억될 그대라는 걸
Yeongwontorok gieokdoel geudaeraneun geol
Bahwa selamanya aku akan mengingatmu

Di antara 9 original soundtrack yang bisa kita dengar sepanjang drakor ini, Hello adalah lagu yang selalu bisa membuatku meleleh dan bergetar. Padahal aku awalnya nggak paham apa maknanya. Namun Sohyang mampu membawakan lagu ini dengan sempurna. Hingga siapapun yang mendengarkan bisa ikut terbawa dalam suasana sedih.

Setelah aku tahu artinya ternyata lagu ini bercerita tentang kerinduan seseorang akan pasangannya. Betapa saat terpisah jarak dan waktu, kenangan-kenangan baik tentangnya muncul satu per satu. Melebur dalam rindu dan sesal, sebagaimana Da-jung merindukan Dae-young dan sebaliknya.

3. If You

너였으면 내 모든 순간에
Neoyeosseumyeon nae modeun sungane
Jika itu adalah dirimu, disemua momenku

너였으면 매일 눈을 떴을 때
Neoyeosseumyeon maeil nuneul tteosseul ttae
Jika itu adalah dirimu, saat aku membuka mata setiap hari

눈부신 미소로 바라봐 줬으면
Nunbusin misoro barabwa jwosseumyeon
Aku berharap bisa melihatmu dengan senyuman yang cerah

언제까지 가장 가까이 너였으면
Eonjekkaji gajang gakkai neoyeosseumyeon
Aku berharap menjadi yang paling dekat denganmu, jika itu kau


Sejak menobatkan diri menjadi pecinta drama Korea, harus kuakui lagu-lagu pengiringnya selalu dipersiapkan dengan khusus. Tak asal comot dari lagu yang sudah ada. Bahkan beberapa lagu memang sengaja dipersiapkan khusus untuk dramanya. Maka tak heran jika lagu dan dramanya selalu sangat menyatu.

Seperti lagu If You dari Choi Nakta yang sangat manis ini. Mengiringi ketertarikan Ye Ji Hoon terhadap Da-young dengan sangat pas. Seperti isinya yang menceritakan tentang seseorang yang begitu bahagia menemukan sosok impian.

OST 18 Again part 3 dan 4

4. One Person

내가 아는 한사람 내가 아는 한사람
Naega aneun hansaram naega aneun hansaram
Seseorang yang ku ketahui, seseorang yang ku kenal

널 떠올리고 지워보고 또 반복해봐도
Neol tteoolligo jiwobogo tto banbokhaebwado
Bahkan jika aku memikirkanmu, terhapuskan, dan terulang lagi

네가 아닌 사람은 네가 아닌 다른 사랑은
Nega anin sarameun nega anin dareun sarangeun
Siapapun jika bukan dirimu, takkan ada cinta yang lain selain dirimu

날 채워주지 못해 그게 너라는 사람
Nal chaewojuji moshae geuge neoraneun saram
Takkan ada yang bisa mengisinya, seseorang itu hanya dirimu

너여만 했던 나를 기억해줘
Neoyeoman haessdeon nareul gieokhaejwo
Hanya dirimu yang aku ingat


Lagu ini jadi favorit keduaku setelah Hello. Dibawakan oleh Solji, lagu ini menceritakan tentang kesadaran diri saat ada seseorang yang benar-benar berharga bagi kita. Menggambarkan perasaan Dae-young yang baru tersadar bahwa istrinya benar-benar berharga untuk dirinya.

5. How To Love

How to love
How how to love
How to love
I let you show me how
How to love
You want me too baby
함께할 수 있는 걸 영원할 수 있는 걸
Hamkkehal su issneun geol yeongwonhal su issneun geol
Kita bisa bersama, selamanya bersama


Sondia membawakan lagu ini dengan sangat manis. Membawa kita ke suasana anak SMA yang sedang berbunga-berbunga karena jatuh hati pada gebetannya. Menjadi soundtrack antara anak Hong Shi-a dengan teman masa kecilnya, Seo Ji-ho. Eits, hayo siapa yang saat denger lagu ini jadi ingat gebetan masa SMA? Hehehe.

OST 18 Again part 5 dan 6

6. Moments Make Memories

눈부시게 빛나던 다시 오지 않을 시간도
Nunbusige bichnadeon dasi oji anheul sigando
Takkan ada waktu yang datang lagi dengan begitu mempesona

눈물 훔치며 걸어온 기나긴 날들도
Nunmul humchimyeo georeoon ginagin naldeuldo
Di hari-hari yang panjang aku berjalan dan menghapus air mataku

사랑한다 모두 다 여기 그대와 나 있음에
Saranghanda modu da yeogi geudaewa na isseume
Aku mencintai semuanya saat berada disini bersamamu

기억은 추억이 된다
Gieogeun chueogi doenda
Ingatan itu menjadi kenangan


Setiap momen dalam hidup selalu menghasilkan kenangan-kenangan, baik itu indah atau buruk, akan selalu membuat hidup kita terasa lengkap. Seperti itulah pesan yang ingin disampaikan oleh Jukjae di lagu Moments Make Memories.

Selain mengisahkan tentang kisah cinta Dae-young dan Da-jung, lagu ini ternyata juga menjadi soundtrack bagi Ji-ho yang sangat mengidolakan Dae-young. Tumbuh sebagai anak tanpa bapak, Dae-young mampu menjadi figur ayah bagi Ji-ho.

7. Somebody

I wish i loved you still
Aku berharap, aku masih mencintaimu

I wish i could love you again moment to moment
Aku berharap, aku bisa mencintaimu lagi dari setiap momen

Today, yesterday love is the only
Hari ini, kemarin cinta adalah satu-satunya

Reason to stay now i’ve got
Aku mempunyai alasan untuk tinggal sekarang

Nothing at all
Semuanya tak ada


Paling gampang mengartikan lagu ini soalnya full in English, hehe. Clara C lewat lagu ini seakan-akan ingin menyuarakan hati Dae-young yang menyesal karena telah menyakiti hati istri dan anak-anaknya. 

OST 18 Again part 7 dan 8

8. If We Love Again

이젠 알아요 너무 깊은 사랑은
Ijen arayo neomu gipeun sarangeun
Sekarang aku tahu, cinta ini terlalu dalam

외려 슬픈 마지막을 가져 온다는 걸
Oeryeo seulpeun majimageul gajyeo ondaneun geol
Dan hanya membawa kesedihan dalam kesepian terakhirku

그대여 빌게요 다음 번의 사랑은
Geudaeyeo bilgeyo daeum beonui sarangeun
Aku berharap kau adalah cintaku di kehidupan selanjutnya

우리 같지 않길 부디 아픔이 없이
Uri gatji angil budi apeumi eopsi
Aku berharap kita takkan merasakan rasa sakit

나~
Na~
Aku

꼭 나보다 더 행복해져야만 해
Kkok naboda deo haengbokhaejyeoyaman hae
Kau harus lebih bahagia daripada diriku


Ini adalah satu-satunya soundtrack yang dibawakan oleh pemeran utama drama ini, Yong Sang-hyun. Boleh juga suaranya, hehe. Lagu ini menjadi memori indah tentang ayahnya bagi Hong Shi-a. 

Saat Woo-young membawakan lagu ini di delam kelas, Shi-a menjadi teringat saat ayahnya menyanyikan lagu ini untuknya. Shi-a nggak tahu aja kalau Woo-young sebenarnya sang ayah yang sedang terjebak di tubuh remajanya.

9. First Time

One by one all bad feelings
Satu persatu semua perasaan buruk

Floating away to the ceiling
Melayang pergi ke langit

Love like love like, love like you and i
Cinta seperti cinta, cinta seperti kau dan aku

It’s a kind of healing
Ini adalah sebuah penyembuhan

Love like love like, love like you and i
Cinta seperti cinta, cinta seperti kau dan aku

Can you feel that it’s real
Dapatkah kau merasakannya? Ini adalah kenyataan

When i hold you in my arms
Ketika aku memelukmu di pelukanku

Love like love like, love like you and i
Cinta seperti cinta, cinta seperti kau dan aku


Ini adalah soundtrack terakhir dari 18 Again yang dibawakan oleh Every Single Day.  Soundtrack berbahasa Inggris kedua dari drama ini mengingatkanku pada lagu-lagu band tahun 90an. Kalau baca arti lagu ini, bau-baunya sih bakalan happy ending ya dramanya. Semoga saja… 

OST drakor 18 Again part 9
Menonton drakor ini membuatku teringat salah satu quotes dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Bahwasanya tak ada keluarga yang sempurna. Pasti ada konflik, pasti ada prahara. Namun di setiap konflik dan prahara itulah, kita belajar untuk saling menguatkan satu sama lain.

Buat kalian yang suka dengan drama bergenre keluarga semacam Go Back Couple atau Familiar Wife, 18 Again wajib banget buat ditonton. Apalagi nontonnya sama pasangan, kek aku sama suami, seru deh! Serunya karena kita bisa lirik-lirikan biar nggak saling ketahuan kalau lagi menitikkan air mata karena terbawa cerita, wkwkw.

Ada banyak hikmah tentang pernikahan dan keluarga yang bisa diambil dari drakor 18 Again. Pesan penting, selalu siapkan tisu karena banyak hal yang bakal bikin kita mimbik-mimbik haru. Btw, ada yang sudah nonton drakor ini? Paling suka sama soundtrack yang mana nih?
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

2 comments

  1. Jadi uelas dna gamblang ... kukira aku sdh maniak ternyata hanay sekedarnya ... kak Marita lebih menjiwai lagi ... 😁😁😁😁👌👌👌👌👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  2. Mb Rita thanks for wrote this 😍 aku mampir dan search OST terakhir haha asyik ya yang Every Single Day ini, serasa terlempar saat menikmati lagu ala BSB, Westlife, A1, 👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email