MaritaPalace

Melatih Habit Baru dan Menetapkan Milestone di Analekta

Melatih habit baru hexagonia
Kembali lagi dengan Jurnal Hexagonia. Kali ini sudah sampai di Zona H dengan tugas utamanya melatih habit baru. Ada yang tahu apa maksudnya Zona H? 

Kalau mengintip tugas utama di zona ini pasti teman-teman bisa menebak kalau H is for Habit. Ya, di zona H, setiap individu harus memilih habit yang akan ditumbuhkan berdasarkan milestone yang sudah ditetapkan di co-housingnya masing-masing. Jujur dibandingkan Bunda Cekatan, mengikuti Bunda Produktif ini terasa banget ngos-ngosannya.

PR besar buatku karena kali ini harus berkolaborasi dengan peserta Hexagonia lainnya. Beda saat belajar di Hutan Kupu-kupu yang lalu, semua masih terkait hubungan dengan diri sendiri. Meski ada proses mentorship, tapi jadwalnya tidak sepadat sekarang. Benar-benar manajemen waktu jadi tantangan tersendiri. Nggak mau lah aku jadi bagian yang nyrimpeti semangat teman-teman yang lain.

Kabar dari Analekta

Sebagaimana tugas yang diberikan oleh founding mother, bahwasanya setiap co-housing harus menetapkan milestone dalam mewujudkan project passion-nya. Seperti yang sudah kuceritakan pula di jurnal-jurnal Hexagonia sebelumnya bahwa Analekta, nama Co-Housing kami telah memutuskan bahwa akan ada dua goal.

goal project passion analekta
Muluk-muluk banget nggak sih goalnya kok langsung dua? Insya Allah sudah dipikirkan dengan matang-matang ya, pals. Insya Allah dua goal ini juga bisa seiring-sejalan.

Goal yang pertama yaitu mengadakan workshop series terkait manajemen diri dalam berkarya di dunia digital. Sementara goal kedua yaitu menyusun dan menerbitkan e-book antologi, syukur-syukur kalau bisa dicetak dalam bentuk buku fisik.

Memilih workshop karena kami beranggapan bahwa sejatinya dengan mengajar dan berbagi pengalaman, kita juga secara tidak langsung belajar lagi lebih dalam. Berbagi dan memberi akan memberikan jalan yang lebih luas untuk mendapatkan hal-hal baru lainnya.

Sementara e-book antologi sebenarnya adalah catatan pengingat atas ilmu yang kami dapat selama proses workshop. Sekaligus sharing hasil praktek dari apa yang telah dipelajari pada sesi workshop.

Awalnya workshop hanya akan ditujukan dari, oleh dan untuk Analekta. Namun tidak menutup kemungkinan workshop series nantinya juga akan dibuka untuk warga Hexagon City secara umum. Semakin banyak yang merasakan manfaat, semakin banyak pula perluasan manfaat yang akan kita dapat kan?

Milestone E-book

Agar dua goal ini bisa berjalan dengan rapi dan on the track, masing-masing kepala suku mengajak kami untuk menetapkan milestone. Mbak Syifa Syarifah selaku kepala suku alias pimpro untuk e-book mengajak kami berunding terkait milestone penyusunan e-book. Berikut ini milestonenya:

milestone e book analekta

1. Perancangan E-book

Pekan 1 dan 2 Bulan November, fokus pada melatih habit baru, yaitu:
  • penyusunan design e book, melakukan brief 10 menit setiap harihari
  • diskusi 15 menit dengan tim, minimal 2x seminggu

2. Pengumpulan Naskah

Dibagi menjadi beberapa hal penting, yaitu:
  • Bab 1: Pekan 3 November - Pekan 1 Desember 2020
  • Bab 2: Pekan 3 Desember 2020 - Pekan 1 Januari 2021
  • Bab 3: Pekan 3 Januari - Pekan 1 Februari 2021
  • Bab 4: Pekan 3 Februari - Pekan 1 Maret 2021
Di tahap dua ini, habit yang akan dilatihkan adalah:
  • Praktik materi WS 15 menit sehari
  • Menulis jurnal praktik
  • Reminder pengumpulan naskah setiap pekan
  • Pengumpulan naskah revisi secepatnya (bila ada), sebelum masuk ke sesi workshop selanjutnya
  • Meluangkan waktu 30 menit per pekan untuk menulis naskah
  • Mengumpulkan naskah tepat waktu

3. Final Editing dan Proofreading

Tahap ini insya Allah akan dilakukan pada pekan 2 - pekan 3 Maret 2021. Di tahap ini beberapa habit baru yang akan dilatihkan, antara lain:
  • Edit 1 naskah per hari
  • Melakukan proofreading pasca edit
  • Mengerjakan revisi (bila ada) as soon as possible setelah diedit
  • Naskah final akan diberi tanda approved sebelum masuk ke layout
  • Meluangkan waktu 15- 30 menit perhari untuk editing/ proofreading

4. Penyusunan Layout dan Finalisasi

Pekan keempat layout E-book sudah harus mencapai final dan pekan 1 April 2021 E-book sudha siap diedarkan. Pada tahap ini, ada beberapa habit yang akan terus dilatih:
  • Menyusun layout 1 halaman per hari
  • Melakukan koordinasi terkait desain layout dengan tim

5. Launching E-book

Setelah layout disetujui, maka agar launching E-book semakin meriah, kami akan mempersiapkan pengumuman dan promosi event. Seluruh warga Analekta pada tahap ini harus membiasakan melakukan promosi di beberapa lini sosmed per hari

Milestones Workshop Series

Selain menyusun milestone untuk E-book, kami juga bersama-sama menyusun milestone workshop series. Bagaimanapun E-book nanti akan tersusun berdasarkan workshop ini. Maka milestone-nya pun juga harus disusun sebaik-baiknya. Mbak Sagita Pratiwi selaku pimpro dari workshop series telah menetapkan rumusan milestone-nya sebagai berikut:

milestone workshop analekta

1. Persiapan Materi

Pada seri pertama, workshop akan dilakukan pada 20 November 2021. Maka habit yang akan dilatihkan adalah pemateri membuat bahan workshop 1 poin per hari.

2. Publikasi Flyer WS

Setelah pemateri siap, maka tugas selanjutnya adalah mempersiapkan publikasi agar workshop menarik minat warga Hexagon City lainnya. Adapun habit yang akan dilatihkan pada tahap ini yaitu:
  • Membuat flyer 1 format /hari (untuk format IG, FB dan WA),
  • Upload setiap pagi dan atau sore (story WA jam 06.00, IG jam 10.00, FB jam 13.00) dari H-7.
  • Posting di timeline sosmed Hexagon city H-14, H-7, H-1 (sebelumnya tentu saja konfirmasi ke tim formula terlebih dahulu terkait alurnya)

3. Pelaksanaan

Menuju hari H, komunikasi antar tim workshop harus berjalan dengan rapi, terutama terkait to do list. Oleh karena itu tim workshop akan melakukan briefing tiap-tiap 15 menit, minimal 3 x dalam seminggu. Selain itu juga harus mulai mempersiapkan absensi, pemateri, bahan belajar dan ruang belajar.

4. Penulisan Notulensi

Agar ilmu lebih terjaga, diperlukan adanya notulensi. Maka habit selanjutnya yang harus dilatihkan adalah penulisan notulensi workshop, setidaknya 1 bab per hari.

5. Apresiasi dan Evaluasi untuk Workshop Seri Selanjutnya

Workshop seri pertama adalah batu pondasi yang akan memberikan gambaran seri-seri berikutnya. Dari seri pertama ini nanti kami akan mencatat semua hambatan dan usulan perbaikan demi keberlangsungan seri berikutnya, tentu saja agar lebih baik lagi.

Self Evaluation dalam Melatih Habit Baru

Selain menetapkan milestone terkait proses Project Passion co-housing, tiap-tiap Hexagonia juga harus menuliskan Self Evaluation terkait proses pembiasaan hal-hal baru. Mau tahu catatan yang kubuat selama pekan ini?

self evaluation maritaningtyas

1. Karakter

Seperti yang sudah kujabarkan di Jurnal Hexagonia tentang membangun karakter bangsa, aku memilih memperkuat karakter endurance. Maklum aku termasuk orang yang mudah semangat di awal, tapi cepat mlempem di pertengahan. Lalu akhirnya gagal mencapai final. Itulah kenapa aku memilih karakter tersebut agar lebih tangguh dalam menghadapi tantangan, terutama kebosanan.

2. Habit

Terkait Project Passion yang akan kujalankan bareng Analekta, ada beberapa habit baru yang harus kulatih, antara lain:
  • Diskusi Tim E-book & Workshop
  • Praktik materi workshop
  • Menyusun naskah hasil praktik workshop
  • Editing & Proofreading

3. Komitmen

Agar goal dari Project Passion Analekta tercapai secara maksimal sekaligus agar perjalananku sebagai warga Hexagonia City bisa tetap on the track, aku menyusun beberapa to do list berikut:
  • Menyediakan waktu minimal 15 menit setiap hari untuk membaca chat di WAG Analekta
  • Mengikuti diskusi di jam-jam yang telah ditentukan
  • Mengerjakan jurnal sebelum deadline

4. Kontribusi

Dalam pelaksanaan Project Passion ini, aku mengambil bagian sebagai editor naskah dan pemateri workshop seri #2 terkait content management. Doakan aku, pals!

5. Evaluasi

Nah, dari proses melatih habit baru ini, aku mencatat banyak evaluasi yang harus aku perbaiki agar pekan-pekan berikutnya bisa lebih baik lagi. Adapun catatan kuning yang terekam adalah sebagai berikut;
  • Sering terlewat membaca chat di WAG Co-Housing Analekta sehingga sering ketinggalan berita ter-update
  • Sering terlewat jadwal diskusi
  • Mengerjakan jurnal di akhir-akhir waktu/ menjelang deadline
habit to nation hexagonia
Itulah sekelumit ceritaku bersama Analekta dua pekan ini. Semoga ke depannya proses melatih habit baru bisa lebih lancar. Doakan aku dan seluruh warga Analekta bisa lulus bareng-bareng ya, pals. Sampai jumpa di jurnal hexagonia berikutnya!


Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email