MaritaPalace

Kaleidoskop Blogging 2020: Sebuah Dokumentasi dan Apresiasi

kalaeidoskop blogging 2020 dokumentasi dan apresiasi
Aku akan mengawali pagi di hari ketiga pada tahun 2021 ini dengan membuat kaleidoskop blogging 2020. Postingan ini kubuat semata-mata hanya sebagai sebuah dokumentasi dan apresiasi untuk melecut diri sendiri agar semakin semangat ngeblognya. 

Bukan tanpa alasan aku membuat postingan kaleidoskop blogging. Akhir-akhir ini aku sedang terkena virus mager tingkat super yang menyebabkan blog sempat terbengkalai. Alhamdulillah nggak sampai bersarang laba-laba juga sih, tapi agak sedih melihat postingan di 3 bulan terakhir lebih seperti ‘etalase.’

Aku berharap dengan mencatat pencapaian blogging yang telah kudapatkan selama setahun terakhir, aku bisa lebih survive dan semangat menulis artikel-artikel organik. Aku nggak pengen temen-temen kongkow setiap mengunjungi blog ini kecewa karena ketemu dengan artikel sponsor lagi dan lagi. Ya, meski artikel sponsor pun kutulis dengan sepenuh hati, tapi lebih memuaskan rasanya ketika jumlah artikel yang kutulis karena kemauan sendiri lebih banyak.

Kaleidoskop Blogging 2020: Kilas Balik

Alhamdulillah aktivitas bloggingku selama pandemi tak terlalu banyak berubah. Justru kalau dari sisi kualitas dan kuantitas, aku merasa 2020 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Kalaupun ada perbedaan yang signifikan, imbasnya terasa pada berkurangnya jumlah event blogging offline dikarenakan pandemi yang tak memungkinkan diselenggarakannya kegiatan tatap muka.

Jumlah Postingan di Tahun 2020

Berdasarkan catatan di content plan-ku dan juga daftar arsip di blog, pada 2020 aku telah menulis 217 artikel. Dengan perincian sebagai berikut:
217 artikel terbit di 2020
  • Januari - Aku berhasil menuntaskan One Day One Post. 31 artikel terbit di bulan ini.
  • Februari - 18 postingan tercatat telah terbit di blog ini.
  • Maret - Bulan ini sepertinya semangatku kembali meningkat, aku berhasil menerbitkan 21 artikel.
  • April - 28 artikel mewarnai halaman blogku di bulan ini.
  • Mei - Jumlah postingan menurun, hanya 16 artikel yang terbit.
  • Juni - Masih berkisar pada belasan, 14 artikel berhasil tayang.
  • Juli - Artikel kembali menyentuh angka 16.
  • Agustus - 18 Artikel tayang menyapa para teman kongkow setia.
  • September - Semangat ngeblog sedang meningkat karena menemani pak suami ODOP, meski tak full, alhamdulillah 24 artikel berhasil terbit.
  • Oktober - Bersamaan dengan menggelar Blogspedia Coaching, waktuku mulai keteteran dan akhirnya hanya berhasil menulis 13 artikel.
  • November - Bulan ini jumlah postingan juga masih di angka 13.
  • Desember - Semangat ngeblog sedang turun di angka terendah, dan akhirnya bulan terakhir pada 2020 justru hanya menerbitkan 5 tulisan.
Not bad lah ya? Setidaknya ada kemajuan dibandingkan tahun 2019 yang hanya berhasil menerbitkan 120 artikel. Semoga saja 217 artikel yang terbit tahun lalu bisa membawa manfaat buat semua teman kongkow yang sudah setia menemani perjalanan ngeblogku di sini.

Kelas dan Event Blogging yang Kuikuti

Pandemi tak selalu berisi hal-hal negatif. Ada banyak hal pula yang bisa disyukuri. Menjamurnya kelas-kelas blogging online adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Ada tiga kelas blogging yang paling berkesan di 2020:

1. SEO On Page bersama Growthing

Saking keponya dengan SEO, aku nekat ikut kelas SEO on Page berbayar ini pada bulan Juli 2020. Alhamdulillah diberi rezeki untuk bisa mengikutinya. Kelas ini super bikin nyut-nyutan kepala karena jadi punya PR seumur hidup. Namun dari sini pula aku jadi bisa masuk ke kelas yang kedua.

2. Kelas Growthing Blogger (KGB)

Kalau ikut jalur normal, jelas nggak akan bisa masuk kelas ini. Berhubung salah satu syarat masuknya adalah nilai DA (domain authority). Semakin rendah DA-nya, justru kesempatan untuk masuk ke kelas semakin besar. Nah, pada saat itu DA-ku sudah cukupan lah. Jadi pintu rasanya sudah tertutup bagiku.

Namun kalau sudah rezeki memang nggak ke mana. Coach Irwin dan Coach Pewe membuka jalur khusus bagi para peserta kelas SEO on Page dengan syarat tertentu. Alhamdulillah akhirnya bisa masuk juga di kelas ini. Hanya satu kata yang bisa menggambarkan kelas yang berlangsung selama sebulan ini; DAEBAK!

Selamat ya buat yang lolos masuk ke KGB Batch #2. Siap-siap belajar dengan giat biar nggak kena tendangan si Madun, hehe.

3. ISB Course Batch #2

Bersamaan dengan mengikuti kelas SEO on Page, aku juga ikut ISB Course yang diprakarsai oleh Teh Ani Berta. Senang sekali rasanya bisa belajar lagi dengan beliau. Teh Ani adalah salah satu guru ngeblog pertamaku lewat event Fun Blogging pada Maret 2016.

Di ISB Course, aku mendapat 7 materi yang semakin menguatkan semangatku untuk ngeblog dengan lebih tekun, beradab dan profesional. Big why ngeblogku semakin jelas setelah ikut kelasnya Teh Ani. Aku juga belajar menulis dengan lebih baik dan berkualitas. 
kelas blogging kece yang kuikuti pada 2020
Selain tiga kelas tersebut, aku juga berkesempatan untuk hadir dan belajar dalam beberapa event online yang merangkul blogger sebagai peserta acara, antara lain:
  • Ngemil Bijak bersama Mondelez Indonesia dan IIDN
  • Pembekalan Mombassador SGM 2020
  • Creative Writing Short Course bareng TBI dan ISB
  • Bincang Pulih diselenggarakan oleh IIDN dan Ruang Pulih
  • Perayaan Hari Blogger Nasional by ISB
  • Marathon Coaching by Growthing dan BRTNetwork
  • Kelas Blogging by IIDN dan Im3
  • Stop Pneumonia by @savechildren_id
Meski tak banyak, namun semua kelas dan event online tersebut sangat berkesan dan membawa banyak manfaat serta wawasan bagi diriku. Oh ya, satu bulan sebelum pandemi, aku dan teman-teman blogger Gandjel Rel sempat berkumpul untuk memperingati hari ulang tahun Gandjel Rel yang kelima. Saat itu, kami nggak hanya seru-seruan, tetapi juga mendapat materi yang super ndaging dari food blogger ternama, mbak Diah Didi.

Dari tiga kelas dan beberapa event online di atas, adakah teman-teman kongkow yang juga menghadirinya? Toss dulu dong!

Prestasi yang Berhasil Dicapai Lewat Blogging

Sebenarnya kalau ngobrolin prestasi di bidang blogging, tidak melulu soal menang lomba dan angka-angka. Buatku bisa tetap konsisten ngeblog setiap bulannya adalah sebuah keberhasilan tersendiri yang patut diapresiasi.

Itulah kenapa hal yang kucatat pertama kali di kaleidoskop blogging 2020 adalah jumlah artikel yang berhasil kuterbitkan pada tahun ini. Alhamdulillah, selain berhasil meningkatkan jumlah artikel terbit di tahun ini, aku juga mendapat kesempatan untuk memenangkan lomba dan mengisi beberapa agenda sharing. Dapat bonus juga muncul di dua rubrik koran. Mau tahu apa saja?

Lomba Blog

Aku sendiri lupa ada berapa banyak lomba yang aku ikuti pada 2020. Namun yang jelas kuingat adalah banyak lomba yang ingin kuikuti, tetapi tak kunjung segera kutulis artikelnya, lalu ujung-ujungnya nggak jadi ikutan karena periode lomba telah berakhir. Alhamdulillah meski sering terlewat ikut lomba, alhamdulillah ada beberapa lomba yang membuahkan hasil:
achievement maritaningtyas.com selama 2020
  • Tulisan dimuat di Rubrik Terjadi Sungguh-Sungguh Koran Merapi pada 14 Februari 2020 - Ini bukan lomba sih, tapi jujur sebuah prestasi tersendiri mengingat aku belum pernah berhasil menembus media cetak. Ya, meski tulisan yang tayang hanya tulisan receh dan ngebanyol, senang rasanya bisa nongol di koran.
  • Pemenang Kedua Let's Read Blog Competition bekerjasama dengan Blogger Perempuan pada bulan Juli 2020 - Awalnya aku tak tahu ada lomba ini. Justru teman-teman Gandjel Rel yang mengompori untuk mengikutkan tulisan yang kusetorkan pada lomba Let’s Read tersebut. Bahkan pada hari terakhir pendaftaran lomba, mbak Dewi Rieka mengirim chat secara personal dan mengingatkanku untuk ikut lomba itu. Alhamdulillah bisa menyabet juara kedua, terharu banget.
  • Pemenang Hiburan ASUS VivoBook S14 S433 Keluarga Biru Blogging Competition pada Juli 2020 - Ikut lomba ini untuk menantang diri sendiri. Dua kali pernah menyabet lomba ASUS di event gathering lokal Semarang, pengen juga merasakan menang lomba blog ASUS yang digelar secara nasional. Meski belum bisa menyabet tiga besar, bersyukur bisa masuk daftar pemenang hiburan.
  • Juara Harapan III Lomba Blog "Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru" Dinas Pariwisata Kab. Semarang pada September 2020 - Akhirnya ada juga artikel bertema traveling yang menyabet hadiah. Aku kurang pandai menyusun travel blogging, dan bisa meraih juara paling bontot sudah membahagiakan sekali untukku.
  • Pemenang Hiburan Liputan "Bincang Pulih: Grand Launching Buku Pulih" pada Desember 2020 - Tulisan ini dibuat setelah mengikuti event Bincang Pulih yang merupakan grand launching buku bertajuk Pulih, diselenggarakan oleh IIDN dan Ruang Pulih. Jujur aku memang tak menargetkan menjadi pemenang tulisan terbaik, karena mengincar hadiah buku Pulih. Alhamdulillah kesampaian. Dapat buku saja aku happy banget, pals!

Sharing Session

Selain mengikuti berbagai lomba blog, pada tahun 2020 aku berkesempatan untuk dipercaya menjadi narasumber di berbagai event online. Alhamdulillah meski pandemi, aku bisa mendapat kesempatan untuk berbagi manfaat, antara lain:
sharing session maritaningtyas pada 2020
  • Narasumber Rubrik Buah Bibir tentang pentingnya anak merangkak, bertajuk"Merasa Diri Kurang Keseimbangan" tayang di Tribun Jateng pada Maret 2020.
  • Widyaiswara Akademi Fasilitator IIP di Yogyakarta pada 1 Maret 2020 - Alhamdulillah tepat sebelum virus corona menyerang Indonesia, aku berkesempatan hadir ke Yogyakarta untuk sharing kegiatan di Institut Ibu Profesional.
  • Narasumber Kulgram Ibu Profesional Semarang "Internet Sehat, Anak Hebat" pada 7 April 2020 - Berbagi tentang cara mengelola penggunaan internet dalam keluarga.
  • Host of Ngosyik (Ngobrol Asyik) di IG Live @maritaningtyas - Berawal dari tugas untuk tim pengurus pusat Ibu Profesional untuk membuat sebuah talkshow singkat, aku memberanikan diri rutin berbagi lewat IG Live yang kemudian kuberi judul Ngosyik. Ngobrolin tentang blogging dan proses kreatif. Baru berjalan 4 episode, tayang pada Agustus - September 2020. Sayangnya kemudian vakum sampai hari ini. Aku merasa masih kurang pede nih berbicara secara live. Enaknya dilanjut nggak ya, pals?
  • Narasumber IG Live @hasfacreative "Proses Kreatif" pada 3 Oktober 2020 - Setelah sebelumnya aku mengundang mbak Dian Nafi di Ngosyik, gantian ceritanya doi mengundangku di IG Livenya. 1 jam yang menyenangkan ngobrol bersama sosok yang super produktif.
  • Narasumber Kulwap "Mengenal SEO untuk Optimasi Blog" diselenggarakan oleh Rumbel Literasi Ibu Profesional Bekasi pada 20 November 2020 - Sebenarnya kurang pede sih berbagi tentang SEO karena aku juga masih belajar. Namun alhamdulillah sambutan teman-teman peserta cukup meriah dan antusias. Meski ada sedikit kendala pada hari H karena listrik mati sehingga harus pindah di hari berikutnya.
  • Narasumber "Berdikari IPEDIA: Rahasia Menjadi Bloggerpeneur" pada 4 Desember 2020 - Dihubungi secara mendadak oleh mbak Setiorini, banyak sekali cerita di balik event ini. Lebih lengkapnya baca saja ceritaku Behind The Scene Berdikari Ipedia.
Selain event-event di atas, sharing session paling berkesan untukkku tentu saja adalah Blogspedia Coaching: Pelatihan Blogger untuk Newbies. Rada nekat sih membuat coaching ini. Sedikit malu juga pada para blogger senior. Sungguh bukan maksud hati sok pintar atau gimana. 
kata mereka tentang blogspedia coaching batch 1
Adapun alasanku membuat coaching ini sebagai bentuk syukur karena pada 2020 aku mendapat banyak banget ilmu dari orang-orang hebat yang down to earth. Aku ingin ilmu tersebut nggak putus. MLM amal jariyah kalau kata orang-orang.

Aku sendiri memang sengaja menyeleksi peserta hanya untuk teman-teman yang baru mau mulai ngeblog. Ada yang benar-benar baru buat blog dari nol, ada yang sudah membuat blog tapi nggak tahu harus diapain. Menyadari keterbatasanku hanya paham soal blogspot, aku pun memberikan note khusus di e-flyer yang kubuat bahwa coaching ini hanya untuk platform milik Google tersebut.

Alhamdulillah batch 1 akan resmi berakhir pada Senin, 4 Januari 2021. Senang rasanya melihat teman-teman peserta coaching yang awalnya belum punya blog atau sudah punya blog tapi kosong melompong, kini sudah tahu teknik menulis artikel menggunakan basic SEO, tahu bagaimana pasang domain sendiri, tahu cara utak-atik templatenya sendiri.

Ada beberapa teman yang menjawilku, katanya next coaching ditarik bayaran saja. Aku hanya bisa senyum. Entah kenapa aku tuh memang sedikit aneh, wkwkw. Kepuasan sharing ilmu buatku nggak bisa digantikan dengan nominal rupiah berapapun. Melihat teman-teman peserta bisa konsisten ngeblog saja sudah bahagiaaaa, dan aku yang ngeblognya mulai nglokro jadi termotivasi lagi melihat semangat mereka. are you ready for blogspedia coaching batch 2?
Kalaupun nanti aku punya kelas berbayar, bisa dipastikan penyelenggaranya bukan dariku. Bisa jadi karena bekerjasama dengan pihak lain. Namun untuk Blogspedia Coaching, untuk saat ini aku tak menargetkannya menjadi kelas berbayar. 

Jika memang pengen banget membayarku, cuzz sini pesan artikel di Jasa Penulisan Konten Blogspedia aja. Sudah ada 12 penulis yang siap membuatkan artikel kece berstandar SEO. Hehhee. Tuh kan ujungnya malah promosi.

Buatku hidup tak melulu soal duit. Ada jasa-jasa tertentu yang memang aku menarik bayaran, ada hal-hal lain yang memang lebih puas kubagikan. Dan saat kita sedang berbagi, kita sebenarnya juga sedang menerima rezeki yang tiada duanya. Rezeki berbentuk teman-teman baru, doa-doa yang tulus hingga rezeki untuk terus belajar tiada henti. 


PV, DA, DR dan Alexa Rank

Yuk, lanjut lagi kaleidoskop blogging 2020-nya. Aku malu sebenarnya mau sharing angka-angka ini. Karena kuyakin di luar sana banyak blogger yang punya angka lebih tinggi. Namun bisa dibilang 2020 ini peningkatan bloggingku cukup signifikan, terutama setelah mengikuti kelas-kelas blogging yang supe kece.

Semoga terjauh dari riya’, sungguh ini hanya sebagai motivasi diri agar tahun ini aku lebih semangat lagi ngeblognya. Syukur-syukur kalau bisa memotivasi teman-teman kongkow juga. Sebenarnya aku nggak pernah menargetkan harus berapa banyak orang yang membaca blogku. Namun melihat data seperti ini, senyum-senyum sendiri juga sih. 
PV maritaningtyas.com selama 2020
Kalau ditanya apa rahasia peningkatan PV yang signifikan. Jujur aku juga nggak tahu pasti. Sebenarnya di awal tahun aku PV blog sempat drop setelah ganti template. Memasuki bulan Juni 2020, PV baru kembali ke angka biasanya sebelum template diganti.

Namun memang paling terasa peningkatannya setelah aku mengikuti Kelas Growth Blogger pada bulan September 2020. Kelas paling uhuy yang materinya super nampol tersebut benar-benar memaksaku untuk mengubah cara menulis agar sesuai standar SEO. Yang tadinya ogah-ogahan belajar SEO, jadi semangat mengulik lebih dalam.

Yang tadinya memilih template hanya berdasarkan cantik tampilannya, sejak saat itu mau nggak mau belajar untuk memperbaiki struktur template agar SEO friendly. Meski berdarah-darah, dan setiap sesi kelasnya harus siap kopi bergelas-gelas, alhamdulillah hasilnya sesuai dengan usaha yang dikeluarkan. Nggak hanya PV yang meningkat, angka-angka lainnya pun mengalami perubahan yang cukup baik:
prestasi blog maritaningtyas.com pada 2020
Alhamdulillah mulai bulan Mei 2020, aku merapikan catatan terkait blogging. Jadi bisa punya dokumentasi data di atas. Hayoo, siapa yang suka nyatetin 'prestasi blog' sepertiku? Tosss dulu dong.

Selain mencatat ‘prestasi blog’, di sheet lain aku juga membuat content plan setiap bulan. Kapan-kapan deh aku share tentang membuat blog plan ya, pals. Kalau mau sih, hehe.

Sebenarnya tidak lengkap rasanya kaleidoskop blogging 2020 ini jika tidak ditutup dengan target blogging 2021. Namun sepertinya hal tersebut akan kutuliskan secara terpisah. Semoga apa yang kubagikan hari ini bermanfaat dan bisa melecut kita untuk terus semangat ngeblog. Sebagaimana semboyannya Blogger Gandjel Rel, ‘ngeblog ben ra ganjel.’ Keep blogging and keep sharing. See you, pals!
happy blogging dari maritaningtyas.com
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

8 comments

  1. Masya Allah.. pencapaian mbak Marita bikin aku semangat juga. Jadi terinspirasi. Apalagi dengan tulisan penutupnya, "ngeblog ben ora ngganjel." Terima kasih, mbak🙏

    ReplyDelete
  2. Kereen mbak...

    Menurun semangat tapi masih bisa posting belasan artikel... You are awesome...

    Harus di ATM...

    ReplyDelete
  3. Masya Allah Sensei panutanque.... Semoga ilmunya bisa nular ke aku ya Sensei....

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, keren banget coach. Aku padamu...
    Panutanku banget nih.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah kegiatannya banyak banget, Coach. Terima kasih sudah menurunkan ilmunya selama 3 bulan di Blogspedia Coaching Batch1. Saya rasakan manfaatnya luar biasa. Semoga dibalas Allah dengan kebaikan-kebaikan yang jauh lebih besar di dunia dan akhirat. Semoga saya bisa istiqomah meneladani Coach Marita. :)

    ReplyDelete
  6. Kereeen, sbg ibu 2 anak, mba Marita emang superrrr.
    Aku juga selama ikut kls Blogspedia PV blog kerasa sekali penambahannya 😍
    Makasiih Coach utk sharingnya yg luar biasa , sangat² bermanfaat, wlpn harus bergadang dan sakit kepala, aku ikhlas.

    ReplyDelete
  7. Sampai bingung mau komentar apa. Semangat luar biasa mbak! Aku nih kendor nulis sama sekali... Jangankan nulis artikel sepanjang ini...

    ReplyDelete
  8. Daebak... emang kece mba yg satu ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email