MaritaPalace

Masakan Oriental dari Korea dan Hong Kong, Suka yang Mana?

1 comment
masakan oriental dari korea dan hong kong
Tahukah kalian bahwa makanan Asia atau yang lebih sering disebut dengan masakan oriental telah menjadi daya tarik tersendiri untuk para turis? Orang asing sebenarnya datang ke Asia untuk mencicipi beberapa diantaranya! Menurut para ahli dan ekonom, Asia akan segera mengalami kebangkitan berikutnya. Bahkan benua yang saat ini berada di peringkat ketiga ini akan menjadi sama besar dan pentingnya seperti yang dialami Eropa pada abad pertengahan. 

Kejayaan Asia tersebut tak lain dikarenakan benua ini adalah wilayah yang sangat besar. Tak heran jika ada banyak pengaruh dari berbagai daerah, rasa dan budaya. Termasuk salah satunya soal masakan. Sebuah hal yang sulit untuk memilih dan menentukan kelezatan Asia mana yang secara umum diterima sebagai cita rasa yang paling enak.

Kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi hidangan Asia yang populer tidak hanya di negara asalnya. Masakan-masakan ini bahkan populer di beberapa negara asing lainnya. Sudah jadi jaminan masakan oriental Asia selalu memiliki rasa yang enak dan nagih!

4 Menu Masakan Oriental yang Bikin Nagih

Udah nggak sabar ya pengen tahu masakan oriental mana sih yang aku rekomendasikan? Kali ini aku membawa 4 menu spesial dari Korea dan Hong Kong. Cuzz langsung saja kepoin deh, pals!

1. Masakan Korea

Semenanjung Korea telah memberikan banyak sumbangsih bagi dunia masakan oriental. Fakta yang lebih mengejutkan, masakan Korea Utara katanya jauh lebih otentik daripada masakan Korea Selatan. Namun karena kita nggak bisa benar-benar membuktikan fakta tersebut, aku akan membahas beberapa makanan enak asal Korea Selatan yang disukai penduduk setempat saja ya.

Korea Selatan adalah tempat yang selalu menjadi tren! Negeri Ginseng ini telah menjadi pusat budaya baru yang sedang berkembang pesat. Hampir semua mata menuju pada perkembangan negeri K-pops, drama dan film berkualitas kece. Tidak hanya itu, Korea Selatan juga telah menjadi surga bagi pecandu teknologi dan pusat pariwisata dengan budaya makanan yang menarik dan beberapa situs warisan dunia yang menakjubkan. Bahkan dua hal itu tak diragukan lagi telah menjadi sumber ekonomi terbesar bagi negara ini.

Buat penggemar drama Korea, pastinya nama-nama makanan Korea tak lagi asing di telinga. Dari sekian banyak jenis makanan, kali ini aku mau berbagi 2 masakan yang paling populer dan pastinya sering kita temui saat nonton drakor:

Samgyetang

samgyetang makanan korea
Jika kalian mencari sesuatu yang sehat dan enak di Korean Oriental Kitchens, maka hidangan dengan ejaan aneh ini adalah pilihan yang tepat! Samgyetang juga dikenal sebagai sup ayam Ginseng , yaitu sup ayam tradisional dengan nilai gizi sangat tinggi karena khasiat yang terdapat di dalam ginseng. Ginseng adalah ramuan Oriental yang populer dalam masakan Cina, Jepang, dan Korea. Sup ini biasa dinikmati saat musim panas Korea untuk meningkatkan stamina tubuh

Kimchi

kimchi dari korea
Kalau jenis masakan yang ini sudah tak asing lagi kan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar tentang Kimchi dalam referensi film atau pernah melihat beberapa orang yang menjualnya. Kimchi Ini adalah yang masakan paling populer dan merupakan makanan pokok di sana. Sering disebut juga sebagai salad Korea.

Kimchi mengingatkan orang Korea akan budaya tradisional yang mengakar kuat dan berasal dari Korea kuno. Hidangan tradisional ini biasanya terbuat dari sayuran yang difermentasi dan diasinkan seperti kubis napa atau lobak. Sekarang dengan semakin berkembangnya zaman, muncul bermacam varietas yang berbeda di seluruh wilayah Korea. Tampaknya orang Korea tidak akan pernah bosan dengan kimchi.

Kalian sudah pernah makan kimchi belum, pals? Aku sendiri pernah makan kimchi buatan temanku yang sudah terjamin halal. Uenak je, bikin nagih. Rasanya hampir mirip seperti asinan Bogor tapi lebih strong rasa fermentasinya.

2. Masakan Hong Kong

Apakah kamu orang yang suka bepergian? Atau suka berbelanja? Jika ya, Hong Kong pasti berada di bagian atas daftar keinginanmu ya, pals?

Hong Kong memiliki budaya unik yang tampaknya memisahkan antara Timur dan Barat. Termasuk juga masakan Hong Kong, yang juga banyak dipengaruhi oleh budaya Timur dan Barat. Perpaduan tersebut justru menjadi ekstravaganza kuliner bagi para pecinta kuliner.

Hong Kong adalah kombinasi sempurna dari pengalaman perjalanan yang luar biasa, bazar yang semarak untuk pembeli, dan palet makanan yang memikat. Semua inilah yang membuat Hong Kong menjadi pusat perhatian seperti sekarang ini.

Adakah yang masih bertanya-tanya sepertiku, sebenarnya kaya gimana sih masakan tradisional Hong Kong? Dari hasil referensi yang aku dapat, ternyata makanan di Hong Kong sudah tidak terlalu otentik. Pada intinya, makanan-makanan Hongkong lebih terinspirasi oleh berbagai budaya makanan lain di seluruh dunia.

Sebagai bekas koloni Inggris, tentunya ada pengaruh luas dari makanan Eropa. Masakan Jepang, Korea, Kanton, dan Cina juga memainkan peran penting. Saat ini, warga Hong Kong telah menciptakan teknik memasak dan bahan makanan yang unik dari budaya makanan yang ada! Luar biasa bukan? Dan ini dua menu yang banyak menarik perhatian turis dan jadi masakan favorit penduduk setempat:

French Toast ala Hong Kong

french toast hong kong
Banyak orang bilang, jika kita tidak mencicipi French toast Gaya Hongkong Tradisional saat berkunjung ke wilayah tersebut, maka itu adalah sebuah kesalahan BESAR. Jajanan kaki lima dari Hong Kong ini berpotensi mencuri indra perasa dan membuat kita mendambakan lebih.

Irisan roti goreng dilapisi dengan selai kacang yang dibasahi lapisan telur ini menyimpan cita rasa super renyah dan sangat lezat. Biasanya disajikan dengan selai buah, banyak mentega, dan dong lai cha (es teh susu khas Hong Kong). Hmm, bisa membayangkan betapa ajibnya?

Cakar Phoenix

phoenix talons hong kong
Sebagian besar dari kita pasti menyukai sajian dari ayam, kan? Nah, Phoenix Talons atau cakar phoenix tidak lain adalah kaki ayam. Phoenix Talons adalah ceker ayam goreng, yang direbus dengan saus kacang hitam dan dikukus dengan kukusan bambu, gaya makanan khas oriental! 

Teksturnya enak, dan dagingnya yang lembut meleleh di mulut. Jika kamu melewatkan jajanan ini saat melakukan perjalanan di Hong Kong, dijamin kamu akan menyesalinya dan berharap untuk segera kembali ke Hong Kong untuk mencicipinya!

4 rekomendasi masakan Oriental di atas sudah cukup atau masih kurang nih, pals? Atau ada yang punya rekomendasi lainnya? Boleh dong dibagikan di kolom komentar.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Pernah nyoba kimchi, tp rasanya g cocok di lidah :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email